Review All New Honda Supra GTR 150

Honda merupakan salah satu produsen sepeda motor terlaris di Indonesia maupun di dunia. pabrikan asal Jepang ini terkenal dengan sistem suplay bahan bakar yang sangat efisien. Baik di segmen motor sport, bebek, maupun matic, Honda selalu menjadi pabrikan sepeda motor teririt. Dengan kemampuannya yang mampu menghemat konsumsi bahan bakar, banyak pecinta kuda besi yang menyukai pabrikan yang satu ini.

Seperti yang kita ketahui, hingga saat ini banyak pabrikan sepeda motor yang meluncurkan produk – produk andalan mereka terutama pada segmen sepeda motor bebek. Sejak awal tahun 2016 ini, banyak rumor yang tersebar luas tentang perencanaan Honda untuk merilis sepeda motor bebek kelas 150 cc yang merupakan generasi penerus dari Honda Supra X. Alhasil dengan adanya rumor tersebut, maka banyak para pecinta otomotif yang meramalkan bahwa generasi penerus ini dengan nama Honda Supra X 150 cc. Seiring berjalannya waktu, rumor tersebut menjadi kenyataan. Pada tanggal 24 Mei 2016 silam di Cisarua, Bogor, Honda resmi meluncurkan sepeda motor bebek kelas 150 cc. Akan tetapi, prediksi pecinta sepeda motor Indonesia sedikit meleset, karena Honda memberi nama sepeda motor bebek kelas 150 cc nya ini dengan nama Honda Supra GTR 150.

Sejak peluncurannya, Honda Supra GTR 150 mendapatkan respon positif dari masyarakat banyak. Hal ini tak lepas dari brand name yang di bawa sepeda motor ini yaitu Supra. Dengan nama besar Honda Supra, generasi terbaru kelas 150 cc ini di prediksi akan mendapatkan keuntungan yang sama bahkan melebihi generasi pendahulunya. Tak heran jika Honda selalu memberikan inovasi demi inovasi pada produk sepeda motor dengan brand Supra ini. Sejak generasi pertamanya diluncurkan, Honda Supra selalu mendapatkan respon positif dari banyak orang. Setelah meraup kesuksesan pada kelas motor bebek 100 cc dan 125 cc, kini Honda Supra hadir dengan kapasitas jantung pacu yang lebih besar dan tangguh yaitu pada kelas 150 cc.

Sebagai sepeda motor kelas 150 cc, Honda Supra GTR 150 hadir sebagai pesaing utama dari Yamaha Jupiter MX. Sepeda motor bebek ini di klaim memiliki kemampuan yang sangat tangguh. Tak hanya itu, Honda Supra GTR 150 memiliki desain yang elegant dan sangat menawan. Untuk mengenal sepeda motor besutan Honda ini, mari simak ulasan berikut ini :

Desain All New Honda Supra GTR 150

Pertama – tama kita lihat bagian sepeda motor kelas 150 cc milik Honda ini. Kata – kata yang tepat untuk menggambarkan desain eksterior milik Honda GTR 150 ini adalah “Perawakan Agresif nan Elegan”. Hal ini diperkuat pula dengan adanya lekukan – lekukan tajam yang mempertegas aura jiwa lelaki. Selain itu, lekukan – lekukan tajam, Honda Supra GTR 150 memiliki body yang ramping dan terlihat lebih stylish. Jika di lihat dari tampil depan, Honda Supra GTR 150 tampil sangat gagah dengan adanya lampu utama berteknologi LED bertipe Dual Layer Multi-Reflection Led Headlight. Lampu utama milik sepeda motor bebek kelas 150 cc miik Honda ini di desain hampir menyerupai headlamp milik Honda CB 150R Streetfire.

Untuk lampu sein, Honda menggunakan lampu sein yang terpisah dari headlamp dengan ukuran yang cukup besar. Lampu sein milik Honda GTR 150 ini menggunakan lampu bohlam. Akan tetapi, sangat di sayangkan sekali Honda Supra GTR 150 tidak memiliki ruang bagasi karena ruang bagasi yang biasanya terdapat pada bagian bawah jok telah di alih fungsikan untuk tempat filter udara. Beralih ke desain body belakang. Bodi belakang Honda Supra GTR 150 di lengkapi dengan lampu belakang dan lampu sein yang di desain menyatu. Jenis lampu belakang sepeda motor bebek 150 cc ini masih menggunakan bohlam halogen. Secara keseluruhan, desain lampu belakang Honda Supra GTR 150 terlihat lebih elegan dan sporty.

Beralih kebagian panel indikator. Honda telah menyematkan sistem analog dan digital untuk sepeda motor kelas 150 cc miliknya ini. Secara keseluruhan tampilan Speedometer Honda Supra GTR 150 terlihat lebih eksklusif, segar dan sporty. Hal ini dapat kita lihat dari desainnya yang mana Honda memadukan indikator analog dan indikator digital. Indikator analog tersebut akan memberikan petunjuk yang lebih jelas pada takometer, sedangkan untuk indikator digital akan memberikan informasi berupa Speedometer, Odometer, Tripmeter, Fuel Meter, dan Gear Position. Dengan perpaduan tersebut tampilan panel indikator Honda Supra GTR 150 lebih modern, stylish dan informatif.

Dimensi dan Kaki - Kaki All New Honda Supra GTR 150

Sebagai sepeda motor kelas 150 cc, Honda Supra GTR 150 hadir dengan dimensi yang lebih ramping sehingga menghasilkan kesan yang lebih agresif dan elegan. Sepeda motor kelas 150 cc milik Honda ini memiliki panjang mencapai 2.250 mm, lebar 725 mm, dan 1.102 mm. Dengan ukuran yang cukup ramping dikelasnya, Honda Supra GTR 150 hanya memiliki bobot sebesar 119 kg. Selain itu, ketinggian jok Honda Supra GTR 150 hanya 780 mm, hal ini di sesuaikan dengan postur tubuh masyarakat Indonesia. Dari ukuran dimensi, bobot dan ketinggian jok tersebut dapat disimpulkan bahwa sepeda motor kelas 150 cc milik Honda ini sangat mudah di kendalikan meskipun pada berbagai medan jalan yang sangat terjal sekalipun.

Selain itu, Honda membangun sepeda motor kelas 150 cc miliknya ini dengan rangka Twin Tube Steel sehingga sepeda motor besutan Honda ini di nilai lebih agresfi, gesit, aerodinamis dan lincin bagaikan belut. Untuk meningkatkan kestabilan laju kendaraan ketika di kendarai, Honda turut merancang jarak sumbu roda sepeda motor miliknya ini mencapai 1.284 mm sehingga setiap pengguna akan merasakan kenyamanan tingkat tinggi ketika melakukan manuver pada berbagai medan jalan. Untuk kapasitas tangki, Honda Supra GTR 150 mampu menampung bahan bakar sebanyak 4.5 liter.

Untuk memperkuat sepeda motor ini dalam mengarungi berbagai medan jalan, Honda Supra GTR 150 hadir dengan suspensi yang kokoh. Untuk suspensi depan, Honda Supra GTR 150 menggunakan suspensi dengan tipe Teleskopik. Suspensi ini menggunakan as yang memiliki diameter 31 mm dan memiliki jarak genjotan mencapai 90 mm. Jika kita bandingkan dengan suspensi sepeda motor milik Honda lainnya, ukuran suspensi Honda Supra GTR 150 sama persis dengan suspensi depan milik Honda CB 150 R. Sementara itu, untuk suspensi belakang, Honda menyematkan suspensi dengan tipe Mono Shock without link yang mana suspensi ini lebih dikenal dengan nama lengan ayun suspensi tunggal. Suspensi ini mampu menghasilkan genjotan mencapai 13,5 mm. Berbekal kedua suspensi tersebut, Honda Supra GTR 150 semakin stabil ketika sendirian maupun berdua.

Pada sektor kaki – kaki, Honda Supra GTR 150 menggunakan velg palang Y. Sekilas velg ini terlihat sama dengan velg milik Honda Sonic 150R. Untuk bagian depan, Honda membalut velg yang berukuran 1,85 x 17 mm ini dengan ban tubeless berukuran 90/80-17. Sedangkan untuk ban belakang, Honda menggunakan velg 3.50 mm yang telah di balut dengan ban tubeless berukuran  120/70-17. Honda juga menerapkan sistem pengereman yang menggunakan Cakram Hidrolik yang memiliki kaliper Piston untuk pengereman depan dan belakang. Dinilai dari spesifikasi pada point ini, Honda Supra GTR 150 termasuk sebagai salah satu sepeda motor bebek yang tangguh bahkan dapat mencapai kelas motor sport.

Warna All New Honda Supra GTR 150

Honda Supra GTR 150 Sporty hadir dengan 2 pilihan warna yaitu :

  • Cruiser White
  • Spartan Red

Fitur All New Honda Supra GTR 150

Fitur – fitur yang terdapat pada Honda Supra GTR 150 cukup lengkap. Untuk fitur kenyamanan Honda menyematkan Speedomeer with panel analog dan panel digital, Start Electric & Kick Starter, dan penyimpanan Tool Kit & Buku Service. Sedangkan di sektor keamanan, Honda Supra GTR 150 dilengkapi dengan Disc Brake pada ban depan dan ban belakang dan Headlamp LED. Dengan demikian, setiap pengendara yang menunggangi kuda besi besutan Honda ini akan merasakan pengalaman yang berbeda.

Tipe / Jenis All New Honda Supra GTR 150

Sepeda motor Honda Supra GTR 150 hadir dengan 2 pilihan tipe yang mana ke dua tipe ini tak memiliki banyak perbedaan yang artinya setiap tipe Honda Supra GTR 150 hanya memiliki sedikit perbedaan. Ke dua tipe Honda Supra GTR 150 tersebut yaitu Honda Supra GTR 150 Sporty dan Honda Supra GTR 150 Exclusive. Perbedaan – perbedaan ke dua tipe Honda Supra GTR 150 ini terlihat jelas pada pilihan warna yang mana masing – masing tipe memiliki 2 pilihan warna. Untuk tipe Sproty tersedia pilihan warna Spartan Red dan Cruiser White, sedangkan tipe Exclusive tersedia 2 pilihan warna Grande Blue dan Gun Black. Perbedaan tipe – tipe Honda Supra GTR 150 ini turut mempengaruhi harga setiap tipe nya. Untuk mengetahui harga – harga Honda Supra GTR 150 akan kami jelaskan pada akhir tulisan ini. Selengkapnya mengenai perbedaan tipe – tipe Honda Supra GTR 150 dapat di lihat pada tabel perbedaan di bawah ini :

Perbedaan Tipe – tipe Honda Supra GTR 150

Pembeda

Tipe

Sporty

Exclusive

Warna

Spartan Red & Cruiser White

Grande Blue & Gun Black

 

Spesifikasi All New Honda Supra GTR 150

Untuk menganal sepeda motor bebek kelas 150 milik Honda ini lebih jauh lagi, mari kita simak lebih dalam spesifikasi yang di bawanya pada tabel berikut ini :

Spesifikasi Honda Supra GTR 150

Dimensi

Panjang X Lebar X Tinggi

2025 x 725 x 1102 mm

Jarak Sumbu

1284 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

150 mm

Tinggi Jok

780 mm

Radius Putar

1900 mm

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

4.5 liter

Berat Kosong

119 kg

Mesin

Tipe Mesin

4 langkah DOHC 4 katup

Volume Silinder

149,16 cc

Bore X Stroke

57,3 x 57,8 mm

Kompresi

11.3 : 1

Daya Maksimal

15,74 dk (11,6 kW)/9.000 rpm

Torsi Maksimal

13,5 Nm/6.500 rpm

Sistem Suplai Bahan Bakar

PGM-FI

Sistem Pendinginan Mesin

Liquid Cooled With Auto Fan

Kopling

wet multiple with coil spring

Gigi Transmisi

6 – Speed Manual

Pola Gigi

(1-N-2-3-4-5-6)

Sistem Start

Electric and Kick Starter

Sistem Pengapian

full transistor

Sistem Pelumasan

Basah

Kapasitas Oli Mesin

1.1 Liter (Periodik)

Rangka

Tipe Rangka

Twin Tube Steel

Tipe Suspensi Depan

teleskopik

Tipe Suspensi Belakang

Lengan ayun dengan Monoshock

Rem Depan

hidraulic disc

Rem Belakang

hidraulic disc

Ukuran Ban Depan

90/80-17 46P (Tubeless)

Ukuran Ban Belakang

120/70-17 58P (Tubeless)

Kelistrikan

Tipe Pengapian

Full Transistor

Tipe Baterai

MF 12 V, 5.0 Ah

Tipe Busi

NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9

 

Teknologi Mesin All New Honda Supra GTR 150

Jika kita lihat dari tampilannya, Honda Supra GTR 150 hadir sebagai sepeda motor bebek kelas 150 yang benar – benar unik dan berbeda. Tak tertinggal pula teknologi mesin. Untuk sektor jantung pacu, Honda Supra GTR 150 menggunakan mesin terbaru yaitu DOHC 4 katup yang beroperasi dengan menggunakan transmisi manual 6 speed. Pola pertukaran gigi di padukan dengan kopling Wet Multiplate with Coil Springs. Di samping itu, Honda Supra GTR 150 menggunakan sistem pengapian Full-Transistor. Sistem pengapian milik Honda ini di kalim mampu menghasilkan kompresi pembakaran mencapai 11.3 : 1.

Dalam suatu test drive, jantung pacu milik Honda Supra GTR 150 mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,6 kW (15,9 Ps) per putaran mesin 9.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 13,5 Nm per putaran mesin 6.500 rpm. Selain itu, tenaga yang dihasilkan tersebut semakin agresif dan responsif berkat sistem pelumasan basah yang di milikinya. Dengan tenaga yang kuat serta mampu mencapai kecepatan yang lebih agresif, Honda Supra GTR 150 mengandalkan sistem pendingin Liquid Cooled with Auto Fan yang di padukan dengan sistem supplay BBM PGM-FI (Injeksi) with Throttle Body 30 mm & Injector 8 Lubang. Spesifikasi tersebut akan bekerjasama dan berkoordinasi untuk menjadikan sepeda motor bebek kelas 150 cc ini lebih irit namun tetap bertenaga.