Honda Scoopy merupakan sekuter matic dengan gaya retro yang trendy yang dikemas dengan model sporty dan masa kini. Honda Scoopy telah menjadi icon motor matic bergaya retro sejak pertama kali diluncurkan oleh Honda pada tahun 2013, hal ini juga menjadi trobosan terbaru bagi Honda menciptakan sekuter matic yang semestinya. Sekuter matic bergaya retro tampilan versi sebelumnya tampilan layaknya vespa dengan sekuter matic masa kini tidak jauh berbeda, pasalnya jika dulu motor matic masih menggunakan rem pada kaki dan tangan kini motor matic hanya menggunakan rem pada tangan, rem kiri untuk belakang dan rem kanan untuk depan.

 

Desain Honda Scoopy FI Playful ESP

Scoopy versi eSP tetap mempertahankan desain klasik yang memang menjadi daya jual motor ini. Honda Scoopy eSP 2015 mengusung desain headlamp baru yang nampak lebih elegan. Sementara itu, sektor depan Scoopy sSP juga dipermanis dengan bentuk lampu sein berbentuk melengkung di tiap ujung sayapnya. Perubahan pada Honda Scoopy eSP ini memang tak terlalu signifikan. Sekilas, Scoopy eSP memang sangat identik dengan saudara tuanya yaitu Scoopy FI. Perbedaan yang paling mencolok adalah penggunaan desain stripping baru yang lebih fresh pada sekujur tubuh Honda Scoopy eSP ini. Tema striping pada Scoopy eSP sesndiri dibagi menjadi dua tema. Tema yang pertama adalah Sporty dengan desain logo ‘Scoopy’ berukuran besar yang melekat pada bodi samping. Honda Scoopy Sporty juga memiliki warna yang lebih colorful sehingga sangat cocok buat Brosis Sena yang berjiwa muda. Sedangkan spesifikasi Honda Scoopy eSP yang kedua adalah versi Stylish. Versi Stylish ini memiliki tampilan lebih kalem jika dibandingkan dengan tipe Sporty. Penggunaan font Latin pada logo ‘Scoopy’ memberikan kesan elegan pada tipe ini.

 

Warna Honda Scoopy FI Playful ESP

Honda Scoopy FI Sporty ESP terdiri dari 4 varian warna yaitu: merah, putih, merah-hitam dan biru.

 

 

 

Fitur Honda Scoopy FI Playful ESP

Teknologi yang ada pada Honda Scoopy kini berteknologi mesin injection, dimana mesin akan semakin menunjukan performa yang lebih setiap mulai dinyalakan. Dengan fitur ini, mesin memberikan performa terbaik dalam setiap perjalanan, baik jarak dekat maupun jauh hal ini juga yang mendasari Honda memberikan fitur yang selalu melindungi mesin dari kepanasan mesin akibat menempuh jarak yang jauh.

  1. Fuel Injection Honda Scoopy FI Playful ESP
    Saat ini perkembangan teknologi fuel injection telah semakin meluas ke beberapa tipe motor dari berbagai brand sepeda motor, termasuk untuk katagori motor matic. Honda menerapkan teknologi ini pada mesin motor matic Honda Scoopy, dengan keunikan yang dimiliki Honda Scoopy yang bergaya retro masa kini membuat motor matic ini menjadi lebih baik dengan berforma yang luar biasa. Teknologi fuel injectiion ini membuat mesin menghemat bahan bakar pada pembakaran yang terjadi saat mesin dijalankan, sehingga meminimalkan penggunaan bahan bakar akibat mesin yang panas dan membuat motor semakin responsif. Teknologi fuel injection ini juga bisa dikatakan ramah lingkungan, sebab karena pembakaran yang minim dan mengurangi pemakaian bahan bakar ini, emisi pada gas buangan juga menjadi berkurang. Kinerja pada mesin juga terjaga dan teratur sehingga gangguan saat berkendara pada mesinpun akan terhindarkan.
    Keunggulan lainnya dari mesin Injeksi yaitu:
    • Mesin menjadi lebih bertenaga dan lebih optimal.
    • Menghemat bahan bakar hingga 30%.
    • Perawatan pada motor juga akan lebih mudah dan praktis.
    • Ramah lingkungan.
    • Mesin akan awet dengan bahan bakar berjenis Premium.
  2. Mesin SOHC
    SOHC adalah Single OverHead Camshaft yaitu mesin yang hanya menggunakan satu Camshaft saja. Hal ini dikarenakan terdapat dua Camshaft pada setiap katup yang terdapat di setiap silinder sebagai penghisap campuran udara bahan bakar yang akan dialirkan ke dalam ruang bakar pada katup yang berfungsi untuk menghisap sisa pembakaran ke knalpot.
    Dengan mengaplikasikan mesin SOHC ini, akan membuat mesin tetap stabil saat berkendara meskipun dengan jarak yang jauh sekalipun. Dengan performa yang sama akan tetap optimal dalam berkendara. Dengan mesin SOHC ini Honda Scoopy semakin tak tertandingi dengan fitur pendukung lainnya.
  3. Secure Key Shutter
    Keamanan menjadi prioritas utama untuk beberapa pengendara dalam memarkir kendaraan mereka, begitu juga dengan sepeda motor. Sepeda motor yang riskan untuk di curi di beberapa tempat saat di parkir menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi pengendara, untuk itu perlu adanya keamanan ganda agar tidak terjadi kehilangan saat motor sedang terparkir. Dengan adanya fitur secure key shutter pada Honda Scoopy, mengunci mendaraan memerlukan magnet untuk membuka kunci ganda yang terdapat pada kunci utama.
    Dengan menyeimbangkan kebutuhan pengendara, teknologi secure key shutter ini terus diperbahaui sehingga memberikan kualitas keamanan yang terbaik untuk pada rider. Fitur keamanan ini juga dilengkapi dengan glow in the dark, sehingga mempermudah untuk pengendara yang memarkir di kegelapan.

 

Spesifikasi Honda Scoopy FI Playful ESP

Pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Honda Scoopy eSP ini, Honda memang masih menggunakan mesin yang berkapasitas sama degan Scoopy FI. Honda tetap mengandalkan mesin 4-stroke SOHC berkapasitas 108cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,52 PS pada 8,68 Nm. Mesin pada Honda Scoopy eSP tersebut juga memiliki rasio kompresi pembakaran 9,2:1. Tenaga tersebut dihasilkan oleh transmisi otomatis V-matic yang memiliki keunggulan karena mampu menyalurkan power secara lebih halus dan maksimal. Meski mesinnya sama, Honda Scoopy eSP memiliki teknologi berbeda dengan Scoopy FI. Masih menggunakan sistem suplai bahan bakar Programmable Fuel Injection (PGMF-I), Honda menyempurnakan teknologi pada Honda Scoopy eSP dengan menyematkan teknologi Enhanced Smart Power atau eSP. Teknologi eSP pada Scoopy generasi terbaru ini akan membuat motor ini lebih irit namun tetap kencang. Dengan penggunaan teknologi eSP pada spesifikasi Honda Scoopy eSP di sektor dapur pacu, konsumsi bahan bakar ini menjadi lebih irit dengan perhitungan 1/61,9. Sementara itu, skuter matik ini juga mampu berakselerasi menempuh jarak 200 meter dalam 12,98 detik saja dengan kecepatan maksimal 91,6 km/jam.

 

Mesin Honda Scoopy FI Playful ESP

Mesin

Tipe Mesin

:

4 langkah, SOHC

Kelas

:

110

Volume Silinder

:

108 cc

Diameter x Langkah

:

50 x 55 mm

Perbandingan Kompresi

:

9.2 : 1

Daya Maksimum

:

 6.27 kW (8.52 PS) / 8.000 rpm

Torsi Maksimum

:

 8.68 N.m (0.89 kgf.m) / 6.500 rpm

Sistem Starter

:

Pedal dan elektrik

Kapasitas oli mesin

:

 0.7 liter pada penggantian periodik

Tipe kopling

:

Otomatis, Sentrifugal, Tipe kering

Tipe transmisi

:

 Otomatis, V-Matic

Pola pengoperasian transmisi

:

Otomatis

Rangka

Tipe Rangka

:

Tulang punggung

Suspensi Depan

:

Teleskopik

Suspensi Belakang

:

Lengan ayun dengan suspensi tunggal

Ban depan

:

80/90 – 14 M/C 40P

Ban belakang

:

90/90 – 14 M/C 46P

Rem depan

:

Cakram hidrolik dengan piston tunggal

Rem belakang

:

Tromol

Dimensi

P xLxT

:

 1.856 x 694 x 1.060 mm

Jarak Sumbu Roda

:

 1.256 mm

Jarak Terendah dengan tanah

:

140 mm

Berat isi

:

 96 kg

Kapsitas Tangki

:

3.7 liter

Kelistrikan

Sistem pengapian

:

Full Transisterized, Baterai

Baterai

:

 MF battery, 12 V – 3 Ah

Tipe busi

:

 NGK CPR9EA-9 / DENSO U27EPR9

 

 

Tipe Motor

Perbedaan

Honda New Scoopy FI

Perbedaan dapat dilihat pada bentuk headlight model projector dengan bohlam halogen. Penerangan bergaya modern retro ini dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang dari lampu konvensional lainnya serta sorot lampu yang lebih terfokus.

Honda Scoopy FI Sporty ESP

Honda Scoopy eSP 2015 mengusung desain headlamp baru yang nampak lebih elegan. Sementara itu, sektor depan Scoopy sSP juga dipermanis dengan bentuk lampu sein berbentuk melengkung di tiap ujung sayapnya

Honda Scoopy FI Stylish ESP

Tidak berbeda jauh dengan varian sporty, varian Honda Scoopy Stylist memiliki gaya yang lebih klasik dengan desain yang tak kalah keren untuk para anak muda.

 

Syarat Kredit Honda Scoopy FI Playful ESP

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mengajukan kredit Honda Scoopy FI Sporty ESP

Kredit Perorangan:

  • Fotocopy KTP pemohon & suami / istri / penjamin
  • Fotocopy kartu keluarga (bisa digantikan dengan surat nikah atau akte kelahiran)
  • Data lain (hanya jika diperlukan)

Kredit Perusahaan

  • Fotocopy akte pendirian & perubahannya
  • Fotocopy pengesahan kehakiman
  • Fotocopy SIUP, NPWP, SITU / Domisili, TDP
  • Fotocopy Rek. Koran 3 bulan terakhir
  • Fotocopy KTP direksi & komisaris