8 Tips Bisnis 'Guest House' yang Efektif dan Bisa 'Cuan'

KOMPAS.com - Tidak hanya hotel atau villa, saat ini guest house pun kerap kali menjadi opsi penginapan bagi para wisatawan. Selain karena murah, fasilitas di dalamnya juga lengkap. Bahkan beberapa guest house sekarang telah menyediakan sarapan yang harganya sudah termasuk di dalam harga penginapan.

Melihat banyaknya peminat guest house saat ini, Anda yang punya dana untuk membangun bisnis penginapan pastinya tergiur, kan? Agar bisnis ini lancar, lakukan tips berikut ini untuk memulainya dilansir dari Cermati.com:

1. Buatkan situs pemesanan

Semakin banyak aktivitas yang bisa dilakukan dengan adanya internet. Salah satunya untuk mencari guest house, makanya cobalah untuk membuat situs resmi untuk memudahkan konsumen saat melakukan pemesanan.

Selain untuk memesan, situs ini sendiri bisa dijadikan sebagai wadah untuk berbagi informasi. Misalnya, seputar tips mendapat guest house murah atau keuntungan menginap di guest house milik kamu. Situs tersebut dapat menjangkau banyak konsumen. Jika dibekali dengan pemasaran yang baik, pasti banyak peminatnya.

2. Jalin kerjasama dengan mitra

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, jalinlah kerjasama dengan mitra berupa platform yang menyediakan layanan pemesanan penginapan online. Cara ini akan membantu konsumen untuk mengenal guest house milik Anda, apalagi kalau konsumen mencari penginapan yang budget-nya terjangkau.

Pilihlah mitra yang paling dipercayai oleh konsumen. Mengenai harga, tetapkan harga yang bersahabat agar guest house kelihatan lebih menarik.

3. Pemasaran lewat media sosial

Medis sosial mengambil andil penting dalam aktivitas pemasaran, terutama saat ini. Manfaatkanlah salah satu sosial media, seperti Instagram untuk memperkenalkan guest house kepada masyarakat luas.

Seringlah mengunggah konten yang ada hubungannya dengan guest house yang disewakan. Hitung-hitung untuk berbagi informasi kepada masyarakat untuk menjawab sebagian pertanyaan mereka. Misalnya, tentang tipe guest house, harga, syarat dan ketentuan menginap.

Baca juga: Tips Sukses dalam Menjalankan Usaha Penginapan

4. Memberikan hadiah gratis

Segala sesuatu yang gratis biasanya cepat menuai perhatian. Tidak ada salahnya untuk memberikan sesuatu secara cuma-cuma kepada setiap pengunjung. Misalnya, hadiah menginap 1 malam untuk minimal pemesanan 3 hari berturut-turut. 

Karena hadiah, Anda bisa menetapkan syarat dan ketentuan khusus saat klaim. Misalnya saja, tidak memberlakukan hadiah tersebut saat libur akhir pekan atau peak season. Tujuannya tak lain agar tidak rugi. Apalagi pada dua momen tersebut, jumlah pemesanan akan meningkat drastis.

5. Menentukan harga pasaran

Harga menjadi salah satu yang tidak boleh dilupakan dalam pembahasan tips memulai guest house kali ini. Harga yang tepat otomatis menarik perhatian konsumen. Meski tepat, bukan berarti murahan, ya!

Tepat di sini adalah antara harga yang dibayar konsumen sesuai dengan fasilitas yang didapatkan. Jadi, tidak muncul kejengkelan atau perasaan sia-sia karena telah memilih guest house Anda untuk menginap.

Anda bisa bandingkan harga dengan guest house lain untuk menghindari perbedaan harga yang sangat jomplang. Dengan demikian, harga di pasaran menjadi bersaing satu sama lain.

6. Menentukan target konsumen

Siapa yang Anda harapkan menginap di guest house tersebut? Tentukanlah target konsumennya untuk memudahkanmu dalam merancang konsep, menentukan harga, dan menambahkan fasilitas tertentu.

Jika targetnya adalah keluarga, pastikan ukuran kamarnya luas, tersedia televisi, dan dapur untuk memasak. Sementara jika targetnya anak millennial, upayakan membuat konsep yang unik.

7. Siapkan perlengkapan

Jangan lupa untuk menyiapkan segala perlengkapan yang konsumen butuhkan selama menginap di guest house. Sebut saja perlengkapan masak, mandi, tidur, keranjang sampah, dan tisu.

Perlengkapan yang memadai membuat konsumen betah menginap karena mereka merasa semuanya sudah difasilitasi. Mereka tidak perlu mengeluarkan uang atau membawa sendiri dari rumah kalau seandainya butuh sesuatu. Perlengkapan untuk semua orang berbeda-beda.

Tapi, ringkasnya Anda bisa menyamakan semua perlengkapan pada setiap tipe guest house. Sementara untuk harga sewa yang lebih mahal, Anda bisa tingkatkan kualitas perlengkapannya, ya!

8. Pelayanan yang cepat

Satu poin yang juga penting, yaitu pelayanan. Usahakan untuk menyikapi konsumen dengan cepat, tanggap, dan memberikan informasi secara maksimal.

Pelayanan yang bagus akan membekas di hati konsumen. Hal ini pula yang cenderung membuat konsumen mau menjadi pelanggan tetap di guest house milik Anda.

Jangan ragu menggunakan sela-sela waktu untuk berbicara dengan konsumen. Kamu bisa tanyakan tentang rencana liburan mereka hingga kesan selama menginap di guest house. Jadikan kesan tersebut sebagai bahan evaluasi kalau memang konsumen menyampaikan masukan tertentu.

Itu dia tips memulai bisnis guest house yang bisa dipraktekan nanti. Sebelum memulai, sebaiknya buatlah perencanaan mengenai seluruh aspek yang ada kaitannya dengan aktivitas sewa-menyewa. Siapkan pula dokumen yang diperlukan atas usaha guest house yang didirikan agar pendirian bisnismu legal di mata hukum.