Sebagai salah satu produsen sepeda motor terbesar di dunia, Yamaha tampaknya terus memberikan angin segar kepada para pecinta skuter matik di Indonesia dengan kehadiran Yamaha Lexi S. Skuter matik ini hadir dengan desain stylish dan bodi yang cukup ramping dikelasnya sehingga terlihat cantik ketika dibawa berkendara di jalan raya.

Hadir di kelas harga Rp20 juta rupiah membuat motor ini sebagai N-Max versi hemat. Namun jangan salah, Lexi S menawarkan berbagai macam keunggulan layaknya motor skuter matik premium lainnya. Yamaha Lexi S memiliki mesin 125 CC yang walaupun tidak terlalu besar, sudah mampu menemani keseharian Anda menembus jalanan ibukota dengan mudah dan lancar.

Dibandingkan dengan Yamaha Lexi standar perbedaan yang terlihat dari skuter matik ini adalah hadirnya  Sub-Tank Suspension dan desain kursi dengan pattern jahitan pada jok.

Memiliki desain cantik, performa mesin handal, dan harga yang terbilang ekonomis, Yamaha Lexi S bisa menjadi pilihan Anda para penggemar skuter matik yang menginginkan teman berkendara di jalanan ibukota dengan nyaman

Desain Yamaha Lexi S

Yamaha Lexi S mengusung tema minimalis dan unik. Dengan desain khas Maxi series seperti N-Max, skuter matik ini memiliki karakter yang kuat dan stylish. Hal ini bisa terlihat dari sisi depan skuter matik ini dengan desain headlamp yang berukuran besar menyatu dengan kedua lampu sein di bagian kiri dan kanan. Lampu depan yang ada juga sudah berjenis LED, sehingga mampu memberikan pencahayaan yang cukup saat malam hari dan lebih menghemat daya.

Setipe dengan Yamaha Lexi versi standar, speedometer Yamaha Lexi S sudah full digital dengan Multi Information Display (MID) yang menyediakan informasi yang lengkap dimulai dari kecepatan, jam digital, tingkat bahan bakar, serta indikator Variable Valve Actuation (VVA). Desain speedometer ini juga terlihat modern mirip seperti Yamaha Aerox 155.

Di bagian pijakan kaki, Yamaha Lexi S memberikan desain yang kokoh namun tetap memberikan ruang gerak yang cukup agar bisa berkendara dengan nyaman. Ukuran jok yang diberikan juga terbilang standar dan kokoh seperti skuter matik kebanyakan di kelasnya. Lexi S juga memiliki pattern jahitan yang keren pada jok yang menambah kesan eksklusif pada skuter matik ini. Di bagian bawah jok juga terdapat bagasi dengan ukuran yang cukup besar sebagai tempat penyimpanan barang-barang pribadi selama dalam perjalanan.

Di bagian belakang, Yamaha Lexi S juga terlihat modern dengan desain stop lamp beraksen futuristik yang semakin membuat motor ini terlihat stylish.

Skuter Matik Ini memiliki dimensi panjang 1970 mm, lebar 720 mm, tinggi 1135 mm, dengan jarak sumbu roda sebesar 1350 mm sehingga bisa dibilang cukup besar untuk ukuran skuter matik di kelasnya. Dengan ground clearance sebesar 133 mm, skuter matik ini akan cukup mudah melewati berbagai jenis medan jalanan. Untuk bagian kaki-kakinya memiliki ukuran 91/90-14 inci di bagian depan dan 100/90-14 inci untuk bagian belakang. Selain itu Yamaha juga menyematkan ban tubeless siap pakai pada skuter matik ini.

Namun, dengan tinggi jok yang mencapai 785 mm, Yamaha Lexi S memiliki postur yang cukup tinggi. Sehingga untuk pengendara yang memiliki tinggi dibawah 170 cm harus sedikit jinjit untuk mengendarai skuter matik ini.

Fitur Yamaha Lexi S

Dari segi fitur, Yamaha Lexi S memiliki fitur yang  lengkap seperti

  • Grand LED Headlight: Lampu depan berjenis LED untuk memastikan pencahayaan yang maksimal dan memiliki desain yang mewah.
  • Full Digital Speedometer: Speedometer digital untuk memberikan informasi yang lengkap ke pengendara.
  • Spacious Flat Foot Board: Menghadirkan ruang pijakan kaki yang luas untuk pengalaman berkendara yang nyaman.
  • Long Seat: Desain kursi pengendara dengan ukuran yang panjang dan elegan untuk mendukung kenyamanan berkendara dalam jangka waktu yang lama.
  • Sub-Tank Suspension: Suspensi ganda untuk menjaga kenyaman berkendara di segala kondisi jalanan.
  • Tubeless Wide Tire: Ban tubeless berkualitas di bagian depan dan belakang untuk kenyamanan berkendara yang maksimal.
  • Big Luggage Capacity: Bagasi motor ukuran besar untuk menampung barang dengan jumlah lebih banyak.
  • Electric Power Socket: Socket listrik portabel agar pengendara mampu mengisi baterai ponsel atau alat elektronik lainnya sementara berkendara.
  • Smart Key: yaitu sistem kunci tanpa anak kunci agar pengendara lebih praktis dan aman untuk menghidupkan motor. Tidak lupa juga Yamaha menyematkan immobilizer untuk mematikan kelistrikan motor serta Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi motor ketika parkir.
  • Hazard Lamp: Lampu otomatis yang akan menyala saat keadaan darurat.
  • New Liquid Cooled 125 CC Blue Core Engine: Mesin blue core generasi baru dari Yamaha dengan teknologi liquid cooling untuk menghasilkan mesin yang lebih bertenaga namun tetap efisien terhadap bahan bakar,
  • Diasil Cylinder & Forged Piston: Silinder diasil dengan bahan aluminium silikon yang telah diproses dengan teknologi modern untuk melepaskan panas mesin dengan lebih cepat dan efisien.
  • Variable Valve Actuation (VVA): Teknologi mesin VVA untuk mengunci tenaga dan torsi di kondisi maksimum pada setiap putaran mesin saat berkendara.
  • Smart Motor Generator (SMG): Teknologi peredam suara mesin agar suara motor menjadi lebih halus ketika dinyalakan.
  • Smart Stop System (SSS): Sistem kendali motor yang bekerja secara otomatis dengan cara mematikan mesin ketika motor berhenti selama 5 detik atau secara mendadak untuk mengurangi risiko kecelakaan apabila pengemudi panik saat berkendara di jalanan.

 

Kelengkapan Fitur Yamaha Lexi S
Outlet Aksesoris Ya
Head Lamp LED
Lampu Belakang Ya
Indikator Lampu Ya
Adjustable Headlights Ya
Side Wings Ya
Garnish Krom Tidak
Tipe Jok Dual Straight
Tipe Rangka Underbone
Dimmer Switch Ya
Fitur Keselamatan Keyless (Smart Key)
Mode Berkendara Street
Wheel Lock Depan/Belakang Tidak
Sandaran Kursi Tidak
Stability Control Tidak
Traction Control Tidak
Launch Control Tidak
Penutup Lubang Kunci Ya
Panel Instrumen Digital
Indikator BBM Digital
Layar Display Ya
Navigator Tidak
Tachometer Digital
Speedometer Digital
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum

Mesin Yamaha Lexi S

Yamaha Lexi S dibekali dengan mesin dengan kapasitas 125 cc yang sudah dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) untuk mengatur kerja klep (valve) pada motor. Fungsinya adalah untuk mengatur bukaan klep agar mampu menyesuaikan suplai BBM ke dalam ruang bakar pada mesin. Teknologi ini digunakan untuk menghasilkan performa mesin yang handal namun tetap irit bahan bakar dan tentunya ramah lingkungan. Tentunya tidak lupa juga mesin Yamaha Lexi ini dilengkapi dengan teknologi blue core yaitu teknologi pendinginan mesin berupa liquid cooling untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dalam jangka panjang.

Mesin Yamaha Lexi S memiliki torsi puncak sebesar 11,3 nm pada kecepatan 7000 rpm dan memiliki tenaga maksimal 11,89 PS kecepatan 8000 rpm. Pihak Yamaha sendiri mengklaim bahwa tingkat akselerasi Yamaha Lexi mampu menyamai N-Max yang memiliki mesin 155 cc. Kapasitas tangki yang diberikan dimiliki oleh skuter matik ini juga termasuk besar yaitu 4,2 liter untuk memastikan waktu berkendara Anda tetap nyaman dalam waktu yang lama.

Spesifikasi Yamaha Lexi S

Mesin Yamaha Lexi S
Kapasitas 124.7 cc
Tenaga Maksimal 11.7 bhp
Jumlah Silinder 1
Katup per Silinder 4
Jenis Kopling Dry, Centrifugal Automatic
Sistem Pendinginan Liquid Cooled
Tipe Injeksi Fuel Injection
Jumlah Langkah 4-Stroke
Rasio Kompresi 11.2:1
Sistem Pelumasan Wet Sump
Pipa Knalpot Single Exhuast
Jenis Penggerak Belt Drive
Konfigurasi Katup SOHC
Jenis Mesin 4-Stroke, SOHC
Diameter x Langkah 52 mm x 58.7 mm
Torsi Maksimal 11.3 Nm
Kecepatan Maksimum 110 kmph
Sistem Pembakaran TCI
Opsi Start Electric Start
Jenis Bahan Bakar Petrol
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Jenis Transmisi Manual
Gear Box Constant Mesh

 

Dimensi Yamaha Lexi S
Kategori Scooter
Lebar 720 mm
Berat Kosong 112 kg
Panjang 1970 mm
Kapasitas Tangki Oli 1.0 L
Ketinggian Jok 785 mm
Ground Clearance 133 mm
Kapasitas Tempat Duduk 2 Kursi
Wheelbase 1350 mm
Tinggi 1135 mm
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Unit Swing
Ukuran Velg depan R14
Ukuran Velg belakang R14
Jenis Ban Radial, Tubeless
Ban Depan 90/90 R14
Ban Belakang 100/90 R14

Warna Yamaha Lexi S

Yamaha Lexi S hadir di Indonesia dengan 3 pilihan warna yang cantik dan stylish yaitu Matte Blue, Bronze, dan Matte Grey.

Warna Yamaha Lexi S

Syarat Kredit Motor Yamaha Lexi S

Ada beberapa syarat dokumen yang harus dipenuhi sebelum mengajukan kredit motor Yamaha Lexi S:

Kredit Perorangan:

  • Fotocopy KTP pemohon & suami / istri / penjamin.
  • Fotocopy kartu keluarga (bisa digantikan dengan surat nikah atau akte kelahiran).
  • Data lain (hanya jika diperlukan).

Kredit Perusahaan:

  • Fotocopy akte pendirian & perubahannya.
  • Fotocopy pengesahan kehakiman.
  • Fotocopy SIUP, NPWP, SITU / Domisili, TDP.
  • Fotocopy Rek. Koran 3 bulan terakhir.
  • Fotocopy KTP direksi & komisaris.