D MT MI

Daihatsu Ayla

4.22 / 5

Rp92.550.000

Daihatsu Ayla adalah Mobil LCGC milik Daihatsu yang sangat kompak dan minimalis cocok untuk keluarga muda.

  • Dikenal juga sebagai Toyota Agya, Toyota Wigo

Simulasi Kredit

Rp.
Uang muka minimal sebesar Rp23.137.500.

D MT MI

Tenor 12 Bulan
Harga OTR Rp92.550.000
Bayar Pertama Rp34.278.400
Angsuran Rp5.962.600
Tenor 24 Bulan
Harga OTR Rp92.550.000
Bayar Pertama Rp32.147.400
Angsuran Rp3.116.700
Tenor 36 Bulan
Harga OTR Rp92.550.000
Bayar Pertama Rp32.029.100
Angsuran Rp2.170.000
Tenor 48 Bulan
Harga OTR Rp92.550.000
Bayar Pertama Rp32.189.000
Angsuran Rp1.705.300

Fitur

  • Dikenal juga sebagai Toyota Agya, Toyota Wigo

Ulasan

Review Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla menjadi mobil favorit pilihan masyarakat Indonesia untuk kategori LCGC sejak diperkenalkan 2012 silam. Selain karena harganya yang terjangkau dan bahan bakarnya yang bisa menjangkau jarak 20 km untuk setiap liternya, desain dari mobil keluaran Jepang ini terkesan simpel dan minimalis manarik perhatian bagi orang-orang yang menyukai mobil dengan tipe city car.

Pada mulanya, mobil murah ramah lingkungan ini tidak mendapatkan sambutan yang baik di pasaran Indonesia. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu mobil murah ramah lingkungan ini berhasil mencuri perhatian para pengguna kendaraan roda empat.

Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai pemegang lisensi mobil Daihatsu di Indonesia meluncurkan Daihatsu Ayla pada awal 2012 silam. Daihatsu Ayla merupakan mobil LCGC pertama yang hadir di Indonesia sebelum Toyota Agya. Di lihat dari sisi teknologi, fitur dan ketahanan body, Daihatsu Ayla memiliki rating sedikit di bawah Toyota Agya. Akan tetapi, Daihatsu Ayla tetap menjadi jawara di hati masyarakat. Pasalnya penjualan mobil LCGC milik Daihatsu ini lebih meroket dari pada penjualan mobil Toyota Agya. Selain itu, Daihatsu Ayla menjadi tonggak penjualan yang memberikan kontribusi lebih besar bagi pemasukan Daihatsu

Kini demi lebih meningkatkan kualitasnya, Daihatsu mengeluarkan edisi terbaru dari Ayla dengan mengusung edisi facelift. Daihatsu Ayla terbaru kini terlihat semakin gaya dan modern dengan beberapa penyegaran baik dalam segi interior maupun eksterior. Selain itu penyematan beberapa fitur menarik juga ditambahkan pada Daihatsu Ayla facelift 2017.

Desain Daihatsu Ayla

Desain Dahatsu Ayla memang menarik dan tidak terkesan mobil low-end nya. Terlebih pada desain terbaru Ayla facelift 2017 yang sengaja dibuat lebih sporty khas city car masa kini membuat Ayla semakin menarik untuk dibawa berkendara baik bagi kaum muda maupun bagi Anda yang sudah berkeluarga. Walaupun berbentuk kecil, namun ukuran ini sangat cocok untuk menjelajah jalanan-jalanan kota.

  

Sekilas, tampak pembaharuan signifikan pada tampilan sisi depan Toyota Ayla edisi facelift 2017 ini. Berbeda dengan pendahulunya, kini bumper depan LCGC ini dibuat lebih kekinian dengan desain yang lebih sporty dari Daihatsu. Disematkan juga Projector Headlamp with LED Position Lamp dan Daytime Running Light untuk mempercantik wajah baru Toyota Ayla. Selain itu, Body Color Outer Mirror with Side Turn Lamp sudah tersedia pada spion Ayla. Ditambah dengan aerokit yang melengkapi kecantikan Ayla versi 2017.

Makin tinggi tipenya makin sporty tampilannya, mungkin itulah yang coba Daihatsu sematkan pada Ayla. Hal ini bisa dilihat dari semua varian terbaru Ayla, tipe R mempunyai wajah paling sporty dibandingkan dengan yang lain. Dengan grille pada bumper depan yang lebih besar ala mobil sporty modern dan dibalut dengan dua list krom menambah kental kesan yang ingin ditampilkan. Kemudian pada tipe X kesan city car sporty juga tidak serta-merta luntur karena bumper yang dikenakan pada tipe X tetap terkesan sporty dengan satu list krom. Untuk tipe M dan D bumper yang disematkan masih sama sporty-nya dengan tipe lainnya hanya saja tidak terdapat list krom pada kedua tipe ini.

Pada sisi samping tidak terdapat perubahan signifikan seperti pada sisi depan. Namun yang menarik, untuk tipe X terdapat garis membujur dari depan hingga belakang berwarna krom mempercantik desain mobil ini. Selanjutnya, menilik penyegaran pada sisi belakang Daihatsu Ayla 2017, tersemat  stoplamp dengan gaya modern yang telah menggunakan lamppu LED sehingga sinar yang dihasilkan cukup terang namun tidak membahayakan pengendara di belakang. Wiper pada kaca belakang dan spoiler HSML juga menambah kelengkapan fitur pada mobil LCGC ini.

Interior Daihatsu Ayla

Sekarang kita melirik kebagian dalam mobil. Seperti layaknya mobil LCGC lainnya, desain Interior milik Daihatsu Ayla tidak terkesan mewah namun tampil dengan desain yang simpel dan menawan. Konsep desain interior rancangan Daihatsu pada Ayla memang minimalis akan tetapi mobil ini tetap memiliki fitur fungsional yang dapat di gunakan sehari-hari. Selain itu, material yang di gunakan juga cukup berkualitas dengan di dominasi oleh 2 warna yaitu Black dan Silver.

  

  

Di bagian dashboard ini dapat kita lihat panel Audio System, AC dan lain sebagainya. Namun, sesuatu yang sangat menarik perhatian adalah pada bagian pengemudi. Di bagian ini terdapat setir kemudi yang sangat stylish dan nyaman untuk digunakan, ditambah dengan Steering Switch memudahkan Anda untuk mengatur musik saat berkendara. Di belakang setir terdapat pula speedometer dengan fitur – fitur menarik seperti multi information indicator dan indikator atraktif lainnya. Selain fitur – fitur yang menarik, Daihatsu juga menyematkan teknologi ECO-Driving.

Untuk urusan Audio, versi terbaru dari Daihatsu Ayla ini sudah dipasangka 2 DIN Touchscreen Audio pada dashboardnya sehingga memudahkan pengguna memainkan musik kesukaannya dengan fitur layar sentuh kekinian yang responsif. Musik yang dihasilkan dari pemasangan perangkat audio pun ini terdengar gurih dengan berbagai pengaturan suara yang bisa Anda mainkan sesuai selera.

Sekarang kita beralih kebagian kabin penumpang. Salah satu hal yang menarik dari mobil LCGC milik Daihatsu ini adalah ruang kabin yang didesain sangat lapang. Dari sisi kaki hingga kepala ruangan terasa sangat luas sekali meskipun dari luar mobil ini terlihat kecil sekali. Maka tak heran bila Daihatsu Ayla termasuk mobil LCGC yang memiliki ruang kabin terluas di kelasnya. Tak hanya ruang kabin yang di desain sangat luas, Daihatsu juga memberikan ruang yang cukup luas sebagai bagasi pada mobil ini. Selain itu, jok pada baris ke dua memiliki fitur multi fungsi yang dapat di lipat sehingga dapat memberikan ruang penyimpanan lebih sebagai bagasi tambahan.

Warna Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla facelift 2017 menyedikan beberapa pilihan warna yang sporty seperti :

  • Orange Metallic
  • Classic Silver Metallic
  • Dark Grey Metallic
  • Icy White Solid
  • Red Solid
  • Ultra Solid Black

Fitur Daihatsu Ayla

Fitur yang disediakan oleh mobil kembaran Agya ini cukup lengkap untuk ukuran LCGC. Daihatsu Ayla facelift 2017 memberikan fitur yang mengutamakan keamanan serta kenyamanan pengendara dan penumpang. Sehingga saat mengendarai maupun menumpang pada kendaraan ini, tidak perlu khawatir akan mitos kurangnya fitur untuk LCGC.

Salah satu fitur keamanaan yang disisipkan pada Daihatsu Ayla edisi facelift 2017 adalah pemasangan immobilizer sehingga menghindari mobil dari risiko pencurian. Dual SRS Airbag juga disematkan guna menunjang keselamatan saat berkendara. Tidak hanya itu, Side Impact Beam pun juga menjadi pelindung bagi para penumpang ketika terjadi kecelakaan dari samping. Ditambah dengan pengadaan fitur Pedal Clutch Anti Back Up yang mengurangi risiko terjepitya kaki pengemudi jika pedal patah saat mengalami benturan. Lebih lanjutnya, Daihatsu juga meningkatkan keamanan melalui fitur AT Shift Lock, Body Monocoque, Luminated Whinsield, Collapsible Steering Column, hingga Pedestrian Protection. Cukup aman bukan untuk ukuran sebuah LCGC?

Untuk menunjang sisi kenyamanan pengguna, Daihatsu Ayla edisi facelift 2017 dipasangkan perangkat audio masa kini dengan pemutar musik layar sentuh. Mobil LCGC milik Daihatsu ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup canggih ala masa kini diantaranya adalah Electrik Outer Mirror, Rear Parking Sensors, Electric Power Windows, 2DIN Intergrated Audio System with output 4 speaker dan AC. Dengan fitur yang lengkap ini, pengemudi atau pun penumpang akan merasa nyaman selama perjalanan menggunakan mobil ini.

Tipe / Jenis Daihatsu Ayla

Hingga saat ini terdapat 4 tipe Daihatsu Ayla yang beredar di pasaran Indonesia yaitu Type D, D+,M, X Deluxe, X Airbag, R dan R Deluxe. Dari keempat tipe tersebut memiliki 2 pilihan tipe mesin yaitu manual dan otomatis. Untuk memuaskan para konsumen, dari setiap tipe Daihatsu memberikan fitur yang berbeda dengan harga yang berbeda pula.

Pembeda Daihatsu Ayla

Pembeda

Tipe

D

D+

M

X Deluxe

X Airbag

X 1.2

R

R Deluxe

Aero Kit

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Bobot

770

770

790

800

855

875

860

880

Velg

Steel

Steel

Alloy

Alloy

Alloy (polished & 2 Tone Painted)

Alloy (polished & 2 Tone Painted)

Alloy (polished & 2 Tone Painted)

Alloy (polished & 2 Tone Painted)

CD Player

Tidak

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Airbag

Tidak

 

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

AC

Tidak

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Power Window

Tidak

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Power Door Lock

Tidak

Ya

Ya

Ya

Ya

YA

Ya

Ya

Power Steering

Tidak

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Spoiler Belakang

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Grill Bumper

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Spesifikasi Mobil Daihatsu Ayla

Setelah kita mengetahui perbedaan dari setiap tipe Daihatsu Ayla, sekarang kita akan melihat lebih dalam spesifikasi yang di tawarkan oleh mobil LCGC milik daihatsu ini. Untuk lebih jelasnya mari simak tabel di bawah ini.

Spesifikasi Mobil Daihatsu Ayla

Kategori

Kapasitas Mesin

1.000 cc

1.200 cc

Mesin

· Tipe mesin : D26F 1KR-DE               DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC

· Kapasitas Silinder : 998 cc

· Diameter X langkah : 71 x 84

· Daya Maksimum : 65 / 6.000

· Torsi Maksimum : 86 Mn / 3.600

·  Transmisi : 4 A/T  & 5 speed M/T

· Tipe mesin : 3NR-VE,DOHC, Dual     VVT-I cylinder, 16 Valves, DOHC

· Kapasitas Silinder : 1.197 cc

· Diameter X langkah : 72.5 x 72.5

· Daya Maksimum : 88 / 6.000

· Torsi Maksimum : 108 Mn / 4.200

· Transmisi : 4 A/T  & 5 speed M/T

Dimensi

· P X L X T : 3.600 x 1.600 x 1.520

· Jarak Pijak depan/belakang :         635/515 mm

· Tinggi dari tanah : 180 mm

· Jarak Sumbu Roda : 2450 mm

· P X L X T : 3.660 x 1.600 x 1.520

· Jarak Pijak depan/belakang :         635/515 mm

· Tinggi dari tanah : 180 mm

· Jarak Sumbu Roda : 2450 mm

Suspensi / Kaki-kaki

· Suspensi Depan : McPherson           Struts with coil spring

· Suspensi Belakang : Torsion Axle   Beam

· Ukuran Ban : 155/80 R13

· Rem Depan : Disc

· Rem Belakang : Drum

· Suspensi Depan : McPherson           Struts with coil spring

· Suspensi Belakang : Torsion Axle   Beam

· Ukuran Ban : 175/65 R14

· Rem Depan : Disc

· Rem Belakang : Drum

 

Mesin Daihatsu Ayla

Secara keseluruhan Daihatsu Ayla menawarkan dua varian mesin dengan kapasitas yang berbeda sebagaimana edisi terbaru saudara kembarnya, Agya, yaitu mesin dengan kapasitas 1.0 liter dengan teknologi 1KR-DE Tipe DOHC dan mesin kapasitas 1.2 liter dengan teknologi 3NR-VE bertipe DOHC plus VVT-i. Beruntungnya, semua varian sudah dilengkapi dengan teknologi fuel EFI yang dapat menekan konsumsi bahan bakar sehingga membuat mesin Daihatsu Ayla ini irit dan ramah lingkungan.

Untuk kapasitas mesin 1.0 liter, Ayla dibekali tipe mesin DOHC 3 Silinder 12 Katup di mana mengusung teknologi VVT-i. Tranmisi untuk varian ini menggunakan transmisi manual 5-percepatan dengan besaran tenaga maksimum hingga 65 Ps per 6.000 rpm dan torsi 86 Nm per 3.600 rpm.

Untuk kapasitas mesin 1.2 liter, Ayla dilengkapi teknologi mesin DOHC Dual VVT-i 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 88 Ps setiap putaran ke 6.000 rpm dan torsi maksimum hingga 108 Nm per putaran ke 4.200 rpm.

Meskipun memiliki kapasitas mesin yang berbeda, namun kedua varian dari Daihatsu Ayla ini memiliki kapasitas bahan bakar yang sama yaitu 33 liter. Untuk kapasitas mesin 1.000 cc dapat dijumpai pada Daihatsu Ayla tipe D, D+, M, X Deluxe, dan X Airbag. Sedangkan untuk kapasitas mesin 1.200 cc tersedia pada tipe X, R serta R Deluxe. Semua tipe menyediakan pilihan transmisi manual maupun automatic kecuali pada tipe D dan D+.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit daihatsu ayla :

Syarat Kredit Daihatsu Ayla

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan BCA
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil ayla, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla
  • Dikenal juga sebagai Toyota Agya, Toyota Wigo