Bicara mengenai brand motor Jepang, rasanya kita tidak bisa melewatkan nama Kawasaki. Kawasaki adalah salah satu produsen motor ternama dari Jepang yang sudah masuk cukup lama di Indonesia. Hadir lewat berbagai jajaran produk terbaik dan terus melakukan inovasi produk, Kawasaki sudan menempatkan diri mereka sebagai salah satu brand sepeda motor terbaik di telinga masyarakat Indonesia. Di tahun 2017, Kawasaki Z900 RS muncul sebagai angin segar untuk para pecinta sport bike retro.

Berbeda dengan Kawasaki Z900 yang mengusung konsep desain Sugomi yang modern, Kawasaki Z900 RS sekilas mengingatkan kita pada pendahulunya yaitu Kawasaki Z1. Di era tahun 70-80 an  motor tersebut merupakan salah satu motor dengan desain yang menarik sehingga laku di berbagai belahan dunia. Hal ini juga terlihat pada Z900 RS dimana motor ini hadir dengan konsep retro yang kental. Selain konsep retro yang terasa, motor ini juga tetap terlihat stylish dengan bodi yang kokoh dan garis desain yang modern. Z900 RS memiliki 2 pilihan desain yang berbeda yaitu versi standar dan Cafe Racer. Perbedaannya adalah untuk tipe Cafe Racer memiliki desain yang lebih mencolok dengan tambahan fairing serta dengan desain headlamp dan jok belakang yang dibuat ala motor racing.

Kawasaki Z900 RS memiliki sektor mesin yang cukup mumpuni seperti pendahulunya yaitu ZR900, sehingga spesifikasi mesin yang dibawanya juga sama. Memiliki mesin 948 cc DOHC dengan 4 silinder dan teknologi pendingin liquid cooling membuat mesin Z900 RS cukup mumpuni untuk dibawa jalan-jalan setiap saat.

Bagi kamu pecinta sport bike retro, Kawasaki Z900 RS dengan harga Rp 270 jutaan ini bisa kamu jadikan pilihan untuk menemai perjalananmu setiap hari. Walaupun harganya cukup mahal, motor ini menawarkan performa mesin terbaik, fitur riding mode,dan desain retro yang bisa membuat semua mata memandang ketika dibawa berkendara di jalanan.

Desain Kawasaki Z900 RS

Kawasaki Z900 RS memiliki konsep desain sport bike retro yang memang sangat kental dan mirip dengan pendahulunya yaitu Kawasaki Z1. Namun kesan retro disini tidak membuat motor ini kalah stylish dengan motor-motor zaman sekarang. Garis desain yang memanjang ke belakang yang mengikuti alur jok yang meruncing semakin membuat motor ini terlihat cantik.

Pada motor ini desain headlamp masih mengikuti tema retro dengan dibuat membulat yang dibalut dengan aksen krom. Headlamp ini juga sudah dilengkapi dengan lampu LED untuk memberikan pencahayaan yang maksimal setiap saat dan lebih irit daya. Untuk versi Cafe Racer, desain headlamp-nya dibuat lebih minimalis dan stylish.

Spion pada Z900 RS juga dibuat membulat untuk menambah kesan klasik ketika dipandang. Tangki bensin pada motor ini juga berbentuk tear drop khas motor klasik Kawasaki yang semakin membuat motor ini semakin cantik.

Jok motor yang disematkan pada motor ini juga menggambarkan tema khas motor klasik. Berukuran 825 mm dengan model tandem dengan jahitan serta belt. Ukurannya juga cukup besar dan nyaman bila digunakan untuk berkendara dalam waktu yang lama. Untuk jok penumpang dibuat dengan ukuran yang lebih tinggi namun tetap enak digunakan. Pada tipe Cafe Racer jok pada motor ini dibuat lebih tebal dengan warna hitam agar lebih stylish.

Pada bagian speedometer dan tachometer juga masih menggunakan model analog seperti motor klasik zaman dahulu. Namun untuk informasi yang diberikan bisa dibilang cukup lengkap mulai dari posisi gigi, tingkat bahan bakar, jam, dan traction control setting yang disematkan lewat panel LCD diantara speedometer dan tachometer. Pada bagian pijakan kaki, motor ini masih memberikan ruang gerak yang cukup namun masih tetap nyaman untuk digunakan.

Stang motor yang ada pada Z900 RS ini juga lebih tinggi dan lurus dibandingkan dengan saudaranya Z900 yang agak rendah. Penempatan stang motor yang lebih tinggi dan lurus ini membuat posisi berkendara yang lebih tegak dan nyaman. Beranjak pada bagian belakang motor, terdapat lampu belakang dengan desain yang tips dan meruncing ke belakang khas motor klasik. Lampu belakang motor ini juga sudah disematkan lampu berjenis LED.

Untuk suspensi dan rangka, Z900 RS menggunakan rangka Tubular Semi Double Cradle Frame yang memberikan proporsi yang baik. Penggunaan frame ini juga menambah kenyamanan berkendara dan bisa meningkatkan akselerasi motor agar lebih baik. Di bagian suspensi depan, Z900 S memiliki suspensi inverted fork yang ergonomis untuk  menjaga keseimbangan berkendara. Pada bagian rem, Z900 RS sudah menggunakan rem cakram dengan teknologi ABS untuk sistem pengereman yang lebih pakem dan nyaman. Ban yang digunakan pada motor ini berukuran 120/70 untuk ban depan sedangkan untuk ban belakang berukuran 180/55 yang disematkan Velg R17

Kawasaki Z900 RS memiliki panjang 2100 mm, lebar 845 mm, dan tinggi 1190 mm dengan berat 215 kg. Secara keseluruhan Z900 RS memang cukup tinggi dan memang cukup berat mengingat mesin yang digunakan adalah 4 silinder. Jarak sumbu rodanya mencapai 1470 mm untuk meningkatkan performa akselerasi.

Fitur Kawasaki Z900 RS

Kawasaki Z900 RS membawa beberapa fitur menarik seperti:

  • Power Modes: Pilihan mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalanan (Power Mode & Full Power Mode)
  • Assist & Slipper Clutch: Teknologi sandal kopling termutakhir untuk mengurangi hentakan mesin saat berkendara sehingga mesin lebih awet. Fitur ini ini juga digunakan meminimalisir potensi roda yang terkunci akibat engine brake saat menurunkan gigi secara tiba-tiba. Fitur ini juga bisa membuat kopling jadi lebih ringan.
  • ABS Brake: Teknologi rem cakram ABS untuk pengereman yang maksimal dan tetap nyaman saat digunakan.
  • Fuel Injection System: Sistem bahan bakar injeksi agar bahan bakar semakin irit namun tetap bisa menghasilkan performa dan daya tahan mesin yang tinggi.
  • LED Lights: Teknologi lampu LED untuk pencahayaan maksimal.

 

Kelengkapan Fitur Kawasaki Z900 RS
Head Lamp LED
Lampu Belakang LED
Outlet Aksesoris Tidak
Adjustable Headlights Ya
Indikator Lampu LED
Dimmer Switch Ya
Penutup lubang kunci Tidak
Central Locking Tidak
Wheel lock depan/belakang Tidak
Immobilizer Tidak
Sandaran kursi Tidak
Alarm Tidak
Stability Control Tidak
Engine Check Warning Ya
Traction Control Tidak
Launch Control Tidak
Leg Guards Tidak
Mode Berkendara Sport, Road
Panel Instrumen Digital
Indikator Bbm Digital
Navigator Tidak
Layar Display Ya
Indikator Standar Samping Ya
Speedometer Digital
Tripmeter Ya
Tachometer Digital
Rem Belakang Disc
Rem Depan Disc

Mesin Kawasaki Z900 RS

Pada sektor dapur pacu, Z900 RS juga tidak bisa diremehkan. Walaupun memiliki desain dan model yang mirip dengan Kawasaki Z1, mesin yang tertanam pada motor ini identik seperti saudaranya yaitu Z900. Dengan mesin 4 silinder 900 CC, tenaga yang dihasilkan dijamin bertenaga. Akan tetapi, walaupun identik, tenaga yang dikeluarkan dari motor ini sedikit lebih rendah dari Z900 yaitu 110 HP pada kecepatan 8500 rpm. Untuk torsi maksimum, Z900 RS berada di angka 72,53 Nm pada kecepatan 6500 rpm.

Z900 RS memiliki 6 percepatan dengan transmisi manual untuk mendukung akselerasi berkendara yang lebih baik. Tidak lupa, mesin motor ini juga sudah dilengkapi dengan liquid cooling system yaitu sistem pendingin cairan untuk memastikan mesin dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sistem pendinginan ini juga berguna untuk menghasilkan tenaga mesin yang lebih kuat dengan daya yang lebih efisien.

Spesifikasi Kawasaki Z900 RS

Mesin Kawasaki Z900 RS
Kapasitas 948 cc
Tenaga Maksimal 123.29 bhp
Pipa Knalpot Single Exhaust
Jenis Penggerak Chain Drive
Katup per Silinder 4
Rasio Kompresi 11.8:1
Konfigurasi Katup DOHC
Tipe Injeksi Fuel Injection
Sistem Pendinginan Liquid Cooled
Diameter x Langkah 73.4 mm x 56 mm
Jumlah Langkah 4-Stroke
Sistem Pelumasan Wet Sump
Jumlah Silinder 4
Jenis Mesin Liquid Cooled, 4-Stroke, 4-Cylinder
Torsi Maksimal 98.6 Nm
Kecepatan Maksimum 195 kmph
Sistem Pembakaran Digital
Opsi Start Electric
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Jenis Bahan Bakar Petrol
Jenis Transmisi Manual
Gear Box 6-Speed

 

Dimensi Kawasaki Z900 RS
Kategori Super Sport
Ground Clearance 130 mm
Wheelbase 1450 mm
Tinggi 1065 mm
Lebar 825 mm
Bobot 210 kg
Kapasitas Tempat Duduk 2 Kursi
Panjang 2115 mm
Suspensi Depan Inverted Fork
Suspensi Belakang Horizontal Back-link
Jenis Ban Run Flat
Ukuran Velg Depan R17
Ukuran Velg Belakang R17
Ban Depan 120/70 ZR17
Ban Belakang 180/55 ZR17

Warna Kawasaki Z900 RS

Kawasaki Z900 RS memilki 3 jenis warna yang menarik yaitu Candytown Borwn, Metallic Matt Covert Green, dan Metallic Spark Black.

Warna Kawasaki Z900 RS

Syarat Kredit Motor Kawasaki Z900 RS

Ada beberapa syarat dokumen  yang harus dipenuhi sebelum mengajukan kredit motor Kawasaki Z900 RS

Kredit Perorangan:

  • Fotocopy KTP pemohon & suami / istri / penjamin.
  • Fotocopy kartu keluarga (bisa digantikan dengan surat nikah atau akte kelahiran).
  • Data lain (hanya jika diperlukan).

Kredit Perusahaan:

  • Fotocopy akte pendirian & perubahannya.
  • Fotocopy pengesahan kehakiman.
  • Fotocopy SIUP, NPWP, SITU / Domisili, TDP.
  • Fotocopy Rek. Koran 3 bulan terakhir.
  • Fotocopy KTP direksi & komisaris.