Di Indonesia sendiri, produsen kendaraan roda empat yang satu ini cenderung kurang terkenal semenjak ke vakumannya di dunia otomotif. Berada di bawah naungan Nissan Motor, pada tahun 2012 silam Datsun kembali hadir sebagai kompetitor berkelas. Pada kesempatan itu, Datsun meluncurkan salah satu mobil andalan mereka di segmen LCGC.

Kehadiran Datsun dari kematisuriannya menjadi momok menakutkan bagi para kompetitor sekelasnya seperti Toyota Agya, Diahatsu Ayla, maupun Honda Brio. Pasalnya, Datsun hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 tahun untuk menghasilkan penjualan total 100.000 unit di dunia untuk tipe Datsun Go+ saja. Dari data tersebut, meskipun sempat vakum beberapa tahun Datsun Go tidak dapat pandang sebelah mata sebagai produsen kendaraan roda empat. Hadir di segmen mobil LCGC, Datsun menawarkan mobil murah berkualitas dengan ruang kabin yang paling luas di kelasnya ala mobil MPV. Ya, Datsun Go merupakan pencetus mobil LCGC dengan ruang kabin 3 baris di Indonesia.

Datsun memang memiliki inovasi yang baik dalam segmen mobil LCGC ini. Dengan kehadiran mobil LCGC yang memiliki ruang kabin ala mobil Low MPV ini, pecinta otomotif semakin memiliki beragam pilihan.  Dengan di bekali mesin berkapasitas 1.2L, Datsun Go semakin percaya diri untuk menjajal pangsa pasar Indonesia. Mobil ini di kabarkan mampu menghasilkan performa yang apik namun tetap dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Tak hanya itu saja, pada bagian interior, mobil LCGC ini telah di lengkapi dengan desain interior yang menawan serta tampilan eksterior yang minimalis. Datsun Go juga telah di lengkapi dengan berbagai fitur – fitur canggih milik Datsun, diantaranya adalah Pedal Accelerator Electronic, Suspensi Poros Ganda, Speed Sensitive Electric Power Steering, hingga Drive Computer. Fitur – fitur terbaru tersebut dapat memudahkan pengemudi dalam mengendalikan mobil LCGC 3 baris ini. Sebenarnya masih banyak lagi fitur – fitur canggih serta kemampuan Datsun Go yang tersembunyi. Untuk mengenal lebih jauh tentang mobil semi LCGC ini, mari simak ulasan kami di bawah ini.

Desain Datsun Go

Sebagian besar mobil LCGC memiliki ukuran yang kecil dan mungil dalam tampilan yang minimalis seperti Agya, Ayla, dan Brio. Akan tetapi, Datsun Go tampil sebagai mobil LCGC yang mengusung konsep Low MPV. Sehingga ukuran mobil ini lebih besar daripada mobil LCGC lainnya. Kami pun lebih suka menyebut mobil ini sebagai mobil semi LCGC. Dilihat dari keseluruhan desain eksterior, mobil LCGC milik Datsun ini mengusung konsep tuannya yaitu Nissan Grand Livina. Akan tetapi, garis body milik Datsun Go terlihat lebih minimalis dan kompak.

 Desain Datsun Go Desain Datsun Go

Pada bagian fascia depan dapat kita temui sepasang headlamp yang mengusung konsep heksagonal dengan lampu jenis halogen, sehingga mobil ini mampu memberikan pencahayaan yang terang dan teratur di malam hari maupun siang hari. Selain itu juga terdapat front grille yang mengusung konsep grull D-Cut yang bertekstur seperti honeycomb serta di lengkapi dengan aksen chrome sehingga semakin terlihat elegan dan mewah. Sedangkan pada bagian bawah dapat kita temui  front bumper dengan konsep siluet 3D.

Desain Datsun Go Desain Datsun Go

Beralih ke bagian body samping mobil. Disini dapat kita temui tampilan ala mobil Low MPV. Garis – garis body yang melintang dari depan hingga belakang tampil lebih tajam, sehingga semakin menjadikan Datsun Go terlihat lebih sporty. Dan yang terakhir pada body bagian belakang. Datsun Go tampil sangat dinamis berkat desain body belakang yang dirancang dengan lengkungan – lengkungan khas. Pada bagian ini terdapat pula stoplamp berbentuk persegi dengan sedikit sudut – sudut tajam pada sisi luar bagian atas dan sisi dalam bagian bawah. Tak hanya itu saja, Datsun semakin mempercantik tampilan mobil semi LCGC miliknya ini dengan roof spoiler serta body belakang yang di buat lebih condong kebelakang dan di akhiri dengan bumper belakang dengan desain lebih landai. Secara keseluruhan, tampilan Datsun Go dari sisi eksterior terlihat sangat modis dan sporty sebagai mobil LCGC.

Interior Datsun Go

Interior Datsun Go

Sekarang kita coba lirik bagian dalam mobil ini. Datsu menggunakan material yang cukup berkelas untuk mobil semi LCGC miliknya ini. pertama – tama dapat kita lihat pada bagian dashboard. Datsun memadukan warna tunggal yaitu abu – abu dengan penerapan berbagai panel – panel instrument yang sangat minimalis. Di bagian dashboard ini telah dilengkapi dengan panel instrument diantaranya panel audio standar, tuas perseneling, AC dan lain sebagainya yang siap mewarnai kegiatan berkendara. Selain itu pada bagian setir kemudi, Datsun mendesain tampilan setir kemudi dengan ukuran yang pas serta lebih minimalis tanpa tombol – tombol penunjang speedometer.

Interior Datsun Go

Untuk bagian jok, Datsun menggunakan material yang cukup berkelas sebagai mobil LCGC dengan aksen – aksen istimewa, sehingga terlihat seperti jok yang terbuat dari bahan kulit. Ruang kabin milik Datsun Go tampil lebih lega berkat 3 baris jok yang mana baris ke tiga dapat di lipat seperti layaknya mobil MPV. Apa bila jok baris ke 3 dilipat, Datsu Go memiliki ruang tambahan bagasi mencapai 347 liter. Tak hanya itu saja, ruang kabin Datsun Go mampu menampung penumpang dewasa sebanyak 5 orang dewasa dan 2 orang anak – anak pada baris ke tiga dengan syarat memiliki tinggi yang tidak lebih dari 150 cm.

Warna Datsun Go

Warna Datsun Go

Tak hanya menawarkan ruang kabin yang luas, mobil semi LCGC milik Datsun ini juga menawarkan pilihan warna yang cantik. Pilihan warna tersebut adalah :

  • Black
  • Silver
  • White
  • Grey
  • Jade.

Fitur Datsun Go

Datsun tak lupa menyematkan fitur keamanan dan keselamatan sesuai standar keselamatan sebuah mobil LCGC. Fitur keamanan Datsun Go cukup lengkap yaitu terdapatnya Dual SRS Airbags with Pretensioner Seatbelt, Drive Computer, Digital Tachometer, Gear Shift Guide, Intelligent Whiping System, Parking Sensors, Immobilizer, Central Door Lock, Keyless Entry with alarm, hingga terdapat fitur Mobile Docking Station.

Fitur Datsun Go Fitur Datsun Go 

Sedangkan fitur kenyamanan mobil semi LCGC milik Datsun ini juga tergolong lengkap seperti 1 Din JVC Audio System with Aux Jack, USB & active speaker, MDS Audio, hingga AC manual. Berbekal fitur – fitur ini, Datsun siap menjadi jawara di hati para pecinta mobil LCGC.

Fitur Datsun Go Fitur Datsun Go

Tipe / Jenis Datsun Go

Memulai kembali jejak – jejak karirnya di dunia otomotif Indonesia, Datsun menawarkan mobil kren dengan konsep semi LCGC. Generasi terbaru dari Datsun Go ini hadir dengan 5 tipe yang memiliki kelebihan serta kekurangannya masing – masing. Kelima tipe tersebut adalah Datsu Go+ Panca D, Datsu Go+ Panca A, Datsu Go+ Panca T, Datsu Go+ Panca T Option, dan Datsu Go+ Panca T Active. Dari ke lima tipe tersebut, Datsun Go+ Panca T Active merupakan tipe tertinggi dari semua varian. Sedangkan posisi terendah di duduki oleh Datsun Go+ Panca D. Nah, seperti apakah perbedaan dari setiap tipe Datsun Go tersebut ? Berikut penjelasannya. Baik lah di bawah ini telah kami sediakan tabel perbedaan tipe – tipe Datsun Go.

Perbedaan Tipe – tipe Datsun Go

Pembeda

Tipe

D

A

T

T Option

T Active

Audio

1 Din, Docking Mobile Station

1 Din Audio with Aux Jack integrated to USB

1 Din Audio with Aux Jack integrated to USB

1 Din Audio with Aux Jack integrated to USB

1 Din Audio with Aux Jack integrated to USB

AC

-

Ya

Ya

Ya

Ya

Front Door Bottle Holder

-

Ya, with 1.5 liter

Ya, with 1.5 liter

Ya, with 1.5 liter

Ya, with 1.5 liter

Central Door Lock

-

-

Ya

Ya

Ya

Immobilizer

-

-

Ya

Ya

Ya

Keyless Alarm

-

-

Ya

Ya

Ya

Power Windows

-

-

Ya

Ya, Full Power Windows

Ya, Full Power Windows

Sensor Parkir

-

-

-

Ya

Ya

Body Side Molding

-

-

-

Ya

Ya

C-Cluster

-

-

-

-

Ya, Silver Painted

Fln Set

-

-

-

-

Ya, Silver Painted

Shift Base

-

-

-

-

Ya, Silver Painted

Aero Kit

-

-

-

-

Ya

Stop Lamp

Ya, with spoiler

Ya, with spoiler

Ya, with spoiler

Ya, with spoiler & High stoplamp

Ya, with spoiler & High stoplamp

Front Bumper

Ya, Aksen hitam

Ya, Senada dengan warna body

Ya, Senada dengan warna body

Ya, Senada dengan warna body

Ya, Senada dengan warna body

Frame Grill

Ya, Silver

Ya, Chrome

Ya, Chrome

Ya, Chrome

Ya, Chrome

Front Grille

Standar

Standar

Standar

Aksen Chrome

Aksen Chrome

Ukuran Ban dan Velg

155/70 dan velg 13” warna silver (cover standar)

155/70 dan velg 13” warna silver (cover standar)

155/70 dan velg 13” warna silver (cover sporty)

155/70 dan velg 13” warna silver (cover sporty)

155/70 dan velg 13” warna silver (cover sporty)

EPS

-

-

Ya

Ya

Ya

 

Tabel tersebut di atas menjelaskan bahwa, meskipun tipe D sebagai tipe yang terendah dari Datsun Go, tipe ini memiliki fitur dan kelengkapan yang cukup baik di kelasnya. Tipe ini memiliki fitur dan kelengkapan berupa Audio1 Din Docking Mobile Station, Stop Lamp with spoiler, Front Bumper dengan aksen berwarna hitam, Frame Grill dengan aksen berwarna silver, Front Grille standar serta Ukuran Ban 155/70 dan Velg 13” berwarna silver dengan cover standar.

Sedangkan tipe A memiliki semua kelengkapan standar eksterior, interior, mesin, fitur – fitur keamanan dan kenyamanan milik tipe D. Perbedaan yang dapat di rasakan hanya terlihat pada audio yang telah menggunakan 1 Din Audio with Aux Jack integrated to USB, terdapat AC, Front Door Bottle Holder dengan kapasitas mencapai 1.5 liter, Front Bumper yang memiliki warna senada dengan warna body, dan Frame Grill dengan aksen Chrome.

Untuk tipe T, Datsun kembali menyematkan fitur – fitur serta kelengkapan yang lebih baik. Untuk kita ketahui bersama, tipe T memiliki semua fitur dan kelengkapan milik tipe A baik di sisi interior, eksterior, mesin, fitur keamanan dan kenyamanan, dan ditambah dengan fitur serta kelengkapan berupa Central Door Lock, Immobilizer, Keyless Alarm, Power Windows hingga fitur kenyamanan EPS dan cover velg yang lebih sporty.

Sekarang kita masuk ke tipe T Option. Tak berbeda jauh dengan tipe T. Datsun Go+ Panca T Option ini memiliki semua fitur dan kelengkapan milik tipe T dan di tambahkan fitur lain sebagai pembeda berupa Full Power Windows, Sensor Parkir, Body Side Molding, Stoplamp with spoiler & High stoplamp, Front Grille dengan aksen Chrome.

Yang terakhir adalah tipe T Active. Sebagai tipe tertinggi dari Datsun Go+ Panca, tipe T Active memiliki fitur dan kelengkapan yang lebih banyak serta canggih. Tipe T Active memiliki semua fitur dan kelengkapan dari tipe T Option serta telah disematkan beberapa fitur dan kelengkapan berupa C-Cluster, Fln Set, Shift Base yang sama – sama telah dibalut dengan Silver Painted. Tak hanya itu, tipe T Active juga telah memiliki Aero Kit.

Spesifikasi Datsun Go

Dibawah ini telah kami sediakan tabel spesifikasi Datsun Go+ Panca secara umum, tanpa melihat perbedaan dari setiap tipe. Silahkan simak tabel spesifikasi berikut ini :

Spesifikasi Datsun GO

Mesin

Seri Mesin

HR12DE

Kapasitas Isi Silender (cc)

1,198

Tenaga Maksimal (PS/rpm)

50/5000

Torsi Maksimal (Nm/rpm)

104/4000

Transmisi

5 Speed MT

Dimensi

P x L x T (mm)

3955 x 1635 x 1490

Jarak Sumbu Roda (mm)

2,450

Jarak Radius Putar (m)

4.6

Jarak Terendah ke Tanah (mm)

170

Berat Kosong (kg)

812

Steering

Tipe Steering

Power Steering

Pengereman

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi

Suspensi Depan

Mc Pherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Kaki-kaki

Ukuran Ban

155/70 R13

Ukuran Velg

13 inches

 

Teknologi Mesin Datsun Go

Seluruh tipe Datsun Go telah menggunakan mesin tipe HR12DE. Mesin ini merupakan mesin yang dimiliki oleh Nissan March, sehingga performa Datsun Go tak dapat kita ragukan lagi. Mesin tangguh ini memiliki kapasitas 1.198 cc dengan technology DOHC 3 silinder. Datsun mengklaim bahwa mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 50 Kw/6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 104 Nm/4.000 rpm. Selain itu, mobil ini juga tergolong irit berkat teknologi Fuel Injection serta pedal electric yang dimilikinya. Berdasarkan hasil pengujian, mobil semi LCGC ini mampu melesat dengan kecepatan maksimal mencapai 155 km/jam dengan transmisi manual 5 percepatan.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit datsun go : 

Syarat Kredit Datsun Go

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan BCA
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum anda mengambil kredit mobil datsun go, anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan anda.