Masyarakat Indonesia dikenal sebagai konsumtif. Hal ini terbukti karena Indonesia menjadi salah satu negara pengimpor terbesar di Asia. Maka tak heran kita sering melihat produk – produk luar negeri yang beredar di pasaran. Tak terkecuali dengan mobil, selama ini dunia otomotif Indonesia di warnai dan di ramaikan oleh mobil – mobil dari luar negeri seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki bahkan saat ini beberapa artis ternama di Indonesia memiliki sebuah mobil super mewah buatan Lamborghini dan Ferarri.

Salah satu produsen terbesar di Dunia yaitu Daihatsu di bawah naungan Astra akhir – akhir ini tak gencar menggelar promosi city car di segmen hatchback yaitu Daihatsu Sirion. Mobil hacthback milik Daihatsu ini hadir dengan 5 pintu yang mengelilingi bodynya. City car ini memiliki desain eksterior cocok bagi muda mudi Indonesia dengan kenyamanan ala mobil kelas premium pada interior nya. Untuk ulasan lebih lengkapnya, mari simak review Daihatsu Sirion di bawah ini.

Desain Daihatsu Sirion

Dengan konsep hatchback Daihatsu Sirion tampil sangat menawan. Mobil ini terlihat lebih lincah dari pada seekor kancil dan sangat sporty ketika melenggang di jalanan Indonesia. Daihatsu membangun bagian eksterior mobil Hatchback ini dengan menggunakan Collision Resistant Body sehingga membuat body mobil ini terlihat lebih mengkilat dari pada sekedar cat metallic. Yang menarik dari desain body Daihatsu Sirion ini adalah terdapatnya teknologi TAF yang berfungsi untuk memberikan keselamatan lebih kepada penumpang maupun pengemudi yang berada di dalam kabin dengan cara menyerap efek benturan baik dalam kecelakaan fatal maupun kecelakaan ringan.

  Desain Daihatsu Sirion   Desain Daihatsu Sirion   Desain Daihatsu Sirion

Di lihat dari bagian depan, mobil ini terlihat mungil namun sangat stylish sekali. Penyematan bumper depan yang dengan ukuran yang pas serta di padukan dengan foglamp yang berbentuk bulat pada setiap sisi kiri dan kanan bumper menjadikan mobil ini tampil lebih sporty. Selain itu, foglamp ini tentunya dapat membantu pengemudi dalam melewati jalanan yang berkabut sekalipun. Pada bagian bawah Bumper depan milik hatchback Daihatsu terdapat front lip yang di desain lebih runcing sehingga semakin memperkuat tampilannya. Sedangkan untuk menutupi bagian radiator, Daihatsu menggunakan front griile berukuran sedang dengan lekukan yang indah dan di dampingi oleh LED Position Lamp yang siap memberikan pencahayaan lebih terang.

   Desain Daihatsu Sirion   Desain Daihatsu Sirion   Desain Daihatsu Sirion

Sekarang kita coba melirik bagian samping mobil. Ternyata Daihatsu Sirion telah menggunakan velg Alloy Wheel berukuran 14 inci sehingga semakin membuat tampilan city car ini semakin sporty. Sedangkan sepanjang body samping mobil hatchback ini terdapat side skirt dan muffler cutter dengan perpaduan aksen – aksen yang menawan hingga ke bagian belakang body samping. Untuk kita ketahui, Daihatsu Sirion pada versi keluaran terbaru menggunakan jargon “More Reason for Fun”. Setelah kita mengetahui desain eksterior mobil hatchback ini, dapat kita simpulkan bahwa jargon tersebut bukan hanya sekedar kata – kata saja. Secara keseluruhan, desain eksterior Daihatsu Sirion ini sangat amat cocok bagi muda mudi Indonesia yang ingin selalu tampil stylish.

Interior Daihatsu Sirion

Interior Daihatsu Sirion

Sekarang kita coba masuk ke bagian ruang kabin. Pada ruang kabin bagian depan tepatnya pada tempat pengemudi terdapat speedometer yang telah menggunakan Optitron Meter Combination yang artinya, speedometer ini tampil sangat stylish dan elegan berkat lampu yang berwarna biru dan mampu memberikan informasi performa kendaraan dengan jelas dan tepat. Selain itu, speedometer ini juga telah mendukung fitur MID sehingga informasi jarak tempu serta stock bensin yang tersedia di berikan secara realtime dengan ketepatan tinggi. Tak hanya itu saja, pada bagian pengemudi ini juga sudah terdapat rak push and side yang dapat di gunakan untuk menyimbang barang – barang berukuran kecil. Setir kemudi juga turut memberikan suasana baru, pasalnya Daihatsu memberikan cover setir yang lebih stylish sehingga pengemudi di jamin tidak akan merasa bosan mengendarai kendaraan hatchback milik Daihatsu ini.

Beralih ke bagian dashboard, mobil hatchback ini memberikan fitur yang cukup lengkap seperti 2 DIN Audio unit yang sudah dapat memutar Radio, CD, MP3, AUX, USB serta dapat terintegrasi dengan bluetooth portable. Fitur – fitur audio tersebut terbilang sangat lengkap sekali. Selain itu, di bawah Head Audio unit ini terdapt tombol AC yang siap menyejukkan ruang kabin. Material yang di gunakan pada jok Daihatsu Sirion termasuk kualitas yang baik di kelasnya. Mobil hatchback ini mampu menampung 5 orang penumpang dewasa seperti mobil hatchback lainnya.

Warna Daihatsu Sirion

Warna Daihatsu Sirion

Berbicara soal warna, Daihatsu Sirion tersedia dalam 4 pilihan warna yang siap memenuhi selera masyarakat. Daihatsu Sirion hadir dengan pilihan warna – warna cerah seperti : 

  • Electric Blue
  • Glittering Silver
  • Icy White
  • Ozzy Orange  

Dengan demikian, tampilan mobil ini semakin segar dan fresh sesuai jargonnya yaitu More Reason for Fun.

Fitur Daihatsu Sirion

Keamanan dan kenyamanan merupakan salah satu fitur yang di andalkan oleh mobil hatchback ini. Coba kita bayangkan sebuah mobil modern dan stylish tanpa fitur keamanan serta tidak nyaman di kendarai, tentunya kita tidak ingin mengambil resiko yang terlalu dalam bahkan dapat merenggut nyawa kita.

Fitur Daihatsu Sirion   Fitur Daihatsu Sirion   Fitur Daihatsu Sirion

Pada mobil hatchback keren ini, Daihatsu menyematkan fitur keamanan dan kenyamanan yang cukup baik di kelasnya. Pertama – tama kita akn membahas fitur keamanan. Daihatsu Sirion memiliki Dual SRS Airbag yang berfungsi untuk mencegah terjadinya cedera fatal ketika terjadi kecelakaan ataupun benturan yang sangat keras pada bagian depan mobil. selain itu, Daihatsu juga memberikan fitur keamanan berupa fitur Pretensioner & Force Limiter Seatbelt yang terdapat pada ke dua jok bagian depan untuk melindungi pengemudi dan penumpang bagian depan. Sedankan untuk penumpang bagian belakang hanya terdapat seatbelt tanpa Pretensioner.

Fitur Daihatsu Sirion   Fitur Daihatsu Sirion   Fitur Daihatsu Sirion

Yang ke dua adalah fitur kenyamanan. Untuk meningkatkan kenyamanan ketika mengendarai kendaraan, Daihatsu memberikan fitur Audio Steering Switch yang berfungsi untuk memudahkan pengemudi mengganti lagu ketika sedang mengendarai mobil ini tanpa memindahkan tangan dari setir. Selain itu, keberadaan fitur Retractable Outer Mirror juga meningkatkan kenyamanan pengemudi untuk melipat spion kebagian dalam tanpa menurunkan door window. Suasana yang nyaman juga di rasakan berkat desain kabin yang sangat stylish dan cocok bagi anak – anak muda Indonesia.

Tipe / Jenis Daihatsu Sirion

Seperti mobil Daihatsu lainnya, Daihatsu Sirion tidak hanya hadir dalam 1 tipe saja, tapi juga memiliki tipe lainnya. Tipe – tipe mobil hatchback ini adalah Daihatsu Sirion tipe D dan Daihatsu Sirion tipe Deluxe. Tak berbeda pula dengan mobil Daihatsu lainnya, kedua tipe Daihatsu Sirion ini tidak serta merta serupa tetapi terdapat perbedaan yang membedakan kelebihan dan kekurangan dari kedua tipe mobil tersebut.

Dari sisi eksterior, tipe D dan tipe Deluxe sama – sama memiliki dimensi dengan P x L x T = 3.690 mm x 1.665 mm x 1.545 mm. Secara umum, ke dua tipe mobil Daihatsu Sirion ini terlihat sama. Akan tetapi, Daihatsu Sirion Deluxe tampil lebih baik berkat adanya spoiler pada bagian belakang mobil, foglamp yang tampil lebih dinamis dengan aksen black serta velg berukuran 16 inci menjadikan mobil ini lebih unggul dari pada tipe D.

Sedangkan di bagian performa tidak dapat perbedaan karena kedua tipe mobil Daihatsu Sirion ini sama – sama menggunakan mesin 1.300 cc berteknologi DOHC VVT-i. Merujuk kebagian interior pun kita akan menemukan jawaban yang sama. Daihatsu Sirion D dan Daihatsu Sirion Deluxe memiliki desain interior yang sama dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Perbedaan yang terakhir hanya terdapat pada harga dimana Daihatsu Sirion Deluxe di hargai 11 juta lebih mahal dari pada Daihatsu Sirion D.

Dari penjelasan tersebut di atas dapat kita simpulkan bahwa kedua tipe Daihatsu Sirion ini tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan pada bagian interior, fitur keamanan-keselamatan maupun jantung pacu. Akan tetapi perbedaan utama hanya dapat dirasakan pada bagian eksterior. Berikut telah kami sediakan tabel perbedaan ke dua tipe Daihatsu Sirion ini.

Perbedaan Tipe – tipe Daihatsu Sirion

Pembeda

Tipe

D

Deluxe

Spiler bagian belakang

-

Ya

Velg

Alloy Wheel 14”

Alloy Wheel 16”

Foglamp with aksen hitam

-

Ya

 

Spesifikasi Daihatsu Sirion

Seperti yang telah di bahas pada point tipe / jenis Daihatsu Sirion di atas telah di jelaskan perbedaan dari setiap tipe – tipe mobil hatchback ini. Sekarang kita akan melihat lebih dalam spesifikasi Daihatsu Sirion. Lebih jelasnya mari simak tabel di bawah ini :

Spesifikasi Daihatsu Sirion

Mesin

 

  • Tipe mesin : K3-VE, DOHC VVT-i, 4 Silinder segaris, 16 Katup
  • Kapasitas Silinder : 1,298 cc
  • Sistem Suplay Bahan bakar : EFI (Electronic Fuel Injection)
  • Diameter X Langka : 72.0 x 79.7
  • Daya Maksimum :  90 / 6.000 rpm
  • Torsi Maksimum :  11.9/4.400 rpm
  • Transmisi : 4 Speed Automatic / 5 Kecepatan M/T
  • Sistem Kemudi : Rack and Pinion dengan Electric Power Steering

 

Dimensi

 

  • P X L X T : 3,690 x 1,665 x 1,545 mm
  • Jarak Pijak depan/belakang : 1455/1465 mm
  • Jarak Poros Roda : 2,440 mm
  • Jarak Terendah : 160 mm
  • Kapasitas Tangki : 40 L
  • Kapasitas Tempat Duduk : 5  orang

 

Suspensi / Kaki-Kaki

 

  • Suspensi Depan : Mac Pherson Struts dengan per keong dan stabilizer
  • Suspensi Belakang : Torsion beam dengan per keong
  • Rem Depan : Cakram (Disc) berventilasi dengan booster
  • Rem Belakang : Drums, Leading, & Trailing
  • Ukuran Ban : 175/65 R14
  • Velg : Alloy Wheel 14″

 

Eksterior

 

  • Front Bumper
  • Rear Bumper
  • Side Body Moulding
  • Mudguard Set
  • Rear Spoiler Dengan Stop Lamp
  • Side Stone Guard (Carbon Pattern)
  • Parking Sensor

 

Interior

 

  • Dual SRS Air Bag
  • Air Conditioner
  • Audio Steering Switch
  • Power Window
  • Kaca Sepion Elektrik
  • Electronic Power Steering (EPS)
  • Speedometer
  • Immobilizer & Alarm
  • Sabuk Pengaman Dengan Pretensioner & Force Limiter
  • ISOFIX Seat

 

 

Teknologi Mesin Daihatsu Sirion

Seperti yang telah di jelaskan pada point spesifikasi Daihatsu Sirion tersebut di atas bahwa mobil hatchback ini menggunakan mesin 1.5 L dengan nomor seri 3SZ0VE I4. Mesin ini memiliki kapasitas yang cukup besar sebagai mobil hatchback yaitu mencapai 1.300 cc dengan teknologi fuel injection sehingga dapat menghasilkan tenaga yang optimal serta menghemat pemakaian bahan bakar. Mesin mobil ini memiliki 4 silinder pada 4 katup nya. Daihatsu mengklaim bahwa mesin berkapasitas 1.300 cc ini mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 80 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 11.9 Kgm / 4.400 rpm. Dengan tenaga yang cukup besar ini, Daihatsu Sirion tampil semakin percaya diri ketika melenggang di jalanan. Yang menarik dari mobil Daihatsu Sirion keluaran terbaru adalah telah tersedianya 2 pilihan transmisi yaitu otomatis dan manual.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit daihatsu sirion : 

Syarat Kredit Daihatsu Sirion

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil sirion, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.