Jenis Makanan Sehat untuk Tulang Lebih Kuat dan Bebas Osteoporosis

Osteoporosis sendiri merupakan kondisi pengeroposan tulang yang diakibatkan dari penurunan kepadatan tulang seiring usia. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan tulang demi mencegah risiko osteoporosis di masa mendatang. Salah satu langkah mudahnya yakni dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Sayangnya tak semua makanan sehat yang dikonsumsi dapat membantu menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Sebaiknya, pilih makanan yang memang mengandung nutrisi penting untuk mencegah kerusakan tulang, yakni mengandung kalsium serta vitamin D yang cukup. Makanan yang memiliki kandungan kalsium sangat berguna untuk menguatkan tulang, sementara vitamin D mendukung proses penyerapan mineral kalsium dalam tubuh. 

Untuk itu, pastikan bahwa makanan yang dikonsumsi setiap hari punya kandungan kalsium dan sejumlah mineral penting yang lain. Dengan begitu, tulang akan jadi jauh lebih sehat serta bisa lebih bergerak bebas.

Lantas, jenis makanan apa saja yang bisa membuat tulang lebih kuat dan mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis? Simak ulasan berikut ini selengkapnya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Sayuran yang Berdaun Hijau

loader

Makanan sehat yang satu ini menjadi salah satu jenis makanan yang direkomendasikan untuk memperkuat tulang. Hal ini karena di dalam sayuran hijau umumnya terdapat banyak kandungan vitamin C. Dimana vitamin C punya peran yang sangat penting dalam proses produksi sel-sel dalam pembentukan tulang. 

Tak hanya kandungan vitamin C saja, dalam sayuran hijau pun juga memiliki kandungan vitamin K. Dimana jenis vitamin ini dikategorikan dalam jenis vitamin B kompleks. Tak hanya berperan dalam membantu proses pembekuan darah, jenis vitamin tersebut juga dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang. 

Ketika tubuh mengalami defisiensi vitamin B, ini bisa membuat tulang jadi lebih lemah dan gampang keropos. Sehingga penting sekali untuk mencukupi kebutuhan vitamin B harian agar kepadatan dan kesehatan tulang selalu terjaga.

Untuk itulah, jangan malas lagi makan sayuran berdaun hijau karena manfaat baiknya untuk kesehatan tubuh dan juga tulang sangatlah besar. Ada banyak jenis sayuran yang berdaun hijau yang bisa kamu konsumsi, misalnya brokoli, sawi hijau, bok choy, bayam dan sebagainya.

Baca Juga: 10 Tips Mengatur Asupan Makanan Sehat bagi Penderita Diabetes

2. Tahu

loader

Tahu merupakan salah satu makanan sehat yang dihasilkan dari kacang kedelai yang diolah dan diambil saripatinya lalu dikentalkan. Ada banyak jenis tahu yang beredar di pasaran sesuai teksturnya, dari tahu lembut, tahu padat, hingga tahu sutra. Semua jenis tahu tersebut mempunyai kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda, hanya saja tahu padat mengandung lebih banyak nutrisi dan kalori dibanding tahu lembut.

Kandungan nutrisinya pun cukup beragam, mulai dari karbohidrat, lemak, serat hingga mineral, seperti zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, fosfor, hingga vitamin A, B6, C dan D. Dimana kandungan tersebut berperan penting untuk membantu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang serta mencegah osteoporosis. 

3. Produk Susu 

loader

Susu merupakan sumber makanan yang baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan tubuh, karena kandungan kalsium di dalamnya cukup tinggi. Menurut penelitian, rutin minum susu bisa membuat tulang lebih kuat dan mencegah pengeroposan tulang. Khususnya, susu yang diperkaya dengan kalsium tambahan atau susu berkalsium tinggi yang umumnya jenis susu ini bebas lemak, jadi lebih sehat.

Terkadang selain kalsium, susu juga diperkaya dengan nutrisi tambahan lainnya, seperti Vitamin D. Dimana vitamin ini dipercaya mampu membantu pertumbuhan tulang, sekaligus menjaga kadar fosfor dan kalium dalam darah. Sehingga risiko osteoporosis bisa dicegah sejak dini dengan mulai membiasakan diri mengkonsumsi susu.

Baca Juga: 8 Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

4. Kacang Kedelai

loader

Selain sebagai sumber protein, kacang kedelai juga kaya akan sejumlah vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga tulang tetap sehat. Seperti, vitamin B, D, E dan mineral kalium, kalsium, fosfor dan zat besi. Bahkan, di dalam sumber makanan tersebut juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, isoflavon serta phytoestrogen.  

Selain diolah menjadi tahu, tempe dan makanan lainnya, kacang kedelai juga bisa diolah menjadi susu. Susu kedelai ini dianggap lebih aman untuk mereka yang memiliki alergi terhadap susu sapi dan produk turunannya. Bahkan, kandungan kalsium dan juga vitamin D dalam produk susu kedelai dinilai cukup tinggi, sehingga mampu membantu meningkatkan kekuatan tulang.

5. Ikan dan Daging

loader

Ikan dan juga daging termasuk jenis makanan tinggi protein yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, keduanya juga mengandung omega-3 dan vitamin D yang cukup berlimpah. Terutama pada ikan salmon dan sarden, serta daging merah tanpa lemak.

Sehingga, jangan sampai melewatkan sumber protein yang seimbang dalam menu harian kamu. Supaya, kesehatan tulang tetap terjaga dan jauh dari risiko kerusakan tulang, seperti osteoporosis.

Jaga Pola Makan Seimbang, Kunci Tulang yang Sehat

Supaya tulang tetap sehat dan kuat, kuncinya ada pada asupan nutrisi yang terjaga dan seimbang. Dari mulai sayuran berdaun hijau, susu, daging, ikan, kacang-kacangan dan sebagainya. Dengan begitu, tubuh bisa mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjaga kondisi tulang.

Selain menjaga pola makan dan asupan nutrisi yang seimbang, aktivitas fisik pun juga berperan untuk mencegah risiko munculnya osteoporosis. Jadi jangan hanya mengandalkan makanan saja, kamu juga perlu menjaga kesehatan tulang dengan aktif bergerak! 

Baca Juga: 25 Cemilan Sehat untuk Diet dan Bantu Perbaiki Pola Hidup Sehat