D 1.0 M/T

Daihatsu Xenia

4.34 / 5

Rp157.450.000

Daihatsu Xenia adalah mobil MPV yang cocok untuk keluarga dengan fitur dan desain yang modern untuk kenyamanan berkendara sehari-hari.

  • Dikenal juga sebagai Toyota Avanza

Simulasi Kredit

Rp.
Uang muka minimal sebesar Rp39.362.500.

D 1.0 M/T

Tenor 12 Bulan
Harga OTR Rp157.450.000
Bayar Pertama Rp55.999.900
Angsuran Rp10.143.800
Tenor 24 Bulan
Harga OTR Rp157.450.000
Bayar Pertama Rp52.146.200
Angsuran Rp5.302.200
Tenor 36 Bulan
Harga OTR Rp157.450.000
Bayar Pertama Rp51.818.800
Angsuran Rp3.691.600
Tenor 48 Bulan
Harga OTR Rp157.450.000
Bayar Pertama Rp52.016.400
Angsuran Rp2.901.100

Fitur

  • Dikenal juga sebagai Toyota Avanza

Ulasan

Bicara soal Daihatsu Xenia tak lepas hubungannya dengan Toyota Avanza. Dari masa ke masa Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia selalu berlomba – lomba dalam merebut pangsa pasar di level mobil MPV. Setiap salah satu produsen meluncurkan tipe terbaru di level mobil MPV ini, maka produsen kompetitornya akan segera memperkenalkan tipe terbarunya pula. Memang tidak jarang kita melihat persaingan seperti ini. Daihatsu dan Toyota memang selalu ingin menguasai pasar yang sama, pada beberapa tipe mobil lainnya seperti Agya VS Ayla dan Terios VS Rush juga bersaing dengan cara yang sama. Beberapa waktu yang lalu kita telah membahas tuntas mengenai Toyota Avanza, pada kali ini kita akan mengenal lebih jauh mobil MPV kompetitornya yaitu Daihatsu Xenia.

Pada tanggal 12 Agustus 2015 silam, Daihatsu melalui PT Astra Daihatsu Motor (APM) telah resmi meluncurkan generasi penerus dari Daihatsu Xenia dengan nama Great New Xenia yang kita tahu nama versi terbaru dari Daihatsu Xenia ini hampir sama dengan Grand New Avanza. Namun apakah generasi penerus dari Daihatsu Xenia ini akan kalah dengan Grand New Avanza ? Tentunya tidak, Daihatsu telah mempersiapkan mobil MPV miliknya ini dengan fitur, desain dan teknologi terbaru yang canggih – canggih.

Seperti layaknya mobil Toyota Avanza, Daihatsu Xenia juga banyak memiliki penggemarnya terutama bagi keluarga. Ya, di Indonesia mobil pada segmen MPV ini memang memiliki banyak sekali pecintanya berkat desain yang mewah, fitur – fitur canggih hingga performa mesin yang tangguh. Sekilas tampilan mobil MPV milik Daihatsu ini semakin mirip dengan Toyota Avanza. Seperti yang dapat kita lihat pada bodi depan terdapat headlamp berdesain seperti trapezium dengan ujung yang runcing dan desain ini juga telah di sematkan pada Toyota Avanza. Tak hanya itu saja, front grille dan spoiler milik Daihatsu Xenia juga hampir menyerupai milik kompetitornya. Namun perbedaan yang di miliki oleh kedua competitor ini terdapat pada aksen pillar black out yang dimiliki oleh Daihatsu Xenia yang terletak pada bagian depan dan sedikit mengarah kebawah yang tepatnya berada di bawah front grille nya. Perbedaan selanjutnya terdapat pada bagian jantung pacu, Daihatsu Xenia menawarkan 2 pilihan mesin yaitu 1.000 cc dan 1.300 cc dengan teknologi Dual VVT-i sedangkan Toyota Avanza menawarkan 2 pilihan mesin yang lebih besar yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc dengan teknologi yang sama yaitu Dual VVT-i. Meskipun kalah dalam pilihan kapasitas mesin, Daihatsu menawarkan beberapa kelebihan yang lebih menarik dan tentunya di banderol dengan harga yang lebih murah daripada Toyota Avanza. Seperti apa keistimewaan mobil MPV milik Daihatsu ini ? Selengkapnya mari simak ulasan berikut ini.

Desain Daihatsu Xenia

Pertama – tama kita akan membahas desain mobil MVP milik Daihatsu ini. Seperti yang telah di jelaskan pada uraian tersebut di atas, Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza memiliki desain eksterior yang beda tipis sehingga tak jarang banyak orang yang mengatakan Daihatsu Xenia merupakan kembaran dari Toyota Avanza. Daihatsu Xenia juga memiliki tampilan fascia yang lebih stylish dan elegant. Seperti pada bagian Headlamp, Daihatsu mendesain lampu utama mobil MPV ini dengan bentuk seperti trapezium dengan bagian ujung yang lebih tajam dan meruncing, hal ini mengingatkan kita pada headlamp milik Toyota Avanza. Dan begitu juga dengan grille depan milik Xenia yang dirancang hampir menyerupai dengan front grille milik Toyota Avanza dengan desain yang lebih melengkung dan dipadukan dengan warna krom. Sedangkan hal yang membedakan Daihatsu Xenia dengan Toyota Avanza terletak pada bagian  pillar black out  milik Daihatsu Xenia berdampingan dengan foglamp dengan warna black dove yang menjadikan mobil MPV ini lebih bergaya.

 Desain Daihatsu Xenia Desain Desain Daihatsu Xenia

Beralih kebagian body samping mobil, kini Daihatsu Xenia tampil lebih percaya diri dan stylish berkat disematkannya aksen chrome pada bagian tepi windownya. Lalu kita coba lihat pada bagian kaki – kaki mobil, Daihatsu Xenia menghadirkan velg baru yang di desain dengan palang lima dan lebih memperkuat aura sporty yang lebih kental.

  Desain Daihatsu Xenia Desain Daihatsu Xenia Desain Daihatsu Xenia

Dan yang terakhir kita pada bagian buritan mobil. Pada umumnya tampilan buritan milik Daihatsu Xenia tidak berbeda jauh dengan milik Toyota Avanza. Perbedaan yang paling mencolok hanya terdapat pada pillar black out yang di desain sama dengan bagian depan mobil ini.

Interior Daihatsu Xenia

Interior Daihatsu Xeni

Mari kita coba masuk ke bagian dalam interior mobil MPV milik Daihatsu ini. Di bagian interior, Daihatsu Xenia memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan sehingga memberikan nuansa yang berbeda. Desain kabin milik Xenia di rancang dengan 2 warna baru. Kehadiran kombinasi kedua warna ini memberikan pengalaman baru bari para pengguna setia Xenia terutama bagi para keluarga akan merasakan suasana keceriaan yang penuh dengan kehangatan.

Pertama – tama kita akan membahas bagian interior pada jok barisan depan dari mobil MPV Daihatsu ini. Daihatsu menyajikan dashboard dengan 2 aksen warna yaitu cokelat gelap pada bagian atas dan dipadukan dengan cokelat terang pada bagian bawah. Dashboard milik Daihatsu Xenia memiliki fitur yang cukup lengkap sepeti pada bagian tengah dashboard terdapat layar Multi Information Display (MID) berbasis layar LCD, tombol audio dan tak lupa pula AC. Setelah itu kita lirik bagian setir kemudi, Daihatsu menawarkan panel speedometer yang di desain dengan 3 lingkaran. Di dalam speedometer ini telah di lengkapi dengan fitur yang canggih seperti ECO lamp indicator, fuel indicator, hingga lampu utama dan lampu sein.

Sekarang kita beralih kebagian jok penumpang. Mobil MPV milik Daihatsu ini mampu menampung 7 penumpang orang dewasa. Para penumpang tak perlu merasa pegal dan sakit pinggang berlama – lama duduk di jok penumpang, pasalnya Daihatsu menggunakan bahan kulit berkualitas tinggi pada setiap joknya. Sedangkan fitur – fitur lainnya yang terdapat pada bagian kabin penumpang tidak jauh berbeda dengan Toyota Avanza seperti fitur pengaturan kursi yang bisa di sesuaikan dengan keinginan sendiri.

Jika dilihat dari sisi dimensi, Daihatsu Xenia memiliki dimensi yang berbeda dari setiap tipe. Untuk Daihatsu Xenia tipe D dan M memiliki ukuran dimensi yang sama yaitu P x L x T = 4.190 mm x 1.660 mm x 1.685 mm dengan bobot yang berbeda yaitu masing – masing 1.060 kg dan 1.085 kg. Sedangkan untuk tipe X dan R memiliki ukuran dimensi mencapai 4.140 mm x 1.660 mm x 1.695 mm dengan bobot yang sama yaitu 1.425 kg. Sebagai mobil Low MPV, ukuran tersebut di atas di rasa sangat cocok dan memberikan kenyamanan bagi para pengguna selama perjalanan.

Warna Daihatsu Xenia

Warna Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia tersedia dalam 8 varian warna yaitu : 

  • Beige
  • Black
  • Blue
  • Brown
  • Grey
  • Red
  • Silver
  • White

Fitur Daihatsu Xenia

Fitur Daihatsu Xenia

Seperti layaknya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia juga menawarkan berbagai fitur keluarga yang menarik yang pertama adalah fitur keamanan yaitu teknologi Side Impact Beam, Window Jam Protection, & dual airbag dan yang kedua adalah fitur kenyamanan seperti Corner Sensor, Fresh Air Control, MID & ECO Indicator dan Integrated Key & Third Row Seat Belt. Semua fitur canggih ini telah di miliki oleh mobil MPV Daihatsu tipe tertinggi.

Tipe / Jenis Daihatsu Xenia

Bicara soal tipe/jenis mobil, Daihatsu menawarkan 7 tipe dengan berbagai pilihan mesin. Keempat tipe tersebut adalah tipe D, M, M Deluxe, X, X Deluxe, R dan R Sporty. Berikut tabel perbedaan dari ke 7 tipe tersebut.

Perbedaan Tipe – Tipe Daihatsu Xenia

Pembeda

Type

D

M

M Deluxe

X

X Deluxe

R

R Sporty

Dimensi

4.190 x 1.660 x 1.685 (mm)

4.140 x 1.660 x 1.695 (mm)

Tinggi dari Tanah

190 mm

200 mm

Berat Kosong

1.060 kg

1.085 kg

1.100 kg

1.115 kg

1.130 kg

Radius Putar Minimum

4.5 m

4.7 m

Tipe Mesin

Ej-VE DOHC VVT-i

1NR-VE DOHC VVT-i

Kapasitas Silinder

989 cc

1.329 cc

Suspensi depan

Mac Pherson Sturts with Coil Spring

Mac Pherson Sturts with Coil Spring dan Stabilizer

Ukuran Ban

165/80 R13

185/70 R14

AC Double Blower

-

Yes

-

Yes

-

Yes

Spion Electric

-

Yes

-

Yes

 

Dari tabel di atas dapat kita lihat perbedaan dari setiap tipe Daihatsu Xenia. Pada type tertinggi Daihatsu Xenia memiliki semua fitur yang terdapat pada tipe terendah. Perbedaan yang terlihat jelas terdapat pada dimensi mobil, untuk tipe D dan M memiliki dimensi yang sama dan berbeda ukurannya dengan tipe M Deluxe, X, X Deluxe, R, dan R Sporty. Sedangkan berat kosong dari semua mobil ini cenderung berbeda di setiap tipe. Di bagian kabin, fitur  yang di tawarkan pada setiap tipe juga cenderung berbeda. Dari tabel di atas terlihat bahwa tipe M Deluxe, X Deluxe dan R Sporty telah menggunakan AC Double Blower sedangkan tipe D, M, X dan R hanya menggunakan AC Single Blower.

Spesifikasi Daihatsu Xenia

Setelah kita mengetahui perbedaan dari setiap tipe Daihatsu Xenia kini kita masuk kebagian spesifikasi Daihatsu Xenia. Berikut tabel Spesifikasi Daihatsu Xenia.

 

Spesifikasi Daihatsu Xenia

Tipe

D

M

X M/T

X A/T

R M/T

R A/T

Dimensi

P x L x T (mm)

4190 x 1660 x 1685

4140 x 1660 x 1695

Jarak Sumbu Roda (mm)

2655

Jarak Pijak Roda Depan/Belakang (mm)

1425/1435

Tinggi dari Tanah (mm)

190

200

Berat

Berat Kosong/Total Kendaraan (kg)

1060/1620

1085/1620

1100/1680

1115/1680

1115/1680

1130/1680

Kapasitas Tempat Duduk

7

Performa

Radius Putar Minimum (m)

4,5

4,7

Mesin

Tipe Mesin

EJ-VE DOHC VVT-i

1NR-VE DOHC Dual VVT-i

Kapasitas Silinder (cc)

989

1329

Jumlah Silinder

3

4

Jumlah Katup

12

16

Diameter x Langkah (mm)

72,0 x 81,0

72,5 x 80,5

Tenaga Maksimum (PS/rpm)

63/5600

97/6000

Torsi Maksimum (kg-m/rpm)

9,2/3600

12,3/4200

Sistem Bahan Bakar

EFI

Bahan Bakar

Bensin Tanpa Timbal

Kapasitas Tangki Bahan Bakar (L)

45

Transmisi

Tipe Transmisi

Manual 5-Speed

Automatic 4-Speed

Manual 5-Speed

Automatic 4-Speed

Sistem Kemudi

Tipe

Rack and Pinion with Electric Power Steering

Pengereman

Rem Depan/Belakang/Rem Parkir

Disc/Drum, Leading and Trailing/Rem Mekanis

Suspensi

Suspensi Depan

Mac Pherson Struts with Coil Spring

Mac Pherson with Coil Spring and Stabilizer

Suspensi Belakang

5-link, rigid-axle with coil spring

Kaki-kaki

Ukuran Ban

165/80 R13

185/70 R14

 

Teknologi Mesin Daihatsu Xenia

Seperti yang telah kami bahas pada pendahuluan di atas, Great New Daihatsu Xenia menawarkan 2 tie mesin yaitu 1.000 cc dan 1.300 cc. Kedua mesin milik Daihatsu Xenia ini telah mendukung teknologi Dual VVT-i sehingga tergolong mesin yang super irit di kelasnya. Baiklah pertama – tama kita akan membahas mesin 1.000 cc milik mobil MPV Daihatsu ini.

Mesin yang berkapasitas 989 cc ini mendukung teknologi DOHC VVT-i dengan number type EJ-VE dengan 16 katup pada 3 silinder. Dalam test ride yang di lakukan oleh Daihatsu, mobil MPV ini mampu berakselerasi dengan tenaga maksimal mencapai 63 PS / 5.600 rpm dan torsi maksimal mencapai 9.2 Nm / 3.600 rpm. Tipe mobil yang menggunakan mesin ini adalah Daihatsu Xenia tipe D dan M. Dengan tipe mesin yang tergolong kecil ini, maka Daihatsu Xenia cocok di kendarai di daerah perkotaan yang padat penduduk.

Yang kedua mesin berkapasitas 1.329 cc. Mesin ini di khususkan untuk mobil Daihatsu Xenia dengan tipe X dan tipe R. Mesin yang berkapasitas 1.329 cc ini juga telah mendukung teknologi Dual VVT-i dengan number type 1NR-VE DOHC. Jika dibandingkan dengan tipe mesin yang pertama, mesin tipe yang kedua ini memiliki kemampuan yang lebih handal dan tenaga yang lebih kuat. Mesin dengan tipe 1NR-VE ini mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 97 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 12.3 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. Dengan tenaga yang lebih besar, maka Daihatsu Xenia sangat cocok  di gunakan oleh – oleh anak muda yang memiliki jiwa tantangan yang tinggi. Selain itu, pada kedua tipe mesin tersebut telah mendukung teknologi injeksi EFI yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Disamping itu, Daihatsu juga telah menyediakan pilihan transmisi yaitu otomatis dengan 4 percepatan dan manual dengan 5 percepatan.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit daihatsu xenia : 

Syarat Kredit Daihatsu Xenia

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan BCA
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil xenia, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daihatsu Xenia
Daihatsu Xenia
  • Dikenal juga sebagai Toyota Avanza