Tentang Pinjaman Online

Pinjaman Online adalah sebuah jenis pinjaman yang bisa diajukan secara online lewat aplikasi di smartphone dengan proses pencairan dana yang cepat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membedakan layanan pinjaman uang online dengan konvensional.

PerbedaanPinjaman OnlinePinjaman Konvensional
Bentuk Layanan Layanan diberikan melalui aplikasi di smartphone yang bisa diunduh sesuai dengan sistem operasi masing-masing Layanan diakses melalui website perbankan atau langsung di kantor penyedia layanan peminjaman tersebut
Suku Bunga Suku bunga dikenakan per hari berdasarkan penyedia layanan dibawah pengawasan OJK dan AFPI Suku bunga dikenakan per bulan berdasarkan acuan Suku Bunga Dasar Kredit Bank (SKBD) yang ditetapkan oleh Bank Indonesia
Jumlah dan Limit Pinjaman Jumlah dan limit pinjaman uang hanya sampai puluhan juta Rupiah Jumlah dan limit pinjaman uang bisa mencapai ratusan juta Rupiah
Tenor dan Lama Cicilan Rata-rata tenor layanan pinjaman online minimal 3 bulan hingga 12 bulan Rata-rata tenor layanan pinjaman konvensional minimal 1 tahun hingga 5 tahun
Waktu Pencairan Dana Pencairan dana pinjaman bisa dilakukan kurang dari 48 jam hari kerja Pencairan dana pinjaman memakan waktu rata-rata 2 s.d. 4 minggu hari kerja
Syarat dan Ketentuan Umumnya cukup menyediakan foto KTP, Selfie, informasi pribadi dan rekening, serta tidak butuh survey lapangan (verifikasi online) Perlu menyediakan data diri, NPWP, dan rekening aktif di bank atau lembaga keuangan tersebut. Biasanya memerlukan survey lapangan untuk verifikasi data tertentu (verifikasi offline) serta tidak mengacu pada riwayat kredit SLIK OJK. Riwayat kredit Anda pada SLIK OJK juga akan dijadikan bahan pertimbangan dalam proses pengajuan pinjaman
Risiko Pengajuan Risiko penipuan lebih tinggi karena masih beredar penyedia layanan pinjaman ilegal yang tidak terdaftar atau berizin di OJK Risiko penipuan relatif lebih kecil karena layanan perbankan konvensional yang tersedia biasanya sudah diawasi langsung oleh pemerintah lewat Bank Indonesia
Berikut beberapa keuntungan menggunakan layanan aplikasi pinjaman online:
  • Proses Pengajuan Dilakukan Secara Online: Dimulai dari instalasi aplikasi, pengisian data pribadi, verifikasi data, penentuan skor kredit, hingga pencairan dana dilakukan lewat sistem secara online. Dengan begitu, para calon peminjam tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor cabang atau menyiapkan dokumen fisik untuk proses pengajuan yang dilakukan. Cukup isi data pribadi dan menyediakan foto diri, foto KTP, serta dokumen lainnya yang diperlukan.
  • Syarat Pengajuan Lebih Simpel dan Mudah: Persyaratan pengajuan pinjaman jenis ini relatif cukup mudah. Karena biasanya hanya membutuhkan profil penghasilan dan umur yang cukup dan informasi data pribadi.
  • Tanpa Jaminan dan Kepemilikan Kartu Kredit Ajukan pinjaman tanpa perlu meletakkan jaminan apapun dan kepemilikan kartu kredit sebelumnya.
  • Verifikasi dan Pencairan Dana Cepat: Karena semua proses dilakukan secara online, tahap verifikasi dan pencairan dana bisa dilakukan paling cepat rata-rata 48 jam saja.
  • Layanan Pengaduan Nasabah yang Baik: Kebanyakan penyedia layanan pinjaman online memiliki customer service yang siap melayani Anda di jam dan hari kerja. Layanan ini bisa senantiasa membantu menyelesaikan masalah pengajuan Anda atau memberikan informasi yang dibutuhka lewat telepon atau e-mail
  • Privasi Terjamin dan Data Aman: Sebagian besar para penyedia layanan pinjaman yang beroperasi di Indonesia sudah resmi terdaftar dan berizin di OJK. Hal ini tentu menjamin seluruh kerahasiaan data pribadi dengan teknologi enkripsi dan keamanan terkini. Semua data atau informasi pribadi tidak akan dibagikan kepada pihak ketiga tanpa persetujuan Anda.
  • Menyediakan Metode Pembayaran yang Bervariasi: Lakukan pembayaran dengan mudah karena ebagian besar perusahaan penyedia layanan ini di Indonesia sudah bekerjasama dengan berbagai bank dan lembaga keuangan ternama untuk menyediakan layanan pembayaran yang bisa diakses oleh siapa saja dengan mudah. Anda bisa melakukan pembayaran melalui transfer, mobile banking, internet banking, e-wallet ataupun melalui minimarket di seluruh Indonesia.

Secara umum, berikut beberapa persyaratan yang diminta oleh pihak aplikasi pinjaman online saat pada proses pengajuan.

NoPersyaratan Umum
1 Berstatus WNI
2 Berusia 18 s.d. 60 tahun 
3 Memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap
4 Memiliki rekening tabungan atas nama pribadi

Secara umum, berikut beberapa persyaratan dokumen yang harus Anda penuhi dalam proses pengajuan.

NoJenis Dokumen
1 Foto KTP/KITAS
2 Foto Selfie dan Selfie Bersama KTP
3 Foto NPWP/Slip Gaji*
*Apabila dibutuhkan oleh aplikasi pinjaman online yang akan diajukan.
  • Cari dan Unduh aplikasi pinjaman online yang diinginkan dari /Google Play Store (Android)/App Store (iOS). Bisa juga dengan mengklik tombol ajukan dari daftar di atas.
  • Buka aplikasi dan ajukan jumlah pinjaman serta tenor yang diinginkan.
  • Isikan data pribadi dan informasi lainnya sesuai dengan permintaan aplikasi tersebut.
  • Kemudian unggah dokumen pelengkap atau lengkapi informasi tambahan yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.
  • Tunggu proses verifikasi. Anda mungkin akan dihubungi oleh pihak penyedia layanan untuk verifikasi data.
  • Dana pinjaman akan segera cair ke rekening pilihan Anda.

Secara umum, berbagai aplikasi pinjaman uang online sudah bisa melayani wilayah Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Cara termudah mengetahui layanan aplikasi pinjaman online tersebut resmi atau tidak adalah mengecek apakah nama platform, website, dan perusahaannya termasuk dalam daftar perusahaan fintech lending berizin dan terdaftar di OJK.

Apabila termasuk, maka sudah dapat dipastikan layanannya aman untuk digunakan. Karena seluruh kegiatan operasionalnya sudah berjalan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Adapun Ciri-Ciri yang membedakan layanan pinjaman online yang resmi dan tidak bisa dilihat dari beberapa indikator berikut:

IndikatorLayanan Resmi/LegalLayanan Tidak Resmi/Ilegal
Legalitas Termasuk dalam daftar perusahaan fintech lending berizin dan terdaftar di OJK serta AFPI Tidak termasuk dalam daftar perusahaan fintech lending berizin dan terdaftar di OJK serta AFPI
Suku Bunga/Imbal Hasil Menawarkan suku bunga atau imbal hasil maksimal 0,8 persen per hari. Serta jumlah total pinjaman yang perlu dikembalikan maksimal 100 persen dari nilai pokok pinjaman (sudah termasuk biaya, denda, suku bunga/imbal hasil) sesuai dengan peraturan dan pengawasan dari AFPI.  Menawarkan suku bunga atau imbal hasil lebih dari 0,8% per hari dan jumlah total pinjaman yang perlu dikembalikan melebihi 100 persen dari nilai pokok pinjaman (sudah termasuk biaya, denda, suku bunga/imbal hasil).
Tenor Pinjaman Menawarkan tenor pengembalian minimal 90 hari (3 bulan) sesuai dengan peraturan OJK untuk setiap jumlah pinjaman yang ditawarkan dalam aplikasi. Menawarkan tenor pengembalian kurang dari 90 hari (3 bulan) untuk setiap jumlah pinjaman yang ditawarkan dalam aplikasi. Misalnya 7 hari atau 30 hari.
Persyaratan Pengajuan Meminta data dan dokumen pengajuan secukupnya dalam proses pengajuan seperti informasi pribadi, informasi tempat kerja, nomor kontak darurat, dan melakukan verifikasi informasi yang telah dicantumkan oleh calon pengguna. Hanya memerlukan data dan dokumen pengajuan yang minim seperti cukup foto KTP saja dan tidak melakukan verifikasi data calon pengguna.
Lokasi Kantor Memiliki alamat atau lokasi kantor operasional yang jelas dan bisa kunjungi. Tidak memiliki alamat atau lokasi kantor operasional yang jelas dan bisa kunjungi (tidak jelas).
Layanan Pengaduan Mencantumkan kontak layanan pengajuan yang jelas dan bisa dihubungi via e-mail atau nomor telepon. Tidak Mencantumkan kontak layanan pengajuan yang jelas dan bisa dihubungi via e-mail atau nomor telepon. Umumnya sulit dihubungi.
Informasi Aplikasi Mencantumkan informasi syarat pengajuan, suku bunga/imbal hasil, biaya-biaya, denda serta risiko lainnya dalam aplikasi. Layanan pinjaman online resmi juga wajib mencantumkan simulasi total pengembalian pinjaman di Play Store/App Store. Tidak mencantumkan informasi yang jelas tentang syarat pengajuan, suku bunga/imbal hasil, biaya-biaya, denda serta risiko lainnya dalam aplikasi. Biasanya juga tidak mencantumkan simulasi total pengembalian pinjaman di Play Store/App Store.
Prosedur Penagihan Melakukan prosedur penagihan dengan etika yang benar. Umumnya dilakukan tanpa ancaman dan tidak mengandung unsur SARA. Debt collector lapangan juga memiliki sertifikat penagihan resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan terkait. Melakukan prosedur penagihan di luar etika yang benar dengan  ancaman, kata-kata kasar, atau mengandung unsur SARA. Debt collector lapangan juga tidak memiliki sertifikat penagihan resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan terkait.
Tempat Unduh Aplikasi Layanan resmi menaruh aplikasi mereka di Play Store/App store dengan link unduhan jelas yang bisa diakses oleh perangkat manapun. Layanan tidak resmi menaruh aplikasi mereka diluar Play Store/App store dengan link unduhan yang tidak jelas sumbernya.
Akses Perangkat Aplikasi pinjaman yang telah diunduh dan sudah terpasang hanya meminta izin akses untuk kamera, lokasi, dan panggilan saja sesuai dengan aturan yang berlaku. Aplikasi pinjaman yang telah diunduh dan sudah terpasang meminta izin untuk SMS, kontak pribadi, media penyimpanan, dan akses lainnya yang menyagkut data pengguna.

Cermati.com berkomitmen untuk melindungi dan merahasiakan data pribadi Anda. Seluruh data atau informasi yang Anda masukkan selama proses pengajuan dilindungi menggunakan teknologi enkripsi dan keamanan termutakhir sehingga terlindungi dengan baik.

Agar keamanan data pribadi Anda tetap selalu terjaga, berikut beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan:

  • Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi
    Jangan pernah sembarangan memberikan informasi pribadi kepada siapapun di luar situs Cermati. Data pribadi yang dimaksud antara lain adalah informasi pribadi, sandi (password), KTP, Foto Selfie, NPWP, dll.
  • Jaga Kerahasiaan Kode OTP
    Jangan memberikan kode OTP yang masuk melalui SMS / e-mail kepada siapapun termasuk pihak-pihak yang mengatasnamakan diri sebagai Cermati.
  • Jangan Berkomentar Sembarangan
    Jangan pernah mempublikasikan data pribadi Anda di kolom komentar media sosial manapun agar tetap aman.
  • Waspada Terhadap Akun Media Sosial Palsu
    Hati-hati terhadap segala informasi yang diberikan oleh akun palsu yang mengatasnamakan diri sebagai Cermati. Berikut akun media sosial cermati yang terverifikasi:
  • Gunakan Aplikasi Resmi Cermati di Play Store
    Unduh aplikasi resmi Cermati melalui Play Store. Hindari mengunduh aplikasi Cermati dari website atau link lain selain dari Google Play Store.
  • Waspada Terhadap Link Mencurigakan
    Website resmi Cermati hanya bisa diakses pada domain https://www.cermati.com/. Mohon hati-hati apabila Anda menerima pesan atau informasi dari seseorang untuk mengakses/mengklik link tertentu di luar website atau akun media sosial resmi Cermati.
  • Perhatikan Alamat E-mail Resmi Cermati
    Penyampaian informasi promo, pengajuan, dan informasi lainnya via e-mail hanya dilakukan lewat alamat e-mail resmi Cermati berikut ini:
    • @cermati.com
    • @newsletter.cermati.com
    • @info.cermati.com
    Abaikan apabila menerima e-mail lain dengan alamat berbeda yang mengatasnamakan diri sebagai pihak Cermati.
  • Selalu Perbarui Sandi Akun Cermati Anda
    Supaya akun tetap aman, perbarui sandi akun Cermati Anda setiap 3 bulan sekali. Pembaruan sandi bisa dilakukan melalui menu akun saya dan pilih ganti kata sandi. Apabila lalai atau merasa akun Anda tidak aman, segera lakukan pergantian sandi akun Cermati Anda supaya akun tetap aman.