Investor Merapat! Ini Perbedaan Value Stocks dan Growth Stocks yang Amat Mempengaruhi Keuntungan Investasi

Tidak dapat dipungkiri jika saham merupakan salah satu instrumen investasi yang kerap dipilih oleh investor, khususnya yang telah berpengalaman. Investasi saham sendiri merujuk pada aktivitas menanam modal dengan cara membeli sebagian kepemilikan dari sebuah perusahaan atau institusi. Membeli saham sebuah perusahaan artinya percaya bahwa prospek dari perusahaan yang bersangkutan bakal terus berkembang seiring berjalannya waktu. 

Tapi, tahukah kamu jika dalam dunia investasi saham, terdapat 2 jenis saham yang penting untuk diketahui oleh para investor? Kedua jenis saham tersebut dikenal dengan istilah value stocks dan juga growth stocks. Keduanya tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri yang mampu memberi pengaruh signifikan terhadap potensi keuntungan investasi saham dan strategi yang dipilih oleh investor. 

Lalu, yang menjadi pertanyaan, apa sih yang dimaksud dengan value stocks dan growth stocks ini? Juga, apa saja perbedaan antara keduanya yang harus dipahami betul oleh para investor agar mampu mengoptimalkan keuntungan investasinya? Tanpa panjang lebar lagi, simak penjelasan tentang apa itu value stocks, growth stocks, dan perbedaan umum antara keduanya berikut ini. 

Apa Itu Value Stocks?

Sejatinya, investasi saham adalah bentuk aktivitas investasi berjangka panjang. Investasi pada instrumen saham sebaiknya dilakukan dengan memperhitungkan dan mempertimbangkan nilai wajar sebuah produk saham yang didapatkan dari proses analisis kinerja perusahaan yang diincar. 

Nah, terkait value stocks sendiri adalah jenis saham yang mana mencakup produk saham yang ditransaksikan pada pasar saham dengan nilai lebih rendah ketimbang nilai perusahaan yang sebenarnya. Artinya, nilai saham sebuah perusahaan relatif lebih rendah ketimbang kinerjanya jika mengacu dari laporan keuangan yang mencerminkan pendapatan, aset, arus kas, beban operasional, serta berbagai aspek lainnya.  

Baca Juga: Index S&P 500: Definisi, Manfaat, hingga Daftar Perusahaannya

Karakteristik Value Stock

Terdapat beragam karakteristik yang dimiliki oleh produk saham dengan jenis value stocks ini, antara lain:

  • Rasio valuasi yang dijadikan sebagai dasar perhitungan nilai saham menggambarkan harga perdagangan yang lebih rendah dibanding nilai wajarnya saat ini. Rasio yang biasa digunakan tersebut adalah PBV atau Price to Book Value yang berada di bawah nilai 1 dan bisa dikatakan jika nilai sahamnya masih undervalue. Alasannya karena saham diperdagangkan dengan harga di bawah nilai bukunya. 
  • Rasio valuasi saham jenis value stocks juga bisa digunakan dengan PER atau Price to Earning Ratio yang mana saham bisa dikatakan undervalue apabila nilainya lebih kecil dibanding rerata angka PER sebelumnya, maupun di bawah rerata kompetitor lainnya pada industri bisnis yang sama. 
  • Value stocks juga biasanya dialami oleh perusahaan besar yang memiliki kinerja cukup baik. Namun, pelaku pasar tak memiliki minat terhadap penjualan sahamnya sehingga membuat harga yang diperdagangkan relatif rendah.
  • Karakteristik value stocks lainnya adalah jenis saham ini bisa terjadi ketika persepsi dari pelaku pasar menganggap bahwa saham tersebut akan cenderung melemah dan membuat nilainya menurun. Padahal, jika melihat dari kinerja keuangan perusahaannya, saham tersebut mempunyai nilai yang lebih tinggi. 

Apa Itu Growth Stocks?

Sementara suatu saham bisa dikatakan sebagai jenis growth stocks ketika mempunyai tingkat pendapatan dan penjualan yang terus bertumbuh secara pesat ataupun hingga melebihi pertumbuhan ekonomi dan jenis saham lain dalam industri yang sama. Perusahaan dengan jenis saham growth stocks umumnya bergerak dengan agresif pada sektor bisnisnya dan gencar melakukan pengembangan serta ekspansi terhadap usahanya. 

Akan tetapi, di sisi lain, karena terlalu berfokus pada ekspansi bisnis tersebut, sering kali emiten atau perusahaan dengan karakteristik growth stock ini tak memberi dividen pada para pemilik sahamnya. Hal ini tentu saja diakibatkan karena arus kas perusahaan difokuskan untuk melakukan ekspansi dan percepatan terhadap pertumbuhan bisnisnya. Tapi, sebagai gantinya, nilai saham yang dimiliki oleh investor memiliki peluang untuk melambung di waktu yang akan datang. 

Saham dengan jenis growth stocks mempunyai prospek pertumbuhan penghasilan dan juga laba yang pesat di masa depan, walaupun saat ini bisa dibilang kinerjanya masih mencatatkan kerugian bersih. Jenis saham ini umumnya bisa ditemukan pada emiten berskala kecil atau menengah karena aktivitas bisnisnya baru berjalan. Tapi, jika melihat kinerjanya beberapa waktu mendatang, potensi pertumbuhan bisnis dari perusahaan dengan jenis saham ini begitu menjanjikan dibanding emiten lainnya. 

Baca Juga:  TradingView, Platform Analisis Perdagangan yang Friendly untuk Pemula!

Karakteristik Growth Stock

Sama halnya dengan value stocks, saham growth stocks juga mempunyai beragam karakteristik yang perlu dipahami oleh investor. Berikut beberapa di antaranya.

  • Emiten dengan jenis saham growth stocks biasanya mempunyai keunggulan dalam aspek kompetitif atau persaingan dengan para kompetitor di industri bisnis yang sama. 
  • Emiten dengan golongan growth stocks tersebut juga biasanya mempunyai PER yang relatif lebih tinggi ketimbang perusahaan lain.
  • Karakteristik lainnya, perusahaan dengan jenis saham growth stocks juga sering kali tak membagikan dividen sama sekali pada para investornya. Kalaupun berniat untuk memberi dividen, nilainya bisa sangat kecil dan tak terlalu berpengaruh terhadap keuntungan investor. Penyebabnya tidak lain karena perusahaan lebih memfokuskan keuangannya untuk melakukan ekspansi terhadap bisnisnya agar pertumbuhannya menjadi lebih pesat. 

Perbedaan Antara Value Stocks dengan Growth Stocks

 

Bagi yang belum tahu, mungkin saham jenis value stocks dan growth stocks dianggap identik dan tak memiliki perbedaan yang signifikan. Padahal, keduanya mempunyai ciri khas dan karakteristik yang unik, serta amat mempengaruhi strategi investor dalam berinvestasi.

Nah, berikut adalah beberapa poin perbedaan umum antara saham jenis value stocks dan growth stocks yang penting untuk dipahami oleh para pemilik modal sebelum berinvestasi. 

  • Harga Saham

Mengenai harga sahamnya, value stock merupakan saham yang diperjualbelikan dengan harga lebih rendah pada pasar modal. Nilai dari saham ini bahkan dianggap jauh lebih kecil ketimbang nilai intrinsik perusahaan jika melihat dari kinerja atau laporan keuangannya.

Sedangkan pada saham jenis growth stocks adalah saham yang diperjualbelikan dengan harga yang lebih tinggi pada pasar modal ketimbang nilai intrinsik perusahaannya. Alasannya karena jenis saham ini mempunyai peluang cukup besar dalam menjalankan ekspansi bisnis atau meraih tingkat pertumbuhan tertentu. Karena alasan itulah mengapa investor berani membeli saham growth stocks dengan harga tinggi dari nilai sebenarnya. 

  • Price to Earning Ratio

Perbedaan lainnya terletak dari rasio PE atau price to earning ratio. Pada saham value stocks, rasio ini biasanya mempunyai nilai yang setara atau lebih kecil ketimbang pasar yang menggambarkan rekam jejak pendapatan bagi investor. Di sisi lain, saham growth stocks mempunyai rasio PE yang umumnya lebih tinggi ketimbang pasar. 

  • Pembagian Dividen

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perusahaan dengan jenis saham value stocks sering kali membagikan dividen kepada para investornya dengan jumlah yang besar. Sebaliknya, perusahaan dengan saham growth stocks cenderung tak membagikan dividen pada investornya sama sekali atau dengan nominal yang kecil saja. Penyebabnya tidak lain karena perusahaan dengan jenis saham ini lebih memfokuskan keuangannya pada pengembangan dan ekspansi bisnis. 

Risiko yang Mungkin Muncul

Perbedaan yang terakhir antara saham jenis value stocks dengan growth stocks terletak pada risiko yang mungkin muncul pada investor atau pemilik modal. Karena umumnya dimiliki oleh perusahaan yang sudah besar dan memiliki kinerja yang terjamin, berinvestasi di saham jenis value stocks bisa dibilang lebih aman dan minim risiko. 

Sedangkan untuk saham jenis growth stocks, karena umumnya dimiliki oleh perusahaan kecil atau menengah yang sedang fokus mengembangkan bisnisnya, risiko ketidakpastian yang dialami oleh investor tentu lebih tinggi. Dalam kata lain, risiko kerugian yang mungkin dialami oleh investor growth stocks relatif lebih tinggi, walaupun peluang keuntungan yang bisa didapatkannya juga tak kalah menjanjikannya.

Jadi, Sudah Tahu Jenis Saham Mana yang Cocok dengan Strategi Investasi Sahammu?

Pada dasarnya, baik saham jenis growth stocks maupun value stocks mempunyai keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Tugas kamu sebagai investor adalah menyesuaikan kelebihan dan kelemahan tersebut dengan strategi dan tujuan investasi. Dengan begitu, peluang mendapatkan keuntungan yang optimal dari aktivitas menanam modal akan menjadi jauh lebih tinggi. 

Baca Juga: Trading Saham Halal atau Haram? Begini Hukumnya Menurut Islam dan Tips Trading Syariah