7 Tips Membersihkan Mobil Agar Terhindar dari Virus

Meskipun kita tidak bervirus alias bersih, namanya virus bisa datang dari mana saja. Bisa dari sepatu atau sandal yang dipakai saat bepergian, jaket, atau lain sebagainya. 

Maka dari itu, membersihkan kendaraan sudah menjadi agenda wajib bagi pemiliknya sebelum virus menempel di dalam dashboard. 

7 Tips Membersihkan Mobil Agar Terhindar dari Virus

Agar hasilnya bersih maksimal dan membuat mobil menjadi lebih aman dan nyaman dipakai bepergian baik sendiri atau dengan keluarga, berikut tips membersihkan kendaraan yang dapat Anda praktekkan di rumah. 

1. Mulai dari dashboard

Dashboard menjadi salah satu bagian yang paling sering berdebu akibat banyaknya barang yang diletakkan di sana. Sebut saja kotak tisu, handphone, hingga bungkus rokok yang mungkin sudah berdebu sebelum dimasukkan ke dashboard.

Agar debunya tidak menggunung, sebaiknya bersihkan menggunakan kemoceng atau lap kain yang agak basah. Hindari mencampurkan air dengan alkohol karena ini dapat membuat debu menempel di dashboard.

2. Lanjut ke karpet mobil

Selanjutnya adalah karpet mobil, bagian yang paling sering kotor karena diinjak-injak. Mengingat karpetnya terbuat dari karet, maka membersihkannya pun jauh lebih mudah. 

Cukup lepaskan karpet mobil, lalu dirikan secara vertikal agar debunya tidak menempel. Bisa juga menggunakan vacuum cleaner atau mencampurkan sabun dan air, sehingga semua debu terangkat secara sempurna. 

3. Bersihkan jok mobil

Masih di bagian interior mobil, selanjutnya adalah membersihkan jok mobil. Tidak seperti membersihkan karpet mobil karena jok lebih simpel dibersihkan. Debu dan kotoran yang menempel juga terlihat jelas.

Ambil vacuum cleaner atau kain lap yang sudah dicelupkan dengan cairan khusus. Ingat, bukan cairan yang ada alkoholnya, ya! Sebab, alkohol dipercaya dapat merusak permukaan jok mobil kesayangan.

4. Bagian yang tersentuh tangan

Selain tiga poin di atas, nyatanya masih banyak bagian di dalam mobil yang sering bersentuhan dengan tangan. Ada setir mobil, kaca depan, hingga tuas transmisi. Bagian-bagian ini wajib dibersihkan agar terbebas dari virus.

Menariknya, Anda tidak membutuhkan vacuum cleaner untuk membersihkannya. Cukup dengan kain lap dan kemoceng, maka area yang sering bersentuhan dengan tangan menjadi lebih bersih. Virus pun dapat menjauh dari mobil.

Baca Juga: Tagihan Air Membengkak? Begini Cara Mudah Hemat Air Saat Mencuci Mobil

5. Kaca spion

Kalau bagian interior mobil sudah beres, sekarang lanjut ke bagian eksteriornya. Ada kaca spion yang sering kali menjadi tempat debu dan kotoran menempel akibat polusi yang tersebar di udara. 

Meski sering berdebu, membersihkan kaca spion bukan pekerjaan yang sulit dan memakan waktu. Campurkan air dan sabun, lalu celupkan kain lap dan bersihkan kaca spion secara menyeluruh. Dijamin virus dan bakteri yang tadinya menempel akan terangkat.

6. Bersihkan kaki-kaki mobil

Salah satu bagian yang sering kali diabaikan oleh pemilik kendaraan, yaitu kaki-kaki mobil. Padahal bagian ini bisa dikatakan paling kotor karena terkontaminasi langsung dengan debu dan kotoran. 

Meskipun pada dasarnya tidak dapat menyebarkan virus ke interior mobil itu sendiri, tapi alangkah baiknya dibersihkan secara rutin. Dengan demikian, performa kendaraan tetap terjaga dengan baik. 

7. Bagasi

Bagian terakhir yang tak boleh dilupakan adalah bagasi mobil. Tempat Anda sering meletakkan barang-barang berat saat bepergian jauh. Bagian ini tidak bisa dikatakan bebas virus karena barang-barang yang dimasukkan di dalamnya belum tentu bersih.

Maka dari itu, bersihkan bagasi secara rutin. Sapu karpetnya, ambil sampah yang berserakan di bagasi, dan lap bila diperlukan. 

Alat-alat yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Mobil

Berikut alat-alat pembersih mobil yang harus dipersiapkan sebelum mencuci mobil agar lebih maksimal membersihkannya dan lebih aman dari virus:

1. Kemoceng, kain lap dan vacuum cleaner

Peralatan mendasar yang dibutuhkan untuk membersihkan mobil dari virus adalah kemoceng, kain lap, dan vacuum cleaner. Anda bisa memilih mau menggunakan yang mana, tapi alangkah baiknya kalau punya semua.

Untuk bagian yang mudah dijangkau, bisa gunakan kemoceng atau kain lap. Sedangkan untuk bagian yang sulit dijangkau, seperti kolong mobil, maka bisa gunakan vacuum cleaner.

Baca Juga: Trik Aman Cuci Mesin Mobil, Gak Boleh Asal!

2. Cairan bebas alkohol

Tiga alat pembersih di atas sebenarnya sudah cukup membantu membersihkan mobil, tapi tidak untuk kotoran yang menempel. Untuk membersihkannya, silahkan pakai cairan khusus tanpa kandungan alkohol.

Cairan yang mengandung alkohol dipercaya dapat merusak permukaan mobil, seperti jok, setir atau kemudi, karpet, dan dashboard mobil. Lebih baik gunakan sabun cair atau air saja.

3. Sarung tangan

Kalau mau bersihnya maksimal, Anda bisa ganti kemoceng atau kain lap dengan sarung tangan. Alhasil, area yang mudah maupun sulit dijangkau pun bersih dengan sempurna.

Pilihlah yang berbahan dasar microfiber. Bahan yang dipercaya tidak akan merusak interior kendaraan karena teksturnya lembut. 

4. Kit pengkilap mobil

Agar mobil bersih sempurna, baik dalam maupun luar, jangan lupa lap eksterior mobil dengan kit pengkilap. Anda bisa tuangkan ke sponge atau kain lap, lalu usapkan pada permukaan luar mobil.

Tuangkan sedikit saja, lalu usapkan secara merata. Kit pengkilap ini dapat dibeli di supermarket atau toko otomotif.

Jauhkan Virus dari Kendaraan Anda

Virus dapat menempel di bagian mana saja di dalam mobil. Namun dengan rutin membersihkan mobil, virus otomatis jauh sehingga kesehatan Anda maupun keluarga selalu terjaga.

Baca Juga: 7 Tips Membersihkan Mobil Agar Terhindar dari Virus