Tips Sukses dalam Menjalankan Usaha Penginapan

Memiliki usaha sampingan kini menjadi salah satu pilihan yang dijalankan banyak orang untuk memenuhi kebutuhan. Salah satunya adalah usaha penginapan. Sebenarnya, usaha menyediakan penginapan sudah banyak terdapat di kota-kota besar karena permintaannya yang terbilang tinggi.

Bagi Anda yang memiliki bangunan atau rumah yang berada di lokasi yang strategis, mengelola usaha penyediaan penginapan adalah usaha yang cocok. Sebab orang-orang yang datang dari luar kota atau luar daerah, rata-rata adalah mahasiswa, pasti akan mencari-cari penginapan.

Bila Anda berminat membuka usaha penginapan, beberapa tips berikut bisa dilakukan agar usaha penginapan berjalan dengan sukses.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Proposal Usaha

1. Lakukan Riset dan Tentukan Target yang Ingin Disasar

loader

Riset Menjadi Bagian yang Tak Boleh Terlupakan dalam Menjalankan Usaha via shutterstock.com

 

Sebelum membangun penginapan, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu terhadap target/market yang ingin dituju. Anda bisa menyasar pekerja kantoran, siswa sekolah, mahasiswa, atau traveler.

Bila Anda menyasar traveler, pastikan bahwa lokasi yang dimiliki berada dekat dengan area wisata dan banyak dikunjungi pelancong. Sementara apabila tempat yang Anda miliki berada dekat dengan sekolah atau kampus, menyediakan kos atau kontrakan akan sangat menguntungkan. Sebab pelajar atau mahasiswa dari luar kota atau daerah akan mencari-cari tempat tinggal yang dekat sekolah atau kampus.

2. Cari Lokasi dengan Selalu Mempertimbangkan Harga dan Market

loader

Lokasi yang Banyak Dekat Keramaian termasuk Lokasi yang Strategis via shutterstock.com

 

Setelah menentukan target market yang ingin disasar, langkah selanjutnya adalah hunting lokasi (bagi yang belum memiliki tanah/lokasi). Sebaiknya, jangan buru-buru dalam membeli properti, tetap pertimbangkan harga dan lokasi yang dipilih harus strategis.

Selalu sesuaikan pilihan Anda dengan market yang ingin dituju. Usahakan sebisa mungkin mencari pemilik tanah yang sedang membutuhkan uang. Besar kemungkinan dia akan menjualnya dengan harga miring.

3. Beli Properti Sesuai Kondisi Finansial

loader

Pertimbangkan Kondisi Finansial Sebelum Membeli Properti via shutterstock.com

 

Apabila dana yang dimiliki terbatas, Anda tidak perlu membelinya dalam skala besar. Belilah properti dalam skala yang kecil walaupun hanya satu atau dua bangunan. Jika dana Anda hanya cukup untuk membeli properti dengan luas 100 m², janganlah terlalu memaksakan diri membeli yang lebih luas dari itu.

4. Rencanakan Tipe dan Pilih Bahan Bangunan yang Berkualitas

loader

Tipe atau Model Bangunan yang Menarik Biasanya Disukai via shutterstock.com

 

Setelah memiliki tanah yang siap dibangun, langkah berikutnya adalah membuat konsep terlebih dahulu mengenai tipe dan bahan bangunan yang ingin Anda gunakan. Di internet sudah banyak model rumah yang bagus dengan menggunakan bahan/material yang tidak mahal, tetapi tetap berkualitas.

5. Berikan Fasilitas yang Lengkap dan Percantik Interior atupun Eksterior

loader

Bangunan dengan Interior dan Eksterior yang Baik Membuat Orang Nyaman via shutterstock.com

 

Lengkapi bangunan yang Anda punya dengan berbagai fasilitas penunjang. Anda bisa menambahkan AC, kamar mandi dalam kamar, internet gratis, dan lain-lain. Percantik interior dan eksterior bangunan dengan pilihan warna cat yang sejuk dan nyaman di mata. Dengan begitu, pengunjung merasa betah tinggal di penginapan.

6. Pasang Harga yang Realistis, tapi Tetap Bisa Memberikan Untung

loader

Harga yang Terjangkau Dipilih Banyak Orang via shutterstock.com

 

Harga adalah salah satu elemen paling penting yang menjadi pertimbangan bagi orang-orang yang ingin menginap. Meskipun memiliki penginapan di lokasi yang strategis, memasang harga menginap yang mahal akan menyulitkan Anda mendapatkan pelanggan. Selalu tetapkan harga tidak jauh-jauh selisihnya dari harga yang ditetapkan kompetitor. Lebih baik ambil sedikit untung, tetapi berlipat sehingga nantinya mendapat profit yang banyak.

7. Pilih Karyawan yang Berdedikasi

loader

Karyawan Berdedikasi Bisa Membangun Tim Kerja yang Solid via shutterstock.com

 

Karyawan adalah salah satu indikator apakah pelayanan yang diberikan memuaskan atau tidak. Saran atau masukan dari pelanggan yang pernah datang menginap selalu penting untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Selalu memilih karyawan yang berdedikasi dalam melakukan pekerjaannya sekalipun Anda sedang membutuhkannya segera.

8. Kebersihan Penginapan Menjadi Standar Dasar yang Harus Terjamin

loader

Kebersihan Menjadi Ukuran dalam Memilih Penginapan via shutterstock.com

 

Jangan pernah menyepelekan kebersihan penginapan. Penginapan yang bersih akan selalu menjadi pilihan pengunjung. Mereka akan merekomendasikannya kepada orang lain dan akan berkunjung kembali jika kebetulan pergi ke lokasi yang sama. Sebaliknya, penginapan yang kotor akan membuat pengunjung tidak betah dan enggan untuk kembali menginap.

9. Promosi dengan Bundling Produk Lebih Diminati

loader

Memberikan Harga Promosi Jadi Langkah Efektif via shutterstock.com

 

Salah satu cara promosi yang efektif adalah dengan bundling produk. Yang dimaksud dengan produk di sini ialah penginapan yang Anda. Nah, untuk menarik banyak pelanggan, Anda perlu melakukan promosi bundling semisal promo diskon harga kalau menginap lebih dari 3 hari.

Atau bundling harga sewa murah dengan bonus transportasi antarjemput gratis ke tempat wisata dan lain-lain. Bentuk promosi bundling seperti ini umumnya memancing minat banyak orang. Dengan penawaran seperti itu, penginapan Anda akan dipilih sebagai pilihan untuk menginap.

10. Buat Nama Penginapan yang Unik dan Mudah Diingat

loader

Nama yang Unik Gampang Diingat via shutterstock.com

 

Berbicara tentang bisnis, nama adalah hal mutlak yang perlu diperhatikan. Kenapa? Nama merupakan identitas dan pengingat bagi pelanggan. Memiliki penginapan dengan nama yang unik dan mudah dikenal akan membuat orang tidak gampang lupa sehingga apabila berkunjung ke lokasi tersebut akan senantiasa ingat dengan nama penginapan yang ditinggali.

11. Jalin Kerja Sama dengan Komunitas agar Pemasaran Makin Luas

loader

Pentingnya Komunitas dalam Mempromosikan Usaha via shutterstock.com

 

Komunitas kini menjadi salah satu target market yang sangat potensial. Semakin besar komunitas, semakin besar pula target market yang Anda tuju. Untuk usaha di bidang penginapan, Anda bisa berpromosi ke komunitas-komunitas di tanah air.

Misalnya, Anda memiliki penginapan di Bandung. Anda bisa menawarkan promo menginap di hotel kepada komunitas-komunitas yang ada di Bandung atau di luar Bandung. Dari satu komunitas biasanya informasi akan cepat tersebar.

12. Promosi dengan Media Sosial

loader

Manfaatkan Media Sosial dalam Memperkenalkan Usaha via shutterstock.com

 

Salah satu langkah berpromosi yang tepat sasaran adalah dengan memanfaatkan media sosial. Lewat Facebook, Instagram, atau Twitter, informasi tempat menginap yang Anda tawarkan akan dengan mudah tersampaikan ke orang-orang yang sedang mencari penginapan.

Anda bisa masuk ke grup-grup khusus di Facebook yang membahas tentang wisata atau tema traveling. Dari situ Anda bisa mempromosikan penginapan Anda. Langkah lain yang bisa diambil adalah dengan menggunakan Facebook Ads atau Instagram Ads. Dengan  menggunakan media promosi berbayar ini, sasaran Anda akan lebih terfokus dan berpotensi mendatangkan banyak pengunjung.

13. Jalin Kerja Sama dengan Endorser

loader

Orang-Orang Lebih Memercayai Sesuatu yang Di-endorse via shutterstock.com

 

Pernah mendengar istilah endorser? Ya, biasanya ini merujuk pada orang-orang terkenal yang diminta untuk mempromosikan sebuah produk demi meningkatkan penjualan. Tujuannya adalah menarik lebih banyak konsumen.

Begitu pula dengan bisnis penginapan. Anda bisa memberikan gratis menginap selama satu atau beberapa hari kepada endorser. Sebagai imbalannya, mintalah kepadanya untuk mempromosikan penginapan Anda di media sosial miliknya.

Baca Juga: Tips Mudah Mendapatkan Kredit Modal Usaha

Jalankan dengan Tekun, Niscaya Berhasil

Siapapun bisa berhasil menjalankan usaha. Asal disertai tekad dan mau menjalankannya dengan tekun. Tips-tips di atas akan percuma bila tidak sungguh-sungguh dilaksanakan. Selalu memperhitungkan dengan cermat, baik dana maupun peluang yang ada. Sebab hal tersebut termasuk hal yang penting dalam membangun usaha, termasuk usaha penginapan.

Baca Juga: 11 Cara Gampang Mencari Modal Usaha