Simak Berbagai Tips Terlihat Cantik dan Segar saat Puasa

Selama berpuasa, kulit dan bibir rentan terkena masalah kekeringan karena kurangnya cairan. Tidak hanya kekurangan cairan, tetapi juga karena kurangnya asupan makanan. Selain itu, kulit dan bibir kering juga bisa disebabkan oleh pola makan ketika sahur dan berbuka yang salah.

Ditambah lagi jika jam tidur kurang, tentu akan memengaruhi kondisi kulit. Oleh karena itu, jangan sampai pada saat puasa, kamu malas untuk menjaga kulit karena berbagai alasan. Ikuti tips berikut agar kulit tetap cantik dan segar saat berpuasa.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Tips Sehat dan Cantik saat Puasa

1. Aturlah Jadwal Tidur

loader
Atur Jam Tidur

Mungkin ketika tidak berpuasa, menyepelekan waktu tidur adalah hal yang sering dilakukan. Begadang untuk mengerjakan tugas kuliah atau juga menonton film kesukaan sampai waktu tidur terlewatkan dengan sengaja. Namun, di bulan puasa, cobalah untuk mengatur jadwal tidur menjadi teratur.

Contohnya, jika sering tidur di atas jam sebelas malam, tubuhmu akan mudah capai karena harus bangun sahur. Ditambah lagi harus bangun di pagi harinya untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Untuk itu, aturlah waktu tidur sebaik mungkin kalau bisa sebelum jam 11 kamu sudah harus tidur, hal ini agar keesokan harinya tetap kuat dan tidak ngantuk untuk menjalani aktivitas seharian.

2. Perbanyak Makan Buah dan Minum Susu saat Sahur dan Berbuka

loader
Perbanyak Minum Susu dan Makan Buah

Jangan hanya makanan seperti goreng-gorengan yang dikonsumsi ketika berbuka puasa atau sahur. Pastikan banyak mengonsumsi buah-buahan segar guna memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit. Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, karena selain dapat memberikan nutrisi untuk kulit, buah yang mengandung banyak air juga akan memberikan lebih banyak cairan yang dibutuhkan tubuh.

Contoh buah yang bisa dikonsumsi adalah semangka, stroberi, atau tomat. Dengan menjaga asupan buah ketika puasa tentu bisa membuat kulit tetap cantik. Selain itu, usahakan juga untuk selalu minum susu ketika sahur dan waktu berbuka puasa tiba.

3. Gunakan Pelembap Wajah, Bibir, dan Tubuh

loader
Gunakan Pelembap

Bibir pecah-pecah, kulit wajah dan tubuh kering merupakan masalah utama yang sering terjadi saat bulan puasa. Lagi-lagi hal ini dikarenakan adanya pengurangan cairan yang dibutuhkan tubuh, apalagi di siang hari saat lagi panas-panasnya. Untuk mengatasi hal ini, minumlah air mineral secukupnya pada saat sahur dan berbuka puasa.

Jangan lupa memakai pelembap wajah, pelembap bibir, dan body lotion agar kulit tidak menjadi makin kering. Dengan menggunakan pelembap, wajah, bibir, dan tubuh akan terus terjaga kelembapannya dan pastinya tidak kering. Jangan lupa setelah wudu atau mandi, gunakan kembali pelembap tersebut agar kulit tetap terjaga.

4. Pulas Blush On di Pipi

loader
Menggunakan Blush On

Salah satu cara yang paling cepat untuk tampil cantik saat puasa adalah memulas blush on di tulang pipi karena terkadang wajah akan terlihat pucat saat puasa. Untuk memberikan rona segar pada wajah maka pulaslah blush on di tulang pipi. Jangan terlalu banyak, cukup aplikasikan tipis-tipis saja sampai ada rona cantik yang terlihat di pipi sehingga memberi warna segar di wajah.

5. Pilih Alas Bedak yang Ringan

loader
Face Powder

Jangan menggunakan alas bedak yang terlalu tebal karena selain menghalangi pori-pori wajah untuk bernapas, hal ini juga bisa mengakibatkan permukaan wajah terlihat retak. Untuk itu, ada baiknya kamu menggunakan alas bedak dengan formula yang lebih ringan seperti bb cream, cc cream, maupun cushion.

Pemilihan alas bedak pun harus disesuaikan dengan jenis kulit. Misalnya, untuk kulit berminyak, sebaiknya memilih alas bedak yang menghasilkan kesan matte dan apabila kulit kering, sebaiknya menggunakan alas bedak yang menghasilkan kesan dewy di wajah.

6. Gunakan Tabir Surya

loader
Memakai Tabir Surya ketika Beraktivitas di Luar Ruangan

Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di dalam dan di luar ruangan. Hal ini karena paparan sinar matahari dapat berdampak buruk pada wajah seperti memerah, flek hitam, dan belang. Untuk itu, gunakan tabir surya dengan kandungan SPF dan PA untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Puasa Baik untuk Kesehatan

Perlu diketahui bahwa puasa bisa membersihkan racun dari dalam tubuh atau yang disebut detoksifikasi. Racun yang mengendap di dalam tubuh akan dikeluarkan secara bertahap selama menjalankan ibadah puasa. Tentu, hal ini sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit dari dalam karena sel-sel yang rusak dan mati beregenerasi secara alamiah menjadi baru kembali.

Ditambah lagi, puasa juga bisa mempercepat proses peremajaan sel tubuh serta memperbaiki fungsi hormon.