Kata-Kata Inspirasi dari Orang Terkaya di Dunia

Siapa yang tidak ingin menjadi sukses dalam hidupnya? Setiap orang pasti memiliki mimpi dan tujuan yang ingin dicapainya. Setidaknya, pencapaian mimpi bisa membuat seseorang membuktikan bahwa dirinya bisa melakukan hal yang baik, cukup baik.

Definisi sukses begitu buram. Tidak ada definisi pasti mengenai apa itu kesuksesan dan apa parameter seseorang bisa dikatakan sukses. Sukses pun tak bisa dinilai dari seberapa banyak harta yang dimiliki, sebagian besar orang mengartikan semakin banyak uang atau harta merupakan indikator kesuksesan seseorang.

Lantas bagaimana kamu memahami sukses? Tergantung dari dirimu masing-masing. Kesuksesan bukan hanya perkara pencapaian apa yang telah dibuat.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kata-Kata Inspirasi dari Orang Terkaya di Dunia

loader

Beriku beberapa kata-kata inspirasi dari orang terkaya di dunia ini mungkin bisa menjadi renungan mengenai istilah kesuksesan dan membuka pikiranmu mengenai arti sukses dan kesuksesan itu sendiri bagi dirimu.

1. Bill Gates

"Jika kamu terlahir miskin, itu bukan kesalahanmu. Tetapi jika kamu meninggal dalam keadaan miskin, itu kesalahanmu." 

Tidak semua orang memiliki pilihan tempat dan kondisi kelahiran. Ada yang lahir dalam keluarga berkecukupan, sementara yang lain menghadapi keterbatasan. Kelahiran dalam kekurangan bukanlah kesalahan, tetapi jika hidup berakhir tanpa usaha untuk perbaikan, itu mencerminkan kurangnya upaya selama perjalanan hidup.

2. Carlos Slim Helu

"Ketika kamu hidup untuk opini orang lain, kamu sesungguhnya mati. Aku tidak ingin hidup dan berpikir tentang bagaimana aku akan diingat."

Kehidupanmu terbentuk oleh pilihan dan keputusan yang telah kamu buat. Setiap pengalaman menjadi bekal, pelajaran, dan refleksi untuk menjalani masa depan. Tidak semua orang mengetahui perjalanan hidupmu, dan beberapa di antaranya merasa berhak mengomentarinya.

Tetapi, tak perlu terlalu memikirkannya. Hidup ini milikmu; jalani sesuai dengan pilihan dan keputusan yang kamu buat. Orang lain tak pernah mengalami persis seperti yang kamu alami, itulah sebabnya mereka hanya bisa memberikan penilaian dari sudut pandang mereka.

3. Warren Buffett

"Risiko datang dari ketidaktahuanmu ketika melakukan sesuatu."

Risiko selalu mengintai tidak hanya di dunia bisnis, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Setiap keputusan yang diambil membawa risiko tertentu. Untuk menghindari risiko tersebut, diperlukan pertimbangan yang matang agar konsekuensi negatif dapat dihindari. Keputusan tanpa pertimbangan yang cukup dapat membuka pintu bagi risiko yang dapat mengganggu keseluruhan situasi. Sensitivitas terhadap kondisi dapat menjadi penyelamat dari kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi.

4. Amancio Ortega

"Satu hal yang tidak berubah, semangat inovatif dan dorongan untuk perbaikan itu adalah kekuatan pendorong saat itu."

Memiliki semangat dari dalam diri sendiri merupakan motivasi terkuat yang bisa mendorong seseorang bekerja dan mewujudkan mimpinya. Tak peduli tantangan apa yang menghadang, ketika sudah terbentuk tekad bulat dari hatinya, seseorang pasti akan memperjuangkan mimpi tersebut. Hal inilah yang harus kamu miliki untuk mencapai mimpimu yang pada akhirnya dapat menjawab definisi kesuksesanmu sendiri.

5. Larry Ellison

"Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap bahwa orang-orang akan mengatakanmu gila."

Inovasi akan selalu dianggap sebagai hal yang aneh dan tidak biasa pada awalnya. Padahal, inovasi lahir sebagai jawaban atas kebutuhan kita terhadap solusi permasalahan sehari-hari. Untuk bisa menciptakan inovasi, kamu harus sensitif terhadap keadaan sekitar mengenai apapun dan menemukan solusinya. Tak jarang inovasi yang dibutuhkan sekarang lahir dari pemikiran kreatif seseorang yang dianggap gila oleh orang-orang di sekitarnya.

6. Charles Koch

"Aku tidak ingin mendedikasikan hidupku untuk mendapatkan publisitas."

Bisa dikatakan, kehidupan sekarang ini seolah membutuhkan pengakuan dari masyarakat sekitar. Seseorang ingin dianggap sebagai orang yang berarti oleh orang-orang di sekitarnya dan ia mencoba membuat mereka terkesan dengan apa yang dilakukan dan dimilikinya. Menghindari sikap seperti ini dan fokus pada tujuan dan mimpimu jauh lebih penting. Memikirkan apa yang dipikirkan orang lain tidak akan membawa perubahan apalagi kemajuan terhadap diri seseorang. Sebaliknya, hal itu bisa jadi menahan orang untuk menggapai mimpinya.

7. David Koch

"Kamu tahu, sekali kamu berhasil mengalahkan kanker, segala pertarungan terasa menjadi sangat ringan."

Meskipun dihadapkan pada tantangan besar, hadapilah dengan keyakinan bahwa kamu mampu mengatasinya. Pertarungan tersebut harus dihadapi sendiri, karena tidak ada yang dapat menggantikan posisimu. Setiap orang memiliki hidup dan perjuangannya sendiri.

Menyerah sebelum memulai pertarungan tidak akan membantu keluar dari kesulitan. Ketika kamu yakin dapat mengatasi tantangan, dan berhasil mengalahkan pertarungan terbesarmu, pertarungan lainnya akan terasa lebih ringan

8. Jim Walton

"Jika kamu mencintai pekerjaanmu, kamu akan berada di luar sana setiap hari berusaha untuk melakukan yang terbaik yang kamu bisa, dan segera semua orang di sekitar akan menangkap semangat darimu, seperti demam."

Menyemangati orang lain mungkin terasa sulit, namun ada triknya, yaitu menjadi pribadi yang penuh semangat dalam menjalani hidup sendiri. Dengan hidup bahagia, bersyukur, memperjuangkan nilai-nilai yang dianggap penting, dan bekerja dengan integritas, seseorang dapat menginspirasi orang di sekitarnya.

Semangat ini akan menular secara alami, terlihat dari kebahagiaan yang terpancar. Semangat positif dapat menular dari satu individu ke individu lainnya, membentuk lingkaran kebaikan yang terus berlanjut.

9. Alice Walton

"Salah satu tanggung jawab terbesar adalah aku harus mengelola asetku secara bijaksana, sehingga mereka bisa menciptakan nilai."

Uang bukanlah satu-satunya hal yang bisa dijadikan indikator kekayaan dan kesuksesan. Bagaimana seseorang bisa mengendalikan dirinya untuk hidup tanpa dikuasai uang dan harta duniawi adalah salah satu esensi hidup sukses. Uang tidak akan menciptakan nilai pada hidupmu dengan sendirinya. Kamu harus bekerja untuk menciptakan nilai dari uang yang kamu miliki minimal agar tetap bisa membantu menjaga kelangsungan hidupmu sendiri.

10. Samuel Robson Walton

"Kami semua bekerja bersama, itulah rahasianya."

Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri. Setiap manusia pasti membutuhkan manusia lain untuk bisa hidup, saling membantu, saling mendukung, menciptakan pengalaman dan pelajaran hidup. Beberapa pekerjaan bahkan hanya bisa dilakukan bersama-sama. Mustahil seorang manusia mengerjakan semua pekerjaan dalam hidupnya seorang diri. Kerja sama inilah yang kerap membuat sebuah pekerjaan berhasil dengan sukses.

11. Bernard Arnault

"Ketika kamu berada pada posisi pengelola, kamu masih harus dapat memahami kepekaan artistik sehingga terdapat dialog dengan sisi kreatif."

Menjadi atasan dari sebuah perusahaan terlihat sebagai posisi pekerjaan yang menyenangkan karena seolah tinggal memerintah bawahan untuk mengerjakan pekerjaan sementara pekerjaanmu sendiri sebagai pemantau dan editor.

Tahukah kamu bahwa posisi kelas atas pada sebuah perusahaan tidak bisa hanya duduk di kursinya yang nyaman, membiarkan para pekerjanya bekerja tanpa arahan? Ketika kamu membiarkan hal ini terjadi, pekerjaan mereka bisa jadi melenceng dari tujuan bahkan melenceng dari visi misi perusahaan.

Kamu harus bisa menjadi atasan yang membaur dengan pegawai untuk membangun dialog interaktif yang menunjang kehidupan karier baik bagimu, bagi pekerja, maupun perusahaan.

12. Michael Bloomberg

"Kamu tidak bisa hanya duduk dan khawatir mengenai segala sesuatu."

Bagaimana mungkin kamu mengetahui dan merespon segala sesuatu ketika kamu hanya hidup dalam lingkup wilayah tertentu setiap harinya dalam jangka waktu lama? Meskipun mendapatkan informasi tak lagi sulit, namun kamu tidak sepenuhnya bisa mengetahui dan merasakan apa yang benar-benar sedang terjadi.

Cobalah untuk keluar dari zona nyamanmu. Memaksa dirimu keluar dari lingkaran itu akan membuka matamu dan dari situlah kamu bisa belajar lebih dalam mengenai kehidupan yang sesungguhnya.

13. Jeff Bezos

"Pertanyaan umum yang selalu diajukan dalam bisnis adalah 'Mengapa?' Itu adalah pertanyaan bagus, tetapi pertanyaan itu setara dengan jawaban 'Mengapa tidak?'"

Tanyakanlah pertanyaan ini pada dirimu ketika menghadapi situasi sulit. Terkadang, kita cenderung bersikap pesimis terhadap tantangan yang belum pernah kita alami. Daripada selalu merasa tidak mampu dan menyalahkan keadaan, pertimbangkan mengapa kamu tidak mencoba menghadapinya. Hidup tidak selalu memberikan kemudahan; malah, tantangan dan rintangan semakin sulit.

14. Mark Zuckerberg

"Aku pikir aturan paling sederhana dalam bisnis adalah jika kamu mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah dahulu, maka kamu sebenarnya telah membuat banyak progress."

Pekerjaan yang kita dapat tidak selalu mudah dan sesuai dengan kemampuan yang kita kira. Terkadang, tugas terasa lebih berat dari yang kita perkirakan karena pola pikir yang merendahkan diri. Meski begitu, kita tetap bertanggung jawab untuk menyelesaikannya.

Cara termudah adalah mengidentifikasi tugas yang lebih mudah dan menyelesaikannya terlebih dahulu. Dengan cara ini, waktu yang digunakan akan lebih efisien, memastikan bahwa pekerjaan selesai sesuai dengan tuntutan.

15. Li Ka-shing

"Visi bisa jadi adalah kekuatan terbesar kita. Hal itu yang telah menjaga kita tetap hidup dengan kekuatan dan keberlangsungan pikiran selama berabad-abad. Hal itu yang membuat kita mengintip ke masa depan dan meminjamkan bentuk yang tidak diketahui."

Apa tujuan hidupmu? Apa visi hidupmu? Milikilah visi dan tujuan hidup supaya kamu tidak hidup dalam kesia-siaan. Memiliki visi dan tujuan hidup mengarahkanmu pada kejelasan akan makna hidup itu sendiri. Memiliki visi dan tujuan hidup menjaga agar kamu berjalan dalam track yang sudah kamu tetapkan sehingga kamu tidak melenceng dari tujuan awal.

16. Larry Page

"Jika kamu sedang mengubah dunia, kamu bekerja untuk pekerjaan yang penting. Kamu merasa sangat senang bangun di pagi hari."

Apa yang membuatmu semangat sesungguhnya berasal dari dalam diri sendiri. Bagaimana kamu bisa semangat, tentu saja hal itu berasal dari sebuah kebahagiaan. PIlih pekerjaan yang mendukungmu mencapai mimpi yang diinginkan, maka kamu akan terjaga untuk bekerja lebih keras supaya semakin lebih dekat dengan impianmu. Dengan perasaan gembira, pekerjaan sulit pun akan terasa ringan dan pekerjaan berat sudah tidak lagi kamu keluhkan.

17. Jack Ma

"Tidak masalah jika aku gagal. Setidaknya aku mewariskan konsepnya ke orang lain. Bahkan jika aku tidak sukses, seseorang akan sukses." 

Tidak ada satupun orang yang bisa memperkirakan kapan datangnya kesuksesan. Jika sudah memiliki misi atau konsep bisnis yang besar dan sudah mengajak orang lain untuk mencapai bersama namun gagal ditengah jalan, ini bukan menjadi akhir dari segalanya. Mungkin saja di rencana berikutnya bisa raih sukses atau mungkin juga orang lain yang belajar sama kita menjadi sukses.

18. Sheldon Adelson

Aku sudah menyadari ketika aku ingin menjadi nomor 2 atau nomor 1.

Individu yang sukses memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang mereka inginkan. Untuk meraih kesuksesan, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai impian tersebut. Perlu diingat bahwa jutaan orang memiliki impian yang serupa, terlepas dari posisi mereka.

Mereka semua menghadapi persaingan dan berjuang untuk meraih sukses. Kesadaran bahwa kompetisi bukanlah sesuatu yang hanya dimiliki sendiri, melainkan milik semua orang di dunia, adalah ciri seorang yang sukses. Oleh karena itu, individu yang sukses tidak membuang waktu untuk bersantai, karena mereka menyadari bahwa pesaing mereka tidak berhenti berusaha untuk mencapai tujuan mereka dengan lebih cepat.

19. Jorge Paulo Lemann

"Aku selalu berkata "Untuk memiliki mimpi yang besar dibutuhkan pengorbanan yang sama seperti memiliki mimpi yang kecil. Bermimpilah yang besar!""

Baik kamu memiliki mimpi yang besar atau yang kecil, semuanya memerlukan pengorbanan yang sama kecilnya. Mengapa kamu harus bermimpi kecil? Bermimpi tidak memerlukan pengorbanan besar, tetapi mimpi menuntut kamu untuk membuktikan bahwa kamu pantas mendapatkannya. Mimpi menuntut aksi nyata darimu bila memang ingin mendapatkan impian tersebut.

20. George Soros

"Setelah kita menyadari bahwa pemahaman yang tidak sempurna merupakan kondisi manusia, tidak ada rasa malu untuk sebuah kesalahan, hanya kegagalan untuk memperbaiki kesalahan kita."

Manusia diciptakan tidak sempurna dan begitulah kodrat kita. Kita terbatas untuk mengetahui hal, terbatas pada kemampuan dan waktu. Keterbatasan kita menjadi sebuah kesalahan ketika kita begitu kukuh mempertahankan apa yang sudah menjadi kepercayaan meski tahu bahwa semua hal bisa berubah. Pada akhirnya, tidak ada hal lain selain rasa malu dan penyesalan karena apa yang kita percayai dan pertahankan justru tidak memihak pada kita.

21. Steve Jobs

"Tetaplah lapar, tetaplah menjadi bodoh."

Meski kata inspirasi yang diungkapkan Steve Jobs begitu singkat, tapi maksud dari kalimat tersebut sangat bagus, yaitu agar kita bisa selalu ingat untuk tetap merendah diri dan terus mau belajar memperbaiki diri.

22. Johnny Carson

"Satu-satunya yang diberikan uang kepadamu adalah kebebasan dari rasa khawatir tentang uang."

Saat ini, uang dianggap sebagai kekuatan utama yang dapat mengatasi kesulitan, mempermudah situasi rumit, bahkan menyelesaikan masalah besar. Uang dianggap sebagai solusi untuk memperbaiki kehidupan. Keinginan utama saat ini tampaknya hanya berkisar pada uang, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup.

Uang memberikan jaminan bahwa kebutuhan hidup akan terpenuhi, karena memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar memenuhi keinginan kita. Namun, menyedihkan ketika orang semakin mencintai uang dan mengorbankan segala sesuatu, bahkan sumber daya alam, hanya untuk menyadari akhirnya bahwa uang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar, seperti makanan.

23. Mark Twain

"Untuk berhasil, kamu membutuhkan dua hal yaitu ketidaktahuan dan kepercayaan diri."

Keberhasilan adalah hal yang tidak bisa didapatkan begitu saja. Untuk memperolehnya, kamu harus memiliki ketidaktahuan sehingga melakukan pembelajaran, keberanian untuk memulai, dan kepercayaan diri untuk terus maju dan bertahan.

24. Bill Gates

"TV bukanlah kehidupan nyata. Di dalam kehidupan nyata, orang-orang harus meninggalkan kedai kopi dan pergi bekerja."

Tidak sedikit orang yang mengira hidup ini, seindah kehidupan di Televisi. Namun, pada kenyataannya hidup tidaklah seindah dan semudah itu. Kamu tetap harus bekerja keras untuk mendapatkan kehidupan impian.

25. Stephen Hawking

"Betapapun sulitnya hidup, selalu ada sesuatu yang dapat kamu lakukan dan berhasil. Yang terpenting jangan menyerah begitu saja."

Jangan pernah menyerah dan putus asa! Karena seperti ucapan Stephen Hawking, pasti ada suatu hal yang dapat kamu lakukan dan menjadi berhasil. Walaupun tidak sekarang atau terjadi dalam waktu cepat, percayalah kamu pasti akan berhasil asalkan selalu berusaha!

26. Jim Rohn

"Jika kamu tidak mau mengambil risiko yang tidak biasa, kamu harus puas menetap dengan yang biasa."

Untuk mendapatkan hasil yang luar biasa, maka kamu juga harus mendapatkan tanggung jawab, melakukan hal, dan mengambil risiko yang luar biasa. Karena, tidak pernah ada orang sukses yang berhasil hanya dengan duduk diam dan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang mudah. Yuk, berani ambil risiko dan jangan pernah takut untuk mencoba!

27. Thomas Edison

"Banyak orang gagal dalam hidup karena tidak menyadari seberapa dekat mereka dengan kesuksesan ketika mereka menyerah."

Hidup itu perjuangan. Jangan pernah sekalipun kamu menyerah atas segala usaha dan kerja keras yang telah dilakukan. Bersabarlah dan percaya bahwa kesuksesan itu akan tiba, tepat pada waktu-Nya. Karena di dunia ini tidak sedikit orang gagal dalam hidup karena terlalu cepat mengambil keputusan untuk menyerah, padahal mungkin kesuksesan sudah ada di depan matanya.

Jadilah Pribadi Yang Lebih Siap

Demikianlah beberapa kata-kata inspirasi dari orang terkaya di dunia yang bisa kamu jadikan renungan untuk menjalani hidup yang lebih baik. Membuka matamu terhadap kenyataan dan fakta yang ada akan menjadikanmu pribadi yang lebih siap menghadapi tantangan yang berpotensi menghalangimu mencapai tujuan dan kesuksesanmu.