Toyota Agya E M/T (Hatchback)

Toyota Agya

Rp112.430.000

Toyota Agya dengan ukuran compact, performa handal, dan desain yang stylish menjadikan mobil LCGC ini cocok untuk muda-mudi di perkotaan.

  • Dikenal juga sebagai Toyota Wigo, Daihatsu Ayla

Simulasi Kredit

Rp.
Uang muka minimal sebesar Rp28.107.500.
Toyota Agya E M/T (Hatchback) Tenor
12 Bulan 24 Bulan 36 Bulan 48 Bulan
Harga OTR Rp112.430.000 Rp112.430.000 Rp112.430.000 Rp112.430.000
Bayar Pertama Rp41.454.200 Rp38.865.500 Rp38.721.700 Rp38.916.100
- Uang Muka Rp28.107.500 Rp28.107.500 Rp28.107.500 Rp28.107.500
- Angsuran Pertama Rp7.243.400 Rp3.786.100 Rp2.636.100 Rp2.071.600
- Biaya Proses Pembiayaan Rp1.800.000 Rp1.800.000 Rp1.800.000 Rp1.800.000
- Biaya Asuransi Rp3.867.600 Rp4.525.400 Rp5.110.000 Rp5.658.100
- Biaya Polis Rp14.000 Rp14.000 Rp14.000 Rp14.000
- Proteksi Kredit Rp421.700 Rp632.500 Rp1.054.100 Rp1.264.900
- newCarLoan.detailPage.provision 0 0 0 0
Angsuran Rp7.243.400 Rp3.786.100 Rp2.636.100 Rp2.071.600

Fitur

  • Dikenal juga sebagai Toyota Wigo, Daihatsu Ayla

Ulasan

Saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 lalu, baik itu Toyota Agya maupun kembarannya yakni Daihatsu Ayla berhasil menjadi trendsetter di segmen Low Cost Green Car (LCGC) yang saat itu belum populer di Indonesia. Kesuksesan yang telah diraih oleh duet kembar Ayla dan Agya, membuat beberapa pabrikan mobil lainnya ikut andil dalam meramaikan segmen LCGC. Setelah kehadiran Toyota Agya dan juga Daihatsu Ayla yang mampu mencuri perhatian para pencinta mobil di tanah air, munculah beberapa varian LCGC merek lain, antara lain seperti Suzuki Karimun Wagon R serta Honda Brio. Konsep yang ingin dituangkan lewat LCGC Agya memang sangat dipahami oleh PT Astra Toyota selaku produsen mobil tersebut. Nyatanya Toyota berhasil menghadirkan sosok mobil LCGC dengan mengadopsi konsep city car yang memilki bodi compact dan cukup andal untuk dipakai di daerah perkotaan.

Apabila kita bandingkan dengan dua merek rivalnya, yaitu Suzuki Karimun Wagon R dan juga Honda Brio, memang Toyota Agya memiliki bodi yang terlihat lebih kecil atau mini. Namun dengan hal itu justru menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki Agya, karena berbekal bodi yang mungil tersebut menjadikannya sangat menyenangkan ketika saat diajak melaju di jalanan perkotaan yang ramai. Persepsi setiap orang tentang mobil LCGC yang dicap “ringkih” pun berhasil dipatahkan oleh Toyota lewat mobil LCGC andalannya ini. Ya, karena untuk seri Toyota Agya ini, PT Astra Toyota meraciknya dengan menyertakan unsur-unsur safety dan kenyamanan. Jadi, tak heran jika akhirnya Agya menjadi salah satu varian yang sangat diandalkan oleh Toyota sendiri dengan penjualan pertamanya mencapai 4.172 unit.

Selain pada sisi mesin yang cukup tangguh, Toyota juga telah membekali Agya dengan menyematkan fitur-fitur canggih semisal dual SRS airbags, Audio DIN untuk tipe E dan G, AC, ISOFIX serta electric mirror untuk tipe Toyota Agya TRD S. Bila kita bandingkan dengan Suzuki Karimun Wagon R atau kembarannya Daihatsu Ayla, memang secara umum Agya bisa dikatakan memiliki kualitas yang seimbang karena sama-sama merupakan seri kendaraan jenis LCGC. Kelebihan yang ditonjolkan Agya tentunya pada bagian bodinya yang lebih compact, dan sangat cocok untuk semua pengendara. Apalagi, dengan ditambah kinerja mesin besutan Toyota sudah tak bisa diragukan lagi. Maka tak heran jika kehadiran Toyota Agya bisa merebut hati para konsumennya, dan tidak terkecuali bagi mereka yang menginginkan berbagai hal simpel dalam menggunakan mobilnya.

Supaya lebih jelas lagi mengenai review mobil Toyota Agya, pada kesempatan kali ini akan diulas secara lengkap mengenai seluk beluk sampai harga yang ditawarkan oleh mobil keluaran Toyota tersebut. Pastinya sayang untuk Anda lewatkan begitu saja, simak pemaparan lengkapnya berikut ini.

Desain Toyota Agya

Apabila dilihat secara kasat mata, tampilan fisik dari spesifikasi Toyota Agya satu ini akan membawa kita pada sosok city car yang compact dan juga menyenangkan untuk dikendarai. Seperti tagline Toyota yaitu “Totally You” pada Agya, mobil ini sebisa mungkin memang disesuaikan dengan karakter si pengemudinya. Untuk jenis Toyota Agya tipe E dan G, tampilan eksteriornya memang terlihat serupa. Agya tipe E dan G memiliki konsep desain bodi yang tergolong rendah, tak seperti rival abadinya Suzuki Karimun Wagon R yang menjulang tinggi.

Desain Toyota Agya  Desain Toyota Agya Desain Toyota Agya

Berikutnya bagian fascia Toyota Agya tipe E dan G hadir dengan bentuk lampu utama yang cukup lebar, lalu dikombinasikan dengan panel grill aluminium yang memiliki bentuk melengkung ke bawah. Wajah Agya jenis tipe tersebut juga telah dipermanis dengan desain foglamp kecil di bagian ujung bawah yang memiliki rumah berbentuk segitiga miring. Selanjutnya berpindah ke bagian samping, Toyota Agya memiliki desain bodi samping khas Toyota dengan mengadopsi aksen bodi minimalis, dan dilengkapi oleh panel krom yang melintang pada sisi pintunya.

Desain Toyota Agya Desain Toyota Agya Desain Toyota Agya

Sementara itu, untuk Agya tipe TRD S, secara umum konsep desain bodi yang dimilikinya masih terlihat sama. Namun hanya saja pada Toyota Agya TRD S ini dilengkapi dengan tambahan unit body kit di bagian bawah, yang membuatnya memiliki tampilan lebih sporty. Selain daripada itu, Agya tipe TRD S juga dibekali dengan fitur electric outer mirror. Electric outer mirror ialah kaca pengintip atau kaca spion yang pengaturannya digerakkan secara elektrik. Fungsinya dari sistem ini hanya untuk memudahkan saja.

Selanjutnya pembahasan akan dilanjutkan pada spesifikasi Toyota Agya pada bagian dimensinya. Jika dilihat secara fisik, karena lebih menyasar pangsa pasar city car, sudah bisa dipastikan Agya telah didesain dengan ukuran bodi yang compact, tak terlalu besar namun tetap memberikan ruang kabin yang lega. Dilihat secara nyata, Toyota Agya memiliki ukuran tubuh 3600 x 1600 x 1520 mm, dengan berat kosong mencapai 180 kg. Tidak terlalu besar memang, namun karena pabrikan Toyota meracik interior sedemikian rupa adanya maka pengemudi dan penumpang pun tak akan merasa sesak saat berada di bagian dalam.

Disamping itu, dengan dimensi tersebut Toyota Agya sangat pas untuk diajak jalan-jalan di daerah perkotaan ataupun untuk aktivitas yang membutuhkan mobilitas tinggi. Sedangkan apabila kita melihat pada jarak ground clearance yang dimilikinya, Toyota Agya sebenarnya kurang cocok untuk diajak bermanuver di luar kota yang cenderung memiliki kontur tanah tidak rata. Meski kenyataannya seperti itu, si mungil Agya ini tetap bisa diandalkan saat Anda melaju di daerah-daerah karena dibekali dengan sasis yang kokoh dan suspensi mantap.

Berpindah ke bagian buritan, ketiga tipe dari Toyota Agya ini sebenarnya memiliki konsep desain bagian belakang yang sama. Buritan Agya masing-masing jenis dan tipe tampil dengan sentuhan gaya minimalis lewat lampu utama yang berbentuk tegak. Kecuali pada tipe TRD S, konsep buritan Agya memang nampak seperti kosong dan tak terlalu ramai dengan penambahan aksen aksesoris. Desain kaca yang lebih berbentuk persegi panjang nan melengkung pun berpadu cantik dengan konsep bodi pada spesifikasi Toyota Agya yang berbentuk elips.

 

Interior Toyota Agya

Interior Toyota Agya

Setelah puas mengulas tuntas spesifikasi sisi di bagian eksterior, kini kita akan mengalihkan fokus dan membahas pada spesifikasi Toyota Agya untuk bagian interiornya. Pada umumnya sebagai kendaraan yang mengusung segmen LCGC, untuk fitur interior akan dipangkas sedemikian rupa agar dapat menekan biaya produksi. Namun faktanya Toyota ternyata tak terlalu mengorbankan sisi fitur interior di mana pada si mungil Agya ini masih memiliki desain interior yang tidak terlalu mengecewakan bagi para penggunanya.

Kita mulai dengan membahas pada bagian dashboard, bagian pusat kendali Toyota Agya ini nyatanya didominasi oleh warna hitam dan juga silver. Pilihan cluster dengan aksen silver akan semakin menambah tampilan interior Toyota Agya menjadi lebih menawan. Kemudian, pada bagian setir kemudinya dirancang dengan tidak terlalu banyak membubuhi panel, layaknya mobil SUV atau mobil lainnya dengan desain yang juga tidak terlalu mencolok.

Sama seperti mobil bersegmen LCGC umumnya, dashboard Toyota Agya juga hanya dilengkapi dengan fitur panel Audio, AC, serta tombol power windows. Satu kelebihan baru yang terdapat pada Agya adalah, ternyata Toyota telah membekali mobil LCGC ini dengan passenger seat model terbaru. Bangku penumpang Toyota Agya, kini sudah menggunakan jok model ISOFIX untuk memberikan kenyamanan serta keamanan bagi para penumpang yang hendak membawa bayi.

Sedangkan untuk bagian bagasi belakang, kini spesifikasi Toyota Agya telah diprogram untuk dapat memberikan daya tampung ekstra, dengan model kursi jok belakang yang bisa dilipat. Jadi meskipun mobil ini terkesan minimalis, apabila kita duduk di kabin Agya masih akan tetap terasa nyaman.

Sistem suspensi yang dimiliki Toyota Agya sudah dibekali suspensi jenis MacPherson Struts dengan pegas koil pada bagian depan, dan Semi independent torsion axle beam dengan pegas koil untuk suspensi bagian belakang. Berbekal suspensi mumpuni tersebut, Toyota Agya siap dalam memberikan kenyamanan serta stabilitas tinggi saat berkendara.

Ada sedikit perbedaan akan Anda temui pada bagian kaki-kakinya. Untuk Agya tipe E, Toyota mengaplikasikan velg ring 13 inci yang dibalut oleh ban berukuran 155/80. Sementara spesifikasi Toyota Agya tipe G dan TRD S dibekali dengan velg jenis alloy wheel 14 inci yang dibalut oleh ban berukuran 175/65.

Warna Toyota Agya

Warna Toyota Agya

Toyota Agya menyedikan beberapa pilihan warna yang sporty seperti :

  • Black
  • Blue Metallic
  • Grey Metallic
  • Silver Metallic
  • White 

Fitur Toyota Agya

Beralih pada fitur kenyamanan dan keamanan, Mungkin masih teringat di benak kita jika secara kualitas keamanan serta kenyamanan pengendara, Agya berhasil mendapat penilaian cukup baik di uji tabrak tingkat ASEAN. Hal itu jelas merupakan pembuktian yang nyata bahwa spesifikasi Toyota Agya dibangun dengan memiliki kualitas standar internasional.

Fitur Toyota Agya Fitur Toyota Agya Fitur Toyota Agya

Nilai lebih yang bisa didapat dari Toyota Agya tak lebih karena mobil ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur keamanan mumpuni, seperti misalnya dual SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan. Selain itu ada juga teknologi body structure reinforcement terbaru yang memiliki kemampuan untuk melindungi seluruh bodi Toyota Agya saat terjadi benturan. Kemudian, ada juga sabuk pengaman dengan pretensioner dan force limiter, serta jok ISOFIX yang dilengkapi jok khusus balita agar tak terhempas ketika terjadi kecelakaan.

Fitur Toyota Agya Fitur Toyota Agya Fitur Toyota Agya

Sedangkan untuk sistem keamanannya, Toyota Agya juga sudah didukung dengan 5 Alarm Setting. Itu untuk fitur keamanannya saja, disamping itu untuk fitur penunjang kenyamanan rupanya juga tak kalah komplit dengan dihadirkannya fitur kenyamanan kelas satu. Fitur kenyamanan pada Toyota Agya meliputi Electronic Power Steering, AC, Power Door Lock, Power Windows, dan juga Eco Model Indicator untuk memantau konsumsi bahan bakar mobil. Sedangkan pada bagian entertaintment-nya, spesifikasi Toyota Agya kedatangan fitur 2 DIN Intergrated Audio dan Multi Information Display (MID), siap menunjang kebutuhan hiburan untuk Anda di dalam kabin mobil LCGC andalan Toyota ini.

Spesifikasi Toyota Agya

Dimensi

Overall Panjang / Length

3600

 

Overall Lebar / Width

1600

 

Overall Tinggi / Height

1520

 

Jarak Poros Roda / Wheelbase

2450

 

Jarak Pijak / Tread (Depan/Front)

1430

 

Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear)

1425

 

Jarak Terendah / Ground Clearance

-

 

Radius Putar / Turning Radius

-

 

Berat Kosong / Curb Weight

-

 

 

Sasis

Transmisi / Transmition

5 speed M/T

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 1st

3.471

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 2nd

1.960

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 3rd

1.250

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 4th

0.865

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 5th

0.707

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 6th

-

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio Reverse

3.143

 

Perbandingan Gigi / Gear Ratio Final

4.643

 

Suspensi Depan / Front Suspension

MacPherson Struts dengan pegas koil

 

Suspensi Belakang / Rear Suspension

Semi independent torsion axle beam dengan pegas koil

 

Rem Depan / Front Brake

Solid

 

Rem Belakang / Rear Brake

Drum 165

 

Sistem Rem Tambahan / Additional Brake System

-

 

Steering Gear

-

 

Ukuran Ban / Tires Size

155/80 R13 with steel & wheel cap

 

 

Mesin

Seri Mesin / Machine Serial

1KR 12

 

Tipe Mesin / Engine Type

3 Silinder sejajar, 12 katup, DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC

 

Isi Silinder / Displacement (cc)

998

 

Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm)

71.0 x 84.0

 

Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm)

65.3/6000

 

Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm)

88/3600

 

Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System

EFI

 

Bahan Bakar / Fuel

Bensin tanpa timbal

 

Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (liter)

33

 

Steering (Power Steering)


EPS

 

Teknologi Mesin Toyota Agya

Tiba waktunya untuk membahas spesifikasi Toyota Agya pada bagian performanya. Berbicara mengenai performa tentu ada hubungannya dengan ruang dapur pacu. Beberapa pandangan dari penggemar otomotif pada segmen mobil LCGC kebanyakan memang terkesan meremehkan. Hal ini didasari karena biasanya unit kendaraan LCGC hanya dibekali dengan spesifikasi mesin minimalis yang tidak terlalu tangguh. Namun pandangan tersebut mulai memudar sejak adanya Toyota Agya ini. Meskipun masih mengandalkan mesin ber-cc kecil, namun secara performanya si mungil Agya ini bisa dibilang cukup tangguh.

Saat ini, dalam ruang dapur pacu Agya disematkan mesin Toyota seri 1KR 12. Mesin tersebut merupakan mesin DOHC 3 silinder sejajar dengan 12 katup. Mesin Toyota Agya ini memiliki kapasitas silinder 998 cc yang mampu menyalurkan daya maksimal sebesar 65.3 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara itu untuk bagian torsinya adalah sebesar 88 kgm pada 3.600 rpm. Untuk ukuran jenis mobil LCGC, mesin Toyota Agya ini merupakan salah satu yang paling tangguh di kelasnya.

Apalagi, Toyota telah menggunakan mesin jenis EFI yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien. Jadi, meski kelasnya hanya berada disegmen LCGC, namun spesifikasi Toyota Agya pada bagian ruang dapur pacu dibekali dengan mesin yang cukup tangguh dan tentunya irit dalam hal konsumsi bahan bakar.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit toyota agya :

Syarat Kredit Toyota Agya

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan BCA
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil agya, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Toyota Agya
Toyota Agya
  • Dikenal juga sebagai Toyota Wigo, Daihatsu Ayla