Toyota Avanza adalah salah satu jenis mobil yang paling di sukai oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Maka tak heran mobil buatan perusahaan asal Jepang ini mendapatkan julukan sebagai mobil sejuta umat. Toyota Avanza merupakan jenis mobil yang merambah level mobil Multi Purpose Vehicle (MPV). Dengan demikian Toyota Avanza mampu menampung penumpang termasuk pengemudi sebanyak 7 orang dewasa.

Konsep mobil MPV pada Toyota Avanza sangat melekat dengan jelas terlihat pada bagian interior dan eksteriornya yang menawan dan terkesan elegan. Akhir – akhir ini trend kendaraan roda empat berkonsep MPV sangat di gemari oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kendaraan roda empat dari berbagai merek yang mendukung konsep ini. Toyota Avanza merupakan salah satu mobil yang tak dapat di ragukan kualitasnya sebagai kendaraan roda empat berkonsep MPV.

Toyota sendiri menawarkan berbagai series pada setiap mobil Avanzanya seperti Toyota Avanza Type E 1.3, Type G 1.3, Type G 1.5, Type Veloz 1.3 dan Type Veloz 1.5. Baik lah, untuk review mobil Toyota Avanza selengkapnya, mari simak ulasan berikut ini :

Desain Toyota Avanza

Sebagai mobil MPV andalah Toyota, Avanza memberikan kesan yang sangat elegan dan mewah. Pada bagian eksterior di desain sedemikian rupa sehingga Toyota Avanza dari tahun ke tahun tampil semakin menawan. Di lihat dari bagian depan terdapat head lamp classic yang berbentuk trapesium dengan bagian ujung yang meruncing ke sisi luar bodi samping mobil. Dengan desain yang cukup besar head lamp ini mampu memberikan penerangan yang optimal baik di siang hari maupun  di malam hari. Selain itu, desain grille radiator Toyota Avanza berukuran cukup besar dengan warna Chrome Garnish dan memberikan aura gagah dan mewah.

Desain Toyota Avanza Desain Toyota Avanza

Beralih ke bagian bodi samping mobil, Toyota menyematkan aksen New Side Body Molding sehingga memperkuat kesan gagah dari sebuah mobil MPV milik Toyota ini. Desain yang sangat stylish ini dapat meningkatkan kepercayaan diri setiap orang ketika mengendarainya. Di tambah lagi pada bagian belakang mobil, Avanza menggunakan lampu utama yang vertikal dengan di padukan bersama aksen New Smoothing Panel. Lampu belakang Toyota Avanza di desain sedemikian rupa dan menjadi ciri khas mobil ini dengan di tambahkannya Lens Garnish. Tak tanggung – tanggung, Toyota juga menyematkan rear spoiler beserta high mount stop lamp yang menjadikan mobil ini semakin gagah.

Desain Toyota Avanza Desain Toyota Avanza

Toyota Avanza juga tampil lebih menawan berkat velg Advanced Alloy Wheel Design yang berbeda dari mobil MPV sebayanya. Velg terbaru ini menjadikan Avanza semakin percaya diri berkeliaran di tengah kota.

Desain Toyota Avanza Desain Toyota Avanza

Interior Toyota Avanza

Interior Toyota Avanza

Sekarang kita melirik ke bagian dalam mobil untuk melihat apa saja yang terdapat pada bagian kabin mobil Avanza ini. Interior mobil Avanza kini semakin nyaman dengan di sematkannya berbagai fitur entertainment terbaru. Aura kemewahan pada interior Toyota Avanza di mulai dari sistem kemudi. Toyota menyajikan berupa dashboard yang terdiri dari 2 kontras warna yang berbeda yaitu pada bagian atas berwarna gelap dan pada bagian bawah berwarna lebih terang. Untuk bagian tengah dashboard modern milik Toyota Avanza tampil sedikit ramai dengan adanya panel layar Multi Information Display (MID), tombol audio dan juga AC. Advanced Audio System Toyota Avanza menggunakan layar sentuh 6.1 inci dan dapat di gunakan untuk memutar DVD, CD, AM/FM, USB, dan AUX serta telah mendukung konektivitas Bluetooth dan mampu terintegrasi dengan iPod.

Kemudian pada bagian pengemudi yang berada di sisi kanan mobil terdapat 3 panel speedometer yang di rancang berbentuk lingkaran. Panel yang tepatnya berada di depan setir ini di desain dengan Amber Color Combimeter dan di lengkapi dengan fitur ECO lamp indicator, fuel indicator, hingga indicator lampu utama serta lampu sein yang terlihat lebih mewah. Sedangkan pada bagian steering, Toyota menyematkan sistem Steering Wheel Design. Selain itu, di sisi sebelah kanan pengemudi tepatnya di bagian dalam pintu mobil terdapat Power Window Design with Silver Garnish yang dapat di gunakan oleh pengemudi untuk mengatur window pada setiap pintu mobil serta dapat menguncinya sekaligus. Pengemudi juga di berikan kenyamanan dalam pengoperasian kendaraan MPV milik Toyota ini. Yaitu desain Shift Knob yang lebih modern dan nyaman ketika di genggam.

Interior Toyota Avanza Interior Toyota Avanza

Beralih ke bagian tengah, kabin penumpang Toyota Avanza di rancang menggunakan jok yang sangat empuk dan lebih luas guna menunjang kenyamanan penumpang. Jok Toyota Avanza di lengkapi dengan sistem One Touch Tumble yang dapat di gunakan untuk mengatur posisi kenyamanan tempat duduk bagi penumpang. Selain itu, pada kabin bagian belakang di lengkapi dengan fitur fleksibilitas sehingga dapat di gunakan sebagai kursi penumpang atau tempat penyimpanan barang. Comfort milik Toyota Avanza ini memang di rancang untuk segmentasi pasar pengguna mobil keluarga karena dapat memberikan kenyamanan dan senyap sepanjang perjalanan. Rasa nyaman ini dapat di rasakan berkat fitur peredaman suara atau biasa di sebut dengan Cabin Quietness ketikan berkendara sehingga ruang kabin terasa senyap. Secara keseluruhan, desain interior Toyota Avanza tampil lebih mewah dan sangat luas sebagai mobil MPV sejuta umat di Indonesia.

Warna Toyota Avanza

Interior Toyota Avanza

Toyota Avanza kini hadir dengan banyak varian warna yang sangat stylish. Berikut pilihan warna mobil Toyota Avanza yang di tawarkan :

  • Nebula Blue
  • Dark Brown Mica Metallic
  • Dark Red Mica Metallic
  • Grey Metallic
  • Beige Metallic
  • Black Metallic
  • Silver Metallic
  • White

Fitur Toyota Avanza

Fitur Toyota Avanza Fitur Toyota Avanza

Sebagai mobil MPV, Toyota memberikan berbagai fitur yang sangat menarik. Fitur - fitur ini mampu menjamin kenyamanan pengendara maupun penumpang. Yang pertama adalah Comfortable Suspension. Sistem suspensi Toyota Avanza menggunakan suspensi MachPerson Strut pada suspensi depan dan suspensi per koil pada suspensi belakang. Perpaduan suspensi depan dan belakang dapat meningkatkan stabilitas dan kenyamanan sepanjang perjalanan. Suspensi ini mampu meredam setiap getaran yang di hasilkan ketikan melewati jalanan yang berlubang sekalipun.

Fitur Toyota Avanza Fitur Toyota Avanza 

Yang ke dua terdapat pada sistem keamanan, safety Toyota Avanza dapat kita rasakan dengan di sematkannya beberapa fitur keselamatan sebagai berikut :

  • Key Immobilizer. Merupakan fitur keamanan yang terdapat pada kunci mobil.
  • Child Seat : adalah suatu sistem keamanan standar international. Sistem ini dapat meningkatkan keamanan seoptimal mungkin untuk tempat duduk anak-anak.
  • 3 points Seat Belt. Untuk menjamin keselamatan penumpang pada kabin bagian tengah telah di sematkan fitur 3 points Seat Belt sehingga penumpang dapat mengatur tata letak sabuk pengaman sesuai kenyamanan yang di rasakan.
  • Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter. Toyota juga memberikan rasa aman yang lebih kepada pengemudi dan penumpang bagian depan dengan di sematkan nya Seatbelt dan Force Limiter. Fitur ini berguna untuk mencegah terjadinya cidera yang sangat fatal ketika terjadi tabrakan yang cukup keras.
  • Side Impact Beam. Fitur ini bergunak untuk melindungi pengumpang dan pengemudi ketika terjadi benturan dari sisi samping mobil. Side Impact Beam terletak pada bagian pintu mobil dan bahan yang cukup kuat.
  • Anti-lock Braking System (ABS). Dalam berkendara, pengereman mendadak sering terjadi. Di tambah lagi banyak terjadi kecelakaan di jalanan akibat pengemudi melakukan pengereman mendadak. Namun, dengan sistem ABS ini kita tidak perlu khawatir dengan pengereman mendadak. Pasalnya, sistem ABS mampu memproteksi dan mengontrol kendaraan saat terjadinya pengereman mendadak.
  • Front Passanger Seat Belt Warning. Fitur yang sangat unik dan terdapat pada bagian tengah dashboard. Fitur ini berguna untuk mengingatkan penumpang dan pengemudi akan pentingnya menggunakan Seat Belt demi keselamatan dalam berkendara.
  • Base Assy, Seat Assy & Seat Sub-Assy. Ini adalah sebuah fitur yang di khususkan untuk seorang bayi. Fitur yang di tawarkan oleh Toyota cukup lengkap mulai dari Base Assy, Seat Assy hingga Seat Sub-Assy.

Fitur Toyota Avanza Fitur Toyota Avanza

Tipe / Jenis Toyota Avanza

Hingga saat ini terdapat beberapa tipe / jenis Toyota Avanza yang beredar di pasaran yaitu tipe E 1.3, G 1.3, G 1.5 , Veloz 1.3, dan Veloz 1.5. Dari semua tipe dan jenis mobil Avanza ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dan mempengaruhi harga mobil ini.

Di mulai dari sisi eksterior. Pada bagian headlamp semua tipe mobil Avanza menggunakan headlamp berbentuk trapesium, namun pada tipe G 1.3 & G 1.5 dan Veloz 1.3 & 1.5 terdapat Radiator Grille Design with Chrome Garnish. Sedangkan pada tipe E 1.3 menggunkan warna hitam. Pada sisi samping mobil, terdapat side body molding pada tipe G 1.3 & 1.5 sedangkan untuk tipe E 1.3 dan Veloz 1.3 & 1.5 tidak menggunakan side body molding. Pada bagian belakang mobil terdapat smoothing panel, rear lamp design with lens garnish dan rear spoiler with high mount stop lamp untuk tipe G 1.3 & 1.5 dan Veloz 1.3 & 1.5, sedangkan pada tipe E 1.3 cenderung berdesain polos. Sesuatu yang sangat istimewa untuk tipe G 1.5 dan Veloz 1.5, yaitu di sematkannya velg Advanced Alloy Wheel Design yang membuat mobil ini semakin trendi.

Beralih kebagian interior mobil. Di sisi depan terdapat dashboard modern yang pada setiap tipe memiliki perbedaan. Untuk tipe E 1.3 dan G 1.3 menggunakan dashboard berwarna abu-abu kehitaman. Sedangkan untuk tipe G 1.5 menggunakan dashboard 2 warna yaitu black and brown. Untuk tipe Veloz 1.3 & 1.5 menggunakan dashboard berwarna hitam, hal ini sesuai dengan tema yang di usungnya yaitu “All new black tone dashboard panel design”. Pada bagian dashboard ini lagi-lagi tipe G 1.5 dan Veloz 1.5 memberikan tampilan yang berbeda dengan terdapatnya Advanced Audio System yang mengusung layar touchscreen untuk memutar DVD, CD, AM/FM, USB dan lain sebagainya.

Pada sisi sebelah kanan pengemudi terdapat power window dengan silver garnish untuk tipe G 1.3 & 1.5 dan Veloz 1.3 & 1.5. Sedangkan untuk tipe E 1.3 dibalut dengan warna hitam. Pada sisi perseneling, tipe G 1.5 menghadirkan suasana baru dengan shift knob design. Sekarang kita lirik bagian fitur dan keamanan mobil Avanza ini. pada tipe G 1.3 & 1.5 dan Veloz 1.5 menggunakan sistem keamanan Immobilizer key sedangkan untuk tipe E 1.3 dan Veloz 1.3 tidak menyematkan fitur ini. Dan perbedaan terakhir terdapat pada bagian mesin. Toyota menawarkan 2 pilihan mesin yaitu 1.300 cc untuk tipe E 1.3, G 1.3 dan Veloz 1.3. dan mesin kedua berkapasitas 1.500 cc untuk tipe G 1.5 dan Veloz 1.5.

Perbedaan Antara Tipe Toyota Avanza

Pembedaan

Tipe / Jenis

E 1.3

G 1.3

G 1.5

Veloz 1.3

Veloz 1.5

Radiator Grille

Ya, Black

With Chrome Garnish

Side Body Molding

-

Ya

-

-

Smoothing Panel

-

Ya

Rear Lamp

Ya

Ya, With Lens Garnish

Rear Spoiler

Ya

Ya, With High Mount Stop Lamp

Velg Advanced Alloy Wheel Design

-

-

Ya

-

Ya

Dashboard Color

Abu-abu kehitaman

2 Color, Black & Brown

Hitam

Advanced Audio System

-

-

Ya

-

Ya

Power Window Color

Black Garnish

Silver Garnish

Perseneling

Standard

Shift Knob Design

Standard

Immobilizer Key

-

Ya

-

Ya

Kapasitas Mesin

1.300 cc

1.500 cc

1.300 cc

1.500 cc

             

 

Spesifikasi Toyota Avanza

Dari penjelasan tipe / jenis Toyota Avanza tersebut di atas telah di jelaskan perbedaan lengkap dari setiap tipe mobil Avanza. Maka pada point ini akan di beberkan persamaan spesifikasi mobil Toyota Avanza sebagai berikut ini :

Spesifikasi Toyota Avanza

Mesin

Tipe Mesin

IL, 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i

Isi Silinder

1,329 cc

Diameter x Langkah

Daya Maksimum

95.5 PS / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

12,3 / 4.200 rpm

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

EFI

Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki

45 L

Steering

Dimensi

P x L x T

4.190 x 1.660 x 1.695 mm

Jarak Poros Roda

2.655 mm

Jarak Pijak Depan

1.425 mm

Jarak Pijak Belakang

1.435 mm

Jarak Terendah

200 mm

Sasis

Transmisi

4-Speed A/T (M/T available for type G/E)

Suspensi Depan

Macpheron Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

4-Link Lateral Rod with Coil Spring

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Steering Gear

Rock & Pinion, Electronic Power Steering & Tilt Steering

Ukuran Ban

185/70 R14

 

Teknologi Mesin Toyota Avanza

Teknologi mesin milik Avanza tidak dapat di ragukan lagi. Toyota menggunakan mesin  dual VVT-i untuk mobil MPV sejuta umat miliknya ini. Untuk semua jenis, Toyota menawarkan 2 pilihan kapasitas isi silinder yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc. Tipe mesin Toyota Avanza sama – sama menggunakan sistem DOHC 4 cylinder dengan 16 katup berteknologi Dual VVT-i. Sistem bahan bakar Avanza telah mendukung EFI sehingga perpaduan antara teknologi Dual VVT-i dan EFI ini mampu menghemat konsumsi bahan bakar namun tetap menjadikan mesin kendaraan ini bertenaga dan terbukti ketangguhannya.

Mesin berteknologi Dual VVT-i ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95.5 PS / 6.000 rpm dan torsi maksimal mecapai 12.3 Nm / 4.200 rpm. Dengan demikian kemampuan mesin Toyota Avanza ini tidak dapat dipandang sebelah mata. Toyota juga menyediakan kendaraan roda empat MPV miliknya ini dengan 2 pilihan metode transmisi yaitu automatic dan manual.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum mengajukan kredit toyota avanza : 

Syarat Kredit Toyota Avanza

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil avanza, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.