Pertanyaan Tentang Cermati

Tanya  : Memangnya Cermati itu apa sih?

Jawab  : Kami merupakan solusi bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai produk-produk finansial, seperti produk perbankan, asuransi, dan juga telekomunikasi. Kami menyediakan situs www.cermati.com yang dapat Anda akses secara gratis untuk dapat mempelajari dan membandingkan produk-produk tersebut.

Tanya  : Lalu, apa yang bisa Saya dapatkan dari Cermati?

Jawab  : Kami memberikan informasi dan data terkini seputar produk perbankan, seperti : Kartu Kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), tabungan, deposito, serta berbagai produk asuransi mulai dari asuransi kesehatan sampai asuransi kendaraan. Dan ke depannya Kami juga akan memberikan informasi mengenai produk telekomunikasi, seperti : broadband dan layanan seluler lainnya. Tentunya dalam hal ini Kami juga bekerjasama dengan Perusahaan terkait untuk menyediakan data dan informasi yang benar dan akurat.

Tanya  : Jadi misalkan Saya berniat untuk mengajukan salah satu produk tersebut, bisakah Saya mengajukan melalui Cermati?

Jawab  : Benar. Selain memberikan informasi dan detail mengenai produk, Anda juga dapat mengajukan pendaftaran atau permohonan untuk mendapatkan produk tersebut secara online melalui Situs Kami. Namun, perlu dicatat bahwa Kami tidak mempunyai wewenang untuk memberikan keputusan apakah Anda berhak untuk mendapatkan produk atau jasa tersebut, namun Perusahaan terkait yang memiliki wewenang dalam pengambilan keputusan.

Tanya  : Apa bedanya Cermati dengan Pihak Ketiga seperti Bank atau Perusahaan Asuransi?

Jawab  : Kami bekerjasama dengan Pihak Ketiga, seperti Bank ataupun Perusahaan Asuransi sebagai pemilik produk dan jasa, untuk menampilkan produk mereka di Situs Kami. Jadi Kami hanya membantu Pihak Ketiga dalam memberikan informasi produk kepada Anda selaku konsumen, dan juga membantu dalam proses pengajuan Anda.

Tanya  : Jadi, apa yang dilakukan oleh Cermati?

Jawab  : Kami hanya memberikan informasi sebagai bahan perbandingan Anda dalam mengambil keputusan. Selain itu Kami juga membantu Anda dalam proses pengajuan secara online. Dalam hal ini proses pengajuan Anda akan menjadi lebih cepat dan mudah jika melakukan pengajuan secara online melalui Situs Kami. Dan ke depannya Kami juga akan menyiapkan sistem scoring untuk membantu Anda memantau historikal keuangan atau historkal perbankan, sehingga Anda juga dapat lebih cermat dalam mengambil keputusan.

Tanya  : Apakah Saya mendapatkan jaminan persetujuan mendapatkan produk yang Saya inginkan jika mendaftar melalui Cermati?

Jawab  : Kami tidak mempunyai wewenang dalam memberikan persetujuan aplikasi Anda. Selain itu setiap pengajuan aplikasi dari Anda, memerlukan proses pengecekan kelengkapan dokumen serta verifikasi data Anda. Namun tentunya Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk dapat memproses aplikasi pengajuan Anda, dan meneruskan informasi Anda ke Pihak Ketiga.

 

Pertanyaan Tentang Proses Pengajuan Aplikasi

Tanya  : Bagaimana caranya mengajukan permohonan aplikasi di Cermati?

Jawab  : Anda dapat mengunjungi Situs Kami di www.cermati.com ataupun versi mobile application. Anda tinggal melihat dan membandingkan produk mana yang Anda butuhkan, dan setelah menentukan pilihan, Anda akan dipersilakan untuk mengisi form aplikasi. Harap aplikasi ini diisi dengan data Anda yang sebenarnya. Kemudian aplikasi ini akan Kami simpan dalam database Kami, dan akan Kami teruskan kepada Pihak Ketiga terkait (Perusahaan penyedia produk dan jasa terkait. Jika Anda telah mengisi form aplikasi dengan benar, Pihak Ketiga akan segera menghubungi Anda untuk memproses pengajuan Anda.

Tanya  : Memangnya benar bahwa Saya harus memberikan kontak dan detail informasi yang valid?

Jawab  : Benar sekali. Kontak dan detail Anda yang benar dan valid akan membantu Kami dalam mengidentifikasi Anda dan tentunya juga akan memudahkan Pihak Ketiga dalam menguhubungi Anda dan memproses aplikasi pengajuan Anda. Jika Anda mengajukan KTA ataupun KPR, biasanya Pihak Ketiga akan meminta detail alamat Anda dengan benar untuk melakukan proses survey. Jika Anda memberikan data kontak dan detail yang benar dan valid, tentunya akan memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan persetujuan aplikasi.

Tanya  : Setelah mengajukan aplikasi secara online melalui Cermati, apa langkah selanjutnya yang harus Saya lakukan?

Jawab  : Terima kasih telah melakukan pengajuan aplikasi secara online melalui Cermati. Setelah Anda mengisi form aplikasi, Anda akan segera dihubungi oleh Kami ataupun Pihak Ketiga untuk kepentingan verifikasi. Harap dicatat bahwa data yang berikan dalam form aplikasi haruslah benar dan valid untuk memudahkan proses verifikasi. Setelah anda melengkapi form aplikasi, harap Anda juga menyiapkan dokumen-dokumen terkait yang diperlukan , tergantung jenis produk apa yang ajukan. Misal Anda mengajukan Kartu Kredit, maka siapkan dokumen sebagai berikut : fotocopy KTP, fotocopy slip gaji terakhir Anda, fotocopy kartu kredit lain (jika ada), serta dokumen yang diperlukan lainnya.

Tanya  : Apa ada biaya atau administrasi tambahan yang harus Saya bayar jika mengajukan aplikasi melalui Cermati?

Jawab  : Anda dapat mengakses dan mengunjungi Situs Kami secara gratis. Tentunya Anda harus mempunyai koneksi internet untuk dapat mengakses Situs Kami dan melakukan pengajuan secara online. Tidak ada biaya yang kami bebankan Anda jika melakukan pengajuan aplikasi melalui Situs Kami. Semua kami berikan secara gratis, untuk membantu Anda mendapatkan informasi dan mengambil keputusan secara cermat.

Tanya  : Apakah memungkinkan bagi Saya untuk mengajukan aplikasi lebih dari satu produk secara bersamaan?

Jawab  : Sangat dimungkinkan bagi Anda untuk mengajukan aplikasi produk lebih dari satu secara bersamaan. Namun harus diingat kembali, bahwa pengajuan harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ini serta kemampuan Anda untuk memfasilitasi produk yang Anda inginkan. Sebagai contoh, Anda juga harus cermat dalam melakukan penghitungan pengeluaran Anda untuk membayar cicilan jika Anda mengajukan permohona Kartu Kredit dan KTA secara bersamaan.

Tanya  : Apakah memungkinan bagi Saya untuk mendapatkan persetujuan aplikasi dalam hari yang sama?

Jawab  : Kami tidak mempunyai wewenang dalam memberikan persetujuan aplikasi Anda. Selain itu setiap pengajuan aplikasi dari Anda, memerlukan proses pengecekan kelengkapan dokumen serta verifikasi data Anda. Namun tentunya Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk dapat memproses pengajuan Anda dan meneruskan detail pengajuan Anda kepada Pihak Ketiga terkait.

Tanya  : Menurut Cermati, apa yang harus Saya pelajari sebelum melakukan pengajuan aplikasi?

Jawab  : Hal pertama tentu Anda harus mengetahui kebutuhan Anda. Selain itu juga sesuaikan dengan penghasilan serta pengeluaran Anda. Dan jangan khawatir, jika Anda membutuhkan tips finansial, Anda silakan mengunjungi www.cermati.com untuk mendapatkan informasi seputar keuangan serta informasi mengenai produk-produk terbaru yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu Anda juga kami sarankan untuk membaca terlebih dahulu Syarat dan Ketentuan sebelum mengakses Situs Kami lebih lanjut.

Tanya  : Saya telah mengunjungi situs www.cermati.com, dan bagaimana caranya Saya mengetahui detail produk yang Saya inginkan?

Jawab  : Terima kasih telah mengunjungi Situs Kami. Caranya sangat mudah, Anda tinggal tentukan produk mana yang akan Anda lihat detailnya, kemudian Anda klik tombol "Info Lengkap" untuk informasi lengkap mengenai produk tersebut, seperti cara pengajuan, biaya-biaya terkait, fitur yang diberikan, ataupun promosi yang berlaku. Cara lain adalah Anda tinggal klik gambar produk terkait untuk memunculkan informasi secara lengkap.

Tanya  : Apakah saya dapat membatalkan pengajuan aplikasi?

Jawab  : Jika Anda telah melakukan pengajuan, dan ingin membatalkannya, Anda dapat melakukannya dengan dua cara. Yang pertama Anda dapat mengirimkan email kepada kami ke : ask@cermati.com, dan berikan penjelasan atau alasan pembatalan. Cara kedua adalah, Anda tunggu pada saat Pihak Ketiga menghubungi Anda, dan dapat langsung memberitahu Pihak Ketiga bahwa Anda membatalkan proses pengajuan.

 

Pertanyaan Tentang Informasi Lainnya

Tanya  : Bagaimana cara untuk mengubungi Cermati?

Jawab  : Jika Anda memiliki pertanyaan atau menginginkan informasi lainnya, Anda dapat menghubungi nomor Customer Service kami di 021-5639854, setiap hari Senin sampai Jumat pukul 09.00 WIB s/d 19.00 WIB. Selain itu Anda juga dapat menghubungi Kami secara online melalui sarana chat messaging di Situs Kami. Untuk pertanyaan lebih lanjut, Anda juga dapat mengirimkan pertanyaan ke : ask@cermati.com

Tanya  : Bagaimana cara Saya  menghubungi Cermati di hari Sabtu atau Minggu?

Jawab  : Khusus untuk Sabtu dan Minggu, atau Hari Libur lainnya, Anda dapat menghubungi Kami via email ke : ask@cermati.com. Kami akan berusaha memberikan jawaban serta respons terbaik demi kepuasan Anda.

Tanya  : Bisakah Saya meminta bantuan Customer Service untuk melakukan proses pengajuan aplikasi?

Jawab  : Tim Customer Service Kami akan sangat senang untuk membantu Anda. Tentunya Customer Service kami akan membantu mengarahkan Anda untuk mengakses Situs Kami, dan memberikan tips seputar akses atau konten yang sebaiknya Anda tuju. Harap diingat bahwa untuk proses pengajuan, Anda akan diminta memberikan detail informasi pribadi pada form aplikasi, jadi Kami tidak mengarahkan tim Customer Service Kami untuk membantu Anda mengisi form aplikasi.

Tanya  : Saya tidak dapat mengakses Cermati saat ini, boleh minta bantuannya?

Jawab  : Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah periksa kembali pengaturan koneksi internet Anda. Kami memberikan platform perbandingan secara gratis via internet, dan tidak memerlukan aplikasi khusus yang perlu di-instal pada perangkat Anda. Jika masih membutuhkan bantuan teknis lainnya, Anda juga dapat menghubungi Customer Service kami di 021-5639854

 

Pertanyaan Tentang Mobile Application

Tanya  : Apakah Cermati juga mempunyai mobile application yang bisa diakses melalui gadget atau handphone?

Jawab  : Ya benar. Selain akses versi website, Kami juga memberikan layanan mobile application. Konten dan layanan yang Kami berikan sama untuk keduanya. Selain itu di versi mobile application Anda akan diberikan fitur berupa notification terkait promosi Kartu Kredit jika Anda mengunjungi suatu tempat pusat perbelanjaan tertentu.Jika tidak berkenan dengan fitur ini, Anda dapat mengatur ulang notifikasi ini sesuai preferensi Anda.

Tanya  : Lalu, syarat apa untuk mendapatkan mobile application tersebut?

Jawab  : Tidak ada persyaratan khusus. Anda hanya membutuhkan gadget ataupun smartphone dengan koneksi internet. Setelah Anda mengunduh mobile application Kami, Anda juga dapat melakukan registrasi gratis untuk mendapatkan fitur terbaik dari Kami.

Tanya  : Apakah ada biaya yang dikenakan untuk mengunduh mobile application Cermati?

Jawab  : Tidak ada biaya yang Kami kenakan bagi Anda jika ingin mengunduh dan menggunakan mobile application dari Kami. Anda hanya perlu membayar paket koneksi internet yang Anda perlukan untuk mengunduh, atau memanfaatkan jaringan free wi-fi.

Tanya  : Jika Saya ada pertanyaan terkait mobile application, apakah Saya dapat menghubungi Customer Service Cermati?

Jawab  : Jika Anda memiliki pertanyaan atau menginginkan informasi seputar application mobile Cermati, Anda dapat menghubungi nomor Customer Service kami di 021-5639854, setiap hari Senin sampai Jumat pukul 09.00 WIB s/d 19.00 WIB. Selain itu Anda juga dapat menghubungi Kami secara online melalui sarana chat messaging di Situs Kami. Untuk pertanyaan lebih lanjut, Anda juga dapat mengirimkan pertanyaan ke : ask@cermati.com

 

Pertanyaan Tentang Kartu Kredit

Tanya  : Apa sih yang dimaksud dengan Kartu Kredit?

Jawab  : Secara definisi keuangan, Kartu Kredit adalah alat pembayaran berbentuk kartu, seperti halnya Kartu Debit. Kartu Kredit diterbitkan diterbikan oleh Bank Penerbit (issuer bank), dan memiliki plafon atau limit kredit tertentu sebagai batas yang Anda bisa gunakan untuk bertransaksi.

Tanya  : Apa perbedaan antara Kartu Debit dengan Kartu Kredit?

Jawab  : Kartu Debit memiliki batas transaksi sesuai dengan saldo pada tabungan Anda, dan akan langsung mengurani saldo Anda setelah melakukan transaksi terntu. Berbeda dengan Kartu Debit, Kartu Kredit memiliki plafon tersendiri dalam jumlah tertentu yang disetujui oleh pihak penerbit. Selain itu transaki dalam kartu kredit dianggap sebagai hutang jangka pendek pada bank penerbit kartu kredit. Oleh karena itu dikenakan sistem "bunga" pada hutang ini. Pihak penerbit kartu akan mengirimkan catatan pemakaian Anda dalam bentuk tagihan setiap bulannya, dan Anda bisa mencicil atau melunasi keseluruhan tagihan tersebut.

Tanya  : Keuntungan apa yang saya dapatkan dengan memiliki Kartu Kredit?

Jawab  : Kartu Kredit memberikan beberapa fitur yang menawarkan kemudahan bagi Anda, seperti pembayaran cicilan, cash advance, ataupun fitur promosi lainnya. Selain itu Kartu Kredit juga memberikan daya tarik berupa promosi berupa : potongan harga, cashback, poin rewards, airmiles, hotel promo, dining promo, dan lainnya

Tanya  : Jadi, saya dapat menggunakan Kartu Kredit untuk transaksi apa pun?

Jawab  : Betul. Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur dan promosi yang ditawarkan bank penerbit yang telah bekerja sama dengan merchant tertentu. Anda dapat memanfaatkan Kartu Kredit untuk transaksi ritel pembelanjaan, travel, transportasi, pembayaran utilitas, dan lainnya , disesuaikan dengan fitur dan promosi yang diberikan. Namun harap diingat bahwa Anda pun harus bijak dan cermat dalam menggunakan Kartu Kredit sebagai alat pembayaran transaksi Anda.

Tanya  : Syarat umum apa saja untuk mendapatkan Kartu Kredit?

Jawab  : Berdasarkan peraturan dari Bank Indonesia, jika Anda ingin mengajukan Kartu Kredit, Anda harus berusia minimal 21 tahun (untuk pemegang kartu utama) dan berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 tiap bulannya. Disarankan Anda melakukan pengajuan Kartu Kredit jika telah memiliki penghasilan tetap, dan Anda juga harus bijak dan cermat dalam penggunaan kartu kredit.

Tanya  : Berapa banyak Kartu Kredit yang bisa Saya miliki?

Jawab  : Peraturan Bank Indonesia menyatakan bahwa hanya maksimal 2 (dua) penerbit kartu kredit yang dapat memberikan fasililtas kartu kredit bagi mereka yang memiliki penghasilan minimum Rp 3.000.000 s/d Rp 10.000.000 tiap bulannya. Dimana plafon yang dapat diberikan adalah tiga kali penghasilan per bulan, dan sesuai dengan keputusan dari pihak penerbit kartu kredit. Selain itu Anda harus bijak dan cermat dalam memiliki kartu kredit, semakin banyak kartu kredit yang Anda miliki tentunya semakin besar kemungkinan pengeluaran Anda tiap bulannya untuk membayar tagihan kartu kredit.

Tanya  : Bank mana saja yang yang bisa Saya ajukan untuk mendapatkan Kartu Kredit?

Jawab  : Di Indonesia, cukup banyak bank (bank lokal maupun bank asing) yang menerbitkan kartu kredit. Anda dapat menggunakan www.cermati.com untuk mengetahui bank mana saja yang menerbitkan kartu kredit, serta mendapatkan kartu kredit mana saja yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tanya  : Jadi, Saya juga bisa mengajukan Kartu Kredit via Cermati?

Jawab  : Benar. Anda dapat melihat informasi dan membandingkan Kartu Kredit melalui Kami, serta dapat mengajukan produk secara online melalui Situs Kami. Namun Kami tidak memberikan jaminan kepastian bahwa pengajuan Anda akan disetujui. Dalam hal ini Kami hanya berperan sebagai penghubung informasi dan membantu proses pengajuan Anda. Sementara wewenang dalam pengambilan keputusan berada di Pihak Ketiga atau bank penerbit kartu kredit yang telah bekerjasama dengan Kami.

Tanya  : Apa sih yang dimaksud dengan Bunga dalam pemakaian Kartu Kredit?

Jawab  : Pada dasarnya penggunaan kartu kredit dapat digolongkan sebagai pinjaman, karena pihak penerbit kartu memberikan talangan pembayaran terlebih dahulu. Dan Pihak Ketiga akan mengenakan biaya jasa atas pembayaran tersebut yang disebut dengan bunga. Setiap penerbit kartu kredit menerapkan bunga atas transaksi pembelanjaan yang ditagihkan kepada Anda sebagai berikut : (1) Tidak melakukan pembayaran pada saat jatuh tempo pembayaran, (2) Melakukan pembayaran kurang dari total tagihan kartu kredit, dan (3) Melakukan pembayaran penuh setelah tanggal jatuh tempo pembayaran.

Tanya  : Jadi, apakah saya wajib membayar Bunga tersebut?

Jawab  : Ya benar. Karena seperti penjelasan sebelumnya, bunga adalah biaya yang dikenakan atas pemakaian kartu kredit Anda.

Tanya  : Bagaimana cara mengurus pembayaran tagihan Kartu Kredit?

Jawab  : Ada dua opsi untuk mengurus pembayaran tagihan kartu kredit Anda. Cara pertama, Anda dapat meminta bank penerbit untuk mengirimkan tagihan kartu kredit setiap bulan ke alamat Anda. Cara kedua, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas e-billing, atau tagihan yang dikirimkan dalam bentuk elektronik ke email Anda (belum semua bank penerbit menawarkan fasilitas ini). Selanjutnya Anda bisa langsung membayar cicilan Anda semuanya atau sejumlah besar tagihan lewat rekening bank. Detail cara pembayaran juga bisa Anda dapatkan melalui lembar tagihan, dimana pembayaran tagihan ini bisa Anda lakukan melalui fasilitas teller, ATM, internet banking, mobile banking, atau channel lainnya yang disediakan oleh bank penerbit.