Tak Dapat THR, Begini Cara Siasati Biaya Kebutuhan Ramadan hingga Lebaran

Ramadan dikenal sebagai bulan penuh berkah. Salah satu berkah yang paling dinanti-nanti semua pekerja adalah Tunjangan Hari Raya (THR). THR sendiri telah menjadi tradisi kultural ‘khas’ di Indonesia setiap tahunnya.

Umumnya, uang THR dibagikan perusahaan kepada pegawainya selambat-lambatnya sepekan sebelum hari Raya Idul Fitri. Tetapi, bagaimana jika situasinya tahun ini Anda tidak menerima uang THR? Atau THR yang diberikan kantor, ternyata tidak dibayar penuh atau masih kurang?

Padahal jauh-jauh hari, Anda sudah berharap sekali mendapat THR-an. Apalagi uang THR ini biasanya dicadangkan sebagai dana tambahan guna memenuhi kebutuhan lainnya. Misalnya, beli tiket pesawat untuk pulang kampung, tambahan modal bisnis sampingan, renovasi rumah, atau persiapan bayar uang sekolah/kuliah anak.

Lantas apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami situasi membutuhkan uang dalam jumlah besar guna membiayai kebutuhan Ramadan, lebaran atau hal lainnya? Di sisi lain, Anda sudah pasti tak bisa berharap pada uang THR-an yang tak pasti.

Pertama-tama, Anda tidak perlu bersedih. Percayalah semua persoalan pasti ada jalan keluarnya. Jagalah kesehatan dan tetaplah berpikir positif. Urusan uang, Cermati.com memiliki tips keuangan yang bisa Anda praktikkan guna menyiasati banyaknya kebutuhan Ramadan dan Lebaran tahun ini.

1. Buat Catatan Semua Kebutuhan Ramadan dan Lebaran

Catat seluruh kebutuhan Anda selama Ramadan, menjelang dan sesudah Lebaran. Tujuannya, supaya Anda mengetahui dengan jelas apa saja kebutuhan dan besaran biaya yang diperlukan.

Luangkan sedikit waktu untuk memikirkan hal ini, supaya lebih fokus buatlah daftar kebutuhan dan keinginan Anda dan keluarga di bulan Ramadan dan Lebaran tahun 2021. Berikut contohnya:

Catatan Daftar Kebutuhan

  • Belanja kebutuhan pokok: sembako, sayuran, lauk pauk, susu anak, pulsa dan paket data internet, dan lain sebagainya.
  • Bayar cicilan dan tagihan: bayar sewa rumah/ KPR, bayar listrik, air, asuransi, bayar cicilan motor/mobil, sekolah anak, uu dan lain sebagainya.
  • Belanja kesehatan: beli hand sanitizer, masker, suplemen vitamin, madu atau minuman herbal, dan lain sebagainya.
  • Belanja kebutuhan sehari-hari bulanan: sabun mandi, sabun cuci, alat-alat pembersih rumah, dan lain sebagainya.
  • Biaya khusus: zakat, infak, amal, angpao keluarga, THR pembantu/pengasuh anak, dan lain sebagainya.

Catatan Daftar Keinginan

  • Biaya pulang kampung: biaya tiket transportasi mudik (pesawat/kereta api/bus/kapal laut), biaya swab antigen dan asuransi perjalanan.
  • Biaya lebaran: beli baju baru, beli kue lebaran atau beli hampers lebaran untuk keluarga besar.
  • Biaya liburan: staycation di hotel atau mengunjungi tempat wisata di luar kota.
  • Biaya renovasi : perbaiki rumah atau upgrade beli peralatan elektronik baru (TV, kulkas, mesin cuci, AC)
  • Biaya sekolah/kuliah anak-anak, dan lain sebagainya

2. Tentukan Prioritas Pengeluaran

Setelah membuat daftar kebutuhan dan keinginan, langkah selanjutnya adalah menentukan prioritas pengeluaran. Cara ini dapat membantu Anda agar menjadi lebih bijak dalam mengelola keuangan.

Sebagai gambaran, Anda memiliki niatan untuk pulang kampung tahun ini. Namun, Anda juga memiliki kebutuhan lain yang membutuhkan dana besar seperti harus menyiapkan dana kuliah sang buah hati setelah lebaran usai, atau harus renovasi rumah karena sering banjir.

Sementara itu, kondisi keuangan Anda pas-pasan. Uang gajian saat ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari yang sifatnya penting selama Ramadan hingga Lebaran.

Menyikapi hal ini, maka Anda harus membuat prioritas pengeluaran, dan bila perlu melakukan penghematan dengan cara memangkas kebutuhan lainnya yang tidak begitu penting. Oleh sebab itu, cek lagi daftar kebutuhan dan keinginan yang telah dibuat lalu berilah keterangan mana saja yang termasuk pengeluaran prioritas.  

3. Butuh Uang, Gunakan Kredit Serba Guna J Trust

Setelah mengetahui apa saja prioritas pengeluaran Anda, selanjutnya cek berapa dana yang Anda miliki. Apabila dana Anda masih kurang, maka Anda bisa mendapatkan uang tambahan dengan cara yang cukup mudah, yakni menjaminkan sertifikat rumah Anda.

Apapun kebutuhan Anda, dan berapapun jumlahnya, Anda tak perlu khawatir karena Kredit Serba Guna dari J Trust Bank siap membantu. Dapatkan pinjaman tunai mulai dari Rp100 juta hingga Rp2 miliar dengan suku bunga 12,05% per tahun dengan jangka waktu pinjaman sampai dengan 10 tahun.

Tetap Semangat Meski Tak Dapat THR

Tak perlu bersedih jika kenyataannya Anda belum dapat THR tahun ini. Tetaplah semangat dan lakukan yang terbaik dalam mengatur keuangan. Semoga di bulan penuh berkah ini, Anda senantiasa mendapatkan kemudahan dalam segala hal.

Urusan keuangan, tidak perlu khawatir, ada Kredit Serba Guna J Trust yang siap membantu. Tunggu apalagi, persyaratan dokumen pengajuan pinjaman Kredit Serba Guna J Trust mudah dan prosesnya cepat.

Dana pinjaman bisa digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan selama Ramadan, lebaran, hingga kebutuhan lainnya seperti dana modal mengembangkan usaha, renovasi rumah, biaya sekolah, dana pernikahan hingga berobat.