Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia dan Tips Memilihnya

Memiliki sebuah mobil sebagai kendaraan pribadi tentu saja membuat kamu perlu mempertimbangkan banyak hal, termasuk beragam cara memelihara dan merawatnya. Hal ini sangat penting menjadi perhatianmu secara khusus, mengingat untuk mendapatkan sebuah mobil kamu telah mengeluarkan sejumlah uang yang cukup besar.

Mobil masuk ke dalam aset yang memiliki nilai ekonomi tinggi, jadi sudah sewajarnya kamu mempertimbangkan dan membuat anggaran tersendiri dalam merawatnya. Hal ini tentu berguna untuk menjaga nilai aset tersebut tetap dalam kondisi yang baik dan tidak merosot akibat adanya kerusakan dan berbagai risiko lainnya.

Menggunakan Asuransi Mobil

Asuransi Mobil via flickr.com 

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk memperkecil risiko yang kamu tanggung terhadap kepemilikan mobilmu adalah dengan cara melindunginya dengan asuransi kendaraan. Hal ini akan membantumu mengalihkan risiko yang bisa saja terjadi kapan saja terhadap mobil kamu, seperti:

  1. Timbulnya kerugian atau kerusakan terhadap kendaraan/mobil itu sendiri.
  2. Kerugian yang muncul akibat adanya kewajiban dalam bentuk tanggung jawab hukum yang wajib dipenuhi oleh tertanggung terhadap pihak ketiga. Yang dimaksud dengan pihak ketiga dalam hal ini adalah pihak/orang lain yang mengalami kerugian akibat tindakan kita sebagai seorang pengendara, misalnya: orang yang mengalami kerugian karena kita menabrak kendaraannya di jalanan.

Sebelum memilih asuransi mobil, sudah pasti kamu wajib mengetahui apa saja sebenarnya yang jenis perlindungan dari asuransi itu sendiri. Hal ini akan membantumu untuk bisa memahami dan mendapatkan manfaat maksimal yang sesuai dengan harapan dan keinginan kamu terhadap perlindungan asuransi itu sendiri.

Pahami dulu apa saja jenis pertanggungan yang diberikan oleh asuransi mobil:

  • Gabungan (comprehensive)
    Asuransi ini akan memberikan jaminan terhadap kerugian yang timbul akibat adanya kerusakan sebagian ataupun keseluruhan kendaraan yang pada dasarnya terjadi akibat berbagai macam resiko yang telah disebutkan di dalam polis asuransi.

  • Total Lost Only (TLO)
    Asuransi ini hanya akan memberikan jaminan atas kehilangan (adanya pencurian terhadap kendaraan) atau kerusakan yang mencapai lebih dari 75% yang diakibatkan oleh berbagai macam risiko yang telah disebutkan di dalam polis. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa asuransi TLO tidak akan memberikan jaminan atas kerusakan ringan yang terjadi pada mobilmu.

Di situs asuransi mobil terbaik cermati.com, kamu bisa bandingkan berbagai jenis produk asuransi mobil TLO dan asuransi mobil All Risk terbaik dari perusahaan-perusahaan asuransi ternama di Indonesia agar kamu bisa mendapatkan premi asuransi mobil terbaik dan termurah.

Baca Juga: Asuransi Mobil All Risk atau TLO: Pilih yang Mana?

Daftar Asuransi Mobil Terbaik

Saat kamu akan membeli sesuatu, maka sudah tentu kamu ingin mendapatkan yang terbaik dan hal ini juga berlaku pada saat kamu akan menggunakan sebuah asuransi kendaraan.

Ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan ini, kamu bisa melihat beberapa di bawah ini:

1. Asuransi Mobil Adira Autocillin

Asuransi Mobil Adira Autocillin adalah asuransi mobil dari PT Asuransi Adira Dinamika (Asuransi Adira), yang memberikan jaminan atas mobil yang diasuransikan dari segala jenis kerusakan. Mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan kendaraan.

Keuntungan dari asuransi mobil Autocillin: 

  • Tersedia 385 bengkel rekanan 
  • Cara klaim : Melalui Autocillin Mobile Claim App, yakni pelaporan klaim secara langsung dan mudah melalui telepon seluler.
  • Tersedia fasilitas perpanjangan STNK dan Autocillin Rescue (fasilitas seperti Mobil Derek (Towing Car), Bantuan Darurat di Jalan (Emergency Roadside Assistance), Ambulans, dll).
  • Call Center 24 jam : Hubungi call center Asuransi Adira (Adira Care) di nomor 1500-456 atau email ke adiracare@asuransiadira.co.id

2. Asuransi Mobil Autocillin Ikhlas

Adalah produk asuransi mobil berbasis syariah dari PT Asuransi Adira Dinamika (Asuransi Adira), yang memberikan jaminan atas mobil yang diasuransikan dari segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan kendaraan. 

Asuransi mobil Autocillin Syariah menerapkan prinsip syariah dalam pengelolaan dananya.  

Secara umum, berikut keunggulan asuransi mobil syariah dibanding konvensional yang perlu kamu ketahui: 

- Para peserta asuransi saling menanggung risiko (sharing of risk) dengan menghibahkan kontribusi/premi yang dibayarkan untuk membantu peserta lain yang sedang terkena musibah.

- Dana kumpulan tersebut disebut sebagai dana tabarru’. Apabila dalam satu periode polis setelah dana tabarru’ digunakan untuk membantu peserta asuransi yang klaim masih terdapat surplus, maka surplus ini akan dibagikan kepada peserta melalui program bagi hasil.

- Bagi peserta yang tidak pernah melakukan klaim selama periode polis berlangsung, berkesempatan untuk mendapatkan pengembalian dana ini.

- Dalam program bagi hasil, peserta diberikan dua pilihan terkait pengembalian dana tersebut yaitu sebagai pengurang kontribusi/premi polis renewal atau ditransfer ke rekening peserta.

Keuntungan dari asuransi mobil Autocillin Ikhlas: 

  • Tersedia 385 bengkel rekanan 
  • Cara klaim : Melalui Autocillin Mobile Claim App, yakni pelaporan klaim secara langsung dan mudah melalui telepon seluler.
  • Tersedia fasilitas perpanjangan STNK dan Autocillin Rescue (fasilitas seperti Mobil Derek (Towing Car), Bantuan Darurat di Jalan (Emergency Roadside Assistance), Ambulans, dll).
  • Call Center 24 jam : Hubungi Adira Care di nomor 1500-456 atau email ke adiracare@asuransiadira.co.id

3.  Asuransi Mobil Garda Oto 

Adalah asuransi mobil yang dikeluarkan oleh PT Asuransi Astra Buana, yang memberikan jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis, termasuk kehilangan akibat pencurian.

Keuntungan dari asuransi mobil Garda Oto:

  • Bengkel rekanan : tersedia 397 bengkel
  • Cara klaim : bisa dilakukan melalui aplikasi Garda Mobile Otocare, aplikasi yang memudahkan pelanggan untuk pengecekan informasi polis, lapor klaim, status klaim, request bantuan darurat dimana saja dan kapan saja.
  • Layanan Home Survey & Pickup Delivery Service: bebas pilih lokasi survey, klaim serta layanan antar jemput kendaraan menuju dan dari bengkel.
  • Tersedia layanan Bantuan Darurat Garda Siaga (Emergency Roadside Assistance & Towing Car) 24 Jam
  • Call Center 24 jam: hubungi Garda Akses di nomor (021) 1500-112 atau e-mail ke cs@asuransiastra.com.  

4.  Asuransi Mobil Mega Insurance 

Adalah produk asuransi kendaraan bermotor yang diterbitkan oleh PT Asuransi Umum Mega, yang memberikan jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Keuntungan dari asuransi mobil Mega Insurance: 

  • Bengkel rekanan : tersedia lebih dari 250 bengkel rekanan
  • Registrasi & Tracking Claim : Melalui aplikasi Mega Insurance Assistant (MIA) App.
  • Terdapat paket bundling perluasan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 
  • Call Center 24 jam: Hubungi (Halo MIA – Mega Insurance Assistant) di nomor 1500-119 atau email ke halomia@megainsurance.co.id

5.  Asuransi Mobil Sompo 

Adalah asuransi mobil yang dikeluarkan oleh PT Sompo Asuransi Indonesia, yang memberikan jaminan perlindungan atas mobil yang diasuransikan dari segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, berat, hingga total seperti hilangnya kendaraan.

Keuntungan dari asuransi mobil Sompo: 

  • Bengkel rekanan : tersedia 263 bengkel rekanan
  • Tersedia fitur Replacement Parts On the Spot (RPOS) atau penggantian salah satu bagian kendaraan langsung di tempat dan juga Ultimate Service untuk mengoptimalkan perlindungan kendaraan.

  • Cara pelaporan klaim yang mudah melalui : Hubungi nomor telepon : 14051 atau di 081-113 -14051 (WhatsApp only). Mendatangi Kantor SOMPO, datang ke Car Claim Point (CCP) atau datang ke Bengkel Anchor Sompo. 

  • Call Center 24 jam: Hubungi nomor 14051 atau 081-113-14051 (WhatsApp) atau melalui email ke customer@sompo.co.id

Baca Juga: Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Saat Klaim Asuransi

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik


Saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan layanan asuransi kendaraan, hal ini tentu menjadi nilai lebih tersendiri bagi kamu para calon pelanggan, di mana kamu akan memiliki banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan sebelum akhirnya kamu mengambil keputusan.

Namun jumlah yang banyak tersebut seringkali menjadi bumerang dan menyesatkan, di mana seseorang menjadi kebingungan dalam mengambil keputusan. Tentunya, kamu tidak ingin mengalami kesulitan dan kerugian di kemudian hari, bukan?

Yuk simak beberapa tips di bawah ini sebelum kamu memutuskan untuk memilih dan menggunakan jasa layanan asuransi mobil.

  • Pilih Sesuai dengan Kebutuhan
    Saat akan memutuskan untuk membeli sesuatu, maka akan sangat penting untuk mengetahui kebutuhan kamu lebih dulu. Hal ini juga berlaku pada saat kamu akan memutuskan untuk menggunakan layanan asuransi mobil.

Pastikan kamu mengerti dengan jelas mengenai layanan dan jaminan yang diberikan oleh perusahaan asuransi, sehingga kamu dengan mudah bisa memilih satu yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan mobil itu sendiri.

  • Pertimbangkan Kredibilitas Perusahaan Asuransi
    Jangan memilih perusahaan asuransi mobil dengan sembarangan, karena hal ini akan melibatkan aset kamu yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi dan kamu juga tentu tidak ingin mengalami kerugian akibat memilih perusahaan asuransi yang tidak profesional, bukan?

    Pastikan kamu memilih sebuah perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik dan layanan yang memuaskan serta mudah saat mengajukan klaim. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara mencari informasi yang selengkap-lengkapnya mengenai perusahaan tersebut, kamu bisa melakukannya dengan mudah melalui jaringan internet.

    Lihat dan cari tahu mengenai rasio keluhan konsumen dan penyelesaian atas pelayanan yang diberikan perusahaan asuransi tersebut, hal ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi kamu dalam mengambil keputusan.

  • Bandingkan Besaran Premi yang Ditetapkan
    Jangan hanya terpaku pada jumlah premi kecil yang ditawarkan oleh satu perusahaan asuransi saja. Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan premi terjangkau dan ringan, artinya kamu memiliki banyak pilihan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

    Penting untuk memperhatikan besaran premi yang harus kamu bayarkan, karena pos pengeluaran ini akan ada di dalam anggaran keuangan kamu untuk jangka waktu yang cukup lama, sehingga kamu perlu memperhatikan kemampuan dan jumlah dana yang kamu miliki untuk hal ini. Jangan sampai kamu mengalami kesulitan dalam membayar premi di kemudian hari.

  • Layanan dan Kredibilitas Bengkel Rekanan
    Pertimbangkan juga mengenai bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi, karena kamu akan berhubungan langsung dengan mereka jika sewaktu-waktu sesuatu menimpa mobilmu. Pastikan bengkel tersebut memiliki infrastruktur yang memadai serta layanan yang memuaskan, agar kamu merasa nyaman dan tenang saat berurusan dengan mereka.

Penting untuk memperhatikan jumlah bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi, termasuk letaknya dan jarak jangkauan bengkel tersebut dari tempat tinggal kamu. Hal ini akan menghindarkan kamu dari kesulitan dalam mendapatkan layanan, sehingga kamu tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk mendatangi lokasi bengkel mereka.

  • Fitur Layanan yang Ditawarkan
    Meski terlihat sama, namun pada kenyataannya setiap perusahaan asuransi akan memiliki fitur layanan yang berbeda-beda dan keunggulan tersendiri. Hal ini mungkin akan menambah jumlah premi yang harus kamu bayarkan, jadi gunakan hanya fitur-fitur yang memang sangat kamu butuhkan saja.

    Sebelum kamu menentukan pilihan, tanyakan pada staf perusahaan asuransi mengenai berbagai fitur yang mereka miliki, hal ini bisa saja meliputi: fasilitas mobil derek, pengadaan mobil pengganti, hotline service, jasa layanan bengkel, mobil ambulans, serta berbagai macam layanan lainnya.

Baca Juga: Ingin Klaim Asuransi Mobil? Berikut Langkah-langkahnya!

Lindungi Mobilmu, Pilih Asuransi Mobil yang Terbaik

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari asuransi mobil, di mana penggunaannya akan mengalihkan semua risiko kerugian yang mungkin saja akan kita tanggung di waktu-waktu yang akan datang. Jangan terburu-buru dalam memilih layanan sebuah perusahaan asuransi, pertimbangkan semua aspek yang akan kamu dapatkan dan kamu berikan sebagai sebuah kewajiban.