Tentang Kredit Motor Matic

Kredit motor Matic adalah fasilitas kredit motor yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan untuk para pemohon kredit yang bertujuan untuk membiayai pembelian motor jenis matic. Sumber pembayaran ini berasal dari pendapatan sang pemohon kredit yang dapat diajukan baik secara pribadi atau melalui sebuah instansi. Jumlah maksimal pembiayaan yang diberikan juga tergantung dari harga motor yang akan dibeli yang biaa didapatkan melalui jaminan BPKB motor tersebut.

Motor matic adalah sebuah jenis motor yang berjalan menggunakan transimisi otomatis tanpa harus mengoper gigi secara manual dan memiliki satu akselerasi saja. Motor matic biasanya memiliki kapasitas mesin yang relati kecil dan posisi tempat pengemudinya berbentuk tegak. Dari segi ukuran, motor jenis matic ini memang kurang lebih memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dan memiliki bobot yang cukup ringan. Dari segi desain, motor matic ini memiliki sebuah ruang kosong diantara tempat kemudi sehingga pengemudi bisa meletakkan kakinya di tempat tersebut yang memiliki ukuran yang cukup besar.

Dari segi penggunaan, motor matic ini sangat cocok untuk digunakan sebagai kendaraan di dalam kota terutama untuk wanita. Di indonesia sendiri sdah banyak brand asal Jepang yang meluncurkan berbagai macam motor matic yang bisa Anda pilih sepeerti Honda, Yamaha, Suzuki, Piaggio, dll.

Berikut adalah beberapa kelebihan memiliki motor Matic dibandingkan dengan motor jenis lainnya:

  • Irit Bahan bakar:
    Motor matic memang tergolong sebagai motor dengan kapasitas mesin yang cukup kecil dan memiliki kecepatan maksimum yang tidak terlalu cepat. Akan tetapi, kapasitas mesin yang kecil ini justu akan membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih hemat dibandingkan motor jenis lainnya. Belum lagi sekarang ini teknologi mesin motor matic sudah sangat berkembang, sehingga sudah banyak motor yang mengusung mesin tipe injeksi yang semakin mengurangi konsumsi bahan bakar dengan lebih efisien.
  • Lebih Mudah Dikendarai:
    Jenis transmisi otomatis yang digunakan oleh motor jenis matic akan mempermudah pengendara ketikan motor dijalankan dibandingkan menggunakan transmisi manual. Dengan berkendara tanpa memindahkan gigi tentu saja akan mengurangi beban pengemudi ketika berkendara di kondisi jalanan yang macet dalam waktu yang lama.
  • Bodi Motor Ramping dan Kecil:
    Kebanyakan motor matic memiliki ukuran bodi motor yang ramping dan bobot yang ringan sehingga bobot motor yang tidak terlalu berat ini akan membantu pengemudi yang tidak menyukai mengendarai motor dengan bobot yang berat dalam jangka waktu yang cukup lama.

Berikut adalah berbagai jenis brand motor Matic yang ada Cermati.com:

Pada umumnya seluruh penawaran Kredit Motor yang ada di sekarang memiliki syarat-syarat seperti berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) & berdomisili di Indonesia
  • Umur minimum 21 tahun & maksimum 55 tahun (pada saat kredit lunas)
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap per bulan (kebijakan berbeda di setiap daerah)

Dokumen-dokumen berikut perlu dipersiapkan untuk bisa mendapatkan Kredit Motor dan secara umum tidak berbeda antar institusi penyedia:

Dokumen/Jenis Pekerjaan

Karyawan

Wirausaha

Profesional

Fotokopi KTP/KITAS*

     

Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT) 

     

Fotokopi Rekening Tabungan (2 bln terakhir)

     

Fotokopi Surat Izin Profesi

     

NPWP

     

Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP

     

Seorang nasabah ingin membeli sebuah sepeda motor A yang memiliki harga Rp 18.000.000.- dengan cara kredit. Jika nasabah tersebut memiliki uang muka (DP) sebesar Rp 6.000.000 dan memilih jangka waktu selama 36 bulan, maka perhitungan pembayarannya adalah sebagai berikut:

Harga motor: Rp 18.000.000
Uang muka: Rp 6.000.000
Pembiayaan = 18.000.000 – 6.000.000 = Rp 12.000.000

Jadi perusahaan pembiayaan/bank akan memberikan pinjaman sebesar Rp 12.000.000 kepada nasabah ini. Selanjutnya jika Bank A menetapkan bunga pinjaman sebesar 25% pa untuk jangka waktu 36 bulan, maka nasabah harus mencicil sebesar Rp 416.667.-

Berikut adalah berbagai jenis motor yang di cermati.com beserta kekurangan dan kelebihannya:

Aspek

Motor Bebek

Motor Matik

Motor Sport

Motor Off-Road

Motor Cruiser

Bodi

Standar

Standar

Besar

Standar

Sangat Besar

Tangki bensin

Di bawah jok

Di bawah jok

Di depan jok

Di depan jok

Di depan jok

Harga

Rp14-18 juta

Rp15-25 juta ke atas

Rp30 - 120 juta

Rp18-30 juta ke atas

Rp 100 juta keatas

Transmisi

Manual

Otomatis

Manual

Manual

Manual

Kopling manual

Ada

Tidak ada

Ada

Ada

Ada

Rem mesin

Ada

Tidak ada

Ada

Ada

Ada

Konsumsi BBM

Standar

Sangat Hemat

Boros

Standar

Sangat Boros

Biaya perawatan

Standar

Standar

Mahal

Mahal

Sangat Mahal

Selain kredit motor matic, cermati juga menyediakan berbagai macam fasilitas kredit motor untuk jenis motor berikut: