Sudah tidak perlu diragukan lagi kepopuleran Toyota Agya sejak dikenalkan pada tahun 2013 lalu sebagai salah satu mobil pilihan masyarakat di segmen Low Cost Green Car (LCGC) dengan penjualan pertamanya yang mencapai 4.172 unit. Saudara kembar Daihatsu Ayla ini telah mempertahankan pangsa pasar sebesar 30% pada 2016 lalu. Kini pada tahun 2017, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengeluarkan varian baru untuk mobil LCGC andalannya ini yang mengusung edisi facelift. Terdapat penyegaran yang dominan pada desain baik interior maupun eksterior pada Toyota Agya Facelift 2017 membuat mobil ini semakin terlihat modern dan stylish sebagai city car.

Dengan dikeluarkan versi terbaru dari Toyota Agya ini akan meramaikan segmen LCGC atau bahasa resminya Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar dan Harga Terjangkau (KBH2). Setelah sebelumnya banyak varian LCGC merek lain, seperti Suzuki Karimun Wagon R serta Honda Brio yang juga menawarkan mobil murah tetapi memilki desain yang menarik. Apabila kita bandingkan dengan dua merek rivalnya, yaitu Suzuki Karimun Wagon R dan juga Honda Brio, memang Toyota Agya memiliki bodi yang terlihat lebih kecil atau mini. Namun dengan hal itu justru menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki Agya, karena berbekal bodi yang mungil tersebut menjadikannya sangat menyenangkan ketika saat diajak melaju di jalanan perkotaan yang ramai.

Walaupun termasuk ke dalam golongan mobil low-end, Namun TAM meracik Toyota Agya dengan menyertakan unsur-unsur safety dan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpang. Selain pada sisi mesin besutan Toyota yang peformanya sudah tidak usah diragukan lagi, Agya juga dibekali dengan fitur-fitur canggih semisal dual SRS airbags, Audio DIN serta electric mirror. Tak heran jika kehadiran Toyota Agya bisa merebut hati para konsumennya, dan tidak terkecuali bagi mereka yang menginginkan berbagai hal simpel dalam menggunakan mobilnya.

Desain Toyota Agya

Berbeda dengan pendahulunya, Toyota Agya edisi facelift 2017 memiliki perubahan dari sisi desain eksterior yang membuatnya lebih memiliki gaya khas hatchback modern. Pada sisi depan Toyota Agya ini terlihat perubahan yang membuat city car ini makin sporty. Hal ini karena pada bagian depan model terbaru Toyota Agya ini sudah dilengkapi dengan Smoked Projector Headlamp dengan LED Light Guide berbentuk trapezium 6 sisi yang menambahkan kesan stylish dan modis. Selain itu, Fog Lamp terbaru dengan cahaya yang terang pun disematkan untuk memudahkan si pengemudi melihat keadaan jalan dalam berkendara baik ketika malam hari, cuaca hujan lebat maupun cuaca berkabut. Semua penambahan terbaru ini dilengkapi dengan desain grille depan yang lebar membuat lengkap kesan modern dan stylish yang ingin ditampilkan Toyota.

    

  

Tidak hanya pada sisi depan, kesan modern juga ditampilkan lewat pembaharuan sisi belakang Toyota Agya yang menghadirkan lampu belakang model baru. Ditambah dengan adanya High Mount Stop Lamp membuat rangkaian lampu belakang Toyota Agya baru ini terlihat stylish. Untuk bagian sisi samping, tidak ada perubahan signifikan dari model sebelumnya, hanya saja ada penambahan garis lurus membujur dari depan ke belakang untuk membulatkan kesan sporty masa kini.

Jika dilihat secara keseluruhan fisik, sudah bisa dipastikan Agya telah didesain dengan ukuran bodi yang compact sebagai city car yang diutamakan untuk berkendara dalam kota. Bodi Toyota Agya tidak terlalu besar namun tetap memberikan ruang kabin yang lega. Dilihat secara nyata, Toyota Agya memiliki ukuran tubuh 3600 x 1600 x 1520 mm, dengan berat kosong mencapai 180 kg. Tidak terlalu besar memang, namun karena pabrikan Toyota meracik interior sedemikian rupa adanya maka pengemudi dan penumpang pun tak akan merasa sesak saat berada di bagian dalam.

Interior Toyota Agya

Tak kalah dengan tampilan sisi luarnya, tampilan sisi dalam Toyota Agya edisi facelift juga terasa kesan modernnya dengan beberapa pembaruan dan penambahan fitur yang akan memanjakan pengendara dalam mengemudikannya. Sebagai city car pada umumnya, ruang kabin Toyota Agya yang dapat menampung 4 sampai 5 orang termasuk pengemudi dibuat lebih rapi.

Kini, dashboard pada Toyota Agya 2017 dilengkapi beragam fitur canggih yang memanjakan pengguna untuk menikmati fitur hiburan pada mobil seperti penyematan paket New Advance Entertainment lengkap dengan sistem audio berupa radio AM/FM, pemutar CD, dan pengontrol suara.

    

Untuk memudahkan pengguna mendengarkan musik kesukaan mereka, Toyota Agya menyediakan sambungan Bluetooth dan soket USB pada dashboard. Ditambah dengan pengadaan Steering Switch sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk mengontrol pemutar musik saat berkendara karena pengaturan musik bisa dilakukan lewat tombol-tombol yang tersedia di kemudi tanpa harus menekan tombol-tobol yang berada pada panel tengah dashboard. Musik yang dihasilkannya pun cukup mumpuni dengan Audio 2DIN membuat musik terdengar nyaman di kuping.

Untuk urusan jok, Toyota Agya versi terbaru ini menggunakan Semi Bucket Seat yang terbuat dari bahan kain yang lembut membuat siapapun yang duduk di atasnya nyaman. Sedangkan untuk bagian bagasi belakang, kini spesifikasi Toyota Agya telah diprogram untuk dapat memberikan daya tampung ekstra, dengan model kursi jok belakang yang bisa dilipat. Jadi meskipun mobil ini terkesan minimalis, apabila kita duduk di kabin Agya masih akan tetap terasa nyaman. Selain itu fitur AC dan power windows sudah pasti tersemat dalam mobil ini.

Warna Toyota Agya

Toyota Agya facelift 2017 menyedikan beberapa pilihan warna yang sporty seperti :

  • Yellow
  • Black
  • Grey Metallic
  • Silver Metallic
  • Red
  • White

Fitur Toyota Agya

Beralih pada fitur kenyamanan dan keamanan, Mungkin masih teringat di benak kita jika secara kualitas keamanan serta kenyamanan pengendara, Agya berhasil mendapat penilaian cukup baik di uji tabrak tingkat ASEAN. Hal itu jelas merupakan pembuktian yang nyata bahwa spesifikasi Toyota Agya dibangun dengan memiliki kualitas standar internasional.

Nilai lebih yang bisa didapat dari Toyota Agya tak lebih karena mobil ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur keamanan mumpuni, seperti misalnya dual SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan. Selain itu ada juga teknologi body structure reinforcement terbaru yang memiliki kemampuan untuk melindungi seluruh bodi Toyota Agya saat terjadi benturan. Kemudian, ada juga sabuk pengaman dengan pretensioner dan force limiter, serta jok ISOFIX yang dilengkapi jok khusus balita agar tak terhempas ketika terjadi kecelakaan.

Sedangkan untuk sistem keamanannya, Toyota Agya juga sudah didukung dengan 5 Alarm Setting. Itu untuk fitur keamanannya saja, disamping itu untuk fitur penunjang kenyamanan rupanya juga tak kalah komplit dengan dihadirkannya fitur kenyamanan kelas satu. Fitur kenyamanan pada Toyota Agya meliputi Electronic Power Steering, AC, Power Door Lock, Power Windows, dan juga Eco Model Indicator untuk memantau konsumsi bahan bakar mobil. Sedangkan pada bagian entertaintment-nya, spesifikasi Toyota Agya kedatangan fitur 2 DIN Intergrated Audio dan Multi Information Display (MID), siap menunjang kebutuhan hiburan untuk Anda di dalam kabin mobil LCGC andalan Toyota ini.

Sistem suspensi yang dimiliki Toyota Agya sudah dibekali suspensi jenis MacPherson Struts dengan pegas koil pada bagian depan, dan semi independent torsion axle beam dengan pegas koil untuk suspensi bagian belakang. Berbekal suspensi mumpuni tersebut, Toyota Agya siap dalam memberikan kenyamanan serta stabilitas tinggi saat berkendara.

Spesifikasi Toyota Agya

Dimensi

Overall Panjang / Length

3600

 

Overall Lebar / Width

1600

 

Overall Tinggi / Height

1520

 

Jarak Poros Roda / Wheelbase

2450

 

Jarak Pijak / Tread (Depan/Front)

1430

 

Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear)

1425

 

Jarak Terendah / Ground Clearance

-

 

Radius Putar / Turning Radius

-

 

Berat Kosong / Curb Weight

-

 

Sasis

Transmisi / Transmition

5 speed M/T

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 1st

3.471

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 2nd

1.960

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 3rd

1.250

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 4th

0.865

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 5th

0.707

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 6th

-

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio Reverse

3.143

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio Final

4.643

 

Suspensi Depan / Front Suspension

MacPherson Struts dengan pegas koil

 

Suspensi Belakang / Rear Suspension

Semi independent torsion axle beam dengan pegas koil

 

Rem Depan / Front Brake

Solid

 

Rem Belakang / Rear Brake

Drum 165

 

Sistem Rem Tambahan / Additional Brake System

-

 

Steering Gear

-

 

Ukuran Ban / Tires Size

155/80 R13 with steel & wheel cap

 

Mesin

Seri Mesin / Machine Serial

1KR 12

 

Tipe Mesin / Engine Type

3 Silinder sejajar, 12 katup, DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC

 

Isi Silinder / Displacement (cc)

998

 

Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm)

71.0 x 84.0

 

Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm)

65.3/6000

 

Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm)

88/3600

 

Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System

EFI

 

Bahan Bakar / Fuel

Bensin tanpa timbal

 

Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (liter)

33

 

Steering (Power Steering)


EPS

 

Teknologi Mesin Toyota Agya

Berbicara mengenai performa tentu ada hubungannya dengan ruang dapur pacu. Beberapa pandangan dari penggemar otomotif pada segmen mobil LCGC kebanyakan memang terkesan meremehkan. Hal ini didasari karena biasanya unit kendaraan LCGC hanya dibekali dengan spesifikasi mesin minimalis yang tidak terlalu tangguh. Namun pandangan tersebut mulai memudar sejak adanya Toyota Agya ini. Meskipun masih mengandalkan mesin ber-cc kecil, namun secara performanya si mungil Agya ini bisa dibilang cukup tangguh, terlebih mesin mobil besutan Toyota sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Secara keseluruhan Toyota Agya menawarkan dua varian mesin dengan kapasitas yang berbeda yaitu mesin dengan kapasitas 1.0 liter dan 1.2 liter. Beruntungnya, semua varian sudah dilengkapi dengan teknologi fuel EFI yang dapat menekan konsumsi bahan bakar sehingga membuat mesin Toyota Agya ini irit dan ramah lingkungan.

Untuk kapasitas mesin 1.0 liter, Agya dibekali tipe mesin DOHC 3 Silinder 12 Katup di mana mengusung teknologi VVT-i. Tranmisi untuk varian ini menggunakan transmisi manual 5-percepatan dengan besaran tenaga maksimum hingga 67 Ps per 6.000 rpm dan torsi 9.1 Kg.m per 4.400 rpm.

Untuk kapasitas mesin 1.2 liter, Agya dilengkapi teknologi mesin DOHC Dual VVT-i 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 88 Ps setiap putaran ke 6.000 rpm dan torsi maksimum hingga 11.0 Kg.m per putaran ke 4.200 rpm. Menariknya, kapasitas dengan mesin 1.2 liter ini dibagi menjadi beberapa varian yang bisa menjadi piihan, yaitu 1.2 G A/T, 1.2 G M/T, 1.2 TRD A/T, dan 1.2 TRD M/T. Artinya terdapat pilihan untuk transmisi manual dan automatic. Untuk versi TRD merupakan tipe tertinggi dari Toyota dengan penambahan berbagai fitur menrik seperti electric outer mirror.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit toyota agya :

Syarat Kredit Toyota Agya

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan BCA
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil agya, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.