Datsun kembali bangkit dalam memproduksi mobil andalannya. Kali ini Datsun mengeluarkan mobil bertipe LCGC  dibawah bendera PT. Nisan Motor  Indonesia, Datsun meluncurkan Go dan Datsun Go +. Datsun Go + merupakan Low MPV pertama yang masuk kategori LCGC sehingga memang mobil ini cocok untuk diklasifikasikan sebagai mobil keluarga dengan harga jual yang sangat bersahabat, di banderol mulai dari Rp 80 Jutaan hingga Rp 100 jutaan membuat Datsun Go + diserbu pemesan dari seluruh Indonesia, terbukti Datsun GO+, berhasil mencatatkan penjualan positif dengan angka lebih dari 100.000 unit secara global hanya dalam kurun 1 tahun saja. Strategi yang dilakukan Datsun memang cukup apik, karena dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan mobil berjenis MPV berkabin cukup luas dibandingkan dengan city car  tetapi dengan harga yang sangat kompetitif.

Sebelumnya telah rilis pendahulunya yaitu Datsun Go Panca dan diperkenalkan terlebih dahulu di India. Nah! Kehadiran Datsun Go + ini dihadirkan untuk membedakan ukurannya secara fisik. Dengan adanya kode + tersebut memiliki makna tambahan 2 penumpang dari Datsun Go Panca (tanpa plus) yang tidak memiliki kursi tambahan di belakangnya. Dari penambahan ukuran dan daya kapasitas tersebut, , Datsun GO+ menjadi satu-satunya LCGC yang menawarkan kabin setara dengan small MPV di mana pada saat itu LCGC didominasi oleh hatchback berkonsep city car.

Saat kemunculan pertamanya, mobil berbekal mesin 1.2L ini cukup diragukan untuk kelasnya, namun hal itu terbantahkan dengan tingkat penjualannya dan spesifikasi mesin yang ditawarkan untuk harga jual yang relatif murah. Disamping itu desain Datsun GO+ yang simple dan minimalis juga membuat mobil ini sanggup menarik minat konsumen. Kelebihan lainnya adalah mobil ini sudah dilengkapi dengan penerapan teknologi terbaru Datsun. Seperti misalnya pedal akselerator elektronik, suspensi poros ganda, drive computer dan speed sensitive electric power steering yang tetap menjamin kenyamanan berkendara. Lalu apakah spesifikasi dan detail – detail lainnya mampu di sejajarkan dengan kompetitornya? Mari kita simak lebih jelas mengenai desain interior, desain eksterior, mesin dan performa, fitur dan teknologi serta harga jualnya sebagai berikut.

Desain Datsun Go Plus

Sepintas desain eksterior yang tampilkan Datsun Go + ini hampir sama dengan Datsun Go Panca. Hanya saja secara ukuran memang lebih panjang karena ada tambahan 2 kursi dibelakangnya sehingga konsep nya berubah menjadi small MPV bukan lagi hatchback seperti Go Panca.

Sisi Depan

Desain Datsun Go Plus Desain Datsun Go Plus

Kita mulai pembahasan dari wajah Datsun Go +, mobil ini diberi sentuhan Grill depan yang khas sampai ke bagian bahu belakang yang lebar dan atletis, Datsun GO+ terlihat sangat modern dan juga kokoh. desain depan yang bagus lewat penerapan headlamp heksagonal berjenis halogen yang sanggup memberikan penerangan maksimal . untuk bagian bagian bumper depan Datsun GO+ juga menampilkan desain berkelas lewat siluet tiga dimensi, namun sayangnya dibagian kaca depan hanya dibekali 1 wiper saja.

Sisi Samping

Desain Datsun Go Plus

Pada sektor body samping, desain mobil ini menyerupai dengan mobil low MPV lainnya yang tanpa banyak garis tajam, namun tetap kelihatan sporty lewat desain kaca menyempit dari depan ke belakang, dan lekukan – lekukan yang membuat mewah mobil ini. Handle pintu juga sudah sewarna body (khusus varian tertinggi), ditambah dengan pilar B yang diberi warna hitam menambah eksklusif mobil ini dan  Grill besar di depan dengan lis krom disekelilingnya jadi membuat Go + tetap terlihat kokoh, tetapi pada bagian roda nya, Datsun Go + belum dilengkapi dengan mudguard.

Sisi Belakang

Desain Datsun Go Plus

Bagian belakang Go + ini hampir terlihat seperti pendahulunya yaitu Nissan March,  terutama dilihat dari bentuk lampunya. Pengerjaan body secara keseluruhan terbilang rapi, lebih rapi dibandingkan mobil LCGC lainnya. Lewat perpaduan body belakang yang dibuat melengkung dengan stoplamp persegi membuat mobil ini tampil cukup modis. Kemudian body belakang dilengkapi dengan penerapan roof spoiler dan body yang dibuat menjorok ke belakang serta bumper yang dikonsep landai. Secara keseluruhan berikut desain Datsun Go +

Dimensi

P x L x T (mm)

3955 x 1635 x 1490

Jarak Sumbu Roda (mm)

2,45

Jarak Radius Putar (m)

4.6

Jarak Terendah ke Tanah (mm)

170

Berat Kosong (kg)

812

Kaki-kaki

Ukuran Ban

155/70 R13

Ukuran Velg

13 inches

Interior Datsun Go Plus

Desain interior datsun Go + tidak bisa diremehkan, dengan detail – detail dashboard dan kabin yang ditawarkan, interior Datsun Go + memberikan kesan yang berkelas. Terlihat begitu elegan dengan garis pada dasboard yang diberi sentuhan tekstur kulit dan  sentuhan aksen silver dan penempatan tuas persneling menjadikan mobil ini tampak mewah.

Interior Datsun Go Plus Interior Datsun Go Plus

Kita mulai pada lini depan, Datsun Go + dilengkapi tambahan ruang penyimpanan, seperti pada bagian kiri atas dan bawah, dibawah kemudi juga diberikan ruang storage yang cukup luas. Untuk setir kemudi, belum ada penunjang speedometer atraktif, hanya ada speedometer analog, kemudian ditambah dengan MID disebelah kanannya, tachometer yang ada sudah digital, namun tidak ada eco indicator. Kursi depan terkesan menyatu yang membuat pengemudi mudah untuk keluar dari pintu sebelah kiri.

Interior Datsun Go Plus Interior Datsun Go Plus

Masuk ke bagian tengah, Datsun Go + dilengkapi  panel kontrol AC dan juga Audio pada seri tertentu. Kabin Datsun Go + dirancang lebih lega dari pada Datsun Go dan sudah dilengkapi dengan power window untuk tipe tertentu. Pada bagian belakang kabin secara space memang tidak terlalu luas jika dinaiki penumpang dewasa, akan lebih terasa lega jika ditumpangi oleh penumpang yang memiliki tinggi tidak lebih dari 1,5 m. Kursi ini bisa dilipat sebagai tambahan bagasi yang sanggup menampung barang bawaan Anda hingga maksimal 347 liter. Keunggulan lainnya terletak pada sistem hidrolik pada sisi kanan dan kiri pintu belakang yang membuat pintu terasa lebih ringan ketika dibuka.

 Interior Datsun Go Plus

Warna Datsun Go Plus

Warna Datsun Go

Terdapat 5 pilihan warna untuk jenis Datsun Go +  yaitu : 

  • Silver
  • White
  • Grey
  • Bronze
  • Black

Fitur Datsun Go Plus

Fitur Datsun Go Plus Fitur Datsun Go Plus

Beberapa fitur keselamatan dan kenyamanan yang disajikan Datsun Go + adalah lampu halogen dengan pencahayaan yang terang, rem Cakram berventilasi, untuk rem yang lebih stabil. Ini bisa dibuktikan ketika menginjak rem agak mendadak pada kecepatan tinggi karena harus belok mendadak, pedal akselerator elektronik yang halus dan ringan saat memacu kecepatan. Fitur – fitur standar keamanan juga dihadirkan di mobil ini yakni Drive-side Airbag plus Pretensioner Seatbelt yang tersedia untuk semua tipe, Immobilizer, Central Door Lock, serta Keyless Entry lengkap dengan alarm pada tipe tertentu

Fitur Datsun Go Plus

Soal kenyamanan Datsun Go + dilengkapi dengan Computer, Digital Tachometer, Gear Shift Guide, Intelligent Whiping System, serta Parking Sensors yang melengkapi fitur pada Datsun GO Plus tipe T Option dan T Style, Docking Station serta untuk mendukung kenyamanan penumpang, dihadirkan fitur entertaiment seperti 1 Din Audio with Aux Jack, USB, serta active speakers di mana perbedaannya meliputi JVC Audio System, MDS Audio juga sudah tersedia untuk semua tipe GO+ yang bertipe low MPV ini serta tak lupa Air Conditionder yang memberikan kesejukan saat berada di dalam mobil.

Spesifikasi Datsun Go Plus

Mesin Datsun Go + dibekali teknologi perfect circle bore machining yang mampu memberikan tenaga yang maksimal yaitu type HR12DE, 1.2 liter.. Tenaga yang dihasilkan adalah 68 sama seperti varian GO Panca, mobil ini masih dijejali dengan mesin DOHC 3 silinder yang memiliki kapasitas 1198 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi sebesar 104 NM pada putaran mesin 4000 rpm.

Soal transmisi Datsun Go + memegang kendali dari transmisi manual 5 percepatan, mobil ini sanggup melesat dengan kecepatan maksimum 155 km/jam dan dirancang dengan power assist yang dapat menyesuaikan dengan kecepatan Anda. Pada kecepatan rendah, seperti ketika Anda sedang parkir, sistem ini akan membantu Anda sehingga lebih mudah untuk bermanuver di tempat yang sempit. Pada kecepatan tinggi, sistem akan membuat steering lebih berat, untuk kontrol penuh

Menyoal penggunaan bahan bakar, datsun Go +dilengkapi dengan teknologi pedal elektrik untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar serta menjaga umur pemakaian mesin lebih lama dan sistem suplai bahan bakarnya, menggunakan sistem Fuel Injection untuk menjamin ke iritan penggunaan bahan bakar. Secara lengkap, spesifikasi mesin akan disajikan pada tabel dibawah ini

Spesifikasi Datsun GO+

Mesin

Seri Mesin

HR12DE

Kapasitas Isi Silender (cc)

1,198

Tenaga Maksimal (PS/rpm)

50/5000

Torsi Maksimal (Nm/rpm)

104/4000

Transmisi

5 Speed MT

Steering

Tipe Steering

Power Steering

Pengereman

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi

Suspensi Depan

Mc Pherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Datsun Go + ini memiliki spesifikasi mesin yang cukup baik dengan fitur yang bervariasi. Dengan harga yang terbilang ekonomis, mobil ini bisa dijadikan pilihan untuk kendaraan berkonsep MPV dengan ukuran yang lebih kecil.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit datsun go plus : 

Syarat Kredit Datsun Go Plus

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil datsun go plus, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.