Sekilas Tentang BNI

Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan salah satu bank yang tertua di Indonesia, berdiri pada tanggal 5 Juli 1946 dalam rentang waktu setelah kemerdekaan Indonesia tahun 1945.  BNI sempat berfungsi sebagai bank sentral dan bank umum sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2/1946, sebelum akhirnya beroperasi sebagai bank komersial sejak tahun 1955. Oeang Republik Indonesia atau ORI sebagai alat pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia pada tanggal 30 Oktober 1946 dicetak dan diedarkan oleh Bank Negara Indonesia.

BNI lalu ditetapkan sebagai bank pembangunan dan diberikan hak untuk bertindak sebagai bank devisa pada tahun 1950 dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri. Kantor cabang BNI pertama di luar negeri dibuka di Singapura pada tahun 1955.  Dalam perkembangannya, BNI memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun perekonomian rakyat, terutama pada masa-masa awal kemerdekaan di mana kondisi ekonomi masyarakat masih belum stabil.  Peran penting ini terus berlanjut hingga saat ini, di mana BNI telah meluncurkan berbagai produk perbankan yang bukan hanya ditujukan untuk menghimpun dana masyarakat melainkan secara tidak langsung memberikan edukasi pada masyarakat tentang pentingnya menabung serta menginvestasikan uangnya pada institusi keuangan yang benar.  BNI telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia dengan cakupan pelayanan hingga ke luar negeri, serta beberapa kali menerima penghargaan baik lokal maupun internasional.

 

Sekilas Mengenai BNI Deposito Valas

Salah satu produk simpanan yang sangat diminati masyarakat untuk menginvestasikan uangnya dalam jangka pendek adalah BNI Deposito.  Dengan BNI Deposito, konsumen tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk menginvestasikan uangnya, melainkan juga berbagai fasilitas yang memberikan imbal balik atau keuntungan bagi deposan.  BNI Deposito memberikan berbagai fasilitas aneka pilihan jangka waktu untuk menyimpan uang sesuai dengan kebutuhan.  Selain itu, tersedia aneka pilihan mata uang asing yang dapat dipilih deposan sesuai kebutuhan pribadi maupun bisnisnya.  Dengan hasil yang kompetitif dan simpanan yang dijamin oleh pemerintah, rasanya menginvestasikan uang dalam bentuk BNI Deposito adalah langkah terbaik yang patut Anda pertimbangkan untuk masa depan finansial Anda yang lebih pasti.  Berikut beberapa gambaran yang bisa membantu Anda mempertimbangkan BNI Deposito sebagai sarana investasi yang cocok untuk jangka pendek bagi Anda.

  1. Tersedia pilihan untuk jangka waktu simpanan Anda sesuai kebutuhan, yaitu 1,3,6,12, dan 24 bulan.
  2. Simpanan dijamin oleh Pemerintah, dalam hal ini Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), syarat dan ketentuan berlaku.
  3. Tersedia dalam berbagai pilihan mata uang sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu USD, JPY, GBP, SGD, HKD, dan EUR.
  4. Pilihan fasilitas pada saat jatuh tempo, yaitu diperpanjang secara otomatis (Automatic Roll Over/ARO) atau tidak otomatis (Non Automatic Roll Over/Non-ARO).
  5. Tingkat suku bunga yang kompetitif dan dapat dijadikan jaminan kredit.
  6. Pilihan fasilitas bunga yang dapat ditransfer ke rekening tabungan/giro atau menambah pokok simpanan.

 

Beberapa Kelebihan BNI Deposito Valas

BNI dengan berbagai produk simpanannya telah berkembang menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia termasuk produk BNI Deposito yang bukan hanya memberikan kesempatan bagi deposan untuk menginvestasikan uangnya dengan cara yang aman dan minim resiko, melainkan juga mendapat banyak keuntungan dan fasilitas yang menjadikan produk ini memiliki kelebihan tersendiri di banding produk deposito lainnya.

  • BNI Deposito memberikan tingkat suku bunga yang sangat kompetitif sehingga tujuan investasi Anda tidak akan sia-sia dan mendapatkan hasil cukup signifikan.
  • Tersedia berbagai pilihan jangka waktu penyimpanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, pilihan jangka waktu memudahkan Anda merencanakan alokasi uang setelah periode simpanan berakhir.
  • Bunga Deposito dapat ditransfer ke rekening tabungan/giro, atau jika Anda tidak menginginkannya bisa untuk menambah pokok simpanan sehingga tanpa terasa pokok simpanan Anda akan terus bertambah dan besarnya bunga juga akan bertambah.
  • Pilihan fasilitas perpanjangan secara otomatis atau Automatic Roll Over (ARO) sehingga Anda tidak perlu merasa kesulitan harus mengurus perpanjangan simpanan deposito yang telah jatuh tempo. Atau jika Anda tidak ingin diperpanjang secara otomatis tersedia pilihan Non Automatic Roll Over (Non ARO), maka simpanan deposito Anda yang jatuh tempo tidak akan diperpanjang dan Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan atau hanya disimpan di rekening BNI atau Giro Anda.
  • Selama jangka waktu simpanan berjalan, jika Anda ingin melakukan penarikan awal maka BNI Deposito tidak akan mengenakan biaya pinalti namun bunga berjalan tidak akan dibayarkan.

 

Keuntungan dan Kegunaan BNI Deposito Valas

Produk simpanan dalam bentuk deposito memberikan keuntungan tersendiri bagi deposannya, bukan hanya kesempatan untuk menginvestasikan uang dengan cara yang aman dan minim resiko serta adanya jaminan dari pemerintah (syarat dan ketentuan berlaku), namun juga mendapatkan imbal balik yang cukup besar dengan suku bunga yang kompetitif.  Selain itu, ada beberapa keuntungan dan kegunaan lain yang bisa ditawarkan BNI Deposito, yaitu :

  • Simpanan BNI Deposito Anda dapat dijadikan jaminan kredit jika kebetulan Anda berniat memperluas bisnis atau usaha Anda. Dengan menjadikan BNI Deposito sebagai jaminan kredit Anda akan mendapat 2 keuntungan, yaitu jaminan pengajuan kredit disetujui dan Anda tetap mendapatkan bunga atas simpanan deposito Anda seperti biasa setiap bulan.
  • Jika Anda mendadak memerlukan uang yang tersimpan dalam BNI Deposito sebelum jangka waktu simpanan berakhir Anda tidak akan dikenakan biaya pinalti namun Anda tidak akan mendapat fasilitas bunga selama waktu berjalan.
  • Jaminan suku bunga yang kompetitif sehingga Anda tidak perlu khawatir investasi deposito tidak akan menghasilkan imbal balik yang memadai sesuai besarnya jumlah uang yang didepositokan.
  • BNI Deposito dapat dijadikan passive income jika Anda tidak memerlukan uang tersebut dalam jangka waktu tertentu.

 

Syarat Pembukaan Rekening BNI Deposito Valas

Tertarik menjadi nasabah BNI Deposito? Untuk itu, Anda harus melengkapi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh BNI, yaitu :

  1. Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening.
  2. Menunjukkan dan membawa fotokopi bukti asli identitas diri (KTP/SIM/Paspor) atau bukti legalitas Badan Usaha atau Hukum.
  3. Melakukan setoran untuk pembukaan rekening sebesar USD 1000
  4. Untuk info lebih lengkap Anda dapat menghubungi kantor cabang BNI terdekat atau melalui BNI Call 1500046.