Varian motor baru jenis SPORT kembali dikeluarkan oleh Yamaha, yang mana untuk kali ini yamaha membuat suksesor dari produk sebelumnya bernama Yamaha Byson FI (Fuel Injection). Mengangkat tema NakedVolution, yamaha membuat terobosan baru dengan menyematkan injeksi pada sistem pemabakaran yang dibawa oleh Yamaha Byson FI dan mesin tangguh didalamnya.

Selain menjadikan lebih ramah dengan bahan bakar, dengan kapasitas lulus uji Euro 3, dikatakan Yamaha Byson FI juga lebih bertenaga, yang sangat cocok dalam segala medan, apalagi dengan ban tapak lebarnya, dirinya memiliki torsi tinggi untuk menambah keseimbangan ketika anda mengajaknya berlari cepat, pada track lurus maupun track dengan banyak tikungan, yang dapat dihadapinya secara mulus.

 

Desain Yamaha Byson FI

Segi desain dibuat berbeda dari sebelumnya, dimana Yamaha menempatkan model striping baru pada motor besuatan terbarunya ini. Disamping itu, Yamaha juga mengubah desain body dan menambahkan beberapa aksesoris baru, yang menjadikan Yamaha Byson FI lebih gagah dan gahar dibanding sebelumnya, dan tentunya dengan model terbaru tersebut, pengguna akan lebih puas dengan tunggangannya.

mengusung konsep Naked Volution, yang berarti sang penguasa jalan. Sesuai dangan konsep, Yamaha mendesain ulang varian Yamaha Byson sebelumnya, dengan menambahakan part tambahan seperti Muscle Airshould yang dibentuk dengan desai baru, dengan tampilan lebih meruncing dan berbentuk besar, yang menjadikan efek body terlihat lebih kekar dan gagah.

Kemudian pada bagian speedometer, yamaha mendesainya lebih solid, yakni dengan melengkapi bagian speedometer dengan layar digital, dengan berbagai indikator dan trip meter yang lebih fungional dan lebih akurat, karena semua terlihat dengan indikator angka digital. Lalu untuk menberikan pegangan yang mantap, Yamaha Byson FI ( Injeksi ) menggunakan model ala street fighter, yang menjadikan dirinya lebih gagah dan mudah untuk dikendalikan dalam berbagai kondisi.

Haed Lamp juga tak luput dari goresan tangan para ahli, desain baru yang menguatkan karakter gagah pada Yamaha Byson FI ( Injeksi ) dilengkapi dengan wadah multireflektor yang tampil modern, yang akan membuat pengguna bakal lebih kesengsem pada motor barunya. Pindah kebagian belakang, desain masih terlihat sama, dimana jok dibuat terpisah menjadi dua bagian, yang tidak hanya memberikan kenyamanan pada si pengguna saja, tapi untuk pembonceng juga dapat lebih nyaman ketika menungganginya.

Knalpot yang ikut menjadi salah satu ciri khas dari Yamaha Byson sebelumnya, terlihat lebih maskulin dengan sedikit polesan pada desainnya lebih ke arah model street fighter sejati. Gagahnya Yamaha Byson FI ( Injeksi ) juga di imbangi dengan kenyamanan lebih yang ditawarkan oleh rangka berjenis Diamond dan kaki-kaki yang kuat dan kekar, dengan model mono cross pada bagian belakang, dan untuk bagian depan dibuat lebih besar untuk dapat menahan bobotnya yang mencapai 133 Kg.

Untuk membuat lebih nyaman lagi, Yamaha Byson FI ( Injeksi ) memasangkan velg ring 17 dengan model tapak lebar, yang disertai dengan ban berukuran besar, 100/80 pada ban depan, sedangkan untuk ban belakang dirinya menggunakan ban sebesar 130/70, disamping itu untuk pengereman masih sama dengan yang digunakan oleh byson terdahulu, dengan menggunakan model singgle disc brake berukuran besar, dan drum brake pada bagian belakang, yang dapat menahan laju kendaran secara optimal pada posisi jalan lurus maupun di tikungan.

 

Warna Yamaha Byson FI

Yamaha Byson FI  tersediah dalam pilihan warna: Black Fighter, Red Combat, Silver Bold atau lebih gampangnya disebut Merah Hitam, Full Hitam dan Hitam Silver.

Yamaha Byson FI

 

Spesifikasi Yamaha Byson FI

Pada Yamaha Byson FI ( Injeksi ),  yamaha memberikan mesin sebesar 150 cc dengan tipe berpendingin udara SOHC, yang berjalan pada sistem fuel injection bersertifikat Euro 3 dan menggunakan model transmisi manual 5 percepatan, yang dapat memberikan akselerasi lebih cepat, serta pemakaian bahan bakar yang irit, bahakn dirinya dapat menghasilkan power maksimal sampai dengan 9,61 kW pada setiap 8000 rpm.

Sementara itu pada sisi torsi, Yamaha Byson FI ( Injeksi ) meraih nilai yang bagus dengan 12,98 Nm / 6000 rpm. Pada penggunaannya, Yamaha Byson FI ( Injeksi ) menyediakan dua tipe starter, yakni kickstarter yang dapat digunakan pada awal pemanasan motor ketika setelah lama tidak digunakan, dan electric starter yang dapat memudahkan pengguna pada saat ingin cepat-cepat menyalakan motor. 

 

Mesin Yamaha Byson FI

Yamaha Byson FI

Mesin

Tipe Mesin

4-stroke 149cc SOHC Single Cylender

Diameter x Langkah

57,3 x 57,9 mm

Perbandingan Kompresi

9,5 : 1

Daya Maksimum

9,61 kW / 8.000 rpm

Torsi Maksimum

12,98 Nm / 6.000 rpm

Tipe Pendingin

Liquid Cooled

Sistem Starter

Electric & Kick Starter

Sistem Pelumasan

Wet

Kapasitas Oli Mesin

1,25 L

Tipe Kopling

Wet, manual clutch, multiplate

Transmisi

5-speed / 1-N-2-3-4-5

Dimensi

P x L x T

1.990 mm x 780 mm x 1.045 mm

Jarak Sumbu Roda

1.340 mm

Jarak Terendah dengan Tanah

170 mm

Tinggi Jok

790 mm

Berat Isi

155 kg

Kapasitas Tangki BBM

12 L

Rangka

Tipe Rangka

Diamond

Suspensi Depan

Teleskopik

Suspensi Belakang

Monoshock, Swing Arm

Ban Depan

100/80-17M/C (52P)

Ban Belakang

130/70-17M/C (62S)

Kelistrikan

Sistem Pengapian

TCI

Baterai

GTZ4v/YTZ4v

Tipe Busi

NGK/CPR8EA-9

 

Tipe Motor

Perbedaan

Yamaha Byson

Didesain bongsor dengan spesifikasi khusus sehingga pas untuk kegiatan touring.

Yamaha Byson FI

Menggunakan mesin injeksi (FI) dan velg ring 17 dengan model tapak lebar.

 

Syarat Kredit Yamaha Byson FI

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mengajukan kredit Yamaha Byson FI

Kredit Perorangan:

  • Fotocopy KTP pemohon & suami / istri / penjamin
  • Fotocopy kartu keluarga (bisa digantikan dengan surat nikah atau akte kelahiran)
  • Data lain (hanya jika diperlukan)

Kredit Perusahaan

  • Fotocopy akte pendirian & perubahannya
  • Fotocopy pengesahan kehakiman
  • Fotocopy SIUP, NPWP, SITU / Domisili, TDP
  • Fotocopy Rek. Koran 3 bulan terakhir
  • Fotocopy KTP direksi & komisaris