Perjalanan Karier Supermodel Bella Hadid, Rela Kerja Keras Demi Mandiri Finansial

Isabella Khair Hadid. Supermodel cantik kelas internasional ini sudah malang melintang di dunia modeling sejak umurnya menginjak 16 tahun. Layaknya sang kakak, Gigi Hadid, Bella berjalan di catwalk dan memulai kariernya di tahun 2012.

Hingga kini, wanita eksotis kelahiran Washington, D.C., 09 Oktober 1996 itu terus berprestasi sebagai model papan atas dunia. Sukses di usia belia, Bella bahkan didaulat sebagai wanita paling cantik di dunia berdasarkan perhitungan matematis Rasio Emas Beauty Phi.

Tak hanya terikat kontrak dengan sejumlah merek kenamaan internasional seperti Victoria’s Secret, Tag Heuer, Magnum Ice Cream, hingga Dior. Mantan kekasih The Weekend ini telah meraup kekayaan mencapai 25 juta Dollar AS (sekitar Rp382 miliar) dari hasil kerja kerasnya. Kini, namanya pun masuk dalam deretan model dengan bayaran paling mahal. 

Berbagai penghargaan juga telah ia menangkan, seperti Break Out Star: Women by Reader's Choice dari Models.com Industry Awards 2015 dan Model of the Year dari Second Annual Fashion Los Angeles Awards di tahun 2016. Ia juga meraih Model of the Year: Women by Industry's Choice dari Models.com Industry Awards 2016.

Baca Juga: Pernah Minder dan Alami Anxiety, Begini Kisah Kendall Jenner Merintis Karirnya yang Bersinar

Bella dan The Fashion Family

Bella ialah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya ialah Mohamed Hadid, seorang pebisnis properti dan real estate. Sementara itu, ibunya yang bernama Yolanda Hadid dikenal sebagai model senior. Meski merupakan warga negara Amerika, namun Bella mewarisi darah Belanda dari pihak ibu dan Palestina dari sang ayah. 

Kedua orang tuanya bercerai di tahun 2000. Dari pihak ayah, Bella mempunyai dua saudari tiri yakni Alana dan Marielle. Sedangkan ibunya menikah lagi dengan produser dan musisi kawakan, David Foster. 

Adapun kakak dan adik kandung Bella—Gigi dan Anwar juga berprofesi sebagai model kenamaan dunia. Hal ini membuat media massa menyebut keluarganya disebut sebagai The Fashion Family pertama di dunia. Mereka juga merupakan yang paling kaya.

Teladan Bekerja Keras Orang Tua

Sama-sama imigran dari dua negara yang berbeda, kedua orang tua Bella bertemu dan saling jatuh cinta di Amerika Serikat. Berkat kerja keras tanpa henti, keduanya berhasil sukses di bidangnya masing-masing dengan jumlah kekayaan yang sangat besar. 

Mohamed Hadid tak hanya diketahui sebagai pemilik Ritz Carlton Hotel dan perusahaan Hadid Design & Development Group. Ia berhasil mengumpulkan kekayaan senilai Rp400 juta Dollar AS (Rp6,1 triliun).

Adapun Yolanda Hadid awalnya berasal dari keluarga yang berkekurangan. Namun dengan nekad, ia merantau ke Amerika dengan membawa uang Rp800 ribu. Meski begitu, belakangan kariernya sebagai model profesional telah membuatnya meraih kekayaan sebesar 45 juta Dollar AS (sekitar Rp688 miliar).

Sedangkan Gigi, sang kakak, mendapat income mencapai 57 juta Dollar AS (Rp872,4 miliar).  Seperti adiknya, Gigi juga menjadi salah satu supermodel dengan bayaran paling tinggi di dunia menurut Cosmopolitan dan Forbes. 

Sementara menurut Celebrity Net Worth, adik lelaki mereka, Anwar Hadid meraih kekayaan senilai 4 juta Dollar AS (Rp61,2 miliar). Adapun berdasarkan halaman Wealthy Gorilla, Bella Hadid meraih kekayaan sebesar 25 juta Dollar AS (Rp382,6 miliar).

Diakui Bella, ia mengikuti jejak sang kakak dan ibunya untuk terjun ke dunia model. Baginya, ayah dan ibunya merupakan para pekerja keras yang hebat. Merekalah yang menjadi mewariskan motivasi dan teladan untuk bekerja keras serta meraih pencapaian besarnya seperti sekarang.

Aslinya Berambut Pirang

Tak banyak yang tahu jika selama ini warna rambut Bella ternyata sama dengan Gigi, yaitu blonde. Menurut pengakuannya, ia sengaja mewarnai rambutnya menjadi brunette lantaran pribadinya yang lebih rebel and dark dibanding Gigi.

Dalam wawancara bersama Teen Vogue, ia juga menambahkan bahwa hal itu merupakan siasat agar publik lebih mudah mengenali sosoknya dan dapat membedakan dirinya dari Gigi. 

Jadi Korban Bully di Sekolah

Melansir laman InStyle, ternyata Bella pun pernah menjadi korban intimidasi waktu masih remaja. Ia sering dibandingkan dengan Gigi yang lebih atletis. Sedangkan ketika itu, Bella berbadan lebih gemuk dengan ukuran pinggul besar dan lingkar pinggang yang kecil.

Selain itu, ia kerap mengalami perisakan akibat wajahnya yang dulu disebut “aneh”. Bahkan ia sempat dituding telah melakukan bedah kosmetik padahal itu tak benar.

Baca Juga: Paula Verhoeven, Super Model yang Kini juga Jadi Youtuber

Menderita Penyakit Lyme

Jarang yang tahu jika Bella, ibu, serta kakak adiknya menderita penyakit Lyme. Di tahun 2013, dokter mendiagnosa Bella mengidap infeksi ini. Gigitan kutu yang menularkan bakteri ialah penyebabnya.

Lyme membuat penderitanya kerap merasakan serangan kelelahan dan nyeri sendi yang tak tertahankan. Hingga akhirnya ia dan keluarga pun melakukan perawatan sebagai penanganan untuk kondisi tersebut.

Dituturkan Bella dalam Evening Standard, Lyme masih bercokol di bagian belakang tubuhnya. Alhasil sang model pun kerap merasakan sakit punggung yang tak tertahankan selama lebih dari dua tahun.

Itulah sebabnya dulu ia terpaksa menghentikan hobinya yang senang berkuda. Padahal saat itu ia tertarik untuk mengikuti olimpiade pacuan kuda. Sejak umurnya masih 3 tahun, ia diketahui sudah rajin mengikuti berbagai kompetisi berkuda.

Jadi Model Agar Mandiri Finansial

Selain menunggang kuda, ia juga menyukai fotografi dan akting. Namun akhirnya ia memilih untuk berprofesi sebagai model demi kemandirian finansial. Ia mengatakan, kedua orang tuanya sudah bekerja sangat keras bagi keluarga.

Dewasa dalam pemikiran, Bella beranggapan dirinya tak dapat hanya diam melihat usaha kedua orang tuanya. Ia ingin membalas kerja keras ayah ibunya dengan cara yang sama seperti mereka, bekerja keras.

Enggan menghabiskan uang orang tua, ia lantas bertekad untuk mandiri secara finansial di umur 18 tahun. Sehingga ia pun langsung terjun ke dunia model di rentang usia 16-17 tahun demi rencana keuangan yang lebih baik di masa depan.

Sukses berkarier sebagai model, kecantikannya yang eksotis pernah menghiasi cover Teen Vogue, Elle, Teen Vogue, Harper's Bazaar, dan sejumlah majalah dengan prestige tinggi lainnya.

Debut yang Spektakuler

Bella memulai debut perdananya sebagai model dalam New York Fashion Week. Ia juga pernah tampil untuk cover dari Jalouse Magazine (Desember 2014). Sejak debutnya tersebut, publik seakan tak pernah melepaskan pandangan mata mereka.

Ia juga didapuk menjadi model untuk sejumlah merek busana kenamaan seperti Chanel, Marc Jacobs, Fendi, dan Moschino. Wajahnya pun semakin sering tampil di sampul beragam majalah kenamaan termasuk Vogue Australia, Teen Vogue, Elle, dan Seventeen.

Bintangi Aneka Short Movie

Wanita lulusan Parsons School of Design ini juga mempunyai ketertarikan yang tinggi kepada seni peran. Senang berpose di depan kamera dari kecil, ia pun mulai membintangi sejumlah film pendek sejak tahun 2015. 

Saat itu ia muncul dalam Bella Hadid's Guide to LA yang kemudian disusul dengan Private (2016) dan Going Home with Bella Hadid (2017). Bersama Dior Beauty with Bella Hadid, ia juga telah melakoni The Date, The Backstage hingga The Party di tahun 2016. 

Kemudian di tahun 2017, ia kembali hadir dalam The Makeup Talk, The Elevator, The Diner, The Call Time, serta The Tattoo. Tak hanya itu saja, ia juga menjadi model untuk video musik Down Your Drain dan Baby Love yang dibawakan Jesse Jo Stark tahun 2014. Di tahun 2015, ia menjadi model untuk video musik The Weeknd yang berjudul In the Night serta Might Not.

Kiat Sukses Bella Hadid

Demi kariernya, Bella pun pernah putus sekolah hingga akhirnya menempuh keilmuan di bidang fotografi fashion. Ia bahkan sempat depresi dan mengaku tak bahagia terkait ketenarannya. Namun itulah pengorbanan totalnya demi sukses besar dan mandiri finansial.

Faktanya, jalan pintas dari kesuksesan ialah kerja keras. Sudah bukan rahasia lagi, kerja keras adalah pengorbanan dan jalan pintas guna mencapai kesuksesan. Yuk teladani semangat Bella yang dalam hal mandiri finansial.

Baca Juga: 10 Model Bayaran Termahal di Dunia versi Forbes