Bagi para pecinta jalanan, tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis motor sport yang sudah banyak bertebaran di jalanan perkotaan. Ya, motor jenis ini memang dijadikan pilihan banyak masyarakat karena menawarkan desain yang keren serta performa yang super handal. Motor jenis ini juga disebut-sebut sebagai motor “lelaki: karena memiliki ukuran yang tergolong besar dan terlihat bertenaga.

Bicara mengenai motor sport, tentu tidak bisa kita pisahkan dari brand Kawasaki. Ya, produsen motor asal Jepang ini cukup agresif mengeluarkan berbagai jenis motor baru setiap tahun. Salah satu yang tidak ketinggalan adalah motor sport Ninja 250 yang bisa dibilang sudah cukup akrab di telinga masyarakat dan pengguna jalanan ibukota.

Diluncurkan pada tahun 2017 lewat acara Kawasaki Bike Week, motor sport ini menawarkan desain garang dan performa yang handal dibandingkan para pendahulunya. Kawasaki Ninja 250 Akrapovic 2019 bisa dibilang memiliki performa mesin yang superior dan responsif. Cocok apabila digunakan untuk berkendara dalam kecepatan yang tinggi.

Dengan rangka yang lebih ringkas dan performa yang Handal, motor sport ini siap menjadi pilihan kalian para pecinta jalanan dengan harga mulai 61 jutaan untuk varian biasa.

Desain Kawasaki Ninja 250 Akrapovic

Di tahun 2019 ini, Kawasaki terbukti menerapkan pembaharuan pada desain rangka Kawasaki 250. Motor ini menggunakan jenis rangka twin spar yang dulu pernah digunakan oleh Kawasaki Ninja H2. Walaupun lebih ringkas, garis-garis desain khas motor sport Kawasaki masih tetap disematkan. Sehingga motor ini masih tetap terlihat garang dan sporty ketika digunakan.

Di bagian depan, terdapat sebuah lampu LED dengan desain yang tajam dan minimalis. Penggunaan lampu berjenis LED ini juga mampu memberikan penerangan yang maksimal setiap saat ketika berkendara.  Tangki bahan bakar yang terdapat pada motor ini juga dibuat menjadi lebih kecil, sehingga membuat kaki pengendara lebih nyaman karena tersedia ruang gerak yang lebih di bagian bawah motor.

Tidak lupa juga pada generasi terbaru ini, Kawasaki menyematkan desain front cowl dan lampu baru. Dan disi samping mengadaptasi bentuk Kawasaki Ninja ZX-10R yang sporty.Ukuran suspensi depan yang disematkan pada motor ini juga lebih besar agar bisa dikendalikan dengan lebih stabil dibanding para pendahulunya.

Sehingga saat dalam kecepatan tinggi, kestabilan motor masih bisa tetap terjaga. Di bagian speedometer dan panel instrumen bisa dibilang sudah cukup lengkap untuk motor di kelasnya.

Berbagai informasi mampu ditampilkan dengan baik karena sudah mengusung kombinasi  layar digital dan analog. Panel dan speedometer pada motor ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu di bagian tengah, kiri, dan kanan. Untuk panel digitalnya sendiri, mampu menampilkan informasi seperti lampu indikator, indikator bahan bakar, odometer, dan jam digital. Sementara,untuk panel tengah menampilkan kecepatan dan pada bagian kiri terdapat indikator lampu tembak, lampu netral, dan indikator Rem ABS.

Suspensi yang terdapat pada motor ini juga sudah menggunakan telescopic fork berukuran 41mm di bagian depan dan pada bagian belakang menggunakan jenis single shock system yang tentu bisa diatur hingga 5 tingkat sesuai dengan keinginan. Penggunaan suspensi tersebut mampu menyerap getaran dengan baik apabila digunakan berkendara dalam kecepatan tinggi.

Di bagian belakang terdapat lampu belakang yang minimalis dan desain knalpot yang masih sama seperti pendahulunya. Ukuran jok pada motor ini cukup kecil namun masih nyaman untuk digunakan. Modelnya lebih sporty dengan akses meruncing. Pada bagian rem, motor ini sudah memiliki teknologi ABS untuk pengereman yang lebih efisien dan maksimal (untuk versi ABS). Kedua rem di bagian depan dan belakang juga sudah berjenis cakram.

Motor sport ini memiliki ukuran panjang 1.990 mm, lebar 710 mm, dan tinggi 1.125 mm. Untuk ukuran motor sport memang bisa dibilang standar. Berat kosongnya 164 kg, dengan kapasitas bahan bakar 14 liter. Ukuran ban depan 110/70-17 M/C 54H dan ban belakang 140/70-17 M/C 66H. Kedua ban juga sudah berjenis tubeless sehingga lebih awet dan nyaman digunakan.

Fitur Kawasaki Ninja 250 Akrapovic

Kawasaki Ninja 250 Akrapovic membawa beberapa fitur menarik seperti:

  • Telescopic Fork Supension: Suspensi penyerap getaran yang kokoh di bagian depan untuk keseimbangan berkendara yang maksimal.
  • ABS  Brakes: Teknologi rem ABS untuk pengereman dan keamanan yang optimal.
  • Air Cooled Dual Cylinder Engine: Mesin silinder ganda dengan pendingin udara untuk performa mesin yang prima setiap saat.
  • LED Lights: Teknologi lampu LED untuk pencahayaan maksimal.
Kelengkapan Kawasaki Ninja 250 Akrapovic
Cruise Control Tidak
Pengatur Ketinggian Kursi Tidak
Fitur Tambahan Smart Key
Indikator Lampu Ya
Adjustable Headlights Ya
Head Lamp LED
Voltase Aki 12 V
Lampu Belakang LED
Outlet Aksesoris Tidak
Tipe Rangka Motor Jenis Teralis
Material Rangka Baja
Tipe Jok Dual Stepped
Garnish Krom Ya
Side Wings Ya
Indikator Standar Samping Tidak
Layar Display Ya
Tachometer Analog
Speedometer Digital
Tripmeter Ya
Indikator Penggantian Oli Ya
Navigator Tidak
Rem Depan Disc
Rem Belakang Disc

Mesin Kawasaki Ninja 250 Akrapovic

Pada sekor mesin, motor sport ini dibekali dengan mesin dua silinder 249 CC. Walaupun di atas kertas terlihat mirip dengan pendahulunya, mesin motor ini bisa dibilang benar-benar baru. Mulai dari desain dan letak mesin dibuat berbeda. Filter udara yang terdapat pada mesin ini memiliki ukuran yang lebih besar yaitu 5,8 liter. Posisinya juga dibuat sedikit ke atas agar dapat menyalurkan panas ke luar dengan lebih efektif.

Untuk mesinnya sendiri, memiliki torsi punya 23,5 Nm pada percepatan 10.000 rpm dan memiliki tenaga maksimal 39 PS pada percepatan 12.500 rpm. Transmisi yang digunakan berjenis manual dengan 6 percepatan.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 Akrapovic

Mesin Kawasaki Ninja 250 Akrapovic
Kapasitas 249 cc
Tenaga Maksimal 38.46 bhp
Konfigurasi Katup DOHC
Diameter x Langkah 62 mm x 41.2 mm
Tipe Injeksi Fuel Injection
Sistem Pendinginan Pendingin Cairan
Jumlah langkah 4-Stroke
Torsi Maksimal 23.5 Nm
Rasio Kompresi 11.6:1
Jenis Kopling Wet Multi-Plate, Manual
Jumlah Silinder 2
Kecepatan maksimum 170 kmph
Jenis Mesin Parallel Twin Cylinder, 4-Stroke, Liquid Cooled Engine
Pipa Knalpot Single Exhaust
Jenis Penggerak Chain Drive
Katup per Silinder 4
RPM Torsi Maksimum 10000 rpm
RPM Tenaga Maksimum 12500 rpm
Sistem Pembakaran Digital
Opsi Start Electric
Jenis Bahan Bakar Petrol
Jenis Transmisi Manual
Gear Box 6-Kecepatan
Dimensi Kawasaki Ninja 250 Akrapovic
Kategori Sport
Panjang 1990 mm
Ground Clearance 145 mm
Tinggi 1125 mm
Wheelbase 1370 mm
Lebar 710 mm
Kapasitas Tempat Duduk 2 Kursi
Bobot 164 kg
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Bottom Link Uni-Trak
Ukuran Velg Depan R17
Ukuran Velg Velakang R17
Jenis Ban Radial
Ban Depan 110/70 R17
Ban Belakang 140/70 R17

Warna Kawasaki Ninja 250 Akrapovic

Di Indonesia, Kawasaki Ninja 250 Akrapovic hadir dalam 3 pilihan warna saja yaitu Green, Red, dan Black.

Warna Kawasaki Ninja 250 ABS SE Smart Key

Syarat Kredit Motor Kawasaki Ninja 250 Akrapovic

Ada beberapa syarat dokumen yang harus dipenuhi sebelum mengajukan kredit motor Kawasaki Ninja 250 Akrapovic ABS SE Smart Key:

Kredit Perorangan:

  • Fotocopy KTP pemohon & suami / istri / penjamin.
  • Fotocopy kartu keluarga (bisa digantikan dengan surat nikah atau akte kelahiran).
  • Data lain (hanya jika diperlukan).

Kredit Perusahaan:

  • Fotocopy akte pendirian & perubahannya.
  • Fotocopy pengesahan kehakiman.
  • Fotocopy SIUP, NPWP, SITU / Domisili, TDP.
  • Fotocopy Rek. Koran 3 bulan terakhir.
  • Fotocopy KTP direksi & komisaris.