Simpanan adalah sejumlah uang nasabah yang dititipkan ke bank yang bisa berbentuk rekening. Nasabahy yang menitipkan uang ini akan diberikan imbalan balas jasa berupa bunga untuk bank konvensional atau bagi hasil untuk bank syariah.

Deposito adalah sebuah produk perbankan yang sejenis tabungan. Namun, bunga deposito umumnya lebih besar daripada bunga tabungan, tetapi setoran awal uang dibutuhkakn untuk membuka deposito pada umumnya jauh lebih besar. Selain itu, dana yang didepositokan akan dikunci selama periode atau jangka waktu tertentu. Jangka waktu yang tersedia bervariasi mulai dari 1, 2, 3, 6, 12, 18 sampai dengan 24 bulan. Dana yang didepositokan tidak dapat ditarik nasabah selama waktu yang dipilih. Bila deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo, maka akan dikenakan biaya penalti. Deposito juga dapat diperpanjang secara otomatis menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over). Deposito akan diperpanjang otomatis setelah jatuh tempo, sampai nasabah mencairkan depositonya.

Tabungan adalah simpanan yang pada penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang telah disepakati, namun tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro atau alat sejenis lainnya (UU Perbankan No. 10 Tahun 1998). Rekening Tabungan adalah sebuah simpanan yang ditawarkan oleh bank. Nasabah dapat menyimpan dan menarik uang kapan pun. Pada umumnya, rekening Tabungan memberikan bunga yang lebih rendah dari pada rekening deposito berjangka. tetapi, rekening Tabungan tidak memiliki tanggal jatuh tempo dan nasabah tidak dikenakan penalti jika ingin mengambil simpanan kapan pun.