Cuka Apel, Rahasia Mendapatkan Tubuh yang Sehat dan Memaksimalkan Penampilan

Cuka apel memang sudah dikenal luas sebagai produk alami untuk meningkatkan kesehatan dan juga kecantikan. Tak sedikit masyarakat di seluruh dunia yang mempercayakan kesehatan dan penampilannya dengan memanfaatkan produk alami tersebut.

Salah satu contohnya adalah bintang film di Hollywood, Scarlett Johansson, yang sudah menjadi pengguna setia produk cuka apel guna mempertahankan kecantikannya. Bagi yang belum tahu, pemain di film Avengers tersebut menggunakan cuka apel sebagai minuman alami yang mampu mencegah munculnya jerawat pada kulit. 

Tak dapat dipungkiri jika salah satu khasiat cuka apel adalah menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Namun, jika bintang tersohor dunia sampai rutin memanfaatkannya. Maka khasiat yang diberikan oleh produk tersebut tentu sudah perlu ditanyakan lagi kebenarannya.

Lantas, adakah manfaat lain yang bisa didapatkan dari cuka apel? Tentu saja masih ada banyak lagi manfaat yang bisa diberikan oleh produk olahan dari buah apel tersebut. Untuk lebih lengkapnya, berikut 10 manfaat cuka apel beserta cara mendapatkannya. 

Baca Juga: Selain untuk Memasak, Inilah 8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

10 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Kesehatan

  1. Mengatasi Jerawat dan Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

    Manfaat cuka apel pertama, yang juga dimanfaatkan oleh Scarlett Johansson yaitu mengatasi jerawat. Bukan tanpa alasan, cuka apel mampu menghambat pertumbuhan jerawat pada kulit akibat kandungan asam yang dimilikinya. Tingkat keasamannya juga dapat membantu proses penyembuhan jerawat sehingga menjadi lebih cepat kering. 

    Tidak hanya mengatasi jerawat, cuka apel juga berkhasiat untuk menyamarkan noda pada wajah akibat jerawat. Kulit dengan noda bekas jerawat dapat mengelupas dengan lebih cepat karena cuka apel mengandung asam suksinat. Fungsi dari asam suksinat itulah yang membuat flek akibat jerawat ikut terkelupas bersama dengan kulit mati.

    Kandungan asam tersebut juga berguna untuk meredakan peradangan pada kulit yang disebabkan jerawat. Artinya, jerawat tidak akan menyebabkan munculnya jaringan parut pada kulit. 

    Selain itu, produk olahan dari apel tersebut juga mengandung asam laktat yang berkhasiat untuk memperbaiki kulit orang yang baru saja terserang jerawat. Dengan begitu, jerawat yang muncul tidak akan mengganggu kondisi kulitnya. Penampilan pun menjadi tidak terganggu akibat masalah kulit tersebut. 

  2. Masker Cuka Apel yang Mampu Membuat Pori Wajah Menjadi Bersih

    Masih seputar manfaat cuka apel untuk wajah, ternyata olahan apel tersebut mampu membersihkan pori wajah. Bahkan, pori-pori yang menyusut dan tertutup dapat kembali terbuka dengan memanfaatkan cuka apel sebagai masker pada wajah. Dengan begitu, minyak wajah tidak akan terhambat pada pori-pori dan menimbulkan jerawat.

    Cukup mudah, masker wajah dari cuka apel bisa dibuat dengan mencampurkan tepung beras hingga memiliki tekstur sedikit kental dan bisa menempel pada kulit. Sekitar 10 sampai 15 menit diaplikasikan pada wajah, masker cuka apel dan tepung beras tersebut dapat dibilas hingga bersih. Dijamin kulit wajah akan terasa lebih fresh dan masalah pori kotor dan kecil penyebab jerawat tidak akan muncul.  

  3. Dapat Digunakan Sebagai Toner

    Dalam menjaga kesehatan kulit, kandungan pH yang seimbang memiliki peran yang signifikan. Untuk itu, memastikan keseimbangan pH pada kulit adalah hal yang perlu dilakukan tidak muncul masalah kesehatan yang tidak diinginkan. 

    Pada kulit kepala, jumlah pH yang tidak seimbang dapat memicu munculnya ketombe penyebab bau kepala. Selain itu, ketombe juga membuat rambut lebih sulit untuk mendapatkan nutrisi yang diberikan oleh kulit kepala. Pada kulit wajah, pH yang tidak seimbang meningkatkan risiko munculnya jerawat.

    Nah, dengan memanfaatkan cuka apel, Anda dapat memastikan keseimbangan pH pada kulit. Caranya dengan menjadikan cuka apel sebagai toner dan mengaplikasikannya pada wajah. Dengan takaran 1:2 antara cuka apel dengan air, dijamin toner alami tersebut dapat mencegah masalah kulit akibat pH yang tidak seimbang.  

  4. Dambaan Memiliki Rambut Berkilau

    Cuka apel juga bisa membuat batang rambut menjadi lebih sehat dan tampak berkilau. Caranya cukup dengan mengombinasikan setengah sendok makan cuka apel dengan secangkir air. Ramuan tonik dari cuka apel tersebut bisa langsung diaplikasikan ke rambut, dan setelah didiamkan selama beberapa saat, khasiatnya akan langsung terasa oleh rambut. 

  5. Menghilangkan Lemak dalam Tubuh

    Tumpukan lemak dalam tubuh tidak hanya dapat menjadi masalah bagi kesehatan, namun juga untuk penampilan. Oleh karenanya, tak sedikit orang mencari cara paling efektif untuk bisa menghilangkan lemak yang menumpuk dalam tubuh. 

    Nah, dengan mengonsumsi cuka apel saat diet dapat membantu tubuh melakukan proses pembakaran lemak dengan lebih efektif. Selain itu, cuka apel dapat menekan jumlah kalori pada makanan yang telah Anda konsumsi. 

    Bahkan, mengonsumsi cuka apel saat pagi hari dapat mengurangi nafsu makan sehingga tubuh dapat membakar lemak dengan lebih optimal. Penyebabnya karena cuka apel mengandung senyawa yang disebut pectin. Jadi, masukkan cuka apel sebagai konsumsi rutin pada program diet Anda.  

  6. Mampu Menyehatkan Sistem Pencernaan

    Menjaga kesehatan sistem pencernaan merupakan hal penting agar tubuh terhindar dari penyakit. Cara untuk menyehatkan sistem pencernaan pun beragam. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi cuka apel karena kandungan pektin di dalamnya. 

    Cara ini seringkali dilakukan oleh para penikmat salad sayur dengan menyiramkan cuka apel ke dalam makanannya. Dengan begitu, cuka apel dapat menjalankan tugasnya dalam membuat sistem pencernaan menjadi lebih bersih dan terjaga kesehatannya.  

  7. Pengganti Kopi untuk Merefresh Energi di Pagi Hari

    Kebanyakan orang memiliki kebiasaan minum kopi saat memulai hari dengan tujuan untuk mengembalikan energi. Padahal, kopi mengandung nikotin dan dapat menimbulkan efek candu kepada para penikmatnya. Agar efek buruk tersebut tidak terus-terusan masuk dalam tubuh setiap hari, Anda dapat sesekali mengganti kopi dengan air putih yang dicampur cuka apel. 

    Dengan manfaat yang tidak jauh berbeda, Anda dapat mengurangi asupan nikotin yang berasal dari kopi. Selain itu, efek candu dari meminum kopi lambat laun juga menjadi berkurang. Alhasil, tubuh pun akan menjadi lebih sehat dan tetap siap untuk menjalani hari. 

  8. Menguatkan Sistem Imun Tubuh

    Kaya akan vitamin dan juga mineral, cuka apel berkhasiat menguatkan sistem imun tubuh juga, lho!. Di tengah kesibukan pekerjaan dan ancaman virus serta bakteri, menjaga sistem kekebalan tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan. 

    Tidak hanya untuk mencegah, mengonsumsi cuka apel juga baik dilakukan saat tubuh sudah terlanjur terserang penyakit. Khasiat akan menjadi lebih kuat saat cuka apel dicampur dengan perasan jeruk lemon dan juga madu. Dengan begitu, sistem imun tubuh akan lebih kuat menangkal segala serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

  9. Mengempeskan Kutil

    Kutil adalah penyakit kulit yang cukup sulit untuk disembuhkan dan akan sangat mengganggu jika munculnya di bagian tubuh tertentu. Untuk menyembuhkannya, Anda dapat mengompresnya dengan menggunakan kapas yang sudah direndam cuka apel. Jika dilakukan dengan rutin, tidak butuh waktu lama kutil akan semakin mengempes dan akhirnya sembuh total.

  10. Membuat Sirkulasi Darah Lancar

    Kandungan pektin pada cuka apel tidak hanya mampu membantu program diet yang sedang dijalankan, namun juga melancarkan sirkulasi darah. Khasiat tersebut bisa didapatkan dengan mencampur sesendok cuka apel bersama segelas air dan mengoleskannya ke permukaan kulit menggunakan kapas. 

    Selain melancarkan sirkulasi darah, asam asetat yang terkandung pada cuka apel juga mampu membuat kulit menjadi lebih kencang. Hal ini tentu bisa menjadi cara mudah dan murah dalam menyehatkan tubuh serta menjadi awet muda.  

Baca Juga: Di Rumah Aja Wajah Tetap Glowing, Ini 7 Toner Wajah Pilihan yang Patut Dicoba

Jangan Anggap Remeh Khasiat yang Dimiliki oleh Cuka Apel

Manfaat cuka apel dalam menjaga kesehatan dan kecantikan memang tidak dapat dipandang sebelah mata. Pasalnya, disadari atau tidak, semua manfaat yang diberikan sangat berguna dan penting bagi tubuh. Untuk itu, jangan ragu untuk memanfaatkan cuka apel agar bisa mendapatkan khasiat yang diberikan untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan. 

Baca Juga: Ingin Tetap Terlihat Sehat dan Segar di Bulan Puasa? Ini Tipsnya!