Tagihan Air Membengkak? Begini Cara Mudah Hemat Air Saat Mencuci Mobil

Sebagian besar pemilik mobil pasti ingin kendaraan kesayangannya terlihat mengkilap memesona. Salah satu triknya adalah mencuci mobil ketika terlihat kotor dan kusam. 

Umumnya, kegiatan cuci mobil ini dilakukan satu minggu sekali atau tepat setelah digunakan. Apalagi di musim hujan yang kerap membuat body mobil terlihat penuh kotoran dan lumpur. 

Tak bisa dipungkiri, mencuci mobil selalu butuh banyak air. Bahkan, volume air tersebut bisa semakin tak terkontrol jika kondisi kendaraan teramat kotor. 

Kendati demikian, kamu tak harus pasrah dan diam ketika hal semacam ini terjadi saat mencuci kendaraan. Pasalnya, ada beberapa trik yang wajib kamu coba agar tidak terlalu boros air ketika mencuci mobil sendiri di rumah. 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Langkah mudah cuci mobil tanpa boros air

Umumnya, proses pencucian kendaraan dilakukan dengan mengguyur seluruh bagian body, lalu digosok dan dibilas. Tentu saja, proses tersebut butuh banyak air. 

Jika musim kemarau tiba, bisa jadi air bersih lebih sulit didapat sehingga kamu wajib melakukan penghematan air demi keperluan lain. Berikut ini ada beberapa cara paling tepat mencuci mobil tanpa boros air yang patut kamu lakukan di rumah. 

1. Siapkan semua peralatan

loader

Agar memudahkan dan tidak boros air saat mencuci mobil, sebaiknya semua peralatan yang akan digunakan disiapkan lebih dulu. Mulai dari selang air, ember, sabun cuci khusus yang sudah dicampur dengan air, kain lap hingga poles. Jangan sampai saat air sudah menyala dan disemprotkan ke body mobil, alat-alat baru disiapkan. Selain buang-buang waktu dan tidak efisien, ini bisa membuat air menjadi terbuang sia-sia.

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Pentingnya Mencuci Mobil Pasca Hujan

2. Mencuci dengan lap dan sabun

loader

Selanjutnya agar lebih menghemat air saat mencuci mobil, jangan lupa basahi lap dengan campuran sabun khusu yang sudah disiapkan. Tapi pastikan, jika lap yang digunakan untuk mencuci bagian body berbeda dengan lap untuk membersihkan bagian ban, ya.

Setelah itu, bersihkan bagian mobil yang terlihat kotor menggunakan lap tersebut. Cukup lap hingga bersih dengan gerakan memutar, tanpa harus disiram.

Alangkah baiknya jika kamu langsung mengeringkan body mobil dengan lap kering supaya tidak ada kotoran yang muncul lagi. Pastikan juga proses pengeringan ini dilakukan di area terbuka agar tidak memicu waterspot

3. Siapkan ember dan selang air

loader

Demi menghemat air, ada baiknya jika kamu persiapkan sebuah ember terlebih dulu saat hendak mencuci mobil. Hal ini dilakukan untuk membatasi penggunaan air sekaligus memperkirakan volume air yang digunakan saat membilas body mobil. 

Cara paling mudah adalah mengambil sebuah ember berisi air bersih secukupnya. Jangan lupa siapkan juga gayung untuk tempat air sabun dan spons. 

Caranya, bersihkan seluruh bagian mobil dari kotoran dan noda terlebih dulu. Kemudian, bilas dengan air yang telah disiapkan dalam ember sampai benar-benar merata. 

Setelah itu, gosok seluruh body mobil dengan spons yang telah dicelup pada air sabun sampai benar-benar bersih dan rata. Tahapan selanjutnya adalah pembilasan, tetapi kamu harus mencuci dulu spons hingga bersih sehingga tak ada lagi sabun yang tersimpan di dalamnya. 

Jika sudah, celupkan spons ke dalam air dan bilas seluruh body kendaraan secara merata. Langkah terakhirnya adalah segera lakukan pengeringan secepatnya. 

Salah satu cara yang paling mudah dan cepat adalah dengan menggunakan kain microfiber. Karena kain jenis ini mampu menyerap air dengan lebih sempurna, baru kemudian lap seluruh bagian body mobil hingga benar-benar kering. 

Pastikan semua titik air telah hilang, karena hal ini bisa memicu timbulnya noda di bagian cat body mobil kamu. 

4. Gunakan produk waterless wash 

loader

Cara mencuci mobil tanpa boros air selanjutnya bisa dengan menggunakan produk khusus waterless wash. Sesuai dengan namanya, proses pencucian kendaraan dengan metode satu ini benar-benar tidak membutuhkan air dalam bentuk apapun. 

Kamu cukup menggunakan waterless wash ini dengan sehelai kain microfiber yang dijamin tak akan merusak lapisan cat body kendaraan kesayangan. Produk buatan California, Amerika Serikat ini kini sudah bisa didapatkan baik secara online maupun offline di toko-toko produk otomotif.

Baca Juga: Trik Aman Cuci Mesin Mobil, Gak Boleh Asal!

5. Mencuci mobil secara rutin dan teratur

loader

Tahukah kamu, cara merawat kendaraan yang paling tepat adalah menjaganya agar tetap bersih. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat air ketika hendak mencuci mobil sekali atau dua kali dalam seminggu

Bagaimana bisa? Bukankah jadi lebih sering?

Begini, ketika hendak melakukan pembersihan kendaraan, kamu hanya butuh sedikit air. Sebab, tidak ada kotoran membandel. Mungkin hanya debu saja yang menempel di sekitar body ataupun mesin mobil tersebut. 

Berbeda jika kamu hanya membersihkan mobil sebulan atau dua bulan sekali. Bisa dipastikan, kotoran dan debu bakal menumpuk sehingga lebih sulit dibersihkan. 

Kondisi semacam inilah yang akhirnya membuat kamu lebih banyak membutuhkan air sehingga kendaraan bisa tampak bersih sempurna. Dengan kata lain, cuci mobil tanpa boros air hanya bisa dilakukan jika kotoran dan debu belum menumpuk. 

Itulah mengapa pencucian mobil secara rutin dan teratur bisa jadi pilihan terbaik agar tidak boros air. Bahkan, mencuci tanpa air sedikit pun dengan waterless wash akan lebih sulit dilakukan jika kotoran sudah menumpuk dan membandel. 

Siapa bilang mencuci mobil selalu boros air?

Asal tahu triknya, mencuci mobil hemat air bukan hal yang tak mungkin. Apalagi jika kita merawat kebersihan mobil secara rutin dan teratur, maka tak perlu banyak air ketika mencuci mobil. Karena kotoran yang menempel langsung hilang dengan sekali semprot. 

Berbeda jika kamu jarang mencuci mobil dan membiarkannya benar-benar kotor sebelum mencucinya. Maka selain boros air, membersihkan mobil bisa memakan waktu cukup lama. Jadi jangan tunggu mobil sangat kotor untuk mencucinya, ya!

Baca Juga: Biar Awet, ini 6 Tips Merawat Mobil yang Baik dan Benar