Tipe Pengguna Kartu Kredit Seperti Apa Kamu? Cek di Sini

Kartu kredit menjadi alat pembayaran populer sejak beberapa tahun lalu hingga saat ini. Meski sudah disesaki atau marak aplikasi pembayaran lain, seperti paylater maupun dompet digital.

Kartu kredit menawarkan keuntungan bagi nasabah atau pengguna. Mulai dari fasilitas cicilan nol persen, fitur cashback, banyak promo dari merchant, point rewards, dan sebagainya.

Dalam memanfaatkannya, balik lagi ke si pengguna. Banyak model atau tipe pengguna kartu kredit, antara lain:

Baca Juga: Cara Mencegah Kartu Kredit dan Debit Dibajak Orang


Tipe pengguna kartu kredit

1. Pengguna yang pintar

Pengguna kartu kredit dengan tipe ini umumnya sudah terbiasa mengatur keuangan dengan baik. Karena kemampuannya tersebut, keuangan pribadinya selalu stabil atau sehat walaupun belanja pakai kartu kredit.

Kamu pengguna yang bisa mengontrol pemakaian kartu kredit secara bijak. Tahu mana yang penting dan tidak, atau mana kebutuhan dan keinginan yang dapat dibelanjakan dengan kartu kredit.

Setiap belanja dengan kartu kredit selalu direncanakan dengan matang sebelumnya. Jadi, belanja sesuai daftar yang telah dibuat.

Hal ini memungkinkan kamu dapat menjaga besaran tagihan setiap bulan. Artinya, tagihan sesuai dengan kondisi finansial atau kemampuan keuangan.

Tak heran, tipe pengguna seperti ini dapat selalu membayar tagihan kartu kredit secara penuh. Tidak minimum payment sehingga tidak ada sisa tagihan yang berisiko menimbulkan bunga dan biaya lainnya.

Baca Juga: Bukan untuk Belanja, Ini Cara Pintar Pakai Kartu Kredit Bagi Milenial

2. Pengguna selektif

Tipe pengguna yang satu ini biasanya pernah memiliki pengalaman pahit soal penggunaan kartu kredit, seperti belanja tidak terkontrol.

Walhasil, kini lebih selektif dalam membelanjakan uang menggunakan kartu kredit. Tidak salah bersikap seperti ini, karena pastinya tidak ingin jatuh ke lubang atau kesalahan yang sama.

Karena lebih selektif, pengguna tipe ini jadi lebih hati-hati dalam berbelanja. Tidak sembarangan menggunakan kartu kredit. Lebih cermat dengan memperhitungkan semuanya, termasuk kemampuan bayar tagihan.

Jangan membeli sesuatu yang tidak bisa dibayar merupakan salah satu prinsip yang dipegang tipe pengguna kartu kredit ini. 


Kartu kredit

3. Pengguna yang tidak mau rugi

Tipe pembelanja yang satu ini tidak mau rugi dengan segala fasilitas dan promo dari kartu kredit. Semua dimanfaatkan, seperti fasilitas cicilan nol persen, gesek tunai, tarik tunai, dan lainnya.

Pun dengan promo, entah itu cashback, buy one get one, diskon atau potongan harga sampai redeem point. Prinsip pengguna ini ingin untung terus.

Jika belanja bisa lebih hemat pakai promo kartu kredit kenapa tidak. Sayang, kalau tidak digunakan. Tipe ini akan memanfaatkan semua fitur kartu kredit dengan maksimal.

Selain itu, pengguna dengan tipe ini akan selalu membayar tagihan dengan jumlah di atas pembayaran minimum. Tujuannya jelas, agar bisa terus menggunakan kartu kredit, berharap mendapat kenaikan limit kartu kredit, dan menjaga riwayat kredit tetap bagus.

Baca Juga: Kecanduan Belanja Online, Ini Ciri-Cirinya dan Cara Pencegahannya

4. Pengguna newbie

Tipe ini adalah pengguna yang baru saja pengajuan kartu kreditnya disetujui. Sudah menggenggam kartu kredit dan siap untuk menggunakannya untuk pertama kali.

Bagi newbie, kartu kredit dianggap sebagai uang tambahan. Bisa beli apa saja tanpa perlu pertimbangan.

Pemikiran seperti ini kerap menimbulkan masalah keuangan, apalagi jika menjadi kebiasaan yang tidak terkontrol. Kalap belanja atau kartu kredit dipakai untuk memenuhi semua kebutuhan meski punya uang tunai.

Ini karena pengguna belum memahami penerapan bunga, biaya, dan hal penting lainnya di dalam kartu kredit mereka. Padahal memiliki kartu kredit, harus memiliki kesadaran terlebih dahulu, bahwa semua penggunaan kartu kredit adalah utang.

Utang adalah kewajiban yang harus dibayar atau dilunasi. Jika tidak, akan berakibat fatal dan mengacaukan keuangan pribadi pengguna. Oleh karena itu, pelajari untung dan rugi kartu kredit sebelumnya.  

Gunakan sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Bayar

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan kartu kredit, bahkan untuk pengguna pemula sekalipun. Namun sebagai pengguna, kamu tetap harus jeli dan cermat dalam melakukan setiap transaksi dengan alat pembayaran ini.

Selalu gunakan kartu kredit dengan cerdas dan bijak sesuai kebutuhan dan kemampuan bayar. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari permasalahan keuangan dan kartu kredit dapat memberi manfaat maksimal dalam keuangan.

Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit Pertama Anda