Mobil – mobil besutan Mazda memang terkenal dengan tampilannya yang selalu stylish serta memiliki fungsionalitas tinggi. Salah satu mobil yang mendapatkan aura tersebut adalah Mazda VX-1. Mobil ini di kategorikan ke dalam segmen mobil MPV. Jika kita lihat dari tampilan luarnya mulai dari desain dan ukuran bagian (depan, samping dan belakang) mobil MPV milik Mazda ini mengingatkan kita kepada mobil Suzuki Ertiga. Hal ini mungkin dapat pula kita lihat pada fenomena Dihatsu Ayla dan Toyota Agya yang sering di sebut – sebut sebagai saudara kembar dengan beda pabrikan.

Meskipun memiliki banyak kesamaan dengan Suzuki Ertiga, Mazda menyematkan beberapa fitur dan kelengkapan yang dapat menjadikan mobil ini lebih unggul, diantaranya adalah Door Inner Handle Protector yang mana hadir dengan perpaduan 2 warna yaitu hitam dan silver. Disamping itu, Mazda juga menyematkan Door Visor, Ract Tray, dan Muffler Cutter sehingga mobil ini terlihat lebih menawan dari generasi terdahulunya. Tak hanya itu saja, Mazda VX-1 di klaim sebagai mobil bertenaga besar di kelasnya. Bahkan ia mampu mengalahkan tenaga milik Toyota Avanza yang saat ini sangat banyak di minati oleh masyarakat Indonesia. Untuk mengenal mobil MPV milik Mazda ini lebih dalam lagi, mari simak ulasan di bawah ini :

Desain Mazda VX-1

Desain Mazda VX-1   Desain Mazda VX-1   Desain Mazda VX-1

Seperti yang telah kita singgung sedikit pada point pendahuluan di atas, Mazda VX-1 memiliki tampilan yang hampir mirip dengan Suzuki Ertiga. Akan tetapi, jika kita perhatikan lebih mendetil, ternyata terdapat perbedaan yang cukup signifikan dari ke dua mobil tersebut. Desain eksterior milik Mazda VX-1 tampil stylish dengan berbagai macam aksesoris yang tertera pada bodynya.

Desain Mazda VX-1   Desain Mazda VX-1   Desain Mazda VX-1

Pertama – tama dapat kita lihat pada bagian depan yang mana mobil MPV milik Mazda in memiliki headlamp yang berukuran besar dan dipadukan dengan Grille Garnish yang berwarna chrome melintang di bagian depan. Di sisi tengah front grille terdapat emblem Mazda. Sedangkan pada bagian bawah terdapat foglamp dengan desain casing berbentuk bulat yang membuat nya semakin trendy.

Sekarang kita alihkan pandangan pada bagian body samping. Di sisi ini kita akan menemukan front and rear side skirts yang melintang dari pintu bagian depan hingga mencapai pintu bagian belakang sehingga semakin terlihat trendy. Tak hanya itu saja, dengan adanya Door Inner Handle Protector berwarna hitam dan silver semakin membuat mobil ini tampil sempurna. Point selanjutnya kita perhatikan bagian buritan yang mana Mazda VX-1 di lengkapi dengan tailgate berbasis chrome.

Interior Mazda VX-1

Interior Mazda VX-1

Bila bagian luar terlihat hampir mirip dengan Suzuki Ertiga, berbeda dengan bagian ruang kabin. Ruang kabin Mazda VX-1 mampu menghasilkan kenyamanan ala mobil premium berkat ornamen dan instrumen mewah di setiap sisi nya. Pertama – tama dapat kita temui pada bagian dashboard yang di lengkapi dengan berbagai panel – panel yang di rancang simetris dan presisi sehingga dapat memudahkan pengemudi untuk menjangkau panel – panel yang di butuhkan. Mazda telah menyematkan Glove Box berukuran cukup besar pada bagian dashboard ini yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang bawaan. Selain itu terdapat instrument Cluster with Multi Information Display, Front Cup Holder, Front and Rear Door Bottle Holder, Audio Unit with 6 speaker, AC dan Seatback Pocket. Tak hanya itu saja, pada setir kemudi telah di sematkan tombol pengatur volume audio yang di sebut dengan Steering Wheel Mouted Audio Controls.

Interior Mazda VX-1   Interior Mazda VX-1   Interior Mazda VX-1

Warna Mazda VX-1

Warna Mazda VX-1

Mazda turut menyertakan 6 pilihan warna untuk mobil series VX-1 Metro milik nya ini. Dengan adanya 4 pilihan warna dapat memberikan cukup banyak pilihan bagi konsumen yang mana pada setiap konsumen memiliki selera masing – masing. Ke enam pilihan warna tersebut adalah : 

  • Cool Black Pearl Metallic
  • Dusky Brown Metallic
  • Graphite Grey Pearl Metallic
  • Pearl White
  • Radiant Red Pearl
  • Silky Silver Metallic.

Fitur Mazda VX-1

Fitur Mazda VX-1   Fitur Mazda VX-1   Fitur Mazda VX-1

Mazda memang terkenal sebagai produsen kendaraan roda empat yang mengutamakan keselamatan pengguna. Bagaimana tidak, di setiap tipe / jenis / varian mobil besutan Mazda telah di lengkapi dengan fitur keamanan berstandar international. Fitur keamanan yang di miliki oleh Mazda VX-1 berupa Dual SRS AirBags, Side Impact Beam, Immobilizer + Alarm, Keyless Entry, Seatbelt 7 unit, hingga fitur Anti Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake force System (EBD).

Fitur Mazda VX-1    Fitur Mazda VX-1

 

Tipe / Jenis Mazda VX-1

Sebagai salah satu pesaing dari Suzuki Ertiga di kelas mobil MPV, Mazda menawarkan 2 tipe pada mobil miliknya ini yaitu Mazda VX-1 V-Grade dan Mazda VX-1 R-Grade yang mana ke dua tipe tersebut telah tersedia dengan 2 pilihan tipe transmisi yaitu manual (M/T) dan otomatis (A/T). Mazda mendesain ke dua tipe mobil nya ini dengan mengkombinasikan keindahan dengan perawakan ala mobil kelas premium. Ke dua tipe ini memiliki perbedaan harga yang hampir mencapai 20 juta rupiah yang mana tipe R-Grade merupakan tipe tertinggi dari Mazda VX-1 dan tipe V-Grade merupakan tipe terendahnya. Dengan perbedaan harga yang mencapai 20 juta rupiah tersebut, Mazda memberikan beberapa fitur serta kelengkapan kepada tipe tertingginya mulai dari eksterior, interior hingga fitur keselamatan pun juga memiliki perbedaan.

Di sisi eksterior ke dua tipe mobil MPV ini memiliki persamaan yang cukup signifikan diantaranya adalah sama – sama memiliki Door Visor dan Muffler Cutter. Sedangkan perbedaan yang paling mudah di temukan adalah pada tipe R-Grade telah di sematkan body kit sehingga tampilan mobil semakin terkesan mewah dan menawan. Selain itu, tipe R-Grade memiliki pengukur suhu di luar ruang kabin yang di beri nama Outside Temperatur. Fitur ini memiliki fungsi menarik yang mana kita dapat mengetahui berapa suhu di luar ruang kabin. Fitur Outside Temperatur akan menghasilkan output pada panel eksterior termometer yang terdapat pada ruang kabin.

Perbedaan selanjutnya akan kita temui pada bagian ruang kabin. Untuk menambah kesan kemewahan, Mazda membalut jok tipe R-Grade menggunakan bahan kulit sedangkan untuk tipe V-Grade hanya menggunakan bahan bermaterial standar. Selain itu untuk fitur Audio ke dua tipe ini memiliki kelengkapan yang hampir sama yaitu sama – sama menggunakan Audio Unit yang mampu memutar CD, MP3, Windows Media Audio (WMA), AM/FM serta mampu terintegrasi menggunakan USB Port. Namun perbedaan Audio Unit yang di berikan oleh Mazda pada ke dua tipe nya ini terdapat pada bagian output yang mana tipe V-Grade hanya mengeluarkan output audio melalui 4 speaker sedangkan tipe R-Grade telah memiliki 6 speaker (4 speaker & 2 tweeter). Perbedaan pada ruang kabin selanjutnya terdapat pada komponen Door Inner Handle Protector yang mana tipe V-Grade hanya terdiri dari 1 warna yaitu hitam saja sedangkan tipe R-Grade di kombinasikan dengan 2 warna yaitu hitam dan silver.

Pembeda tipe – tipe mobil Mazda VX-1 selanjutnya terdapat pada sektor fitur keselamatan. Sebetulnya fitur keselamatan ke dua tipe ini sudah terbilang cukup lengkap yang mana ke duanya telah memiliki Dual SRS AirBags, Side Impact Door, Immobillizer, Collapsible Steering Coloumn dan lain sebagainya untuk menjamin keselamatan para pengemudi dan pengguna. Namun, yang membedakan  kedua tipe ini adalah fitur keselamatan aktif yang biasa kita kenal dengan nama Antilock Braking System (ABS) dan Electronic Brake force Distribution (EBD). Dengan fitur tersebut dapat meningkatkan rasa nyaman dan keamanan dari mobil MPV milik Mazda ini.

Dengan perbedaan beberapa fitur dan komponen tersebut maka tak heran bila tipe R-Grade sedikit lebih mahal dari tipe V-Grade yaitu hampir mencapai 20 juta rupiah. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan tipe – tipe Mazda VX-1 tersebut, mari simak ringkasan perbedaannya pada tabel di bawah ini :

Perbedaan Tipe – tipe Mazda VX-1

Pembeda

Tipe

V-Grade

R-Grade

Body kit

-

Ya

Leather Seat

-

Ya

Wood Panel

-

Ya

Outside Temperature

-

Ya

Speaker

Ya, 4 unit

Ya, 6 unit (2 Tweeter, 4 Speaker)

Audio

AM/FM, CD, MP3 and WMA integrated to USB Port

AM/FM, CD, MP3 and WMA integrated to USB Port

Side Impact Door

Ya

Ya

Immobilizer

Ya

Ya

ABS + EBD

-

Ya

Collapsible Steering Coloumn

Ya

Ya

Door Inner Handle Protector

Ya, warna hitam

Ya, warna hitam dan silver

Door Visor

Ya

Ya

Rack Tray

Ya

Ya

Muffler Cutter

Ya

Ya

Material Jok

Standard

Kulit

 

Spesifikasi Mazda VX-1

Tersedia dalam 2 pilihan tipe, Mazda VX-1 memiliki persamaan yang cukup signifikan. Persamaan tersebut telah kami rangkum dalam uraian tabel spesifikasi di bawah ini. Mari simak tabel berikut :

Spesifikasi Mazda VX-1

Mesin

 

  • Tipe Mesin :   In-line 4 cylinder DOHC 16 valve with VVT (Variable Valve Timing)
  • Isi Silinder : 1373  cc
  • Diameter x Langkah : 73.0 x 82.0  mm
  • Kompresi rasio : 10.0:1Daya Maksimum : 95 ps / 6000 rpm
  • Torsi Maksimum : 13.25 kgm / 4000  rpm
  • Sistem Bahan Bakar : Multi Point Fuel Injection
  • Kapasitas Bahan Bakar : 45 Liter
  • Transmisi :5 MT / 4 AT

 

Dimensi

 

  • P X L X T :   4265  x 1695  x  1685  mm
  • Jarak Sumbu Roda : 2,740 mm
  • Tapak Depan / Belakang : 1,480 / 1,490 mm
  • Berat : 1,334 kg
  • Jumlah Tempat Duduk : 7 orang
  • Jarak terendah terhadap tanah : 185 mm

 

Suspensi / Kaki-Kaki

 

  • Suspensi Depan : MacPherson strut with coil spring
  • Suspensi Belakang : Torsion beam with coil spring
  • Rem Depan : Ventilated Disc
  • Rem Belakang : Leading / Trailing Drum
  • Velg : 15″ Aluminum Alloy
  • Ukuran Ban : 185/65R15
  • Sistem Kemudi : Rack & Pinion ,  Electric Power Steering

 

Eksterior

  • Halogen multireflector headlamps
  • Front fog lamps – with silver bezel and chrome rings
  • Chrome grill garnish (upper)
  • Chrome grill garnish (lower)
  • Green-tinted windows
  • Intermittent front windshield wipers with washers
  • Rear wiper with washer
  • Chrome exterior door handles
  • Electric side view mirrors with turn signal lamps
  • Front corner spoilers
  • Front and rear side skirts
  • Side body mouldings with chrome accent
  • Rear roof spoiler
  • Chrome-plated tailgate garnish

Interior

 

  • Standard keyless entry system
  • Air conditioning system with Double Blower
  • Multi-Information Display (MID) on
  • Instrument cluster with trip computer
  • Power windows with one-touch auto open/close (driver side)
  • Audio : AM/FM Tuner & single disc CD Player (MP3/WMA compatible)
  • White vacuum fluorescent display, USB input port, 12V accessory socket, 4 speaker audio system, 6 speaker audio system,
  • Steering-wheel-mounted audio controls
  • Glove box
  • Central console cup
  • Coin box
  • Driver & front passenger seatback pockets
  • Front cup holders in front of side AC louvres
  • Front and rear door bottle holders
  • Rear cup holders next to 3rd row seats
  • Luggage under box

 

Fitur Keselamatan

 

  • Antilock Brake system (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD)
  • Dual front SRS air bags
  • 3-point front ELR seat belts with height adjusters
  • 3-point 2nd row ELR seat belts (left & right) + 2-point 2nd row seat belt (center)
  • 3-point 3rd row ELR seat belts (left & right)
  • High-mount stop lamp
  • Side-impact door beams
  • Collapsible steering column
  • Power door locks
  • Immobilizer & security alarm

 

 

Teknologi Mesin Mazda VX-1

Jantung pacu merupakan salah satu indikator pengukur kemampuan kendaraan. Sebagai mobil MPV dan salah satu pesaing yang memiliki desain hampir mirip dengan Suzuki Ertiga, Mazda menyematkan mesin yang bertenaga dan responsive. Spesifikasi mesin Mazda VX-1 memiliki kapasitas 1.377 cc dengan 16 katup pada 4 silinder berteknologi DOHC & Variable Valve Timing (VVT). Mobil ini di klaim mampu mencapai kecepatan 100 km/jam hanya selama 10,27 detik saja. Jika kita bandingkan dengan mobil yang MPV yang memiliki kubikasi mesin setara dan cukup laris di pasaran Indonesia yaitu Toyota Avanza, mesin Mazda VX-1 lebih cepat 2,73 detik. Tenaga mesin mobil MPV ini pun tak dapat di anggap remeh. Pasalnya Mazda VX-1 memiliki tenaga maksimal mencapai 95 Ps / 6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 130 Nm / 4.000 rpm. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa mesin Mazda VX-1 memiliki tenaga yang tangguh meskipun pada putaran mesin paling rendah sekalipun. Kemampuan mesin Mazda semakin di sempurnakan dengan adanya Drive By Wire Technology, Electronics Control Module (ECM) with Sensor Potensimeter sehingga semakin membuat performa mesin ini semakin optimal. Tak hanya memberikan performa yang apik, Mazda VX-1 juga telah mendukung fitur Multi Point Injection yang mana fitur ini berfungsi untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Mazda mengklaim bahwa mobil MPV miliknya ini mampu mencapai jarak 11 sampai dengan 14 km hanya dengan 1 liter bahan bakar. Selain itu, Mazda VX-1 juga telah lulus uji EURO 3.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit mazda vx-1 : 

Syarat Kredit Mazda VX-1

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum anda mengambil kredit mobil VX-1 anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan anda.