Ketahui Peluang Investasi Paling Cuan di Indonesia untuk Investor Pemula

Menabung dengan gaya? Investasi jawabannya.

Tapi, berinvestasi itu tidak boleh asal dan sembarangan loh. Karena salah berinvestasi cuman hanya memberikan kamu kerugian tanpa akhir. Untuk itu belajar strategi investasi sangat penting sebelum memutuskan untuk berinvestasi apapun.

Salah satu bagian penting dari Menyusun strategi investasi adalah dengan mengetahui dan memahami dengan baik apa itu peluang investasi dan bagaimana cara memanfaatkannya untuk memaksimalkan profit dalam berinvestasi.

Jadi apa itu peluang investasi?

Peluang investasi adalah kemungkinan untuk melakukan investasi guna mendapatkan keuntungan pada masa yang akan datang melalui suatu produk yang terdapat pada lembaga keuangan yang dilakukan saat ini dengan tujuan mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang.

Peluang investasi juga dimaksud untuk mencari instrumen investasi apa yang bisa memberikan keuntungan lebih dari instrumen investasi lainnya. Peluang investasi biasanya dipengaruhi oleh tren, profit, dan risikonya.

Daftar Peluang Investasi yang Paling Cuan di Indonesia

Untuk para investor, khusunya investor pemula yang mau mencoba berinvestasi di bidang lain. Berikut daftar peluang investasi paling cuan saat ini di Indonesia yang bisa dicoba:

1. Investasi Saham


Investasi Saham

Peluang investasi saham dari tahun ketahun memang semaking meningkat terutama di Indonesia sediri. Sebagian dari kamu juga mungkin sudah banyak mendengar jika beberapa tahun belakangan ini  sudah banyak sekali orang yang ramai memamerkan perkembangan aset sahamnya di berbagai platform media sosial.

Dari tren pamer saham tersebut artinya kamu sudah bisa menilai sendiri bahwa investasi saham telah menarik banyak perhatian masyarakat terutama mereka yang merupakan bagian dari generasi millenial.

Itu karena saat ini saham merupakan jenis investasi yang paling menguntungkan dan bisa memberikan keuntungan lebih besar daripada jenis investasi lainnya.

Nah, jika tertarik berinvestasi saham. Jangan lupa pahami dulu hal-hal mendasar pada investasi saham seperti risikonya, cara membuat rekening saham, cara transaksinya, strategi hingga manajemennya.

Baca Juga: Dunia Investasi: Kenali Instrumen, Istilah dan Tips Sukses Investasi

2. Investasi Emas


Investasi Emas

Peluang investasi emas memang tidak ada matinya. Mulai dari jaman nenek moyang kita sampai saat ini, emas masih banyak dijadikan sebagai instrument investasi dari berbagai kalangan dan usia. Bagaimana tidak? Emas adalah satu-satunya jenis investasi yang memiliki harga yang cenderung stabil dan cukup kuat, khususnya untuk menahan gejolak inflasi.

Selain itu, emas sendiri sangat mudah diakses baik untuk membeli dan menjualnya. Bahkan dengan canggihnya teknologi saat ini, kamu sudah bisa mencicil membeli emas secara online dibanyak aplikasi online.

Adapun lembaga yang menyediakan layanan jual-beli emas secara online, yaitu Pegadaian Digital dan Brankas LM Antam. Berkat hal ini, sekarang siapapun bisa memiliki tabungan dan investasi emas tanpa harus memiliki budget jutaan rupiah dulu di awal.

3. Investasi Reksa Dana


Reksa Dana

Untuk yang belum mantap ilmu pasar modalnya, bisa mencoba untuk berinvestasi reksa dana saja. Tenang, peluang investasi reksa dana juga sama bagusnya dengan investasi saham, ditambah dengan modal yang lebih murah dari saham.

Sama seperti saham, reksa dana juga memiliki kursi popularitas yang cukup tinggi di kalangan masyarakat. Apalagi saat ini, banyak lembaga yang menyediakan investasi reksadana hanya dengan modal Rp10.000 saja.

Tenang, meskipun murah tapi kualitasnya tidak murahan. Karena reksa dana memiliki Manajer Investasi (MI) professional yang mengolah modal para investor dan akan menginvestasikannya lagi ke dalam portfolio efek yang menjanjikan.

4. Investasi P2P Lending


P2P Lending

Bersama dengan saham dan reksa dana, investasi P2P lending juga merupakan salah satu peluang investasi terbaik 2021 dan juga yang paling direkomendasikan.

Peer to Peer Lending (P2P Lending) sendiri merupakan platform yang menghubungkan antara orang yang mau meminjam dana (borrower) dan investor sebagai pemberi pinjaman (lender).

Dengan investasi P2P Lending, maka investor akan menerima pengembalian pokok pinjaman dan bunga atas pinjaman tersebut. Itu kenapa investasi P2P Lending menjadi instrument favorit terbaru karena kemudahan dan keuntungannya.

Keuntungan dari berinvestasi P2P Lending sendiri bisa mencapai 12-16 persen per tahun. Tapi jangan lupa untuk hanya berinvestasi P2P Lending di perusahaan pinjaman online yang berlisensi dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

5. Investasi Unit Link

Unit link juga merupakan bagian dari peluang investasi terbaik 2021 yang harus dicoba. Investasi unit link cocok untuk kamu yang tidak hanya ingin berinvestasi tapi juga bisa mendapatkan benefit Asuransi. Baik itu Asuransi untuk melindungi kesehatan fisik dan jiwa dan berbagai hal tidak terduga yang bisa terjadi dimasa depan.

Tapi, kekurangan dari investasi unit link adalah investasi yang tidak memberikan keuntungan yang besar seperti investasi lainnya, Namun dari investasi ini, kamu tetap memiliki return yang menjanjikan.

Baca Juga: Biaya Investasi: Ketahui Ragam dan Cara Menghitungnya

6. Investasi SBN Sukuk Syariah

 
SBN Sukuk Rupiah

Selanjutnya ada investasi SBN Sukuk Syariah, yang menjadi bagian dari daftar peluang investasi terbaik 2021. Sesuai dengan namanya, SBN Sukuk Syariah merupakan Surat Berharga Negara yang sifatnya sebagai utang, dan diterbitkan secara resmi dan dijamin oleh pemerintah Indonesia.

Karena diterbitkan oleh pemerintah, maka jenis investasi yang satu ini sangat cocok untuk kamu para pemula yang ingin main aman, tapi tetap bisa mendapatkan return yang besar.

SBN sendiri sengaja dikeluarkan oleh pemerintah, agar bisa lebih melibatkan masyarakat dalam perekonomian negara Indonesia. Pemerintah mengeluarkan SBN kedalam tiga jenis, yaitu SBR (Saving Bond Ritel), Sukuk Tabungan dan ORI (Obligasi Negara Ritel).

Sampai saat ini, SBN sangat laris di kalangan investor asing, karena bunga yang ditawarkan cukup tinggi, yaitu lebih dari enam persen.

7. Investasi Obligasi


Obligasi
Investasi Obligasi

Jarang mendengar investasi obligasi? Sayang sekali, karena investasi obligasi juga termasuk kedalam jenis investasi yang peluang investasinya juga tinggi dan direkomendasikan.

Obligasi sendiri adalah Surat Utang ini merupakan salah satu bentuk investasi menjanjikan, karena bisa dipindah tangankan dan sifatnya jangka panjang.

Obligasi sendiri bisa dikeluarkan oleh Korporasi maupun Negara. Sementara itu untuk return-nya, obligasi dinilai memiliki return yang cukup baik, karena bunga yang diberikan lebih tinggi dibandingkan bunga BI.

Selain keuntungannya yang besar, berinvestasi di obligasi juga bisa membantu mu untuk mendapatkan capital gain dari penjualan obligasi di pasar sekunder.

Dan untuk risikonya sendiri, bisa dibilang hampir tidak ada, apalagi jika obligasi tersebut dikeluarkan oleh pemerintah.

8. Investasi Deposito


Deposito

Peluang investasi deposito juga bisa dikatakan cukup baik dalam dunia investasi. Terutama untuk para investor pemula yang menginginkan investasi dengan risiko rendah dan kebal dari gejolak inflasi.

Investasi deposito juga dikenal aman dan tidak terlalu terdampak oleh pandemi, karena dikelola secara transparan dalam pengawasan ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, investasi deposito memiliki peluang keuntungan berkisar lima sampai tujuh persen per tahunnya

Meski tidak terlalu besar, jika dikelola dengan baik maka keuntungan yang didapat dari investasi ini, bisa menjadi pemasukan tambahan yang menjanjikan.

9. Investasi Properti


Investasi Properti

Meski masih berada di musim pandemi, nyatanya peluang investasi properti masih memiliki banyak peminat, dan alhasil menjadi salah satu peluang investasi terbaik di tahun ini.

Ini karena, investasi properti tidak mudah tergerus oleh waktu dan kondisi zaman, meskipun dalam keadaan darurat seperti pandemi saat ini, karena setiap orang pasti memerlukan tempat tinggal.

Belum lagi nilai investasinya yang cenderung tumbuh positif. Sehingga, sangat wajar apabila banyak orang berpihak pada investasi properti, untuk jaminan masa tua.

Pilih yang Aman, Sesuai Kebutuhan dan Cocok dengan Kondisi Keuangan mu

Jika kamu memliki kocek yang lumayan bisa mencoba jenis investasi yang modalnya dimulai dari jutaan rupiah sekaligus seperti saham, membeli emas atau properti. Tapi jika modal investasi masih terbatas bisa pilik reksadana atau menabung emas. Intinya investasi apa saja bisa menguntungkan asalkan tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan.

Baca Juga: Investasi untuk Pemula Gaji Rp 5 Juta Sebulan