Tentang Pinjaman Online Langsung Cair

Menurut pengertiannya, pinjaman adalah suatu jenis utang yang melibatkan segala jenis benda yang berwujud walaupun biasanya identik dengan pinjaman moneter. Seperti layaknya instrumen utang lainnya, sebuah pinjaman memerlukan distribusi ulang aset keuangan dalam jangka waktu tertentu antara pihak peminjam dan pengutang. Pada dasarnya, peminjam hanya akan menerima sejumlah uang dari pemberi utang yang akan dibayarkan kembali dalam bentuk angsuran secara berkala kepada pihak pemberi utang.

Jasa pinjaman ini biasanya diberikan dengan tambahan biaya tertentu yang disebut sebagai bunga terhadap utang. Pihak peminjam disini juga dapat memperoleh berbagai batasan yang diberikan dalam bentuk syarat pinjaman secara tertulis. Pinjaman bisa digunakan untuk tujuan produktif maupun konsumtif. Khususnya wiraswasta atau pengusaha, Anda harus paham berbagai jenis produk kredit bank maupun lembaga pembiayaan. Tujuannya adalah agar Anda bisa tepat memilih produk pinjaman dan menyesuaikan dengan profil usaha dan tujuan penggunaan dana tersebut.

Pinjaman Online adalah sebuah jenis pinjaman yang dapat dicairkan dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan pinjaman biasa atau bisa disebut sebagai pinjaman cepat cair.

Pinjaman uang ini biasanya tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa digunakan di perangkat ponsel Anda. Aplikasi pinjaman online langsung cair ini bisa didapatkan di toko aplikasi yang tersedia sesuai dengan sistem operasi di ponsel yaitu lewat Google Play Store (Android) atau Apple Store (iOS). Salah satu keuntungan melakukan pengajuan lewat aplikasi di ponsel adalah kemudahan akses dan kecepatan yang ditawarkan. Melalui aplikasi di ponsel Anda, cukup mengisi data pribadi, melakukan upload foto pribadi, dan menunggu proses aplikasi, maka pinjaman dana bisa segera dinikmati.

Pinjaman jenis ini juga diberikan kepada para peminjamnnya dengan biaya tertentu yang disebut bunga terhadap utang. Selain bunga terhadap utang, pihak peminjam disini juga bisa dibatasi dengan berbagai batasan yang diberikan dalam bentuk syarat pinjaman tertulis. Dari segi penggunaannya, pinjaman online juga bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan baik itu untuk tujuan produktif atau tujuan konsumtif.

  • Bentuknya Berupa Aplikasi:
    Produk pinjaman online di Indonesia biasanya berbentuk aplikasi yang bisa di gunakan di ponsel Anda. Dengan bentuk apikasi, maka proses pengajuan dan pengumpulan data bisa dilakukan kapan dan dimana saja.
  • Berasal dari Perusahaan Fintech atau Lembaga Penyalur Dana:
    Pinjaman online umumnya disediakan oleh sebuah perusahaan atau lembaga penyalur dana. Dana pinjaman yang disalurkan kepada para peminjamn tersebut biasanya didapat dari dari berbagai investor, bank, atau lembaga keuangan lain.
  • Limit Pinjaman Tidak Terlalu Besar:
    Meskipun tergolong dalam jenis pinjaman cepat cair, pinjaman dana ini memiliki limit pinjaman yang tidak terlalu besar yaitu berkisar antara 500 ribu hingga 10 juta Rupiah. Hal ini disebabkan karena persyaratan pengajuan yang tidak membutuhkan jaminan atau kepemilikan kartu kredit, sehingga jumlah pinjaman yang bisa disalurkan ke para peminjam jumlahnya tidak terlalu besar.
  • Proses Pengajuan Online: Karena secara umum pengajuan aplikasi pinjaman dilakukan melalui aplikasi, maka semua proses pengajuan dilakukan secara online. Melalui proses ini, dimulai dari instalasi aplikasi, pengisian data atau informasi pribadi, verifikasi, penentuan skor kredit, hingga pencairan dana dilakukan lewat sistem secara online. Dengan begitu, para calon peminjam tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor cabang atau menyiapkan dokumen fisik untuk proses pengajuan yang dilakukan. Cukup isi data pribadi dan menyediakan foto diri, foto KTP, serta dokumen lainnya yang diperlukan.
  • Persyaratan Simpel: Persyaratan yang diperlukan dalam pengajuan pinjaman online berbasis aplikasi ini terbilang cukup mudah. Karena kebanyakan hanya memerlukan fotokopi KTP, slip gaji, atau rekening tabungan. Anda bisa melakukan pengajuan aplikasi jika sudah memiliki umur yang cukup dan dokumen-dokumen yang diperlukan.
  • Tidak Perlu Jaminan atau Kepemilikan Kartu Kredit: Untuk mendapatkan pinjaman dana online ini, Anda hanya perlu menyiapkan data diri dan dokumen yang diperlukan. Tidak perlu memliki kartu kredit sebelumnya.
  • Verifikasi dan Pencairan Dana Cepat: Dalam proses pengajuan pinjaman dana online, rata-rata proses verifikasi sampai dengan pencairan dana memakan waktu maksimal rata-rata 48 jam saja.
  • Layanan Nasabah yang Tersedia Setiap Saat: Punya pertanyaan seputar aplikasi pinjaman? atau ingin cari bantuan? Tidak perlu cemas, karena sebagian besar produk pinjaman cepat cair ini menyediakan layanan customer service yang senantiasa membantu menyelesaikan masalah pengajuan Anda atau memberikan informasi yang dibutuhkan. Bantuan ini bisa diperoleh lewat telepon atau e-mail, dan bahkan ada yang menyediakan layanan bantuan 24 jam.
  • Privasi yang Terjamin: Dengan proses yang dilakukan secara online lewat sistem, tidak perlu khawatir data pribadi Anda disalahgunakan. Para penyedia layanan pinjaman cepat menjamin seluruh kerahasiaan data pribadi yang dikirimka lewat proses enkripsi dan teknologi keamanan terkini. Semua data atau informasi pribadi tidak akan dibagikan kepada pihak ketiga tanpa persetujuan Anda.
  • Layanan Pembayaran Beragam: Sebagian besar penyedia pinjaman tanpa jaminan online di Indonesia sudah bekerjasama dengan berbagai bank dan lembaga keuangan ternama untuk menyediakan layanan pembayaran yang bisa diakses oleh siapa saja dengan mudah. Anda bisa lakukan pembayaran melalui berbagai bank di Indonesia baik secara transfer, mobile banking, atau internet banking. Selain pembayaran lewat bank, Anda juga bisa melakukan pembayaran lewat e-wallet ataupun melalui minimarket yang sudah tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia.

Berikut beberapa syarat umum pengajuan pinjaman online pribadi lewat aplikasi pinjaman yang tersedia di Indonesia.

  • WNI.
  • Usia 17-60 Tahun.
  • Memiliki Pekerjaan Tetap.
  • Memiliki Rekening Tabungan atau Akun Internet Banking atas nama sendiri.
  • Memiliki NPWP.
Dokumen/Jenis PekerjaanCalon Peminjam
Foto KTP/KITAS  
Foto Selfie dan Selfie Bersama KTP  
Foto Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT)*  
Foto Rekening Tabungan (3 bln terakhir)*  
Foto NPWP*  
*Bila diperlukan dari produk yang bersangkutan.
  • Cari aplikasi pinjaman kilat yang diinginkan dari website Cermati.com/Google Play Store/Apple Store.
  • Unduh aplikasi tersebut ke perangkat ponsel Anda.
  • Buka aplikasi dan pilih jenis pinjaman yang diinginkan.
  • Isi data pribadi dan informasi sesuai dengan yang diminta oleh aplikasi.
  • Unggah dokumen atau informasi tambahan yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.
  • Tunggu notifikasi proses verifikasi.

Kebanyakan layanan aplikasi pinjaman online sudah tersedia di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Tidak bisa. Pengajuan produk pinjaman online hanya bisa dilakukan melalui aplikasi di perangkat ponsel Anda.

Bisa. Walaupun Anda sekarang menetap di tempat yang berbeda dengan alamat KTP, pengajuan pinjaman kilat tetap bisa dilakukan.

Bisa. Apabila E-KTP Anda masih dalam proses pembuatan, maka Anda bisa menggunakan surat keterangan (resi KTP) untuk mengajukan pinjaman uang online.

Tidak perlu. Semua produk pinjaman uang online tidak membutuhkan jaminan (agunan) apapun atau kepemilikan kartu kredit sebelumnya sebagai syarat pengajuan.

Bisa. Tidak semua aplikasi pinjaman online membutuhkan NPWP sebagai syarat pengajuan yang wajib melainkan hanya digunakan sebagai dokumen pelengkap saja.

Setelah proses verifikasi, rata-rata waktu pencairan dana pinjaman sampai ke rekening Anda adalah antara 24 sampai 48 jam sesuai dengan bank atau penyedia layanan pinjaman online yang dipilih. Jika dana pinjaman sudah tersalurkan ke rekening Anda, maka nanti akan ada notifikasi melalui SMS/E-Mail/melalui aplikasi yang akan bisa langsung Anda lihat.

Apabila pengajuan pinjaman online Anda belum diproses atau dana tunai juga belum kunjung cair, maka bisa menghubungi layanan bantuan nasabah (call center) dari produk pinjaman cepat yang diajukan untuk meminta bantuan atau memperoleh informasi yang dibutuhkan. Tiap-tiap aplikasi pinjaman online yang ada memiliki layanan nasabah yang siap membantu Anda.

Secara umum penyedia aplikasi pinjaman online sudah bekerja sama dengan berbagai bank ternama atau portal pembayaran lainnya agar para nasabah bisa membayar cicilan dengan mudah. Anda bisa melakukan pembayaran melalui berbagai bank di Indonesia baik secara transfer, mobile banking, atau internet banking. Selain pembayaran lewat bank, Anda juga bisa melakukan pembayaran lewat e-wallet, portal online, ataupun melalui minimarket yang sudah tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia sesuai dengan produk yang dipilih. Bila proses pelunasan telah selesai dilakukan, Anda juga akan diberi tahu melui SMS/E-mail/Notifikasi kalau cicilan telah lunas.

Iya. Keterlambatan melakukan pembayaran cicilan sesuai dengan kesepakatan akan dikenakan denda. Jumlah denda yang diberikan akan disesuaikan dengan kebijakan dari penyedia layanan aplikasi pinjaman online tersebut. Apabila tanggal jatuh tempo jatuh pada hari Sabtu/Minggu/hari libur nasional, maka pembayaran bisa dilakukan pada hari kerja selanjutnya atau sesuai dengan kebijakan pembayaran yang berlaku.

Cermati.com berkomitmen untuk melindungi dan merahasiakan data pribadi Anda. Seluruh data atau informasi yang Anda masukkan selama proses pengajuan dilindungi menggunakan teknologi enkripsi dan keamanan termutakhir sehingga terlindungi dengan baik.

Agar keamanan data pribadi Anda tetap selalu terjaga, berikut beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan:

  • Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi
    Jangan pernah sembarangan memberikan informasi pribadi kepada siapapun di luar situs Cermati. Data pribadi yang dimaksud antara lain adalah informasi pribadi, sandi (password), KTP, Foto Selfie, NPWP, dll.
  • Jaga Kerahasiaan Kode OTP
    Jangan memberikan kode OTP yang masuk melalui SMS / e-mail kepada siapapun termasuk pihak-pihak yang mengatasnamakan diri sebagai Cermati.
  • Jangan Berkomentar Sembarangan
    Jangan pernah mempublikasikan data pribadi Anda di kolom komentar media sosial manapun agar tetap aman.
  • Waspada Terhadap Akun Media Sosial Palsu
    Hati-hati terhadap segala informasi yang diberikan oleh akun palsu yang mengatasnamakan diri sebagai Cermati. Berikut akun media sosial cermati yang terverifikasi:
  • Gunakan Aplikasi Resmi Cermati di Play Store
    Unduh aplikasi resmi Cermati melalui Play Store. Hindari mengunduh aplikasi Cermati dari website atau link lain selain dari Google Play Store.
  • Waspada Terhadap Link Mencurigakan
    Website resmi Cermati hanya bisa diakses pada domain https://www.cermati.com/. Mohon hati-hati apabila Anda menerima pesan atau informasi dari seseorang untuk mengakses/mengklik link tertentu di luar website atau akun media sosial resmi Cermati.
  • Perhatikan Alamat E-mail Resmi Cermati
    Penyampaian informasi promo, pengajuan, dan informasi lainnya via e-mail hanya dilakukan lewat alamat e-mail resmi Cermati berikut ini:
    • @cermati.com
    • @newsletter.cermati.com
    • @info.cermati.com
    Abaikan apabila menerima e-mail lain dengan alamat berbeda yang mengatasnamakan diri sebagai pihak Cermati.
  • Selalu Perbarui Sandi Akun Cermati Anda
    Supaya akun tetap aman, perbarui sandi akun Cermati Anda setiap 3 bulan sekali. Pembaruan sandi bisa dilakukan melalui menu akun saya dan pilih ganti kata sandi. Apabila lalai atau merasa akun Anda tidak aman, segera lakukan pergantian sandi akun Cermati Anda supaya akun tetap aman.