Review Mobil Toyota Voxy

Gagalnya Nav1 yang bersaing di kelas mobil MPV premium di Indonesia nyatanya membuat Toyota Astra Motor memutar otak untuk menghadirkan satu gagasan mobil dengan konsep yang lebih fresh. Salah satu gagasan tersebut adalah dengan menghadirkan Toyota Voxy yang cocok untuk digunakan sebagai mobil keluarga maupun untuk keperluan corporate.

Jika Kita menelusuri lebih lanjut, mobil satu ini setidaknya telah menggunakan spesifikasi baik interior maupun eksterior yang menonjolkan kemewahan dan bergaya cukup trendy. Menelusuri bagian interior mobil satu ini, Anda akan menemukan berbagai fitur premium terbaru yang bisa Anda dapatkan. Tak heran jika mobil satu ini terbilang cukup mahal lantaran pabrikan Toyota Voxy sendiri memang berasal dari Negara asalnya, yakni Jepang. Mengulas lebih jauh, berikut adalah ulasan yang akan Kita bahas mengenai beberapa keunggulan Toyota Voxy ini.

Menyoal dapur pacu, Toyota Voxy telah dilengkapi dengan dua pilihan mesin. Bahkan di Negara asalnya pun mobil satu ini juga memiliki dua pilihan mesin, yakni 1.800cc serta 2.000cc. Namun sayangnya untuk pasar Indonesia, Toyota Astra Motor hanya menghadirkan mobil dengan kapasitas 2.000cc dengan sokongan mesin seri 2.L 3ZR-FAE. Mesin berkapasitas 2.000cc tersebut kabarnya mampu menghasilkan kekuatan sebesar 150 Horse Power pada 6.200 rpm, yang mana tenaga tersebut sejatinya hanya berbeda sedikit jika di bandingkan seri pendahulunya, yakni Toyota Nav1. Beralih ke system torsinya, Toyota Voxy mampu menghasilkan torsi sebesar 195NM @4.400 rpm. Hal tersebut membuat mobil satu ini terbilang cukup stabil saat dikendarai sekalipun dalam kecepatan rendah lantaran mesin yang digunakan juga telah menggunakan system transmisi jenis CVT.

Beralih ke system peredam getaran, Toyota Voxy ini akan tetap menggunakan system suspensi yang juga telah digunakan pendahulunya yakni Toyota Nav1. Hal tersebut lantaran suspensi dengan produk MacPhersin Strut dengan Coil Spring Stabilizer yang di jodohkan dengan suspensi bagian belakang jenis Torsion Beam dengan Coil Spring Stabilizer terbukti mambu meredam getaran serta mampu memberikan kenyamanan ekstra. Bicara mengenai tingkaat kenyamanan tinggi, tentunya mobil satu ini telah diimbangi dengan system pengereman yang baik, terlebih jika Kita melihat mobil satu ini yang terbilang memiliki dimensi cukup besar. Oleh karenanya Toyota Voxy ini telah menggunakan system pengereman berbasis teknologi ABS untuk mengindari ban selip, sehingga membuat mobil ini semakin sempurna saat melaju dengan kecepatan tinggi. Selanjutnya, beralih pada sisi kaki kaki, Toyota Voxy ini  menggunakan velg Alloy dengan diameter 16 inch yang menyokong ban dengan ukuran 205/60 R16. Sedangkan untuk menunjang keselamatan dalam berkendara, mobil MPV premium ini menggunakan ventilated disc di bagian depan dan solid disc pada bagian belakang dengan ukuran cakram 15 inch.

Beralih pada sisi dimensi, lantaran mobil satu ini ditujukan untuk MPV multi fungsi, Toyota telah memberikan dimensi yang cukup besar untuk mobil baru buatannya ini. Jika Kita menelusuri bagian interiornya, kabin penumpang terbilang cukup luas. Hal tersebut dikarenakan dimensi mobil bawaannya yang memiliki panjang 4.710 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.835 mm serta sudur putar mencapai 2.850mm. Jika Kita bandingkan dengan seri tedahulunya, yakni Toyota Nav1, mobil satu ini memiliki dimensi yang lebih besar. Selanjutnya, beralih ke sisi ground clearance atau jarak antara body mobil ke tanah terbiliang cukup pas yakni 165 mm sehingga membuat mobil ini lebih nyaman dikendarai untuk berbagai jenis medan.

Desain Toyota Voxy

Selanjutnya, Kita akan mengulas Toyota Voxy ini dari sisi desain baik tampilan luar maupun tampilan keseluruhan. Jika Kita menelusuri bagia depan, mobil ini telah dilengkapi dengan headlamp yang menggunakan teknologi LED yang dilengkapi dengan fitur LED Day Time Running Light yang mana penempatannya akan di posisikan sejajar dengan kap mesin sehingga mobil ini terlihat lebih gagah dan besar namun tak melupakan kesan mewah berkat sentuhan aksen chrome yang juga terdapat pada bagian grill dan head lamp.

Jika kita bandingkan dengan desain desain mobil keluaran Toyota lainnya, Kita akan menemukan desain Toyota Voxy yang mirip dengan Toyota Sienta pada bagian depan. Namun yang membedakan dengan desain Toyota Sienta tentu saja penekanan garis desain mobil Toyota Voxy yang lebih agresif dengan penekanan pada sisi desain head lamp yang menyipit layaknya tatapan yang tajam.

Selain penekanan pada sisi head lamp yang cukup agresif, desain siluet yang terdapat pada body mobil serta bagian kap mesin ini pun semakin mempertegas kesan sporty. Sedangkan pada bagian belakang, mobil ini menggunakan stop lamp LED yang disertai garnis dengan lapisan krom yang membentang dibawah kaca. Sementara pada bagian belakang mobil ini yang terkesan kaku lantaran bentunya yang kotak, Toyota menyikapinya dengan membekali mobil ini menggunakan Spoiler yang cukup besar dan disesuaikan dengan dimensi mobil.

Interior Toyota Voxy

Sedangkan pada interior mobil, Toyota Voxy adalah salah satu MPV yang mampu membawa penumpang hingga 7 orang dan luas kabin yang cukup lega layaknya mobil mobil MPV kelas premium keluaran Toyota lainnya. Sedangkan untuk tampilan pintunyam Toyota Voxy ini menggunakan jenis pintu geser pada bagian samping. Hal ini tentunya akan mempermudah pergerakan penumpang lantaran pintu geser ini sangat cocok untuk dimensi mobil yang terbilang cukup besar. Untuk koleksi Toyota Voxy yang dikeluarkan di Indonesia telah dilengkapi dengan Sunroof yang tentunya akan semakin memberikan kesan mewah.

Beralih pada sisi kabin, Toyota Voxy ini hadir dengan pilihan warna interior hitam sedangkan  bagian dashboard dilengkapi dengan berbagai panel panel fitur yang semakin membuat penumpangnya lebih nyaman. Fitur fitur yang pastinya ada antara lain automatic AC, serta audio yang tersusun rapih pada mobil ini. Masih mengadopsi fitur dari Toyota Nav1, Toyota Voxy inipun memiliki fitur yang memungkinpan penumpangnya leluasa dalam mengatur jarak jok antara baris kedua dan ketiga yang dapat Anda sesuaikan fungsinya sesuai kebutuhan. Dengan berbagai fitur unggulan, tak heran jika mobil ini memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan mobil mobil MPV lainnya yang sudah lebih dulu beredar di pasaran.

Selain warna hitam yang kontras, MPV satu ini pun telah di rancang sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan interior mobil yang terbilang cukup mewah. Selain dominan warna warna gelap yang terlihat elegan, interior mobil ini juga mendapatkan sentuhan warna burgundy yang lebih mempertegas kesan elegan. Selain desain interior kabin yang istimewa, mobil ini juga memberikan fasilitas hiburan berupa Advanced Entertainment System yang menggunakan jenis interface atau antarmuka menggunakan system touchscreen yang cukup lebar serta tampilan menu yang atraktif. Beberapa fitur entertainment yang disuguhkan antara lain fitur entertainment berupa MP3, Auto Store, Radio, hingga DVD player dengan jam dan kalender digital yang siap memberikan pengalaman menyenangkan selama Anda berkendara.

 

Tak hanya sampai disitu saja, tuas transmisi pada mobil ini pun di posisikan di tengah tengah yang letaknya berdampingan dengan posisi tombol tombol panel pengatur suhu udara. Selain itu untuk memudahkan Anda mengemudikan Toyota Voxy dan mendukung keamanan selama berkendara, mobil in pun telah dilengkapi dengan tombol multifungsi yang terletak di bagian steering wheel atau yang biasa disebut dengan steering wheel switch. Tombol tombol ini antara lain cruise control, menu dan pengaturan audio.

Beralih ke system setir, Anda akan mendapatkan berbagai fitur fitur premium lainnya, contohnya engine start / stop button, power sliding door kiri dan kanan, hingga alarm parkir. Selain itu, interface Toyota Foxy juga telah dilengkapi dengan MID yang menampilkan informasi seputar instrument cluster seperti tachometer atau penanda putaran mesin, speedometer, serta indikator BBM yang terlihat cukup sederhana namun sayangnya sangat minim digitalisasi indikator. Selain itu, mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur berupa execptional multi information display yang akan menampilkan informasi berupa ECO Indicator, suhu mesin, dan tentunya jam digital yang informative.

Dengan adanya berbagai macam indikator yang melengkapi fitur unggulan dari mobil ini membuat pengalaman mengemudikan mobil mejadi lebih mudah untuk memahami kondisi dari kendaraan yang sedang Anda tunggangi. Selain itu jok yang digunakan untuk melapisi sisi tempat duduk penumpang pun tak kalah mewah lantaran menggunakan material kulit asli yang berkualitas. Sama seperti Toyota Nav1, baris kedua mobil ini pun telah menggunakan pengaturan Captain Seat yang lebih luas bahkan dapat di putar dengan sudut putar 360 derajat. Lanjut ke baris ketiga tempat duduk  penumpang, seat baris ketiga ini telah dilengkapi dengan kemampuan pengaturan jok layaknya kursi pada baris kedua. Selain fitur kemewahan kabin, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Panoramic Roof yang semakin menambah kesan elegan.

Sesuai konsep asalanya, yakni MPV atau Multi Purpose Vehicle, hal ini memungkinkan Anda untuk melipat jok baris ketiga sehingga bisa membuat mobil ini membawa barang bawaan semakin banyak lantaran ruang bagasinya yang lebar. Deangan berbagai kelebihan dan fitur fitur menarik tersebut, tak heran jika hal ini membuat penumpang mobil ini semakin betah berlama lama didalam ruang kabin tersebut.

Warna Toyota Voxy

Untuk Anda yang tertarik membeli Toyota Voxy, saat ini Toyota Astra Motor telah merilis beberapa varian warna yang bisa Anda pilih. Diantaranya adalah:

  • Inazuma Sparking Back
  • Black
  • White Pearl

Warna warna yang diberikan memang tergolong sedikit lantaran desain mobil Toyota Voxy ini bertujuan agar terlihat lebih eksklusif dan elegan.

Fitur Toyota Voxy

Dengan harga yang cukup mahal, tentunya Anda akan mendapatkan berbagai fitur kelas premium yang lengkap dan telah disesuaikan dengan konsepnya yang elegan dan berkelas. Fitur yang di sematkan pada Toyota Voxy ini terbilang lebih bagus dibandingkan seri terdahulunya yakni Toyota Nav1 tanpa menghilangkap fitur fitur yang memang sudah menjadi unggulan dari Nav1 diantaranya adalah fitur captain seat yang mampu diputar hingga 360 derajat.

Selain fitur interior yang lengkap, Toyota Voxy ini juga telah dilengkapi dengan Toyota T-Connect Servid yang brupa monitor berukuran 10 inci. Di dalam Toyota T-Connect akan menampilkan beberapa informasi, mulai dari navigasi, jaringan online, wireless phone connection, noah panoramic, live sound system dan ETC. Sedangkan untuk fitur fitur keselamatan, mobil ini menghadirkan fitur fitur yang umumnya ada di mobil kelas premium, seperti SRS Airbags, serta system pengeremen ABS.

 

Tipe/Jenis Toyota Voxy

Toyota Voxy hanya di rilis dalam satu jenis transmisi dan satu jenis model, sehingga tidak ada pilihan lain selain spesifikasi yang akan Kita bahas dibawah ini

Spesifikasi Toyota Voxy

Spesifikasi Toyota Voxy

Mesin

Tipe Mesin

3ZR-FAE, In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC

Isi Silinder

1,987 cc

Diameter x Langkah

80.5 x 97.6 mm

Daya Maksimum

152 ps/ 6,100 rpm

Torsi Maksimum

19.7 kgm/ 3,800 rpm

Sistem Bahan Bakar

Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektronik / Electronic Fuel Injection

Bahan Bakar

Gasoline

Kapasitas Tangki

55 L

Dimensi

Panjang

4,710 mm

Lebar

1,735 mm

Tinggi

1,835 mm

Jarak Sumbu Roda

2,850 mm

Jarak Terendah

165 mm

Kaki-kaki

Transmisi

CVT

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Pegas Koil dan Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Pegas Koil dan Stabilizer

Rem Depan

15″ Ventilated Disc

Rem Belakang

15″ Solid Disc

Ukuran Ban

205/60 R16 Alloy

Fitur

Kenyamanan

• Luxury Inside A Premium Cabin
• Circular A/C Control Design with Triple Zone Climate Control
• Optitron Speedometer
• Exceptional Multi-Information Display
• All 4 (Four) Auto Power Window
• Advanced Entertainment System
• Cruise Control
• Exquisite Double Moonroof
• Indulging Sunshade
• Cutting Edge Front Design
• Majestic Rear Design
• Elegant Aero Package
• High Ground Clearance for Confidence

Keamanan & Keselamatan

• Complete 7 SRS Airbags
• Emergency Brake Signal
• Hill Start Assist
• Vehicle Stability Control
• Dynamic Rear Parking Camera

Kesimpulan

Berdasarkan ulasan di atas, Kita dapat menyimpulkan beberapa hal. Diantaranya adalah:

  • Toyota Voxy di hadirkan untuk menggantikan Toyota Nav1 yang terbilang gagal menggaet pasar otomotif untuk kelas MPV middle up. Dengan dibekali berbagai fitur kelas premium Toyota Voxy diharapkan mampu menandingi mobil mobil sepantarannya yang sudah lebih dulu di rilis di pasaran.
  • Dari sisi interior Toyota Voxy, mobil ini memiliki desain yang cukup menarik lantaran menonjolkan sisi maskulin namun tetap terlihat elegan. Penggunaan teknologi teknologi terbaru pun telah dibenamkan dalam koleksi terbaru Toyota ini.
  • Meskipun memiliki body yang terbilang cukup besar untuk mobil mobil kelas MPV , namun mobil satu ini telah disokong oleh mesin berkekuatan 150 Horse Power. Dengan tambahan fitur BS untuk system pengereman menjadikan mobil satu ini menjadi lebih aman ketika sedang melakukan tikungan untuk menghindari adanya selip ban selama proses pengereman.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai Toyota Foxy. Untuk Anda yang memiliki budget cukup besar dan sedang mencari mobil MPV dengan kualitas premium, Anda dapat memperhitungkan mobil satu ini untuk Anda masukkan dalam wishlist mobil impian Anda. Perhatikan setiap fitur pendukung keselamatan selama berkendara agar kenyamana serta kemanan Anda selama berkendara selalu terjaga. Semoga berguna!

Syarat Kredit Toyota Voxy

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit Toyota Voxy, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.