Bagi Anda yang sering bepergian menggunakan sepeda motor, tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis sepeda motor naked bike. Ya, jenis sepeda motor yang bisa dibilang serba bisa ini menjadi favorit banyak orang karena performa yang bisa diandalkan setiap saat. Selain performa yang handal, desain yang ergonomis dan harga yang cukup terjangkau juga menjadi alasan mengapa motor jenis ini cukup populer di Indonesia.

Bicara soal motor naked bike, kita tentu tidak bisa mengabaikan keberadaan brand Yamaha yang sudah lama meluncurkan berbagi produk untuk motor jenis ini di Indonesia. Setiap tahun Yamaha memang terkenal meluncurkan berbagai jajaran produk sepeda motor terbaik untuk  jenis naked bike ini.

Performa yang handal, desain yang menarik, serta harga yang kompetitif menjadi salah satu alasan mengapa motor-motor naked bike Yamaha banyak digunakan oleh banyak orang di Indonesia. Awal Oktober 2018, Yamaha meluncurkan motor naked bike terbaru mereka yaitu Yamaha MT 15.

Yamaha MT 15 disebut-sebut sebagai pengganti motor pendahulunya yaitu Yamaha Xabre. Membawa spesifikasi terbaru, desain sporty, dan harga terjangkau mulai dari Rp 35 juta rupiah, motor ini siap untuk bersaing di kancah sepeda motor Indonesia.

Desain Yamaha MT 15

Secara umum, desain Tamaha MT 15 terlihat stylish dengan mengusung tema Dark Side of Japan. Pilihan warna bodi yang mencolok dan garis-garis desain yang tajam membuat naked bike ini menjadi tontonan tersendiri ketika dibawa berkendara di jalanan.

Dibandingkan dengan pendahulunya Yamaha Xabre, motor ini memiliki desain yang berbeda cukup jauh. Hal ini bisa dilihat dari bagian lampu depan yang terbagi dua yang terletak di sisi tengah bagian depan motor. Lampu depan motor ini disebut Kumadori yang memberikan kesan modern dan futuristik.

Lampu depan yang digunakan juga sudah berjenis LED sehingga mampu memberikan pencahayaan yang maksimal setiap saat dan lebih irit daya ketika digunakan berkendara. Namun, tidak sepenuhnya mengusung desain modern, kesan klasik masih terlihat pada lampu sein yang masih memiliki bentuk dan desain tradisional.

Ukuran jok single seat yang digunakan naked bike ini juga memiliki desain yang ergonomis dan stylish. Ukurannya cukup besar dan nyaman digunakan saat berkendara dalam waktu yang cukup lama.

Di bagian bawah motor juga terdapat pijakan kaki yang cukup luas khas motor Yamaha yang biasa digunakan untuk menyeimbangkan dan menambah kenyamanan motor saat dibawa  berkendara.

Pada bagian speedometer, Yamaha MT15 sudah menggunakan speedometer jenis full digital dengan Shift Timing Light. Speedometer digital pada motor ini juga sudah mampu menampilkan berbagai informasi seperti kecepatan motor saat dijalankan, tingkat bahan bakar, indikator lampu, transmisi dengan baik saat siang maupun malam hari.

Selain itu, fitur Shift Timing Light yang disematkan juga bisa membantu pengendara untuk berpindah kecepatan di saat yang tepat sehingga performa di jalanan bisa lebih dimaksimalkan. Untuk penggunaannya sendiri, lampu ini bisa diatur sesuai selera agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi berkendara setiap pengemudi.

Di bagian belakang motor juga tidak lupa disematkan lampu belakang dengan desain minimalis berjenis LED yang mampu membantu pengalaman berkendara Anda dan orang lain menjadi lebih aman. Desain lampu belakang motor ini walaupun minimalis masih bisa terlihat sporty ketika dilihat dari belakang.

Dalam hal suspensi, motor ini menggunakan suspensi Upside-Down terbaru dari Yamaha yang menjamin kenyamanan selama berkendara. Penggunaan suspensi jenis ini membuat handling motor menjadi lebih sempurna ketika digunakan. Selain membantu pengereman, suspensi ini juga meningkatkan kestabilan motor ketika berkendara dalam kecepatan tinggi.

Lepas dari peningkatan performa, penggunaan suspensi berwarna emas ini juga menambah kesan mewah sehingga membuat motor ini semakin terlihat gagah dan keren ketika digunakan di jalanan. Suspensi yang mantap ini juga dipengaruhi oleh penggunaan swing arm dari bahan aluminium dan Deltabox Frame yang turut membantu keseimbangan motor secara berkala.

Yamaha MT 15 memiliki ukuran yang cukup besar di kelasnya. Memiliki ukuran panjang 1965 mm, lebar 800 mm, dan tinggi 1065 mm. Jarak sumbu roda juga terbilang cukup tinggi yaitu 1335 mm. Berat isi motor ini mencapai 133 kg.

Di bagian roda, Yamaha MT 15 sudah menggunakan jenis ban tubeless wide tire dengan ukuran 110/70 untuk ban depan dan 140/70 untuk ban belakang. Velg yang digunakan pada motor ini juga sudah memiliki desain yang sporty dengan balutan warna yang keren.

Fitur Yamaha MT 15

  • Full Digital Speedometer with Shift Timing Light: Speedometer digital untuk memberikan informasi yang lengkap ke pengendara lengkap dengan lampu perpindahan gigi.
  • Engine 155CC lC4V with VVA: Mesin 155 CC, dengan 6 percepatan, 4 katup yang dilengkapi dengan Variable Valve Actuation (VVA) untuk meratakan torsi di setiap putaran mesin dan teknologi liquid cooling agar mesin lebih bertenaga namun tetap efisien terhadap bahan bakar,
  • Projector LED Headlight: Lampu depan dengan teknologi proyektor LED untuk pencahayaan yang lebih fokus dan maksimal.
  • LED Taillight:  Lampu belakang dengan berjenis LED untuk pencahayaan yang lebih baik dan irit daya.
  • Wide Handlebar with Big Bike Switch: Stang motor dengan ukuran lebar untuk membantu pengendara lebih tegak dan nyaman saat berkendara.
  • Upside Down Suspension: Suspensi motor berwarna emas untuk meningkatkan performa rem dan kestabilan motor.
  • Aluminium Swing Arm: Penggunaan Rear Arm yang ringan dan kokoh untuk pengendalian motor yang lebih stabil.
  • Tubeless Wide Tire: Ban tubeless berukuran besar yang dilengkapi dengan velg sporty khas Yamaha,
  • Diasil Cylinder & Forged Piston: Silinder diasil dengan bahan aluminium silikon yang telah diproses dengan teknologi modern untuk melepaskan panas mesin dengan lebih cepat dan efisien.
  • Assist & Slipper Clutch: Fitur pembantu kopling agar perpindahan gigi lebih halus dan meningkatkan tingkat akselerasi.
  • Deltabox Frame: Penggunaan rangka deltabox yang kokoh untuk menjaga agar motor tetap stabil.
Kelengkapan Yamaha MT 15
Outlet Aksesoris Tidak
Indikator Lampu Ya
Adjustable Headlights Ya
Head Lamp LED
Lampu Belakang LED
Cruise Control Tidak
Pengatur Ketinggian Kursi Tidak
Tipe rangka_motor Kotak Delta
Side Wings Ya
Tipe Jok Dual Stepped
Dimmer Switch Ya
Immobilizer Tidak
Alarm Tidak
Sandaran Kursi Tidak
Engine Check Warning Ya
Traction Control Tidak
Launch Control Tidak
Leg Guards Tidak
Mode Berkendara Sport, Road
Central Locking Tidak
Penutup Lubang Kunci Tidak
Wheel Lock Depan/Belakang Tidak
Panel Instrumen Digital
Indikator Bbm Digital
Navigator Tidak
Indikator Standar Samping Tidak
Layar Display Ya
Tachometer Ya
Speedometer Digital
Tripmeter Ya
Rem Depan Disc
Rem Belakang Disc
Panel Instrumen Digital
Indikator BBM Digital
Navigator Tidak
Indikator Standar Samping Tidak
Layar Display Ya
Tachometer Ya
Speedometer Digital
Tripmeter Ya

Mesin Yamaha MT 15

Dapur pacu yang terdapat pada naked bike ini memiliki performa yang cukup tinggi di kelasnya. Mesin yang digunakan pada motor ini sama seperti yang digunakan pada Yamaha R15. Mesin yang digunakan bertenaga  CC, 1 piston dengan 4 katup.

Dengan spesifikasi mesin seperti itu motor ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 14.2 kW pada putaran torsi 10.000 rpm dengan torsi puncak 14.7 Nm pada percepatan 8.500 rpm. Spesifikasi mesin tersebut juga menjamin pengalaman berkendara yang nyaman dan handal dalam penggunaan sehari-hari atau dalam kecepatan tinggi.

Mesin motor ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) sehingga torsi di setiap putaran mesin bisa lebih merata untuk menghasilkan performa yang tinggi dan stabil selama berkendara. Tidak lupa juga, Yamaha menyematkan teknologi liquid cooling agar mesin motor ini lebih bertenaga namun tetap efisien terhadap bahan bakar ketika digunakan.

Spesifikasi Yamaha MT 15

Mesin Yamaha MT 15
Kapasitas 155 cc
Tenaga Maksimal 19.04 bhp
Diameter x Langkah 58 mm x 58.7 mm
Tipe Injeksi Fuel Injection
Sistem Pendinginan Pendingin Cairan
Jenis Kopling Wet, Multi-Plate
Jumlah Langkah 4-Stroke
Sistem pelumasan Wet Sump
Rasio Kompresi 11.6:1
Konfigurasi Katup SOHC
Torsi Maksimal 14.7 Nm
Jenis Mesin Single Cylinder, 4-Stroke, 4-Valve, Liquid-Cooled, SOHC
Pipa Knalpot Single Exhaust
Jenis Penggerak Chain Drive
Jumlah silinder 1
Katup per Silinder 4
RPM torsi Maksimum 8500 rpm
RPM Tenaga Maksimum 10000 rpm
Sistem Pembakaran CDI
Opsi Start Electric
Jenis Bahan Bakar Petrol
Jenis Transmisi Manual
Gear Box 6-Kecepatan

 

Dimensi Yamaha MT 15
Bobot 133 kg
Panjang 1965 mm
Wheelbase 1335 mm
Kapasitas Tangki Oli 1.5 L
Lebar 800 mm
Ketinggian Jok 810 mm
Kapasitas Tempat Duduk 2 Kursi
Ground Clearance 155 mm
Tinggi 1065 mm
Suspensi Belakang Monoshock
Suspensi Depan USD Fork
Jenis Ban Radial, Tubeless
Ukuran Velg Depan R17
Ukuran Velg Belakang R17
Ban Depan 110/70 R17
Ban Belakang 140/70 R17

Warna Yamaha MT 15

Yamaha MT 15 Memiliki 3 Pilihan warna yang menarik yaitu Matte Grey, Matte Black, dan Matte Blue

Syarat Kredit Motor Yamaha MT 15

Ada beberapa syarat dokumen yang harus dipenuhi sebelum mengajukan kredit motor Yamaha MT 15:

Kredit Perorangan:

  • Fotocopy KTP pemohon & suami / istri / penjamin.
  • Fotocopy kartu keluarga (bisa digantikan dengan surat nikah atau akte kelahiran).
  • Data lain (hanya jika diperlukan).

Kredit Perusahaan:

  • Fotocopy akte pendirian & perubahannya.
  • Fotocopy pengesahan kehakiman.
  • Fotocopy SIUP, NPWP, SITU / Domisili, TDP.
  • Fotocopy Rek. Koran 3 bulan terakhir.
  • Fotocopy KTP direksi & komisaris.