Ayla D M/T

Daihatsu Ayla

4.22 / 5

Rp91.250.000

Daihatsu Ayla adalah Mobil LCGC milik Daihatsu yang sangat kompak dan minimalis cocok untuk keluarga muda.

  • Dikenal juga sebagai Toyota Agya, Toyota Wigo

Simulasi Kredit

Rp.
Uang muka minimal sebesar Rp22.812.500.

Ayla D M/T

Tenor 12 Bulan
Harga OTR Rp91.250.000
Bayar Pertama Rp33.986.500
Angsuran Rp5.878.800
Tenor 24 Bulan
Harga OTR Rp91.250.000
Bayar Pertama Rp31.885.600
Angsuran Rp3.072.900
Tenor 36 Bulan
Harga OTR Rp91.250.000
Bayar Pertama Rp31.768.900
Angsuran Rp2.139.500
Tenor 48 Bulan
Harga OTR Rp91.250.000
Bayar Pertama Rp31.926.600
Angsuran Rp1.681.300

Fitur

  • Dikenal juga sebagai Toyota Agya, Toyota Wigo

Ulasan

Akhir – akhir ini telah banyak produsen kendaraan roda empat yang menawarkan fitur – fitur canggih, harga yang terjangkau, ramah lingkungan dan lain sebagainya. Seperti salah satunya mobil murah ramah lingkungan. Pada mulanya, mobil murah ramah lingkungan ini tidak mendapatkan sambutan yang baik di pasaran Indonesia. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu mobil murah ramah lingkungan ini berhasil mencuri perhatian para pengguna kendaraan roda empat.

Sejarah perkembangan mobil murah ramah lingkungan atau yang biasa di sebut Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia di mulai dari tahun 2012. Daihatsu dan Toyota merupakan produsen yang pertama kali menancapkan bendera perjuangan di segmen mobil LCGC di Indonesia. Ke dua developer yang sama – sama berada di bawah naungan Astra ini melakukan duet yang sangat apik di pasar kendaraan roda empat. Akan tetapi, Toyota lebih mengkhususkan pangsa pasar sedikit di atas Daihatsu. Akan tetapi, kemampuan yang di miliki Daihatsu tidak bisa dianggap remeh.

Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai pemegang licency mobil Daihatsu di Indonesia meluncurkan Daihatsu Ayla pada awal 2012 silam. Daihatsu Ayla ini merupakan mobil LCGC pertama yang hadir di Indonesia sebelum Toyota Agya. Di lihat dari sisi teknologi, fitur dan ketahanan body, Daihatsu Ayla memiliki rating sedikit di bawah Toyota Agya. Akan tetapi, Daihatsu Ayla tetap menjadi jawara di hati masyarakat. Pasalnya penjualan mobil LCGC milik Daihatsu ini lebih meroket dari pada penjualan mobil Toyota Agya. Selain itu, Daihatsu Ayla menjadi tonggak penjualan yang memberikan kontribusi lebih besar bagi pemasukan Daihatsu. Lalu apa sih yang membuat masyarakat jatuh hati kepada mobil LCGC milik Daihatsu ini ? Untuk mengenal lebih jauh tentang mobil LCGC pertama di Indonesia ini mari simak ulasan berikut ini.

Desain Daihatsu Ayla

Salah satu daya tarik Daihatsu Ayla terdapat pada bagian desain nya yang sangat kompak dan minimalis. Mobil LCGC milik Daihatsu ini terkenal memiliki sifat yang sangat kalem. Dari sisi desain, Daihatsu Ayla sangat ideal bagi masyarakat Indonesia. Hal ini di karenakan Daihatsu Ayla di rancang dengan A-concept yang artinya, desain yang dirancang sesuai dengan selera konsumen saat ini.

Desain Daihatsu Ayla Desain Daihatsu Ayla Desain Daihatsu Ayla 

 

Di lihat dari sisi depan mobil, Daihatsu Ayla memiliki desain yang bagus terletak pada headlamp multi reflektor yang lebih sipit dengan sudut yang lebih tajam. Sedangkan untuk foglamp nya terlihat lebih ringkas dengan di padukan warna chrome. Keberadaan headlamp dan foglamp yang sangar ini di lengkapi dengan front grill yang memiliki bagian grill lebih lebar seperti milik mobil Fiesta besutan Ford. Pada bagian front grill ini Daihatsu menyematkan emblem “A” yang berbentuk elips dengan desain yang sangat cantik. Sedangkan untuk front bumper, Daihatsu merancang bumper depan dengan ukuran yang lebih besar yang selaras dengan front grill.

Desain Daihatsu Ayla Desain Daihatsu Ayla Desain Daihatsu Ayla

 

Beralih kebagian body samping mobil, sekilas desain body samping Daihatsu Ayla ini mirip dengan desain body samping mobil LCGC Toyota. akan tetapi, sebagai mobil LCGC yang pertama kali muncul di Indonesia tentunya Daihatsu Ayla tidak meniru desain body samping milik Toyota Agya. Dengan body samping yang di desain sangat minimalis, Daihatsu Ayla tampil sangat percaya diri dan kompak. Tampilan sisi kiri dan kanan mobil LCGC Daihatsu ini di sematkan side molding chrome dan pillar di bagian atas kaca jendela sehingga terlihat lebih mewah dan elegan.

Sekarang kita beralih kebagaian belakang mobil. Daihatsu memang membuat mobil LCGC miliknya ini dengan tampilan yang sangat minimalis. Pada bagian belakang terdapat lampu utama yang di lengkapi dengan efek smoke sehingga terlihat lebih cantik dan menarik. Selain itu, keberadaan spoiler body menjadikan mobil ini sangat menarik dan mendapatkan sedikit kesan sporty.

Kesan minimalis dari Daihatsu Ayla semakin kental berkat ukurannya yang di rancang lebih kecil dan ringan. Ukuran dimensi Daihatsu Ayla adalah P x L x T = 3.600 mm x 1.600 mm x 1520 mm. Ukuran yang kecil ini lah yang menjadi salah satu penyebab bobot kendaraan LCGC milik Daihatsu hanya sebesar 180 kg. Dengan demikian, ukuran dimensi Daihatsu Ayla lebih kecil daripada ukuran dimensi Toyota Agya. Dengan ukuran yang sangat mungil dan desain tampilan yang minimalis, maka mobil LCGC milik Daihatsu ini sangat cocok bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Interior Daihatsu Ayla

Interior Daihatsu Ayla

Sekarang kita melirik kebagian dalam mobil. Seperti layaknya mobil LCGC lainnya, desain Interior milik Daihatsu Ayla tidak terkesan mewan namun tampil dengan desain yang sangat mungil dan menawan. Daihatsu merancang desain interior Daihatsu Ayla dengan konsep minimalis pula namun tetap memiliki fitur fungsional yang dapat di gunakan. Selain itu, material yang di gunakan juga cukup berkualitas dengan di dominasi oleh 2 warna yaitu Black dan Silver.

Beralih kebagian dashboard, Daihatsu Ayla tampil begitu sederhana dengan fungsi – fungsi standar tanpa sisi kemewahan. Di bagian dashboard ini dapat kita lihat panel Audio System, AC dan lain sebagainya. Namun, sesuatu yang sangat menarik perhatian adalah pada bagian pengemudi. Di bagian ini terdapat setir kemudi yang sangat stylish dan nyaman di gunakan. Di belakang setir terdapat pula speedometer dengan fitur – fitur menarik seperti multi information indicator dan indikator atraktif lainnya. Selain fitur – fitur yang menarik, Daihatsu juga menyematkan teknologi ECO-Driving.

Sekarang kita beralih kebagian kabin penumpang. Salah satu hal yang menarik dari mobil LCGC milik Daihatsu ini adalah ruang kabin yang di desain sangat lapang. Dari sisi kaki hingga kepala ruangan terasa sangat luas sekali meskipun dari luar mobil ini terlihat kecil sekali. Maka tak heran bila Daihatsu Ayla termasuk mobil LCGC yang memiliki ruang kabin terluas di kelasnya. Tak hanya ruang kabin yang di desain sangat luas, Daihatsu juga memberikan ruang yang cukup luas sebagai bagasi pada mobil ini. Selain itu, jok pada baris ke dua memiliki fitur multi fungsi yang dapat di lipat sehingga dapat memberikan ruang penyimpanan lebih sebagai bagasi tambahan.

Warna Daihatsu Ayla

Warna Daihatsu Ayla

Daihatsu memang tahu selera masyarakat Indonesia. Kini Daihatsu Ayla hadir dengan 6 pilihan warna. Dengan demikian masyarakat semakin leluasa memilih warna kendaraan sesuai selera masing – masing. Ke-tujuh pilihan warna Daihatsu Ayla adalah sebagai berikut :

  • Classic Silver Metallic
  • Dark Grey Metallic
  • Icy White Solid
  • Light Blue Metallic
  • Red Solid
  • Ultra Black Solid

Fitur Daihatsu Ayla

Kini kita akan membahas beberapa fitur yang di tawarkan oleh Daihatsu pada mobil LCGC miliknya ini. Meskipun Daihatsu Ayla termasuk mobil murah tetapi tetap tidak menghilangkan fitur keamanan dan kenyamanan. Yang pertama fitur keamanan. Daihatsu memberikan tingkat kenyamanan kepada pengguna berkat material berlapis baja pada body nya yang telah berteknologi tinggi dari High Tensiles Strengthsheets. Material berlapis baja ini tergolong ringan dan memiliki daya tahan yang sangat kuat. Di sisi kabin penumpang juga telah di sediakan seatbelt pada semua kursi. Tidak hanya itu, Daihatsu juga memberikan tingkat keamanan lebih kepada pengendara melalui fitur AT Shift Lock, Body Monocoque, Luminated Whinsield, Collapsible Steering Column, hingga Pedestrian Protection. Fitur keamanan milik Daihatsu Ayla ini tergolong lengkap sekali.

Fitur Daihatsu Ayla Fitur Daihatsu Ayla Fitur Daihatsu Ayla

Yang ke dua adalah fitur kenyamanan. Meskipun Daihatsu Ayla termasuk mobil LCGC, fitur kenyamanan pun tidak pernah tinggal dalam kemasan. Mobil LCGC milik Daihatsu ini di lengkapi dengan berbagai fitur yang cukup canggih ala masa kini diantaranya adalah Electrik Outer Mirror, Rear Parking Sensors, Electric Power Windows, 2DIN Intergrated Audio System with output 4 speaker dan AC. Dengan fitur yang lengkap ini, pengemudi atau pun penumpang akan merasa nyaman selama perjalanan menggunakan mobil ini.

Fitur Daihatsu Ayla Fitur Daihatsu Ayla

Tipe / Jenis Daihatsu Ayla

Hingga saat ini terdapat 4 tipe Daihatsu Ayla yang beredar di pasaran Indonesia yaitu Type D, D+, M, dan X. Dari keempat tipe tersebut memiliki 2 pilihan tipe mesin yaitu manual dan otomatis. Untuk memuaskan para konsumen, dari setiap tipe Daihatsu memberikan fitur yang berbeda dengan harga yang berbeda pula.

Perbedaan Daihatsu Ayla

Pembeda

Type

D

D+

M Sporty

X Elegant

Aero kit

-

-

Ya

Ya

Bobot

755 kg

755 kg

765 kg

785 kg

Velg

Standar 13”

Standar 13”

Standar 13”

Alloy 14”

CD Player

-

Ya

Ya

Ya

Airbag

-

Ya

Ya

Ya

AC

-

Ya

Ya

Ya

Central Cluser AC

-

-

-

Ya

Power Window

-

Ya

Ya

Ya

Power Door Lock

-

-

Ya

Ya

Electric Power Steering

-

Ya

Ya

Ya

Side Body Moulding

-

-

Ya

Ya

Spoiler Belakang

-

-

-

Ya

Grill Bumper

-

-

Ya

Ya

 

Dari tabel tersebut di atas dapat kita simpulkan bahwa Tipe X Elegant memiliki fitur yang lebih lengkap seperti terdapat airbags, central Cluser AC, spoiler belakang, Velg Alloy 14” dan lain sebagainya. Sedangkan type D sebagai tipe terendah dari Daihatsu Ayla memiliki fitur yang lebih sedikit, bahkan pada tipe ini tidak terdapat fitur keselamatan airbag.

Spesifikasi Daihatsu Ayla

Setelah kita mengetahui perbedaan dari setiap tipe Daihatsu Ayla, sekarang kita akan melihat lebih dalam spesifikasi yang di tawarkan oleh mobil LCGC milik daihatsu ini. Untuk lebih jelasnya mari simak tabel di bawah ini.

Spesifikasi Mobil Daihatsu Ayla

Mesin

 

  • Tipe mesin : D26F 1KR-DE DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC
  • Kapasitas Silinder : 998 cc
  • Diameter X langkah : 71 x 84
  • Daya Maksimum : 65 / 6.000
  • Torsi Maksimum : 8.7 / 3.600
  • Transmisi : 4 A/T  & 5 speed M/T

 

Dimensi

 

  • P X L X T : 3.600 x 1.600 x 1.520
  • Jarak Pijak depan/belakang : 635/515 mm
  • Tinggi dari tanah : 180 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 2450 mm

 

Suspensi / Kaki-Kaki

 

  • Suspensi Depan : McPherson Struts with coil spring
  • Suspensi Belakang : Torsion Axle Beam
  • Ukuran Ban : 155/80 R13
  • Rem Depan : Disc
  • Rem Belakang : Drum

 

 

Teknologi Mesin Daihatsu Ayla

Bicara soal jantung pacu, Daihatsu Ayla menggunakan mesin ECO Technology andalannya yaitu D26F 1KR-DE berkapasitas 998 cc dengan teknologi DOHC 3 Silinder 12 katup. Mesin ini di klaim cukup tangguh dan irit bahan bakar serta ramah lingkungan. Mesin ECO Technology milik Daihatsu ini mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 65 PS / 6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 8.7 Kgm / 3.600 rpm. Tenaga mesin ini sangat cocok sekali di sematkan pada sebuah mobil LCGC terlebih lagi mobil LCGC di khusus kan berakselerasi di perkotaan. Mesin Daihatsu Ayla ini telah menggunakan sistem Multipoint Injection sehingga termasuk mobil yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Pada tipe tertinggi Daihatsu Ayla telah menggunakan sistem Electric Power Steering yang dapat digunakan untuk memberikan performa yang lebih. Dan yang terakhir, Daihatsu memberikan 2 pilihan tipe percepatan yaitu manual dengan 4 percepatan dan otomatis.

 

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit daihatsu ayla :

Syarat Kredit Daihatsu Ayla

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan BCA
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil ayla, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla
  • Dikenal juga sebagai Toyota Agya, Toyota Wigo