Untung dan Ruginya Apply Kartu Kredit Online atau Offline

Kartu kredit sudah menjadi kebutuhan untuk sebagian orang, terutama mereka yang menyukai beragam fasilitas berarti. Fasilitas pembayaran ini dianggap bisa membuat transaksi keuangan menjadi jauh lebih mudah dan aman. 

Selain itu, berbagai penawaran menarik dan diskon yang ditawarkan oleh kartu kredit juga tentu menjadi godaan tersendiri untuk memiliki produk keuangan yang satu ini.

Bukan hanya mudah untuk digunakan, proses pengajuan kartu kredit saat ini juga terbilang begitu mudah. Pengajuan kartu kredit dapat dilakukan secara online dan juga offline oleh semua orang. 

Hal ini akan membuat calon pengguna dapat lebih mudah untuk mengakses alat pembayaran ini. Lalu, apakah kamu sudah memilih proses pengajuan kartu kredit mana yang paling tepat untuk dilakukan?

Apply Kartu Kredit Online

Proses pengajuan kartu kredit yang satu ini akan cocok untuk yang terbiasa dengan hal-hal praktis. Pengajuan secara online bisa dilakukan dengan mudah melalui situs resmi bank penerbit kartu kredit itu sendiri. 

Selain itu, beberapa situs keuangan juga menyediakan layanan pengajuan kartu kredit online. Pastikan kamu mempertimbangkan keuntungan dan kerugian proses pengajuan kartu kredit online ini dengan baik sejak awal.

Keuntungan

Simak berapa keuntungan berikut ini, yang bisa didapatkan jika mengajukan kartu kredit online: 

  • Mudah dan Hemat

    Pengajuan kartu kredit secara online bisa dilakukan dengan mudah, tanpa perlu mendatangi bank penerbitnya secara langsung. Hal ini akan menghemat banyak waktu dan tenaga, proses pengajuan dapat dilakukan dengan mudah dari rumah. 

    Cukup kunjungi situs resmi bank penerbit kartu kredit melalui ponsel maupun laptop saja, maka pengajuan kartu kredit sudah bisa dilakukan dengan mudah. Selain mudah, proses pengajuan online seperti ini juga akan menghemat biaya.

  • Praktis dan Aman

    Bila dibandingkan dengan pengajuan langsung di bank penerbit kartu kredit, pengajuan secara online tentu akan jauh lebih praktis. Seluruh proses pengajuan kartu kredit bisa dilakukan dengan mudah, termasuk untuk melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan.

    Hal ini tentu akan jauh lebih aman, sebab kamu tak perlu mendatangi bank dan membawa serta berbagai dokumen pribadimu secara langsung. 

  • Proses Lebih Cepat

    Pengajuan secara online juga akan jauh lebih cepat dan hemat waktu. Pengajuan ini bahkan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu menyesuaikan dengan jam operasional bank. 

    Waktu yang dibutuhkan untuk pengajuan kartu kredit hingga selesai juga terbilang begitu singkat, bahkan hanya beberapa menit saja.

Baca Juga: Biar Pengajuan Kartu Kredit Online Diterima, Perhatikan Hal Berikut

Kerugian

Berikut ini adalah beberapa kerugian yang mungkin terjadi saat mengajukan kartu kredit secara online: 

  • Melewatkan Informasi Terkait Syarat dan Ketentuan

     Dalam proses pengajuan kartu kredit secara online, kebanyakan orang akan terburu-buru ketika melakukan pengisian data dan menyelesaikan proses pengajuan tersebut. 

    Hal ini membuat kebanyakan orang justru melewatkan berbagai informasi tentang syarat dan ketentuan terkait kartu kredit itu sendiri. Menyetujui berbagai syarat dan ketentuan ini tanpa membacanya terlebih dahulu, tentu sangat berisiko dan bisa saja menimbulkan kerugian di masa yang akan datang.

  • Berisiko Mengulang Input Data ketika Koneksi Internet Buruk

    Saat pengajuan kartu kredit secara online juga bisa saja menyulitkan dan tidak selesai dalam satu tahap sekaligus. Saat koneksi internet memburuk, proses pengajuan ini biasanya akan berhenti atau bahkan terputus. Hal ini membuat proses pengisian data harus diulang kembali dari awal dan tentu saja ini akan menyita waktu. 

  • Risiko Dua Kali Kerja

    Pengajuan kartu kredit secara online juga tidak selalu berjalan dengan lancar. Dalam beberapa kasus, seringkali proses pengajuan tidak dapat diselesaikan dan harus dilakukan secara langsung di bank penerbit kartu kredit itu sendiri. Kondisi seperti ini tentu akan membuat proses kerja menjadi dua kali. 

Apply Kartu Kredit Offline

Jika memiliki cukup banyak waktu luang, maka pengajuan kartu kredit secara offline ini akan menjadi pilihan tepat. Kamu bisa mendatangi langsung bank penerbit kartu kredit dan melakukan pengajuan secara langsung di sana. Pengajuan seperti ini juga akan memberikan keuntungan dan juga beberapa kerugian tersendiri.

Keuntungan

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika mengajukan kartu kredit secara offline:

  • Penjelasan yang Detail

    Saat mengajukan kartu kredit secara offline langsung di bank penerbitnya, kesempatan untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentu sangat terbuka lebar. Pemohon akan langsung berhadapan dengan customer service staff bank yang profesional dan memahami informasi produk tersebut secara detail.

    Selain itu, informasi yang lengkap tentang kartu kredit juga memungkinkan pemohon untuk memilih dan mendapatkan kartu kredit yang benar-benar sesuai dengan kebutuhannya.

  • Memahami Semua Syarat dan Ketentuan

     Komunikasi langsung dengan customer service saat melakukan pengajuan kartu kredit juga akan jauh lebih menguntungkan. Pemohon memiliki waktu yang cukup untuk membaca semua syarat dan ketentuan dalam kartu kredit tersebut. 

    Jika ada informasi yang yang kurang dipahami, pemohon kartu kredit bahkan bisa bertanya langsung dan mendapatkan informasi yang paling akurat saat itu juga.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kredit Pertama, Apa yang Mesti Diperhatikan?

Kerugian

Berikut ini adalah beberapa kerugian yang mungkin terjadi saat mengajukan kartu kredit secara offline:

  • Membutuhkan Waktu dan Biaya

    Mendatangi bank secara langsung tentu bukan hal yang mudah untuk semua orang, terutama jika kamu termasuk orang yang memiliki bukan cukup tinggi. Bukan hanya menyita waktu, hal ini juga berisiko menyita cukup banyak biaya, apalagi jika lokasi bank tersebut cukup jauh.

  • Antrian yang Panjang

    Sama dengan ketika mengakses layanan perbankan lainnya, pengajuan kartu kredit ini juga tentu akan membuat pemohon antri. Jika antrian cukup panjang, maka hal ini akan cukup merepotkan dan menyita banyak waktu. Kondisi seperti ini biasanya sering terjadi di bank yang besar dan selalu ramai pengunjung.

  • Harus Mempersiapkan Dokumen

    Pengajuan kartu kredit secara offline juga akan membuat pemohon harus membawa serta berbagai dokumen yang dibutuhkan dalam proses tersebut. 

    Berbagai dokumen ini harus disiapkan sejak awal, agar proses pengajuan bisa berjalan lancar. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin pemohon harus bolak-balik ke bank untuk menyelesaikan proses pengajuan kartunya. 

Pilih Cara yang Tepat dan Sesuai dengan Kondisi

Proses pengajuan kartu kredit sudah bisa dilakukan secara online maupun offline. Hal ini akan mempermudahmu untuk mengakses layanan keuangan tersebut. Pilih cara pengajuan kartu kredit yang paling tepat dan sesuai kondisi, agar kamu bisa mendapatkan layanan terbaik dan mudah. 

Baca Juga: Gak Puas Limit Kartu Kredit Kecil? Begini Cara Menaikkannya Biar Disetujui Bank