Trik Aman Cuci Mesin Mobil, Gak Boleh Asal!

Sebenarnya, cuci mobil yang aman dan cepat tapi tetap membuat penampilannya bersih mengkilap cukup mudah dilakukan. Apabila kamu rutin melakukannya, bisa jadi mobil kesayangan akan selalu tampak seperti baru. 

Setiap pemilik kendaraan dibebani oleh kewajiban untuk selalu menjaga kebersihannya. Bahkan, tak sedikit orang yang beranggapan bahwa, kebersihan sebuah mobil bisa jadi gambaran kepribadian pemiliknya. 

Perlu kamu ketahui, mencuci mesin mobil tak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, teknik pencucian yang kurang tepat bisa mengakibatkan gangguan pada mesin mobil jingga mengalami kerusakan. 

Demi menghindari hal semacam itu, kamu harus melakukan beberapa trik cuci mobil yang tepat dan cepat berikut ini. 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

1. Siapkan peralatan 

loader

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menyiapkan berbagai peralatan untuk mencuci mobil. Di antaranya seperti sabun khusus cuci mobil, lap plas chamois, lap microfiber, ember, selang, sikat kecil. 

Jangan lupa juga siapkan saluran air mengalir. Sebab, air yang mengalir jadi kunci utama supaya proses pencucian kendaraan tersebut bisa dikerjakan dengan lebih cepat. 

2. Mengamankan area kelistrikan mobil

Setelah mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan, langkah berikutnya adalah mengenali area kelistrikan kendaraan untuk diamankan. Pasalnya, area satu ini sangat rentan menyebabkan terjadinya korsleting bila terkena air. 

Oleh karena itu, kamu harus membungkusnya menggunakan plastik. Pastikan, setiap bagian dibungkus dengan rapat agar air tidak memasuki celah pembungkus. 

Kamu juga bisa merekatkan plastik pembungkus dengan komponen kelistrikan mobil tersebut menggunakan isolasi. Bahkan, kamu tak perlu ragu untuk membungkus kabel-kabel yang mengelupas menggunakan isolasi khusus. 

Baca Juga: Aki‌ ‌Mobil‌ ‌Kering?‌ ‌Begini‌ ‌Cara‌ ‌Memperbaikinya!‌ ‌

3. Basahi area mesin mobil dengan air bertekanan rendah

loader

Selanjutnya basahi mesin dengan air mengalir dengan tekanan rendah. Ini dilakukan agar menghilangkan sisa-sisa debu yang masih menempel di sudut-sudut mesin. Selain itu, agar memudahkan membersihkan sela-sela mesin yang cukup sulit dijangkau. 

Saat melakukan tahapan ini, hindari menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Karena bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil yang dibersihkan akibat masuknya air. Untuk itu, pastikan agar tekanan air benar-benar rendah, ya.

4. Gunakan dengan cairan pembersih mesin khusus

Tahapan selanjutnya adalah membersihkan area mesin mobil dengan sabun khusus untuk mencuci mesin mobil (engine degreaser). Cairan pembersih semacam ini memang diformulasikan khusus untuk menghilangkan kotoran pada bagian mesin mobil. Biasanya, cairan ini aman dan tidak akan merusak mesin mobil. 

Pastikan sebisa mungkin untuk menggunakan produk pembersih khusus mesin mobil bukan yang lain. Sebab, alih-alih membersihkan produk yang salah bisa menimbulkan banyak masalah pada mesin mobil. 

Cara yang paling efektif saat membersihkan mesin mobil adalah dengan menyemprotkannya langsung ke mesin yang kotor. Selanjutnya, gunakan sikat halus untuk menyikat bagian mesin agar kotoran yang membandel cepat rontok.

Setelah itu, segera bilas bagian mesin menggunakan air mengalir untuk menghilangkan segala bentuk kotoran yang tersisa. Tahapan ini juga untuk membilas sisa sabun di sekitar area mesin. 

Nah, jika di rumah ada kompresor angin, tak ada salahnya menggunakan alat tersebut untuk membantu membersihkan sisa air di bagian sempit yang tak terjangkau. 

5. Cuci body mobil dan detail lainnya

loader

Para pecinta otomotif pasti setuju, bahwa penopang penampilan mobil supaya tetap terlihat epik adalah kondisi body, ban beserta peleknya. Caranya mudah, gunakan cairan pembersih khusus dan cuci seluruh bagian luar body mobil hingga bersih.

Selanjutnya, bersihkan dinding ban dengan bantuan sabun dan sikat. Setelah benar-benar bersih, lanjutkan ke bagian pelek. Sebaiknya, bersihkan pelek menggunakan lap supaya tidak menggores permukaannya. 

Bersihkan dari bagian depan dan seluruh sela-sela pelek agar tampak mengkilap. Tak sedikit pemilik mobil yang sengaja menyemir bagian dinding ban kendaraan dengan tujuan untuk mendapat kesan wet look. Padahal, tindakan seperti ini justru berpotensi menjadikan dinding ban semakin cepat keras.  

Selain itu, detail lain dari kendaraan yang juga wajib diperhatikan saat mencuci mobil adalah spion, wiper, grill, antena, handle pintu, dan lampu. 

6. Bilas dan keringkan body mobil 

Ketika mobil telah dirasa bersih, maka selanjutnya adalah membilas seluruh bagian body kendaraan tersebut menggunakan air bersih yang mengalir. Sebaiknya bilas dari bagian atas, kaca, ban, dan detail lain di bagian eksterior. 

Setelah proses pembilasan selesai, keringkan body mobil menggunakan lap khusus, seperti plas chamois. Pastikan, lap tersebut berbeda dengan yang digunakan untuk membersihkan body mobil di tahap berikutnya.

Baca Juga: Berbagai Kebiasaan yang Bikin Mobil Matic Cepat Rusak

7. Keringkan di tempat terbuka

loader

Trik cuci mesin mobil yang aman berikutnya adalah mengeringkannya di tempat terbuka agar mesin dan body mobil bisa lebih cepat kering. Diamkan mobil dengan kap mesin terbuka selama 2 hingga 3 jam supaya benar-benar kering. 

Perlu kamu ketahui, proses pengeringan setelah pencucian mobil sangat penting. Bila dilakukan dengan cara yang kurang tepat, kemungkinan besar body mobil bisa mengalami waterspot atau bercak-bercak yang mengganggu tampilan eksterior. 

Cara mencuci yang tepat akan membantu mesin tetap sehat

Demikian tadi beberapa trik aman mencuci mesin mobil dengan bersih dijamin bebas debu. Perlu diperhatikan pada saat menghidupkan mesin mobil, pastikan mesin benar-benar kering sepenuhnya, ya. Agar tidak terjadi masalah pada sistem kelistrikan mobil nantinya. Bagaimana, sudah siap untuk mempraktekkannya?

Baca Juga: Bila Mobil Terkunci, Begini cara Gampang Membukanya