Honda Freed adalah salah satu kendaraan roda empat yang menjajal segmen mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) kelas atas. Mobil MPV high class ini pertama kali di perkenalkan pada tahun 2009 silam. Berkompetisi di segmen mobil MPV high class, Honda Freed berhasil mencuri perhatian para pecinta otomotif di Indonesia dengan memberikan tingkat kenyamanan ekstra serta memiliki tingkat fungsionalitas yang tinggi hingga memiliki desain yang sporty. Maka tak heran mobil MPV high class ini sering di sebut – sebut sebagai mobil hatchback ala Honda Jazz yang di khususkan untuk mobil MPV high class. Bagaimana tidak, sejak awal peluncuran hingga saat ini Honda Freed masih memegang rekor sebagai mobil MPV high class terbaik milik Honda.

Selama ini, Honda Freed hanya memiliki satu pesaing di kelas mobil MPV high class yaitu Toyota Kijang Innova. Meskipun memiliki segmentasi pasar yang sama, Honda Freed lebih mengincar kalangan muda. Hal ini dapat kita lihat dari desain Honda Freed yang lebih sporty dengan lekukan ala boxy nan mewah. Maka tak heran jika Honda Freed lebih di sukai oleh keluarga – keluarga muda di Indonesia. Berbeda dengan Toyota Kijang Innova. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, Toyota Kijang Innova adalah sebuah mobil MPV high class yang benar – benar tampil sebagai mobil premium dan tak banyak kalangan muda yang menyukai mobil ini.

Pada tahun 2015 silam, Honda meluncurkan generasi terbaru dari Honda Freed ini. dengan mengusung jargon “New Generation Family”, Honda Freed tampil dengan desain yang cukup berbeda dari generasi sebelumnya. Mobil MPV high class yang memiliki 5 pintu ini memiliki ruang kabin yang luas sehingga mampu menampung penumpang sebanyak 8 orang dewasa. Pada setiap tipe / jenisnya, Honda Freed menghadirkan fitur – fitur terbaru yang lengkap. Pada generasi terbaru ini, Honda menghadirkan 2 tipe terbaru yaitu tipe S dan tipe E. Di dalam ruang kabin, Honda telah memberikan fitur – fitur tambahan terbaru berupa AC Double Blower, Power Sliding Door, Interior Lamp, Dual SRS Airbags dan lain sebagainya.

Tak hanya memberikan fitur – fitur terbaru pada bagian interior, Honda juga menyematkan beberapa aksesoris serta komponen lainnya pada bagian eksterior mobil. Selain itu, yang paling menarik dari generasi terbaru Honda Freed ini adalah jantung pacu nya yang telah mengandalkan mesin berteknologi terbaru yaitu i-VTEC dengan kapasitas 1.5L SOHC yang memiliki 16 katup. Mesin ini tergolong cukup tangguh di kelasnya dan dapat menghasilkan tenaga maksimal mencapai 118 PS / 6.600 rpm dengan torsi maksimal mencapai 146 Nm / 4.800 rpm. Tak hanya itu saja, guna menunjang kinerja mesin serta memfasilitasi performa mesin dalam menghasilkan tingkat kenyamanan pada pengendara maupun penumpang, Honda telah menyematkan suspensi MacPherson Strut. Sebagai mobil MPV high class tak hanya itu saja yang di tawarkan oleh generasi terbaru dari Honda Freed ini. Untuk mengenal lebih dalam mengenai mobil ini, mari simak review Honda Freed di bawah ini.

Desain Honda Freed

Desain Honda Freed

Desain yang futuristik serta memberikan kemewahan lebih merupakan salah satu cara Honda untuk memanjakan para pengguna mobil MPV high class. Pada dasarnya, mobil MPV memiliki desain yang berbentuk elips, akan tetapi kali ini Honda memberikan kesan yang berbeda untuk mobil kelas MPV ini. Honda Freed hadir dengan desain body yang berbentuk boxy serta memancarkan aura kemewahan. Di lihat dari sisi depan, Honda Freed memiliki headlamp yang di desain dengan bentuk lebih sipit serta sedikit melengkung kebagian dalam sehingga terlihat seperti tatapan mata yang sangat tajam.

Desain Honda Freed

Lampu utama milik Honda Freed ini di padukan dengan front grill yand di desain mengikuti alur headlamp dan memiliki tiga baris serta di balut dengan warna chrome metalic sebagai ciri kemewahannya. Tak hanya itu saja, front bumper milik Honda Freed dirancang lebih minimalis dengan sedikit sudut tajam pada bagian depan bumper. Front bumper ini telah di lengkapi dengan foglamp yang berbentuk bulat dan sangat simple tanpa background.

Desain Honda Freed

Sekarang kita coba lirik bagian body samping mobil MPV high class ini. Honda tetap mempertahankan ciri khas utama Honda Freed pada generasi sebelumnya yaitu sliding door. Selain itu, window pintu mobil memiliki desain yang futuristik dengan aksen berupa garis – garis berwarna putih. Dari ujung body samping bagian depan dapat kita temui aksen gelombang yang melintang ke bagian belakang mobil, sehingga semakin mempertegas kesan mewah yang di berikan di tambah lagi berkat adanya sliding door.

Yang terakhir kita lihat pada bagian body belakang. Honda Freed telah di tanamkan lampu utama yang di desain berdiri dengan bentuk bulat. Honda tetap mempertahankan desain back door pada generasi sebelumnya yaitu mampu di buka keatas dengan hidrolik pendukung. Hal baru yang dapat kita temui pada generasi terbaru Honda Freed ini adalah konsep grill belakang yang di desain lebih minimalis. Grill belakang ini melintang dari sisi kiri ke sisi kanan dengan warna yang sangat mewah yaitu chrome metalik. Selain itu, pada bagian buritan ini juga dapat kita temui stoplamp yang di desain mengikuti alur body yaitu konsep Stunning Tail Light sehingga semakin menyempurnakan tampilan eksterior mobil ini.

Interior Honda Freed

Interior Honda Freed

Honda telah mempersiapkan mobil MPV high class miliknya ini dengan berbagai fitur – fitur interior yang canggih guna menunjang kenyamanan para pengguna. Aura kemewahan mulai terlihat ketika kita membuka sliding door maupun pintu depan dan pintu belakang mobil ini. Pertama – tama pada bagian depan kita akan menemui dashboard yang di desain menggunakan material berkualitas tinggi dengan mengusung konsep In Dash Shift Knob Lever sehingga pengemudi tidak akan di repotkan oleh instrument – instrument dashboard yang di desain sangat praktis sekali. Salah satu kemudahan yang terdapat pada bagian dashboard ini adalah tuas perseneling yang di rencang dengan desain menyatu pada bagian dashboard. Selain itu, dashboard milik mobil MPV high class ini telah di lengkapi dengan Multi Information LCD sehingga pengemudi maupun penumpang selalu mendapatkan informasi real time selama berkendara.

Interior Honda Freed

Tak berhenti di situ saja. Ruang kabin Honda Freed di rancang dengan desain yang terlihat mewah dan di dominasi oleh warna hitam menggunkaan bahan kulit yang lembut. Honda telah mempersiapkan ruang kabin yang luas dengan desain Walk Through Cabin sehingga setiap penumpang dapat leluasa bergerak ketika berada di dalam kabin. Untuk memanjakan penumpang, Honda Freed telah mendukung fitur Seat Hight Adjustment yang berfungsi untuk mengatur tinggi atau rendahnya posisi jok.

Interior Honda Freed

Warna Honda Freed

Warna Honda Freed

Dengan desain eksterior yang mewah ala mobil kelas premium, Honda telah menyediakan 7 pilihan warna untuk mobil MPV high class miliknya ini. ke tujuh pilihan warna tersebut adalah :

  • Alabaster Silver Metalic
  • Cosmic Violet Pearl
  • Crystal Black Pearl
  • Polished Metal Metallic
  • Taffeta White

 

Fitur Honda Freed

Fitur Honda Freed

Tak hanya memiliki desain eksterior yang sporty ala mobil hatchback, serta interior yang mewah ala mobil premium. Honda Freed juga memberikan rasa aman dan nyaman tingkat tinggi. Hal ini dapat kita rasakan berkat fitur keamanan berupa dual SRS Airbags, Door Open Warning Safety System, Keyless Entry, Immobilizer, Security Alarm, serta fitur Retractable Mirror, ABS + EBD, Pretensioner Seatbet with Load Limiter, rangka model G-CON ACE yang siap menjamin keamanan para pengguna. Selain itu fitur – fitur yang mampu meningkatkan rasa nyaman pengguna juga tak lupa di sematkan. Beberpa fitur tersebut adalah Electronic Power Steering (EPS), Drive by Wire, AC Double Blower, sensor parkir belakang, dan Double DIN A/V system with 6.1” touch screen monitor, DVD, USB made for iPod & iPhone yang telah terintegrasi dengan perangkat Bluetooth.

Fitur Honda Freed

Tipe / Jenis Honda Freed

Hadir di kelas mobil MPV Premium dan merupakan satu – satunya pesaing Toyota Kijang Innova, Honda Freed menawarkan 3 pilihan tipe yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan serta budget para calon pengguna. Ke tiga tipe tersebut adalah Honda Freed A (Alpha), Honda Freed S (SD), dan Honda Freed E (PSD). Ke tiga tipe Honda Freed ini memberikan fitur – fitur yang berbeda pula. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak tabel perbedaan tipe – tipe Honda Freed di bawah ini :

Perbedaan Tipe – tipe Honda Freed

Pembeda

Type

A (Alpha)

S (SD)

E (PSD)

Front Pretensioner seatbelt

With Load Limiter

Ya

Sliding Door

Just Righ Side

Righ & Left Side

Righ & Left Side

Velg

15” Steel Wheel

16” Alloy Wheel

Foglamp

Standard

New Design

AC

Single Blower

Double Blower

Double Blower & Automatic with Heater

Audio

Single DIN Audio

Double DIN audio with USB Aux made for iPod and iPhone

Double DIN A/V system with 6.1” touch screen monitor, DVD, USB made for iPod & iPhone and Bluetooth

New Side Turn Door Mirror

-

Ya

Security Alarm

-

Ya

Map Light

-

Ya

Chrome Rear License Garnish

-

Ya

Front i-Vory Side Door Lining Fabric

-

Ya

Driver Seat Height Adjustment

-

Ya

Both Side

-

Ya

Seat Back Pocket

Ya

Ya, (Dr and As)

Ya

Tailgate Spoiler

-

Ya

Rear Wiper and Defogger

-

Ya

Body Color Door Mirror

-

Ya

Sun Visor With Vanity Mirror

-

Ya

New Black Fabric Interior

-

Ya

Door Lining

-

-

New Black Fabric

Power Retractable Door Mirror

Ya

Ya, With Tuning Signal

Dari tabel di atas dapat kita lihat bahwa Honda Freed E memiliki spesifikasi yang lebih lengkap di bandingkan 2 tipe yang lainnya. Pada bagian eksterior, Honda Freed E dan Honda Freed S telah dilengkapi dengan New Side Turn Door Mirror, Security Alarm, Map Light, Chrome Rear License Garnish, Front i-Vory Side Door Lining Fabric, Driver Seat Height Adjustment, Both Side, Rear Wiper and Defogger, Body Color Door Mirror dan Sun Visor With Vanity Mirror. Sedangkan tipe A tidak memiliki komponen tersebut. Perbedaan selanjut nya dapat kita lihat tipe A dan S masih menggunakan Velg 15” Steel Wheel, Foglamp Standard, Power Retractable Door Mirror dan Front Pretensioner seatbelt With Load Limiter. Sedangkan tipe E telah menggunakan Velg Alloy Wheel, Foglamp dengan desain terbaru dan Power Retractable Door Mirror with Tuning Signal namun Front Pretensioner seatbelt tanpa Load Limiter.

Pada bagian ruang kabin, lagi – lagi Honda Freed E memiliki fitur yang cukup completed seperti terdapatnya AC Double Blower & Automatic with Heater dan Double DIN A/V system with 6.1” touch screen monitor, DVD, USB made for iPod & iPhone and Bluetooth. Tipe S sebagai tipe menengah hanya memiliki AC Double Blower untuk mendinginkan ruang kabin tanpa fitur automatic dan Double DIN audio with USB Aux made for iPod and iPhone untuk memenuhi kebutuhan entertainment para pengguna. Sedangkan tipe terendah dari Honda Freed yaitu tipe A hanya memiliki AC Single Blower dan Single DIN Audio.

Sliding Door ciri khas dari mobil MPV high class milik Honda ini. Pada tipe terendah yaitu tipe A hanya memiliki 1 sliding door yaitu pada bagian kanan. Sedangkan tipe S dan E memiliki 2 sliding door masing – masing pada bagian kiri dan kanan. Salah satu fitur interior yang hanya di miliki oleh tipe E adalah New Black Fabric Interior.

Spesifikasi Honda Freed

Setelah kita mengetahui desain eksterior & interior, pilihan warna, dan perbedaan dari setiap tipe Honda Freed, kini kita akan melihat spesifikasi Honda Freed. Berikut ini telah kami sediakan tabel Spesifikasi Honda Freed.

Spesifikasi Honda Freed

Mesin

Tipe

1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW + TBR

Sistem Suplai Bahan Bakar

PGM-FI

Diameter x Langkah

73,0 mm x 89,4 mm

Isi Silinder

1497

Perbandingan Kompresi

10,4

Daya Maksimum

87 Kw (118 PS) / 6.600 rpm

Momen Puntir Maksimum

14,9 kg.m (146Nm) /4.800 rpm

Dimensi

P x L x T

4.215mm x 1.700mm x 1.740mm

Jarak Sumbu Roda

2.740mm

Jarak Pijak Depan/Belakang

1.478mm / 1.466mm

Kapasitas Tangki

42

Transmisi

Tipe Transmisi

Automatic A/T 5-Speed

Sistem Kemudi

Sistem

Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)

Suspensi dan Pengereman

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Pengereman

ABS + EBD

Kaki-kaki

Ban

185 / 65 R15

Velg

Alloy Wheel 15″

 

Teknologi Mesin Honda Freed

Berbekam mesin berteknologi i-VTEC SOHC + DBW dengan kapasitas 1497 cc dengan 16 katup pada 4 silinder segari, Honda Freed mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 118 PS / 6.600 rpm dengan torsi maksimal mencapai 146 Nm / 4.800 rpm. Mesin berkode L15A ini di klaim mampu menghemat konsumsi bahan bakar serta menghadirkan performa yang apik. Akan tetapi, mesin milik Honda Freed masih di bawah level mesin Honda Jazz. Meskipun demikian, mesin ini telah mendukung teknologi Active Lock-up System yang mampu meningkatkan akselarasi yang optimal. Disamping itu, mesin Honda Freed telah memenuhi uji standar Euro 4 sehingga mobil ini dapat di kategorikan sebagai mobil ramah lingkungan.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit honda freed : 

Syarat Kredit Honda Freed

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil freed, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.