Sekilas Tentang BTN

Bank Tabungan Negara (BTN) telah melewati rentang sejarah yang sangat panjang, mulai dari masa pemerintahan penjajahan Belanda pada tahun 1897 berdiri dengan nama “Postpaarbank.”  Kemudian pada tahun 1950, oleh Pemerintah Republik Indonesia diubah namanya menjadi Bank Tabungan Pos, baru pada tahun 1963 berubah menjadi Bank Tabungan Negara (BTN).  Tahun 1974, BTN ditunjuk sebagai satu-satunya institusi yang menyalurkan KPR (Kredit Perumahan Rakyat) untuk golongan masyarakat menengah ke bawah, dan hingga kini sudah banyak realisasi kredit yang sangat membantu masyarakat menengah ke bawah memiliki rumah idamannya.  Sejalan dengan usianya, BTN telah banyak mengeluarkan fitur-fitur strategis yang sangat membantu perekonomian masyarakat, hal ini bisa di lihat dari banyaknya kegiatan usaha dalam bentuk produk dan layanan perbankan yang kesemuanya ditujukan untuk mengangkat perekonomian rakyat Indonesia, seperti KPR, Kredit Usaha, serta berbagai produksi simpanan lainnya.  Hingga saat ini, BTN telah tumbuh menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia dengan berbagai unit produk dan layanan perbankannya yang tersebar di semua daerah di Indonesia.  Ini sangat memudahkan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memanfaatkan layanan perbankan BTN untuk menunjang kegiatan perekenomiannya.

 

Sekilas Tentang Deposito BTN

Ternyata BTN tidak hanya mengeluarkan produk perbankan yang sangat bermanfaat bagi konsumen yang ingin memiliki rumah dengan dana terbatas melalui program Kredit Perumahan Rakyat (KPR), namun juga memiliki produk simpanan berupa deposito yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ingin menginvestasikan uangnya dengan cara yang aman dan minim resiko.  Dengan simpanan Deposito BTN, nasabah akan mendapatkan berbagai keuntungan dan manfaat yang beberapa diantaranya memiliki nilai lebih dibandingkan produk deposito sejenis.  Hal ini memang merupakan komitmen BTN yang sejak awal berdirinya ditujukan untuk melayani masyarakat menengah ke bawah, termasuk dalam pemberian kredit dan produk simpanan lainnya.  Berikut beberapa gambaran manfaat yang diberikan deposito BTN bagi nasabahnya yang ingin menginvestasikan uangnya dalam bentuk Deposito BTN.

  1. Suku bunga yang kompetitif dan menarik, sehingga investasi Anda akan berkembang secara signifikan dari waktu ke waktu.
  2. Tersedia dalam mata uang Rupiah (Rp).
  3. Pilihan jangka waktu penempatan yang bervariasi, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan, sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Pilihan fasilitas di mana bunga deposito dapat ditransfer ke rekening tabungan atau untuk menambah pokok simpanan deposito, dimana keduanya memberikan keuntungan dan nilai lebih bagi nasabah atau deposan.
  5. Atau Anda bisa memanfaatkan fasilitas dimana bunga deposito dapat dipindahbukukan untuk pembayaran angsuran rumah, rekening listrik, telepon, atau aneka tagihan bulanan lainnya.
  6. Dapat dijadikan sebagai jaminan kredit (Kredit Swadana).

 

Beberapa Kelebihan Deposito BTN

Hingga saat ini, BTN telah tumbuh menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia yang menjadi pilihan utama masyarakat untuk mendapatkan kredit lunak, terutama dalam kepemilikan rumah secara kredit.  Deposito BTN sebagai salah satu produk simpanan BTN juga berafiliasi dengan kredit ini, di mana salah satu fiturnya memberi banyak kemudahan serta tambahan fasilitas bagi deposan yang memiliki kredit di BTN.  Berikut beberapa kelebihan Deposito BTN yang bisa Anda pertimbangkan sebagai salah satu cara untuk menginvestasikan uang Anda.

  • Setiap investasi pasti bertujuan untuk mendapatkan imbal balik atau nilai lebih, dan Deposito BTN memberikan imbal balik atau suku bunga yang sangat kompetitif sehingga tujuan investasi Anda tidak akan sia-sia dan mendapatkan hasil yang signifikan.
  • Investasi melalui Deposito BTN sangat aman dan minim resiko di banding produk investasi lainnya.
  • Terdapat berbagai pilihan jangka waktu penyimpanan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Rekening deposito dapat di buat atas nama pribadi atau perusahaan/lembaga sesuai kebutuhan Anda, dan manfaat yang diperoleh tetap sama.
  • Bunga deposito dapat dimanfaatkan untuk membayar angsuran kredit di BTN, atau membayar berbagai tagihan rumah tangga setiap bulan secara otomatis sehingga Anda tidak perlu mengalami kesulitan untuk membayar tagihan tersebut setiap bulan.
  • Dengan Deposito BTN, Anda akan mendapatkan passive income yang akan ditransfer secara teratur setiap bulan dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan bulanan, seperti membayar angsuran kredit sehingga Anda tidak perlu repot untuk menyiapkan dana angsuran setiap bulan.
  • Dana awal untuk membuka rekening Deposito BTN sangat terjangkau sehingga seluruh lapisan masyarakat terutama menengah ke bawah dapat memanfaatkan fasilitas perbankan ini.

 

Keuntungan dan Kegunaan Deposito BTN

Deposito BTN sebagai salah satu produk perbankan juga memiliki beberapa keuntungan dan kegunaan yang bertujuan memberikan manfaat secara maksimal bagi nasabahnya, bukan hanya untuk nasabah deposito melainkan untuk nasabah lainnya yang memiliki rekening tabungan di BTN, dalam bentuk :

  • Suku bunga yang kompetitif dan dihitung berdasarkan jumlah hari yang sebenarnya sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ada perubahan dalam penentuan besarnya suku bunga. Jika suku bunga naik, maka imbal balik yang akan didapatkan juga ikut naik, atau sebaliknya jika suku bunga turun maka imbal balik yang Anda dapatkan hanya turun pada saat penetapan suku bunga tersebut sedangkan waktu sebelumnya akan berbeda.
  • Dapat dijadikan jaminan kredit (Kredit Swadaya) sehingga Anda akan mendapatkan banyak keuntungan di mana mendapat kredit namun bunga tetap akan diberikan setiap bulan. Selain itu, dengan jaminan kredit berupa Deposito BTN maka pengajuan kredit Anda akan lebih cepat disetujui karena Anda memiliki jaminan sejumlah dana.
  • Fasilitas bunga deposito yang dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan termasuk angsuran kredit yang Anda ambil di BTN, sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat, yaitu investasi yang terjamin dan aman, suku bunga yang kompetitif, jaminan mendapatkan kredit untuk berbagai kebutuhan, dan imbal balik berupa bunga yang dapat digunakan untuk membayar angsuran kredit tersebut.
  • Deposito BTN merupakan salah satu instrument investasi yang aman dan minim resiko di banding investasi lainnya sehingga sangat cocok bagi Anda yang memiliki pemikiran yang konvensional, selain itu Deposito BTN di jamin oleh pemerintah (syarat dan ketentuan berlaku) sehingga memberikan rasa aman bagi deposan atau nasabah Deposito BTN.

 

Syarat Pembukaan Rekening Deposito BTN

Jika Anda ingin membuka rekening Deposito BTN, syarat yang ditetapkan tidaklah terlalu sulit dan besar dana awalnya pun sangat terjangkau, berikut syarat-syaratnya :

  1. Mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening deposito.
  2. Melampirkan fotokopi KTP atau identitas lainnya yang masih berlaku.
  3. Terbuka bagi siapa  saja, termasuk Warga Negara Asing yang memiliki identitas berupa KITAS atau KITAP.
  4. Rekening dapat di buka atas nama perorangan atau perusahaan/lembaga.
  5. Minimum dana awal untuk penempatan rekening deposito adalah :
    • Perorangan Rp. 1.000.000
    • Lembaga/perusahaan Rp. 5.000.000

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kantor cabang BTN terdekat atau melalui BTN Contact Center 1500 – 286.