Keberadaaan skuter matik di jalanan ibukota terutama Jakarta sudah menjadi pemandangan yang wajar terlihat setiap hari. Jenis sepeda motor ini dikenal dan digunakan oleh banyak masyarakat karena harga yang cukup terjangkau dan mudah untuk digunakan oleh berbagai kalangan. Bahkan tidak berlebihan apabila kita bilang skuter matik menjadi jenis sepeda motor masyarakat perkotaan.

Setiap tahun berbagai jajaran skuter matik dari berbagai brand turut meramaikan jalanan ibukota. Salah satu brand yang sudah tidak asing di dunia skuter matik tanah air adalah Yamaha. Brand yang terkenal dengan Yamaha Mio sebagai salah satu pelopor skuter matik di Indonesia ini terus meluncurkan produk-produk terbaik setiap tahun. Yamaha sendiri sudah mendapat kepercayaan masyarakat sebagai salah satu brand motor dengan inovasi yang sudah terbukti setiap tahun.

Di tahun 2018, Yamaha sendiri meluncurkan varian skuter matik terbaru mereka yang belum pernah ada sebelumnya yaitu Yamaha FreeGo. Yamaha FreeGo in hadir sebagai skuter matik premium menggantikan Soul GT pendahulunya. Skuter matik ini diperkenalkan pada Indonesian Motorcycle Show (IMOS) beberapa bulan lalu sebagai usaha Yamaha untuk memperkenalkan produk-produk terbaik mereka kepada masyarakat tanah air.

Yamaha FreeGO hadir membawa segudang fitur dan pembaharuan lewat berbagai fitur yang ditawarkan seperti smart key dan rem ABS. Yamaha FreeGO dijual dengan 3 varian muali dari FreeGo standar, FreeGo S, dan FreeGo S ABS dengan harga mulai Rp 18 jutaan yan siap menemani Anda para pecinta skuter matik di tanah air.

Desain Yamaha FreeGo S ABS

Yamaha FreeGo merupakan skuter matik dengan desain premium khas Yamaha. Secara keseluruhan, desain skuter matik ini terlihat sangat dinamis dan stylish khas motor premium dengan lekukan bodi yang cukup tajam dan halus. Yamaha sendiri tidak menambahkan embel-embel stiker apapun pada motor ini seperti desain motor-motor MAXI yang mereka luncurkan. Namun ketidakhadiran stiker membuat skuter ini semakin atraktif karena tampil polos dan bersih layaknya motor premium dan tampil beda dibandingkan dengan motor-motor matik di kelasnya.

Di bagian depan, skuter matik ini dilengkapi dengan headlamp yang stylish dan keren. Headlamp ini juga sudah dilengkapi dengan lampu LED sehingga mampu memberikan pencahayaan yang maksimal baik itu di siang ataupun malam hari serta lebih hemat daya. Tidak lupa juga di bagian depan motor ini Yamaha menyematkan lampu hazard untuk menambah keamanan saat berkendara. Jok pada skuter matik ini memiliki ukuran yang cukup besar yang nyaman digunakan saat berkendara sendiri maupun bersama penumpang. Ukuran jok yang besar ini juga menambah kenyamanan Anda saat berkendara dalam waktu yang lama.

Di dalam jok motor ini terdapat sebuah bagasi yang berukuran luas (25 L) yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang selama perjalanan. Tidak tanggung-tanggung, bagasi ini juga mampu menampung helm full face standar dari Yamaha. Di bagian bawah motor juga terdapat sebuah pijakan kaki dengan ukuran yang luas khas skuter premium sehingga posisi kaki lebih nyaman ketika digunakan untuk berkendara.

Pada bagian speedometer dan panel instrumen, Yamaha FreeGo sendiri sudah menggunakan speedometer full digital dan multi information display. Sehingga berbagai informasi yang ditampilkan bisa dibilang cukup lengkap dan mudah dilihat oleh pengendara. Informasi seperti kecepatan motor, tingkat bahan bakar, indikator lampu, dan indikator ABS mampu ditampilkan dengan baik saat malam hari.Skuter matik ini juga hadir dengan posisi tangki bensin 25 liter pada lantai dek dan corong pengisian yang terdapat di dashboard. Dengan desain dan posisi seperti ini, bagasi motor bisa memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan motor lain dan ketika melakukan pengisian bahan bakar akan lebih mudah karena ada di bagian depan dengkul pengendara tanpa harus membuka jok motor. Sedangkan di bagian belakang motor juga tidak lupa disematkan lampu belakang yang stylish dengan LED agar semakin memudahkan pengendara dan memberikan pencahayaan yang maksimal saat malam hari.

Yamaha FreeGo juga memiliki dimensi yang cukup besar dengan ukuran panjang 1.905 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.100 mm dengan sumbu roda 1275 mm. Dengan ukuran seperti ini, motor ini memiliki ukuran yang ideal walaupun tidak terlalu ringan karena beratnya mencapai 100 kg. Ketinggian tempat duduk yang terdapat pada motor ini juga cukup ideal yaitu 778 mm sehingga nyaman digunakan untuk semua kalangan. Suspensi pada motor ini juga sudah dilengkapi dengan model telescopic fork di bagian depan dan unit swing di bagian belakang. Kedua suspensi tersebut mampu menghasilkan keseimbangan yang maksimal pada motor ini dan mengurangi getaran saat berkendara di jalanan.

Pada bagian roda motor, Yamaha FreeGo memiliki velg sporty berukuran 12 inci dengan dan tubeless berukuran 100/90 – 12M/C 59J di bagian depan seta 110/90-12M/C 64L di bagian belakang. Untuk pengeremannya sendiri motor ini sudah dilengkapi dengan rem cakram di bagian depan dan rem drum di bagian belakang. Pada versi ABS, motor ini juga ushda dilengkapi sistem pengereman dengan teknologi ABS agar pengereman tetap optimal dalam kondisi ekstrim sekalipun. Sistem ABS ini melakukan bypass pada sistem hidrolik dari tuas rem dengan kaliper serta melalui sistem hidrolik kecepatan roda bisa diseimbangkan agar motor tetap bisa dikontrol saat mengerem dalam kecepatan tinggi.

Fitur Yamaha FreeGo S ABS

  • Full Digital Speedometer: Speedometer digital untuk memberikan informasi yang lengkap ke pengendara.
  • Big Luggage: Kapasitas bagasi motor super lega (25L) untuk menyimpan barang-barang pribadi Anda dan helm.
  • Smart Front Refuel: Penempatan corong pengisian bahan bakar di depan dengkul untuk memudahkan pengendara mengisi bahan bakar tanpa harus membuka jok motor.
  • New Liquid Cooled 125 C Blue Core Engine: Mesin blue core generasi baru dari Yamaha dengan teknologi liquid cooling untuk menghasilkan mesin yang lebih bertenaga namun tetap efisien terhadap bahan bakar,
  • Wide Tubeless Tire 12 Inch Wheel: Penggunaan ban berukuran 12 inci yang besar untuk menambah kenyamanan berkendara.
  • Spacius Flat Board: PIjakan kaki berukuran besar untuk ruang gerak yang luas saat berkendara.
  • Digital Speedometer With Eco Indicator: Speedometer full digital yang modern dan informatif yang dilengkapi dengan Multi Information Display (MID).
  • Electric Power Socket: Soket pengisian daya untuk mengisi ulang perangkat elektronik Anda.
  • LED Head Light & Hazard Lamp: Lampu depan berteknologi LED untuk pencahayaan yang maksimal dan lampu Hazard untuk memberi tanda saat keadaan darurat.
  • Smart Motor Generator (SMG): Teknologi peredam suara mesin agar suara motor menjadi lebih halus ketika dinyalakan.
  • Smart Stop System (SSS): Sistem kendali motor yang bekerja secara otomatis dengan cara mematikan mesin ketika motor berhenti selama 5 detik atau secara mendadak untuk mengurangi risiko kecelakaan apabila pengemudi panik saat berkendara di jalanan.
Kelengkapan Yamaha FreeGo S
Indikator Lampu Ya
Adjustable Headlights Ya
Outlet Aksesoris Ya
Lampu Belakang LED
Head Lamp LED
ABS Tidak
Dimmer Switch Tidak
Sandaran Kursi Tidak
Stability Control Tidak
Traction Control Tidak
Launch Control Tidak
Leg Guards Tidak
Penutup Lubang Kunci Tidak
Reflektor Samping Tidak
Mode Berkendara Street
Engine Check Warning Ya
Panel Instrumen Digital
Indikator BBM Digital
Navigator Tidak
Tripmeter Ya
Speedometer Digital
Layar Display Ya
Tipe Jok Dual Stepped
Tipe Rangka Underbone
Rem Depan Drum
Rem Belakang Disc

Mesin Yamaha FreeGo S ABS

Yamaha FreeGo memiliki mesin yang kuat dan memiliki performa yang tinggi dengan mesin 1-silinder 4-katup 125 cc berteknologi blue core dari Yamaha. Mesin ini mampu memberikan performa sampai 7 kW pada percepatan 8.000 rpm dan memiliki torsi puncak sampai pada 9,5 Nm pada percepatan 5.500 rpm. Akselerasi pada motor ini bisa dibilang cukup agresif dan sangat nyaman digunakan dalam kecepatan tinggi.

Pada skuter matik ini juga dilengkapi dengan teknologi Smart Motor Generator (SMG) yang menghilangkan dinamo starter atau pengisian mandiri yang terlepas dari mesin. Sistem ini mampu membuat suara starter mesin menjadi lebih halus ketika dinyalakan.

Spesifikasi Yamaha FreeGo S ABS

Mesin Yamaha FreeGo S
<strongKapasitas 125 cc
Tenaga Maksimal 9.38 bhp
Jumlah langkah 4-Stroke
Tipe injeksi Fuel Injection
Sistem pelumasan Wet Sump
Torsi Maksimal 9.5 Nm
Jenis Penggerak Belt Drive
Katup Per Silinder 2
Konfigurasi Katup SOHC
Jenis Kopling Dry Type
Jenis Mesin Single Cylinder, 4-Stroke, 2-Valve, Air-Cooled, SOHC
Pipa Knalpot Single Exhaust
Sistem Pendinginan Air Cooled
Rasio Kompresi 9.5:1
Jumlah Silinder 1
Diameter x Langkah 52.4 mm x 57.9 mm
Sistem Pembakaran TCI
Opsi Start Kick & Electric
Jenis Bahan Bakar Petrol
Jenis Transmisi Automatic
Gear Box Variable Speed

 

Dimensi Yamaha FreeGo S
Kategori Scooter
Tinggi 1100 mm
Panjang 1905 mm
Ketinggian Jok 778 mm
Lebar 690 mm
Kapasitas Tempat Duduk 2 Kursi
Kapasitas Tangki Oli 0.8 L
Wheelbase 1275 mm
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Swing Arm
Jenis Ban Radial, Tubeless
Ban belakang 110/90 R12
Ukuran Velg Depan R12
Ukuran Velg Belakang R12
Ban Depan 100/90 R12

Warna Yamaha FreeGo S ABS

Yamaha FreeGo memiliki beberapa pilihan warna yang menarik yaitu Metallic Red, Matte Black, Metallic Blue dan Metallic White.

Warna Yamaha FreeGo

Syarat Kredit Motor Yamaha FreeGo S ABS

Ada beberapa syarat dokumen yang harus dipenuhi sebelum mengajukan kredit motor Yamaha FreeGo S ABS

Kredit Perorangan:

  • Fotocopy KTP pemohon & suami / istri / penjamin.
  • Fotocopy kartu keluarga (bisa digantikan dengan surat nikah atau akte kelahiran).
  • Data lain (hanya jika diperlukan).

Kredit Perusahaan

  • Fotocopy akte pendirian & perubahannya.
  • Fotocopy pengesahan kehakiman.
  • Fotocopy SIUP, NPWP, SITU / Domisili, TDP.
  • Fotocopy Rek. Koran 3 bulan terakhir.
  • Fotocopy KTP direksi & komisaris.