Pada kesempatan yang lalu kita telah mobil di segmen Low MPV milik Toyota, Daihatsu dan Honda yang bernama Avanza, Xenia dan Mobilio. Seakan tak ingin kalah dengan para kompetitor, Suzuki melalui PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan mobil di segmen Low MPV yaitu Suzuki Ertiga. Kehadiran Suzuki Ertiga memang memberikan pesona tersendiri di segmen Low MPV. Pasalnya, pada pertengahan kuartal ke 3 tahun 2015, Suzuki Ertiga menduduki posisi ke 7 sebagai mobil terlaris di Indonesia dengan total penjualan mencapai 3.656 unit. Berkaca dengan prestasi Suzuki Ertiga tersebut, maka mobil Low MPV milik Suzuki ini tidak bisa di pandang sebelah mata.

Kini, Suzuki telah meluncurkan generasi terbaru dari Ertiga pada awal tahun 2016. Di bandingkan dengan generasi sebelumnya, Suzuki Ertiga terbaru ini telah di perbaharui pada berbagai fitur dan komponen baik eksterior maupun interior. Pada bagian eksterior, generasi terbaru Suzuki Ertiga memiliki desain front Grill, foglamp serta headlight yang baru. Sedangkan pada bagian interior, mobil Low MPV milik Suzuki ini telah di sematkan fitur serta kelengkapan interior terbaru berupa New Pattern Fabric Material Seat, Trim Door, Carpet Floor, Gear Shift, Hand Brake, Luggage Under Box hingga jok split 50:50.

Tak memperbaharui sektor tampilan, generasi terbaru Suzuki Ertiga ini juga memberikan performa yang handal berkat mesin terbaru dengan tipe K14B dengan teknologi DOHC 4 silinder yang berkapasitas 1.400 cc. Suzuki mengklaim mesin ini memiliki daya tahan yang lebih baik serta lebih hemat konsumsi BBM daripada mesin pada generasi terdahulunya. Suzuki Ertiga juga memiliki fitur keamanan yang lengkap terutama penyematan Dual SRS Airbags untuk menjamin keselamatan para pengguna. Masih banyak lagi fitur dan kelengkapan yang di tawarkan oleh Suzuki Ertiga di segmen mobil Low MPV. Untuk mengenal mobil Low MPV ini lebih jauh, mari simak review Suzuki Ertiga yang telah kami sediakan di bawah ini.

Desain Suzuki Ertiga

Desain Suzuki Ertiga   Desain Suzuki Ertiga

Tak berbeda jauh dengan generasi pendahulunya, Suzuki Ertiga tetap mengusung konsep desain body Compact dan Stylish. Hal ini dapat kita lihat dari dimensi body yang termasuk lebih pendek dari pada para Toyota Avanza, Daihatsu Xenia maupun Honda Mobilio yaitu hanya memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.685 mm. Meskipun ukurannya lebih mungil, mobil Low MPV milik Suzuki ini tetap memberikan kesan yang stylish dan tetap compact sehingga mudah di kendalikan. Selain itu, desai headlight mobil Low MPV ini tampil lebih tajam sehingga memperkuat kesan compact tersebut.

Desain Suzuki Ertiga   Desain Suzuki Ertiga

Tak hanya itu saja, Suzuki juga memperbaharui front grill dengan konsep yang lebih minimalis bertingkat yang telah di balut warna chrome. Disini dapat kita lihat kesan mewah dari mobil Low MPV ini. Sedangkan pada bagian foglamp, Suzuki tampil sangat percaya diri berkat reflektor nya yang di rancang lebih praktis namun tetap stylish dengan bezel yang di balut oleh warna hitam. Yang paling menarik dari desain eksterior mobil Low MPV milik Suzuki ini yaitu, mobil ini telah di sematkan New Electric Foldable Outside Mirror dan Velg terbaru berbasis Alloy Wheel sehingga semakin menunjang penampilannya sebagai mobil Low MPV.

Desain Suzuki Ertiga   Desain Suzuki Ertiga

Interior Suzuki Ertiga

Interior Suzuki Ertiga

Bicara soal Interior, tak berbeda jauh dari bagian eksterior. Pasalnya mobil ini tetap mengusung konsep interior pendahulunya dengan sedikit pembaharuan. Perubahan pertama dapat kita rasakan pada bagian setir kemudi yang di dominasi oleh warna hitam doff. Yang paling mencolok pada bagian interior ini adalah desain dashboard yang lebih fresh. Suzuki menggunakan perpaduan warna yang lebih lembut di padukan dengan panel – panel instrument multifungsi.

  Interior Suzuki Ertiga   Interior Suzuki Ertiga

Beralih ke bagian jok penumpang maupun pengemudi, di sini dapat kita lihat jok yang telah menggunakan material terbaru berupa Pattern Fabric. Tak hanya itu, Suzuki juga telah mendesain karpet, tuas transmisi, dan tuas rem tangan dengan warna yang lebih fresh. Untuk bagian bagasi, generasi terbaru dari Suzuki Ertiga ini telah mendesain ulang bagian ini sehingga para pengguna dapat menyimpan barang bawaan yang lebih banyak. Yang paling unik dari perubahan mobil ini terdapat pada bagian jok baris ke dua. Disini penumpang pada baris ke dua di manjakan dengan fitur Console Box yang berfungsi untuk mencharging berbagai jenis gadget sehingga kita tidak merasa kerepotan dalam mencari sumber tenaga baterai gadget. Sedangkan untuk jok baris ketiga juga telah di berikan fitur split 50:50 yang dapat di gunakan ketiga para pengguna membutuhkan ruang bagasi yang lebih luas.

Warna Suzuki Ertiga

Warna Suzuki Ertiga

Sebagai mobil Low MPV kecintaan para keluarga Indonesia, Suzuki Ertiga menghadirkan pilihan warna yang cukup lengkap. Pilihan warna tersebut adalah 

  • Burgundy Red Pearl
  • Cool Black Metallic
  • Graphite Grey Metallic
  • Lilac Grey Metallic
  • Radiant Red Pearl
  • Silky Silver Metallic
  • Snow White.

 

Fitur Suzuki Ertiga

Fitur Suzuki Ertiga   Fitur Suzuki Ertiga   Fitur Suzuki Ertiga

Suzuki telah menyematkan berbagai fitur kemanan dan kenyamanan yang cukup lengkap di segmen mobil Low MPV di Indonesia. Fitur keamanan milik Suzuki Ertiga berupa sistem ABS + EBD, Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, Child Proof Rear Door Lock, Keyless Entry hingga Immobilizer Key. Dengan sistem ini, maka pengguna dapat menjamin rasa aman dan keselamatan bagi para pengguna. Selain itu, Suzuki juga mempertimbangkan fitur kenyamanan sebuah mobil Low MPV. Suzuki Ertiga telah memiliki fitur kenyamanan berupa audio Double DIN, AC Double Blower, New Parking Censore dan Auto Up Window. Dengan demikian, berkendara menggunakan mobil Low MPV Suzuki ini semakin terasa nyaman dan aman.

Fitur Suzuki Ertiga   Fitur Suzuki Ertiga   Fitur Suzuki Ertiga

Tipe / Jenis Suzuki Ertiga

Tak hanya memberikan pilihan warna, generasi terbaru dari Suzuki Ertiga juga hadir dalam tiga pilihan tipe yaitu GL, GX dan Dreza. Ke tiga tipe tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan baik di sektor eksterior, interior, hingga fitur keamanan & kenyamanan. Tipe GL merupakan tipe terendah dari Suzuki Ertiga, sedangkan tipe Dreza memiliki spesifikasi yang lebih lengkap sebagai tipe tertinggi dari mobil Low MPV milik Suzuki ini.

Pertama – tama kita akan membahas perbedaan tipe GL dan GX. Pada bagian interior terlihat perbedaan antara tipe GL dan GX yaitu pada setir kemudi. Tipe GX telah di lengkapi dengan fitur Audio Switch Control pada setir kemudi serta telah memiliki garis pembatas berwarna chrome, sedangkan tipe GL belum memiliki fitur – fitur ini. Selain itu, pada bagian dashboard milik tipe GX telah dilengkapi dengan fitur Dual SRS Airbags, tweeter atau biasa kita kenal dengan fitur penghasil resonansi suara tinggi, dan fitur canggih Multi Information Display (MID), sedangkan tipe GL belum memiliki fitur - fitur ini. Tak hanya itu saja, tipe GX telah di sematkan fitur Seat Adjuster yang memiliki fungsi untuk menaikan dan menurunkan jok pengemudi. Perbedaan selanjutnya di dalam ruang kabin dapat kita lihat pada desain perseneling. Perseneling miliki tipe GX lebih indah berkat balutan warna chrome, sedangkan tipe GL hanya menggunakan warna cream.

Beralih kebagian ekterior, lagi – lagi tipe GX memiliki tampilan yang lebih baik berkat desain door handle dan back door garnish yang di balur warna chrome. Perbedaan selanjutnya terlihat pada bagian kap mesin tipe GX yang telah dilengkapi dengan bahan alumunium foil berwarna hitam. Sistem pengereman kedua mobil ini juga memiliki perbedaan dimana tipe GX telah dilengkapi dengan sistem pengereman Anti Lock Breaking System (ABS) dan Electronic Breaking Distribution (EBD) sehingga menjamin keselamatan dan kenyamanan para pengguna. Sedangkan tipe GL belum memiliki fitur tersebut.

Sekarang kita akan membahas kelebihan yang dimiliki oleh tipe Dreza. Sebagai tipe tertinggi, Suzuki Ertiga Dreza memiliki fitur serta kelengkapan yang lebih maksimal. Tipe Dreza ini memiliki semua fitur dan kelengkapa milik tipe GX dan di tambah dengan fitur dan kelengkapan istimewa lainnya. Di sektor keamanan tipe Dreza memiliki fitur tambahan berupa Side Impact Beam, Child Proof Rear Door Lock, Keyless Entry dan Immobilizer Key.

Disisi eksterior, Suzuki Ertiga Dreza tampil lebih mewah dari pada 2 tipe lainnya berkat perubahan pada beberapa komponen berupa New Front Bumper, New Garnish Chrome Grille Radiator Upper, New Grille Radiator Upper, New Grille Radiator Lower, New LED (Light-Emitting Diode), New Garnish Radiator Lower, New Design Alloy wheel 15 inchi, New Ring Chrome Garnish, New Guard Side Sill , New Design Fog Lamp Bezel, New Guard and Garnish Side Sill Splash, New Design Rear Bumper, New Emblem ‘Dreza’, dan New Upper Spoiler with High Mount Stop Lamp.

Tak hanya memberikan pembaharuan pada bagian eksterior dan fitur keamanan, Suzuki Ertiga Dreza juga memiliki desain interior yang lebih lengkap dari pada tipe lainnya. Kelengkapan tipe Dreza terlihat pada beberapa komponen berikut New Wood Panel Instrument at Dashboard and 1st Row Door Trim, New Two Tone Color Seat (Dark Brown and Brown), New Material Cover Seat, dan New Pattern Material Seat & Door Trim, hingga New Advance 9 inch Audio Video Navigation (AVN) Touchscreen berkualitas HD yang telah mampu terkoneksi dengan perangkat Android maupun iOS.

Dari penjelasan tersebut di atas dapat kita simpulkan bahwa tipe Dreza hadir dengan tampilan yang lebih baru serta di lengkapi dengan fitur – fitur canggih terbaru milik Suzuki. Untuk lebih jelasnya, mari simak tabel perbedaan tipe – tipe Suzuki Ertiga di bawah ini :

Perbedaan Tipe – tipe Suzuki Ertiga

Pembeda

Tipe

GL

GX

Dreza

Audio Switch Control

-

Ya

Setir beraksen Chrome

-

Ya

Dual SRS Airbags

-

Ya

Tweeter

-

Ya

Multi Information Display (MID)

-

Ya

Seat Adjuster

-

Ya

Door handle dan back door garnish

Black

Chrome

Black

Alumunium foil

-

Black

Chrome

ABS + EBD

-

Ya

Side Impact Beam

-

Ya

Child Proof Rear Door Lock

-

Ya

Keyless Entry

-

Ya

Immobilizer Key

-

Ya

New Front Bumper

-

Ya

New Garnish Chrome Grille Radiator Upper

-

Ya

New Grille Radiator Upper

-

Ya

New Grille Radiator Lower

-

Ya

New LED (Light-Emitting Diode)

-

Ya

New Garnish Radiator Lower

-

Ya

New Design Alloy wheel 15 inchi

-

Ya

New Ring Chrome Garnish

-

Ya

New Guard Side Sill

-

Ya

New Design Fog Lamp Bezel

-

Ya

New Guard and Garnish Side Sill Splash

-

Ya

New Design Rear Bumper

-

Ya

New Emblem “Dreza”

-

Ya

Upper Spoiler

-

Ya

Ya, with High Mount Stop Lamp

New Wood Panel Instrument

-

Ya, Dashboard and 1st Row Door Trim

Dashboard Color

Single Color (Black)

Two Tone Color Seat (Dark Brown and Brown)

New Pattern Material Seat & Door Trim

-

Ya

Audio

Single DIN

Double DIN

Advance 9 inch Audio Video Navigation (AVN) Touchscreen HD Resolution with integrated to Android & iOS.

         

 

Spesifikasi Suzuki Ertiga

Setelah kita membedah bagian eksterior, desain interior, pilihan warna hingga perbedaan dari setiap tipe. Kini kita akan membahas spesifikasi mobil Low MPV ini. Baiklah, di bawah ini telah kami sediakan tabel spesifikasi Suzuki Ertiga. Silahkan di simak :

Suzuki Ertiga

Tipe

New Ertiga

Ertiga Sporty

Ertiga Ellegant

Mesin

Jenis Mesin

K14B (DOHC-VVT)

Isi Silinder

1.373 cc

Jumlah Katup

16

Jumlah Silinder

4 in-line

Diameter x Langkah

73.0 x 82.0 mm

Perbandingan Kompresi

1:10

Daya Maksimum

95PS/6,000rpm

Torsi Maksimum

130Nm/4,000rpm

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Injection

Dimensi

P x L x T

4.265 x 1,695 x 1,685 mm

Jarak Poros Roda

2,740 mm

Jarak Pijak Depan

1,480 mm

Jarak Pijak Belakang

1,490 mm

Jarak Terendah

185 mm

Radiud Putar Minimum

5.2 m

Transmisi

Tipe Transmisi

5-Speed Manual / 4-Speed Automatic

Rangka

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Coil Spring

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Leading / Training Drum

Ukuran Ban

185/65 R15

Kapasitas

Tempat Duduk

7 Persons

Tangki Bahan Bakar

45 Liter

 

Teknologi Mesin Suzuki Ertiga

Bicara soal mesin, Suzuki Ertiga di tenagai oleh mesin berteknologi Variable Valve Timing (VVT) DOHC yang berkapasitas mencapai 1.400 cc dengan 16 katup pada 4 silinder segaris. Mesin milik Suzuki Ertiga ini mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 92 PS / 6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 130 Nm / 4.000 rpm. Tenaga ini cukup menjadikan Suzuki Ertiga sebagai mobil Low MPV yang tangguh di kelasnya. Selain itu, konsumsi BBM Suzuki Ertiga tergolong irit berkat teknologi MPI dan Metal Timing Chain hingga Drive Wire Techmology.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit suzuki ertiga : 

Syarat Kredit Suzuki Ertiga

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan BCA
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil Suzuki Ertiga, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.