Jadi Sarana Investasi Praktis Penuh Cuan, Yuk Kenalan dengan Emas Digital dan Cara Belinya

Di antara sederet jenis logam mulai lainnya, emas dikenal sebagai salah satu yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Entah itu sebagai sarana investasi atau perhiasan, emas memiliki popularitas yang tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, tak mengherankan jika emas cenderung memiliki harga yang terus meningkat seiring waktu.

Tapi, tahukah kamu bahwa saat ini, investasi emas tidak hanya bisa dilakukan dengan membeli emas batangan atau emas perhiasan berbentuk fisik? Memanfaatkan kemajuan teknologi, saat ini investasi emas bisa dilakukan secara online dengan membeli yang namanya emas digital.

Tentunya, dibandingkan dengan emas batangan, ada banyak perbedaan yang dimiliki oleh emas digital ini, terutama dalam konteks cara kerja, keuntungan, dan risiko. Nah, jika ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu investasi emas digital, cara kerja, dan segala hal penting seputarnya, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Investasi Emas: Pilih Emas Perhiasan atau Batangan

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Pengertian Emas Digital

loader

Emas Digital

Sesuai namanya, emas digital merupakan jenis investasi emas 24 karat yang dapat dibeli secara digital atau online tanpa perlu mendapatkannya dalam bentuk fisik. Nabung emas digital ini hadir berkat perkembangan teknologi yang tak lagi harus membeli emas batangan dan menyiapkan tempat penyimpanan khusus agar bisa berinvestasi logam mulai tersebut.

Investor juga bisa nabung emas digital di sejumlah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di smartphone dan melakukan proses pendaftaran yang simpel serta praktis. Selain itu, investasi emas digital juga bisa dimulai dengan modal receh, mulai Rp10 ribuan saja. Sehingga, layanan investasi emas digital ini sejatinya bisa dijangkau oleh masyarakat berbagai kalangan tanpa kesulitan.

Terkait harganya sendiri, nilai emas digital tidak jauh berbeda dengan emas batangan pada umumnya. Bahkan, harga dari emas ini umumnya setara dengan harga jual emas fisik yang dijual secara offline. Jadi, bisa dipahami bahwa harga dari emas ini juga cenderung terus mengalami kenaikan seiring waktu dan ideal dijadikan sarana investasi jangka panjang.

Baca juga: Menabung Emas, Untung atau Rugi?

Perbedaan Emas Digital dan Emas Batangan

Dibandingkan dengan emas batangan, ada beberapa perbedaan dari aktivitas nabung emas digital. Berikut di antaranya.

  1. Waktu Pembelian

    Dulu, pembelian emas hanya bisa dilakukan dengan mengunjungi toko jual beli emas secara langsung. Namun, sejak kehadiran layanan emas digital ini, kamu bisa lebih mudah dan praktis membeli emas secara online, kapan pun dan di mana pun yang diinginkan. Tentunya, hal ini menjadikan aktivitas nabung emas digital jauh lebih mudah, aman, dan cepat.

    Mulai dari proses pemesanan, pembayaran, hingga verifikasi pembelian dilakukan secara online dengan waktu yang singkat. Jadi, tidak ada alasan lagi malas berinvestasi emas karena rumit berkat layanan emas digital ini.

  2. Harga Pembelian atau Penjualan

    Ketika membeli emas bentuk fisik, ada beberapa pilihan produk beragam ukuran, mulai dari 0,1 gram, 5 gram, hingga 100 gram. Jadi, minimal pembelian atau penjualan emas fisik dimulai dengan harga emas setara ukuran 0,1 gram.

    Di sisi lain, untuk emas digital, ukuran emas dimulai dari ukuran yang lebih kecil, yaitu 0,01 gram sehingga bisa dibeli dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Bahkan, di sejumlah layanan nabung emas digital, pembelian bisa dimulai dari nominal Rp10 ribu saja. Alhasil, akses investasi emas ini menjadi lebih terjangkau dan terbuka untuk hampir semua kalangan masyarakat.

  3. Tujuan Pembelian

    Berbeda dengan emas batangan, kebanyakan investor nabung emas digital dengan tujuan utama untuk investasi. Alasannya karena emas online sepenuhnya dibeli dan dijual, serta terakumulasi secara online tanpa memiliki bentuk fisik. Walaupun begitu, pada sejumlah layanan, investasi emas online bisa juga diubah ke dalam bentuk fisik sesuai keinginan investor.

  4. Biaya Penyimpanan

    Perbedaan terakhir terletak pada biaya penyimpanannya. Jika membeli emas batangan, investor dianjurkan untuk memiliki brankas pribadi yang dijamin aman agar terhindar dari risiko kehilangan, kebakaran, maupun kerusakan. Tentunya, biaya untuk menyiapkan brankas pribadi tersebut tidak murah, belum lagi dengan biaya perawatannya.

    Nah, beban biaya tersebut tidak akan ditemukan jika investasi emas digital karena tanggung jawab penyimpanan berada di tangan penyedia layanan nabung emas digital. Mungkin, investor emas digital hanya dibebani dengan biaya penyimpanan saja dengan nominal yang kecil, bahkan gratis.

Tentang Tabungan Emas Digital

Salah satu layanan investasi emas digital yang bisa dipilih oleh investor adalah tabungan emas digital. Secara umum, layanan ini merupakan sarana penitipan saldo investasi emas yang mampu memudahkan investor menanam modal di instrumen tersebut.

Dengan tabungan emas online, kamu bisa lebih mudah berinvestasi emas dengan aman, murah, dan mudah. Tidak hanya itu, layanan ini juga memudahkan nasabahnya untuk mencairkan dana dari tabungan emas miliknya pada rekening secara langsung atau menjadikannya sebagai hasil penjualan aset emas.

Baca juga: Tips Investasi Emas Perhiasan agar Untung

Keunggulan Investasi Emas Digital

Melihat dari cara kerjanya, ada banyak keunggulan dan keuntungan yang bisa dirasakan oleh investor ketika nabung emas digital, seperti:

  1. Minimal Pembelian Terjangkau

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, modal yang dibutuhkan untuk bisa nabung emas digital sangat terjangkau. Di banyak layanan, investasi emas digital bisa dimulai dengan modal Rp10 ribuan saja dengan gramasi emas sebesar 0,01 gram saja. Dengan kata lain, hampir semua kalangan masyarakat dapat mulai terjun dan mencoba untuk berinvestasi emas ini demi mencapai tujuan atau kondisi finansial yang lebih prima di masa depan.

  2. Tingkat Risiko Cenderung Rendah

    Tidak hanya harganya yang terjangkau, investasi emas digital juga memiliki tingkat risiko yang terbilang rendah dan cocok dijadikan pilihan oleh investor pemula. Selain itu, instrumen ini juga ideal dipilih untuk investasi jangka panjang karena nilainya cenderung meningkat dalam kurun waktu di atas 5 tahun.

    Dengan risiko yang mudah untuk ditoleransi, imbal hasil investasi emas bisa dibilang cukup menjanjikan. Tak ayal banyak investor yang menjadikan instrumen ini sebagai pilihan saat ingin melakukan diversifikasi pada portofolio investasinya.

  3. Transaksi yang Praktis dan Simpel

    Seluruh proses transaksi investasi emas digital dilakukan secara online melalui aplikasi smartphone. Cukup dengan memilih jumlah gramasi yang ingin dibeli dan melakukan pembayaran, proses investasi emas digital bisa langsung diverifikasi dan diselesaikan. Jadi, kamu tak perlu repot mengunjungi toko emas offline dengan meluangkan waktu dan tenaga karena pembelian emas digital bisa dilakukan secara praktis melalui smartphone saja.

  4. Jaminan Likuiditas

    Keunggulan lainnya dari investasi emas digital adalah jaminan likuiditas. Artinya, emas digital bisa dengan mudah dijual kembali oleh investor sewaktu-waktu dibutuhkan. Proses pencairannya sendiri umumnya hanya butuh waktu sekitar 2 hari kerja saja.

  5. Sarana Investasi dan Koleksi Sekaligus

    Tak kalah menariknya, emas digital juga bisa menjadi sarana investasi dan juga koleksi oleh para pemiliknya. Sebab, tidak sedikit layanan nabung emas digital yang menawarkan nasabahnya untuk bisa memilih desain dari kartu emas menggunakan beragam gambar dan model menarik.

  6. Jaminan Keamanan Tempat Penyimpanan

    Keunggulan terakhir, layanan nabung emas digital pasti menjalin kerja sama dengan perusahaan kredibel dalam menyimpan asetnya. Jadi, investor instrumen ini tak perlu merasa khawatir dengan keamanannya, berbeda dengan emas digital di mana aset tersebut perlu dijaga sendiri di brankas yang memiliki risiko pencurian atau hilang.

Baca juga: Nabung Emas di Pegadaian, Cara dan Syaratnya

Cara Investasi Emas Digital

Berinvestasi emas digital bisa dengan mudah dilakukan melalui platform yang aplikasinya dapat diunduh secara gratis pada smartphone. Untuk cara investasi emas digital sendiri adalah sebagai berikut.

  • Mengunduh aplikasi nabung emas digital di smartphone.
  • Melakukan pendaftaran akun dengan memenuhi segala syarat dan ketentuan.
  • Melakukan verifikasi data diri.
  • Memilih produk emas digital yang ingin dibeli.
  • Melakukan pembayaran untuk menyelesaikan transaksi.
  • Emas digital sudah resmi menjadi milikmu.

Baca juga: 8 Tempat Jual Beli Emas yang Paling Aman

Solusi Praktis Investasi Logam Mulia dengan Emas Digital

Emas digital merupakan jenis logam mulia yang bisa dibeli secara online dan tak harus menanggung tanggung jawab menyimpannya. Karena berbasis digital, transaksi emas digital sangat praktis dan bisa dilakukan kapan pun, di mana pun. Pastikan untuk mengecek legalitas dan kredibilitas penyedia layanan nabung emas digital ini agar bisa menjadikannya sebagai solusi praktis dan optimal investasi logam mulia.