Siapa yang tidak kenal dengan pabrikan mobil kelas dunia asal negeri Sakura. Pabrikan mobil dengan moto “Zoom – Zoom” ini selalu memberikan inovasi pada setiap produk milik mereka. Salah satunya adalah Mazda 8. Mobil kelas menengah ke atas ini masuk ke segmen mobil MPV premium. Tak berbeda jauh dengan mobil – mobil Mazda lainnya, mobil MPV premium ini tetap mengkedepankan sisi kenyamanan serta memancarkan aura kemewahan nan elegan. Jika di bandingkan dengan generasi terdahulunya, Mazda 8 terbaru ini memiliki dimensi yang lebih besar serta hadir dengan lekukan – lekukan body yang lebih jelas sehingga semakin membuat mobil ini tampak lebih elegan.

Banyak pembaharuan yang lakukan oleh Mazda pada mobil MPV kelas premium miliknya ini. di mulai dari bagian eksterior dan interior yang di desain lebih futuristik dengan berbagai aksen kemewahan lainnya. Mazda juga menambahkan berbagai macam fitur – fitur dengan teknologi terbaru yang pasti nya lebih canggih daripada generasi pendahulunya sehingga kelengkapan Mazda 8 terasa lebih fungsional dan nyaman.

Tak hanya membenahi bagian desain dan fitur, Mazda juga memperbarui bagian dapur pacu. Untuk memompa laju kendaraan, Mazda menggunakan mesin berkapasitas 2.260 cc dengan 16 katup pada 4 silinder yang telah mendukung teknologi DOHC. Tak hanya bergantung pada mesin yang di gunakan, Mazda juga telah menyematkan berbagai macam teknologi dan fitur penunjang kinerja mesin agar dapat menghasilkan tenaga maksimal dalam konsumsi bahan bakar yang minimal.

Mesin milik mobil MPV kelas Premium Mazda ini mampu menghasilkan tenaga yang sangat powerfull dengan kecepatan yang tinggi. Oleh karen itu, Mazda memberikan berbagai macam fitur keselamatan dan keamanan seperti EBD, BA, dan ABS agar pengemudi dapat mengontrol laju kendaraan dalam kecepatan yang tinggi. Dengan banyaknya pembaruan pada setiap sektor kendaraan, maka tak heran bila Mazda membanderol mobil MPV kelas Premium miliknya ini di atas rata – rata harga tertinggi mobil MPV high class lainnya. Jika di bandingkan dengan pabrikan mobil MPV kelas Premium lainnya, Mazda 8 di banderol lebih mahal dari pada mobil Toyota Innova pada tipe tertinggi sekalipun. Dengan harga yang selangit itu, seperti apakah kemampuan mobil MPV kelas Premium milik Mazda ini ? Agar dapat mengenal Mazda 8 lebih jauh, mari simak ulasan berikut ini.

 

Desain Mazda 8

Desain Mazda 8   Desain Mazda 8   Desain Mazda 8

Bicara soal desain, Mazda selalu membarikan tampilan yang lebih fresh pada setiap tipe mobil nya, tak terkecuali pula dengan Mazda 8. Mobil MPV high class ini memiliki dimensi panjang sebesar 4.860 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi mencapai 1.685 mm. Dengan ukuran tersebut Mazda 8 di sebut – sebut sebagai mobil MPV berbadan besar. Meskipun demikian, desain Mazda 8 terlihat lebih elegan dari pada generasi pendahulunya.

Pertama – tama kita lihat pada bagian depan mobil yang mana Mazda 8 menggunakan desain headlamp yang lebih meruncing ke arah bagian bawah. Headlamp ini telah menggunakan reflektor dan lampu halogen. Untuk penerangan senja, Mazda 8 memiliki 2 buah foglamp dengan di lingkari oleh list krom yang mana terlihat sangat aerodinamis yang berada pada sisi kiri dan kanan body depan. Kesan elegan kembali dapat di temukan pada penyematan front grill yang tampil lebih tegas dan berkarakter serta terdapat emblem Mazda pada bagian tengah grill.

Beralih kebagian body samping, akan kita temukan lekukan – lekukan body yang sangat sensasional. Lekukan ini berlabuh dari body samping depan hingga body samping belakang. Pada bagian pintu telah di sematkan handle berwarna chrome pada setiap pintu sehingga tampilan mobil MPV kelas Premium ini lebih stylish. Penyematan Velg 16 inch Alloy Wheel juga di rasa sangat cocok. Yang paling menarik dari desain body samping Mazda 8 ini adalah adanya fitur Dual Power Sliding Doors pada pintu bagian belakang. Fitur ini semakin memudahkan pengguna untuk membukanya karena hanya dengan menekan atau memutar handle pintu maka secara otomatis pintu akan terbuka dengan sendirinya. Selain itu jika kita melihat dari atas akan tampak Sun Roof yang hingga kini telah menjadi fitur wajib terdapat pada setiap mobil – mobil MPV high class. Sun Roof ini berfungsi untuk memudahkan penumpang melihat pemandangan dan keadaan di sekitar mobil dengan lebih jelas.

Terakhir pada desain body belakang, di sini kita akan menemukan berbagai fitur dan aksesori yang menarik. Pertama yang terlihat jelas adalah fitur Power Liftgate lengkap dengan sensor. Sensor pada fitur Power Liftgate ini berfungsi untuk menscan keadaan atau kondisi yang ada di belakang pintu belakang. Jika seandainya ada objek yang menghalangi saat menutup pintu, maka sistem akan kembali membuka pintu secara otomatis. Penampakan Mazda 8 dari sisi belakang terlihat lebih fresh. Hal ini terlihat pada bagian lampu belakang dan lampu sein yang mana Mazda merancang desain baru pada bagian ini. Lampu rem dan lampu sein milik Mazda 8 ini tampil pada tempat yang terpisah. Selain itu, pada bagian ini kita dapat menemukan Rear Garnish yang telah di balut dengan lapisan chrome sehingga semakin membuat tampilan Mazda 8 lebih mewah dan elegan. Dan yang terakhir yang merupakan salah satu penyebab harga Mazda 8 melambung jauh adalah adanya sebuah fitur terbaru yang di sebut Power Glass Sunroof. Dengan fitur ini pengguna akan merasakan pengalaman baru dalam berkendara. Pengguna hanya perlu menekan tombol khusus agar dapat mengaktifkan fitur ini.

Interior Mazda 8

Interior Mazda 8

Tak berbeda jauh dengan desain eksterior, bagian interior Mazda 8 juga tampil elegan dengan berbagai macam fitur dan kelengkapan yang mewah. Pertama – tama kita lihat pada bagian dashboard yang mana Mazda telah mendesain bagian ini sedemikian rupa sehingga menghasilkan tampilan dan presisi yang simetris dan lebih mudah di gunakan. Pada dashboard ini dapat kita temukan berbagai instrumen seperti LCD Touchscreen with Virtual CD, Port SD Card + USB, Radio FM/AM, Audio Mid GPS, Auto Air Conditioner, Information Display, Informasi Suhu Luar Kendaraan, dan Built in Parking Camera. Sedangkan pada sisi ruang kemudi, telah di sematkan berbagai fitur yang cukup fungsionalitas yaitu berupa Drive’s seat Maximun Comfort yang mana pengemudi pada mengubah posisi keseluruhan jok hanya dengna menekan sebuah tombol electric. Selain itu, Mazda juga telah menyematkan berbagai macam fitur dan kelengkapan ruang kabin ekstra mewah lainnya seperti Bottle Holder pada setiap sisi pintu, teknologi Super Relax Seat yang mana teknologi ini merupakan hasil rancangan desain jok penumpang yang di bentuk dengan bahan kulit berkualitas dan empuk + arm rest, head rest, hingga rancangan ruang gerak yang lebih luas pada setiap jok. Mazda juga menyematkan fitur Retractable Centre Table, Shopping Hook, Upper Glove Box, Under Glove Box, Rear Console Box, dan Versatile Seat Arrangements untuk meningkatkan rasa nyaman pengguna ketika berada di dalam kendaraan dan selama perjalanan.

Interior Mazda 8   Interior Mazda 8   Interior Mazda 8

Warna Mazda 8

Sebagai mobil MPV kelas Premium, Mazda memberikan 3 pilihan warna yang dapat di pilih. Namun sangat di sayangkan sekali bahwa Mazda tidak menyertakan pilihan warna Soul Red yang merupakan ciri khas mobil – mobil kelas premium Mazda lainnya. Meskipun demikian, ke tiga warna yang di tawarkan dirasa dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Ke tiga warna tersebut berupa Jet Black Mica, Metro Grey Mica, dan Crystal White.

Fitur Mazda 8

Fitur Mazda 8   Fitur Mazda 8   Fitur Mazda 8

Selain fitur – fitur yang telah kami singgung sedikit pada point Interior Mazda 8 tersebut di atas, Mazda masih memiliki banyak fitur lainnya terutama pada fitur keselamatan, keamanan dan kenyamanan. Fitur keselamatan, keamanan dan kenyamanan yang di miliki oleh Mazda 8 sangat lengkap. Mazda menyematkan 6 AirBags yang mana telah tersebar pada kursi bagian depan. Dengan 6 AirBags maka Mazda memiliki fitur keselamatan, keamanan dan kenyamanan yang lebih lengkap di bandingkan mobil – mobil MPV kelas Premium lainnya. Selain itu juga terdapat fitur rear parking camera yang mana fitur ini telah terintegrasi dengan gigi mundur sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan kecil maupun besar. Salah satu fitur keselamatan dan keamanan yang paling menonjol dari Mazda 8 adalah fitur Mazda Advance Impact Distribution System (MAIDAS). Fitur MAIDAS ini berfungsi untuk menyerap energi benturan pada body mobil. Untuk meningkatkan rasa aman pengguna, Mazda menyematkan fitur Advanced Key dengan ukuran yang lebih kecil sebesar kartu sehingga sangat fleksibel dan mudah di bawa kemana – mana. Fitur Advanced Key dari Mazda ini memiliki kelebihan yang luar biasa yaitu hanya dengan mengarahkan dan mendekatkan kunci pada mobil maka secara otomatis pintu mobil akan terbuka. Tak sampai di situ saja, Mazda juga menyematkan fitur – fitur lainnya seperti Advanced Open Closes Button yaitu fitur yang memungkinkan pengemudi untuk membuka dan menutup pintu penumpang dan bagasi secara otomatis, fitur Smart Open-closes Button dan Sun Roof.

Fitur Mazda 8   Fitur Mazda 8   Fitur Mazda 8

Tipe dan Warna Mazda 8

Fitur Mazda 8

Sama halnya dengan Mazda 6, Mazda hanya menyediakan 1 tipe pada mobil MPV kelas Premium miliknya ini. Tipe tersebut di sebut dengan Mazda 8. Oleh karena itu, perbedaan antara Mazda 8 yang satu dengan yang lainnya hanya terdapat pada pilihan warna yaitu :

  • Sparkling Black
  • Metro Grey Mica
  • Crystal White

Spesifikasi Mazda 8

Setelah kita mengetahui desain eksterior, interior, pilihan warna, fitur – fitur Mazda 8, maka ada baiknya kita mengetahui spesifikasi mobil ini lebih dalam. Untuk ulasan selengkapnya, mari simak tabel spesifikasi di bawah ini :

Spesifikasi Mobil New Mazda 8

Mesin

  • Tipe : MZR 2.3L In-Line 4 cylinders, 16 valves DOHC with sequintal  valve timing (S-VT), Variable Intake System (VIS) and Electronic Thorttle Control (ETC)
  • Isi Silinder : 2260 cc
  • Diametar x Lankah : 87,5 x 94,0 mm
  • Perbandingan Kompresi : 9.7:1
  • Daya Maksimum : 163 PS / 6500 rpm
  • Torsi Maksimum : 203 Nm / 3500 rpm
  • Sistem Bahan Bakar : Electronically controlled Fuel injection
  • Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 68.5 L
  • Transmisi : 5-speed Activematic

Dimensi

  • P x L x T : 4860 x 1850 x 1685 mm
  • Jarak Roda : 2950 mm
  • Tapak Roda Depan : 1610 mm
  • Tapak Roda Belakang : 1605 mm
  • Jarak Terendah Dengan Tanah : 155 mm
  • Minimum Jarak Radius Putar : 5.7 mm
  • Berat : 1780 kg

Suspensi / Kaki-Kaki

  • Jenis Kemudi : Rack & pinion, Electro-Hydraulic Power Assist Steering (EHPAS)
  • Rem Depan : Ventilated Disc
  • Rem Belakang : Ventilated Disc
  • Suspensi Depan : Independent MacPherson struts
  • Suspensi Belakang : Independent Multi-link
  • Ukuran Roda : 215/65R16

Interior

  • 7 “WVGA touch screen display
  • Keyless entry & ignition system
  • Air conditioning (AC)

Eksterior

  • Headlamps : Xenon HID low-beam headlights with auto leveling & auto on/ off
  • Wipers :Automatically time adjustabe with rain sensor (front), Intermittent rear wiper with washer
  • Doors : Dual Power Sliding with easy closure system & jam-safe mechanism
  • Eksterior door handles : chrome
  • Foglamps
  • Side view mirrors : Electric, with turn signal lamps, water repellent & power folding
  • Sunroof
  • Rear Combinations tail lights
  • Spoiler : roof
  • Liftgate : Power open/close with easy closure system & jam-safe mechanism

Fitur Keselamatan

  • Antilock Brake system (ABS)
  • Electronic Brake Force Distribution (EBD)
  • Emergency Brake Assist (EBA)
  • Seat belts
  • ISOFIX child-seat anchors (2nd row seats)
  • Hight-mount stop lamp
  • Side-impact door beams
  • Collapsible steering shaft & injury-minimizing brake pedal
  • Power door locks
  • Immobilizer & burgler alarm
  • Rear view parking camera
  • Parking-sensors Rear (corner & center)

 

Teknologi Mesin Mazda 8

Mazda 8 telah di tenagai dengan mesin MZR 2.3 L DOHC dengan 16 katup pada 4 silinder. Mesin mobil ini dijalankan dengan teknologi Activematic 5 transmisi speed AT, Sequintal Vlave Timing, Variabel Intake System, dan Electronic Throttle Control. Dalam hasi pengujian, tipe mesin MZR 2.3 L dengan di padukan berbagai teknologi canggih tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 163 Ps / 6.500 rpm dengan torsi maksimal mecapai 203 Nm / 3.500 rpm. Selain itu, mesin Mazda 8 termasuk mesin yang ramah lingkungan. Hal ini dapat di buktikan dari sertifikat SU-LEV di Jepang yang telah di kantonginya. Sertifikat tersebut berisikan bahwa Mazda 8 termasuk mobil yang mengurangi emisi pembuangan hingga 75% melebihi standard pada tahun 2005.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit mazda mazda 8 : 

Syarat Kredit Mazda Mazda 8

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil mazda 8 Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.