Suzuki merupakan salah satu produsen sepeda motor yang bisa dibilang cukup lama bersaing di Indonesia. Dengan berbagai produk sepeda motor yang menarik dan bersaing, Suzuki terus memberikan pilihan kendaraan terbaik untuk masyarakat Indonesia. Brand Suzuki sendiri memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Mulai dari skuter matik, naked bike, sampai motor sport sudah banyak bertebaran di jalanan Indonesia. Namun untuk penggunaan sehari-hari rasanya kita tidak bisa memungkiri bahwa skuter matik masih menjadi pilihan masyarakat khususnya di daerah perkotaan.

Untuk kalian para pecinta skuter matik di Indonesia, Suzuki Nex II kini telah hadir membawa segudang fitur dan inovasi yang siap menemani perjalanan setiap saat. Suzuki Nex II adalah skuter matik terbaru dari Suzuki yang baru saja diluncurkan pada tahun 2018. Dengan mesin 115 CC berteknologi Suzuki Eco Performance (SEP), Suzuki menjanjikan skuter matik handal yang irit bahan bakar.

Soal performa dan daya tahan bahan bakar, Suzuki Nex II  mungkin tidak perlu diragukan lagi. Namun tidak hanya itu, dibandingkan pendahulunya, Nex II mendapatkan peningkatan dari segi desain dan bodi. Nex II tampil lebih compat dan slim untuk memenuhi standar generasi Millenial Indonesia yang cenderung merupakan anak muda. Pada segmen skuter matik, Suzuki Nex II juga menjadi ancaman untuk para kompetitornya. Selain karena harga yang ditawarkan cukup murah yaitu sekitar Rp 14 jutaan, Suzuki Nex II juga hadir dalam 5 tipe yaitu Standard, Elegant, Sporty Runner, Fancy Dynamic, dan Elegant Premium.

Kelima pilihan tersebut menyediakan berbagai macam keunggulan mulai dari penambahan fitur dan aksesoris sampai dengan warna cat yang lebih keren. Namun untuk spesifikasi mesinnya sendiri masih sama untuk kelima tipe tersebut.

Desain Suzuki Nex II Standard

Suzuki Nex II hadir dengan desain futuristik dan stylish. Hal ini terlihat dari bodi motor yang lebih ramping dibanding pendahulunya untuk menarik perhatian kaum millenial atau anak muda. Headlamp yang ada pada motor ini juga memiliki desain modern dan futuristik lengkap dengan lampu LED (selain tipe standar) agar tingkat pencahayaan pada motor ini selalu maksimal dan irit daya. Garis-garis bodi yang terdapat pada motor ini juga membuatnya lebih terlihat stylish dan modis ketika dibawa berkendara di jalanan. Di beberapa tipe Nex II yang dijual di Indonesia juga disematkan meter visor untuk menambah kesan sporty pada skuter matik ini.

Di beberapa tipe Suzuki Nex II yang hadir di Indonesia tidak lupa juga Suzuki memperkenalkan fitur LED Lamp Line di bagian samping motor yang semakin menambah kesan sporty dan compact. Selain itu, ada juga tambahan stiker rim (RIM Decals) yang menarik untuk menunjang penampilan motor ini supaya lebih keren. Spion yang digunakan pada skuter matik ini masih menggunakan tipe standar yang nyaman digunakan di segala kondisi.

Untuk jok motor, ukurannya terbilang standar namun cukup besar dan fleksibel untuk menunjang kenyamanan berkendara sendiri ataupun berdua. Sementara di bagian skuter matik ini memiliki pijakan kaki dengan ukuran yang cukup besar untuk meningkatkan ruang gerak saat berkendara. Beberapa tipe Suzuki Nex II juga dilengkapi dengan floor board yang semakin membuat pengalaman berkendara Anda lebih nyaman.  

Knalpot Suzuki Nex II juga terlihat modern dengan desain yang minimalis. Untuk beberapa tipe, Suzuki menyertakan cover muffler yang modern untuk menjauhkan pengendara dari panas knalpot. Di bagian belakang, Nex II memiliki stoplamp dengan desain yang stylish.

Suzuki Nex II masih menggunakan speedometer dan panel analog untuk menemani kamu berkendara. Walaupun masih analog, desain speedometer dan panel yang diberikan cukup atraktif dan informatif. Kamu bisa melihat berbagai macam informasi seperti kecepatan, jarak tempuh, lampu indikator, tingkat bahan bakar, dan lain-lain.

Skuter matik ini memiliki dimensi yang cukup ringan dan kecil. Dengan bobot sebesar 93 kg, panjang 1890 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 1045 mm, menjadikan Nex II salah satu skuter matik yang ringan di kelasnya. Suspensi yang digunakan pada skuter matik ini juga terbilang modern dengan Swing Arm dan Telescopic Fork yang kokoh untuk menahan getaran saat berkendara. Ban yang digunakan untuk skuter matik ini berukuran 70/90-14 untuk bagian depan dan 80/90-14 untuk bagian belakang yang dilengkapi dengan velg sporty khas Suzuki. Untuk bagian rem, skuter matik ini dibekali dengan rem cakram di bagian depan dan rem tromol di bagian belakang yang bisa diandalkan saat berkendara. Kapasitas tangki yang diberikan untuk skuter matik ini adalah 3,6 liter yang tergolong cukup standar di kelasnya.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah tabel perbandingan masing-masing tipe Suzuki Nex II:

 

Fitur/Tipe MotorSuzuki Nex II StandardSuzuki Nex II ElegantSuzuki Nex II Elegant PremiumSuzuki Nex II Fancy DynamicSuzuki Nex II Sporty Runner
Headlight LED Lamp          
Power Outlet          
Meter Visor          
Cover Muffler          
Floor Board          
Doff Paint          
LED Lamp Light          
Rim Sticker          

Fitur Suzuki Nex II Standard

Suzuki Nex II Memiliki berbagai fitur menarik seperti:

  • Suzuki Eco Performance (SEP): Mesin performa tinggi yang irit bahan bakar setiap saat.
  • Suzuki Easy Start System: Teknologi kelistrikan baru dari Suzuki untuk menyalakan mesin dengan cepat.
  • LED Headlight: Desain lampu depan yang keren dengan lampu LED yang kuat dan irit daya.
  • Cover Muffler: Pelindung knalpot agar terhindar panas.
  • Meter Visor: Visor sporty untuk mempercantik penampilan depan motor
  • Rim Decal: Stiker rim untuk mempercantik tampilan ban.
  • Floor Board: Papan pijakan kaki yang luas dan lebar.
  • USB Charger/Power Outlet: Colokan listrik USB untuk mengisi daya perangkat elektronik.
  • LED Lamp Line: Lampu garis di samping motor untuk menambah kesan stylish di malam hari.

 

Kelengkapan Suzuki Nex II Standard
Indikator Lampu Ya
Adjustable Headlights Ya
Outlet Aksesoris Ya
Head Lamp LED
Lampu Belakang LED
Garnish Krom Tidak
Electronic Suspension Adjustment Tidak
Tipe Jok Dual Straight
Side Wings Ya
Dimmer Switch Ya
Sandaran Kursi Tidak
Stability Control Tidak
Traction Control Tidak
Launch Control Tidak
Leg Guards Tidak
Central Locking Optional
Reflektor Samping Optional
Mode Berkendara Street
Wheel Lock Depan/Belakang Tidak
Immobilizer Tidak
Panel Instrumen Analog
Indikator Bbm Analog
Navigator Tidak
Speedometer Analog
Indikator Penggantian Oli Tidak
Tachometer Tidak
Indikator Standar Samping Tidak
Rem Belakang Drum
Rem Depan Disc

Mesin Suzuki Nex II Standard

Suzuki Nex II tidak hanya mengandalkan tampilan luar saja untuk dapat bersaing sebagai skuter matik terbaik di Indonesia. Motor ini dibekali dengan mesin SOHC 115 CC, 4 Langkah dengan 1 silinder berpendingin udara dan 2 katup yang mampu memberikan puncak torsi hingga 8.7 Nm. Mesin Suzuki ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Suzuki Eco Performance (SEP) yang dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih irit ketika digunakan. Hal ini juga mungkin dilakukan karena mesin Nex II sudah menggunakan sistem fuel injection dan pendingin udara, sehingga performa mesin yang dihasilkan bisa lebih baik dan lebih irit bahan bakar. Suzuki Nex II memiliki transmisi otomatis  dengan top speed mencapai 110 km/jam.

Spesifikasi  Suzuki Nex II Standard

Mesin Suzuki Nex II Standard
Kapasitas 115 cc
Jumlah Langkah 4-Stroke
Torsi Maksimal 8.7 Nm
Sistem Pelumasan Wet Sump
Jenis Mesin 4-Stroke, Air Cooled, SOHC
Kecepatan maksimum 110 kmph
Katup Per Silinder 2
Konfigurasi Katup SOHC
Pipa Knalpot Single Exhaust
Jenis Penggerak Chain Drive
Sistem Pendinginan Air Cooled
Jumlah Silinder 1
Sistem Pembakaran CDI
Opsi Start Electric & Kick
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Jenis Bahan Bakar Petrol
Jenis Transmisi CVT
Gear Box Variable Speed

 

Dimensi Suzuki Nex II Standard
Kategori Scooter
Bobot 93 kg
Kapasitas Tempat Duduk 2 Kursi
Panjang 1890 mm
Lebar 675 mm
Tinggi 1045 mm
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Swing Arm

Warna Suzuki Nex II Standard

Suzuki Nex II Standard memiliki beberapa varian warna yang bisa dicoba yaitu Brilliant White, Titan Black, dan Stronger Red

Warna Suzuki Nex Ii Standard

Syarat Kredit Motor Suzuki Nex II Standard

Ada beberapa syarat dokumen yang harus dipenuhi sebelum mengajukan kredit motor Suzuki Nex II Standard

Kredit Perorangan:

  • Fotocopy KTP pemohon & suami / istri / penjamin.
  • Fotocopy kartu keluarga (bisa digantikan dengan surat nikah atau akte kelahiran).
  • Data lain (hanya jika diperlukan).

Kredit Perusahaan:

  • Fotocopy akte pendirian & perubahannya.
  • Fotocopy pengesahan kehakiman.
  • Fotocopy SIUP, NPWP, SITU / Domisili, TDP.
  • Fotocopy Rek. Koran 3 bulan terakhir.
  • Fotocopy KTP direksi & komisaris.