Cara Mudah Menabung Agar dapat Berqurban Setiap Tahunnya  

Setiap tahunnya umat Islam merayakan Hari raya Idul Adha, yang mana menjadi hari dimana bagi yang mampu untuk berqurban baik itu kambing ataupun sapi. Tentunya setiap orang ingin melakukan qurban saat Idul Adha.

Namun harga hewan ternak yang cukup tinggi membuat banyak orang berpikir ulang untuk melakukan qurban. Jangankan untuk orang yang memiliki penghasilan pas-pasan, untuk orang yang mampu sekalipun hal ini akan terasa berat.

Tapi, kamu tetap bisa melakukan qurban setiap tahunnya, meskipun pemasukan yang kamu miliki sangat pas-pasan. Asal ada niat yang tulus serta komitmen yang kuat, hal tersebut bisa kamu wujudkan.

Mungkin tidak untuk tahun ini, tapi sudah bisa diniatkan dari sekarang demi cita-cita bisa berqurban di Idul Adha tahun berikutnya.

Nah, biar rencana berqurban tahun depan bisa terwujud. Ini dia tips yang mudah untuk menabung agar bisa kamu berqurban setiap tahunnya.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Beli Hewan Kurban Pakai Kartu Kredit Boleh Gak Ya?

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Menyicil Setiap Bulannya

loader

Cara menabung mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menyicil setiap bulannya. Dengan cara ini maka biaya berqurban tidak akan terasa berat karena dilakukan dengan cara mencicil. Anggap saja hal ini sama dengan kamu melakukan cicilan rumah, motor, dan lainnya.

Tentukan terlebih dahulu besarnya cicilan yang harus disisihkan setiap bulannya. Besarnya cicilan ini bisa ditentukan sesuai dengan kisaran harga hewan ternak yang dipilih serta pemasukan yang diterima. kamu juga bisa memprediksikan harga hewan ternak di tahun depannya, setelah itu dibagi menjadi 10-11 bulan.

Harga kambing saat ini dimulai dari sekitar Rp1.975.000/ekor dan sapi dimulai dari sekitar RpRp13.500.000 , dengan prediksi kenaikan 15% di tahun depannya.

Maka dapat diperkirakan jika di tahun depan harga kambing bisa mencapai Rp2,3 juta dan untuk sapi bisa mencapai sekitar Rp16 juta. Jumlah tersebut dibagi menjadi 10 bulan, sehingga setiap bulannya harus menyicil Rp228 ribu setiap bulannya untuk kambing dan 1,6juta perbulannya untuk seekor sapi.

2. Ikut Arisan Qurban

loader

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti arisan qurban. Cara ini terbilang efektif dan banyak dilakukan orang agar dapat berqurban setiap tahunnya. Ajak saudara, teman, bahkan tetangga sekitar untuk mengadakan arisan.

Cara seperti ini sama hal nya ketika memiliki cicilan bulanan. kamu harus membayarkan sejumlah uang yang besarnya sudah disepakati bersama.

Namun sebelum mengikuti arisan, akan lebih baik jika mengetahui cara pembayaran, jumlah arisan, jumlah peserta, jangka waktu arisan dan hal hal lainnya yang berkaitan dengan arisan tersebut. Sehingga nantinya mudah menghindari dari risiko penipuan yang sering terjadi.

Baca Juga: Berkurban dengan Cara Arisan, Bagaimana Hukumnya?

3. Buat Rekening Baru

loader

Untuk mempermudah menabung biaya untuk berqurban maka cobalah untuk membuat rekening baru. Jangan menyatukan tabungan dengan uang yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari hari.

Cara ini terbilang efektif sehingga uang tabungan dan lainnya tidak akan tercampur. Selain itu dengan rekening baru, kamu mudah untuk memonitori jumlah uang yang sudah dikumpulkan.

4. Menabung dengan Emas

loader

Kamu juga bisa menabung biaya qurban dengan menggunakan emas. Hal ini bisa kamu lakukan jika dirasa sangat sulit untuk menyisihkan sebagian pendapatan.

Cara ini selain mudah, tentunya juga bisa dijadikan sebagai ajang investasi. Cara menabung emas juga terbilang stabil karena harga emas yang tidak pernah turun.

Saat ini banyak program tabungan emas yang dapat kamu ikuti, misalnya saja di Pegadaian. Sehingga nantinya tidak berisiko serta menghindari jika digunakan.

5. Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

loader
Jasa Pihak Ketiga via blogspot.com

Bagi yang kesulitan untuk menabung secara pribadi, bahkan takut jika digunakan sewaktu waktu. Mengapa tak mencoba untuk menggunakan jasa pihak ketiga untuk menabung biaya qurban.

Cara ini sangat efektif digunakan apalagi jika kamu tidak disiplin dalam menabung. Saat ini banyak sekali lembaga khusus qurban yang dapat membantu menabung untuk membeli hewan qurban. kamu bisa memilih paket yang ditawarkan sesuai dengan lamanya simpanan tersebut.

Baca Juga: Qurban Online dan Hukumnya Secara Agama

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Tips Memilih Hewan Qurban

Agar ibadah qurban kamu berjalan dengan lancar dan mendapatkan pahala sesuai dengan tuntunan yang diberikan, berikut ini beberapa tips memilih hewan qurban sebagai berikut:

  1. Dilihat dari hewan kurban urutan yang paling afdhol adalah unta, lalu sapi, kemudian kambing.
  2. Diusahakan anda memilih hewan jantan, karena hewan jantan untuk kurban lebih afdhol dibanding hewan betina.
  3. Pilihlah hewan qurban yang bertanduk daripada yang tidak.
  4. Pilihlah hewan terbaik untuk kurban dengan ciri gemuk, warna putih lebih diutamakan, dan punya harga yang wajar.
  5. Mengucapkan bismillah dan takbir saat menyembelih hewan kurban.
  6. Lebih utama orang yang berkurban adalah yang menyembelih dengan tangannya sendiri sebagai bentuk pendekatan diri pada Allah. Jika tidak bisa menyembelih dengan baik, boleh mewakilkan pada orang yang paham sesuai tuntunan Islam.
Jika Tidak Siap Tahun Ini Masih Ada Tahun Berikutnya

Menabung memang terlihat mudah namun terasa sulit dilakukan apalagi jika tidak terbiasa. Apalagi untuk biaya qurban yang bukan kebutuhan utama, tentunya akan sangat sulit dilakukan. Untuk itu penting membekali diri dengan niat dan komitmen yang kuat. Karena bukan sebuah kewajiban jadi kamu tidak harus memaksakan diri untuk berqurban tahun ini. Cukup kuatkan komitmen kamu dengan menyisihkan uang secara disiplin khusus untuk berqurban.

Baca Juga: Intip Strategi Tepat untuk Bisnis Jualan Hewan Kurban