Akhir – akhir ini banyak kita temui sebuah mobil dengan desain yang ramping melenggang di perkotaan. Seperti yang kita ketahui, kondisi jalanan pada daerah perkotaan di Indonesia cenderung rawan akan kemacetan. Terlebih lagi di kota – kota besar. Namun, dunia otomotif memiliki solusi atas permasalahan ini. Dengan menghadirkan mobil di dengan konsep City Car di klaim dapat mengurangi kemacetan yang terjadi di Indonesia.

Mitsubishi sebagai salah satu produsen kendaraan roda empat melalui PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) telah resmi memperkenalkan City Car miliknya yaitu Mitsubishi Mirage. Dilihat dari segi segmentasi, mobil City Car memiliki pesaing terbesar yaitu mobil – mobil murah ramah lingkungan yang biasa kita kenal dengan mobil LCGC. Akan tetapi, mobil City Car di klaim mampu lebih baik di dalam menghasilkan performa serta daya tahan mesin yang lebih baik.

Pada awal tahun 2016, Mitsubishi mengeluarkan generasi terbaru dari Mitsubishi Mirage. Di lihat secara kasat mata, City Car milik Mitsubishi ini tidak memberikan perubahan yang signifikan dari generasi terdahulunya. Akan tetapi, jika di telusuk lebih dalam perubahan yang di hasilkan pun dapat kita lihat. Dengan mengusung konsep “Fungky & Stylish”, Mitsubishi Mirage siap menggebrak pangsa pasar City Car yang telah di isi oleh Toyota Etios Valco, Suzuki Celerio dan Kia Picanto.

Dilihat dari ke tiga pesaing tersebut, pesaing terbesar Mitsubishi Mirage adalah Kia Picanto. Pasalnya Mitsubishi Mirage dan Kia Picanto sama – sama mengincar muda – mudi. Suatu keuntungan bagi Kia Picanto karena City Car milik Kia ini memiliki penggemar terbanyak di kelasnya. Dengan demikian, tak heran Mitsubishi meluncurkan generasi terbaru dari Mitsubishi Mirage agar dapat merebut podium utama di kelas City Car yang telah di miliki oleh Kia Picanto.

Generasi terbaru dari Mitsubishi Mirage ini  tampil sangat agresif berkat desain lampu utama yang lebih sporty. Pada bagian interior, City Car milik Mitsubishi ini juga memiiki jok yang di bangun dengan material berbahan kulit sehingga memancarkan aura kemewahan. Tak hanya itu saja, sebagai City Car, Mitsubishi Mirage di tenagai oleh mesih DOHC MIVEC berkapasitas 1.200 cc yang telah mendukung teknologi Electronic Control Injection-Multi Point Injectio (ECI-MPI) sehingga kemampuannya tak dapat kita ragukan lagi. Masih banyak lagi kelebiahan dan kekurangan yang dimiliki oleh Mitsubishi Mirage pada setiap tipenya. Untuk mengenal lebih jauh tentang City Car ini, mari simak review Mitsubishi Mirage yang telah kami sediaka dibawah ini.

Desain Mitsubishi Mirage

Desain Mitsubishi Mirage   Desain Mitsubishi Mirage   Desain Mitsubishi Mirage

Berkompetisi di segmen City Car, desain eksterior Mitsubishi Mirage memang sangat cocok bagi kendaraan perkotaan. Dengan mengusung konsep “Funky & Stylish”, Mitsubishi Mirage memiliki tampilan yang sangat menawan. Pertama – tama dapat kita lihat pada bagian Headlights, City Car milik Mitsubishi ini memiliki headlamp berteknologi halogen dengan tampilan yang minimalis dan stylish. Mitsubishi juga menyematkan front grille yang di desain dengan ukuran yang pas serta di balut dengan warna hitam metalik untuk menutupi bagian radiatornya. Selain itu, yang paling menarik pada bagian depan City Car milik Mitsubishi ini adalah desain foglamp yang di buat lebih kecil dengan bentuk bulat pada bagian kiri dan kanan front bumper serta telah mendukung teknologi Daytime Running Light (DRL).

Desain Mitsubishi Mirage   Desain Mitsubishi Mirage   Desain Mitsubishi Mirage

Beralih kebagian body samping. Tampilan minimalis kembali kita rasakan. Desain body samping Mitsubishi Mirage terlihat lebih minimalis dengan sedikit lakukan body sehingga tetap tampil dinamis dan stylish. Selain itu, pada tipe tertinggi dari Mitsubishi Mirage telah di sematkan body kit, Retractable Door Mirror serta Turning lamp yang menambah kesan sporty pada City Car ini. yang terakhir adalah bagian body belakang. Tak jauh berbeda dari generasi sebelumnya, Mitsubishi Mirage terbaru ini tetap memiliki spesifikasi desain body belakang yang sama. Hal ini terlihat pada bagian lampu utama berbentuk menyerupai sebuah daun dengan desain dan penataan yang rapi pada bagian bawah kaca belakang seperti generasi sebelumnya. Suasana baru yang dapat kita rasakan pada generasi terbaru dari City Car milik Mitsubishi ini adalah desain muffler yang di hiasi dengan berbagai aksen chrome.

Desain Mitsubishi Mirage   Desain Mitsubishi Mirage

Interior Mitsubishi Mirage

  Desain Mitsubishi Mirage

Setelah kita mengupas bagian eksterior City Car ini, sekarang kita coba lirik bagian ruang kabinnya. Pertama – tama pada jok bagian depan. Disini dapat kita lihat dashboard yang dilengkapi dengan panel instrument yang cukup lengkap berupa panel under tray, service reminder, trip computer, indikator penunjuk bahan bakar, hingga audio system & AC Automatic with aksen chrome. Selain itu, pada bagian dashboard juga terdapat fitur gear shift lamp sehingga memudahkan pengemudi dalam mengendarai City Car ini.

Desain Mitsubishi Mirage

Secara keseluruhan, ruang kabin Mitsubishi Mirage cukup luas dan mampu menampung 4 penumpang dewasa di dalamnya. Material yang di gunakan untuk membangun ruang kabin City Car ini berwarna hitam dan di padukan dengan iVory untuk bagian jok. Mitsubishi juga memberikan fitur menarik yang terdapat tepat di bawah steering wheel dan dapat di gunakan untuk tempat penyimpanan barang. Sobat jangan khawatir, ruang penyimpanan yang di tawarkan tak hanya itu saja. City Car ini telah dilengkapi dengan spacious luggage yang dapat menampung barang bawaan sehingga mobil ini mampu memberikan kenyamanan lebih dalam menempuh perjalanan yang jauh.

Warna Mitsubishi Mirage

Warna Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage hadir dalam 6 pilihan warna yang siap di pilih sesuai dengan selera masing – masing. Keenam pilihan warna tersebut adalah :

  • Black Mica
  • Cool Silver
  • Elsen Gray Mica
  • Lemonade Yellow Metallic
  • Red Metallic
  • White Pearl

Fitur Mitsubishi Mirage

Fitur Mitsubishi Mirage

Mitsubishi juga tak lupa menyematkan fitur – fitur keamanan dan kenyamanan pada City Car miliknya ini. Mitsubishi Mirage memiliki fitur keamanan berupa High Tensile Steel, ground clearance, dual SRS Airbags, Keyless Operating System (KOS), Audio Switch Control (Tipe Exceed), Indicator ECO, keyless entry, power windows, ABS dengan Electronic Barke Distribution (EBD), Immobilizer, dan Rear Parking Sensors. Sedangkan fitur kenyamanan mobil ini pun cukup lengkap berkat dukungan , Audio Switch Control with Port USB, hingga AC double blower full auto.

Tipe / Jenis Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage telah meluncurkan 4 tipe terbaru pada tahun 2016 ini. Tipe / jenis tersebut adalah Mitsubishi Mirage GLX, GLS, Sport, dan Exceed. Ke empat tipe Mitsubishi ini juga menganut sistem strata yaitu bisa di sebut kelas. Tipe Exceed merupakan jenis tertinggi dari Mitsubishi Mirage, sedangkan yang menempati posisi terbawah adalah tipe GLX.

Perbedaan tipe terendah hingga tertinggi cukup banyak, terutama terdapat pada harga yang terpaut hingga 22 juta. Selain itu, perbedaan lainnya dapat kita lihat mulai dari bagain bobot kendaraan. Tipe Exceed, Sport dan GLS memiliki bobot bersih yang sama yaitu 1.310 kg, sedangkan tipe GLX memiliki bobot sebesar 1.280 kg. Perbedaan selanjutnya dapat kita lihat pada bagian transmisi yang di gunakan. Sekali lagi tipe Exceed, Sport dan GLS menggunakan tipe transmisi yang sama yaitu Automatic CVT dengan sistem transmisi INVECS III CVT (F1CJB), sedangkan tipe GLX hanya menggunakan tipe transmisi manual dengan 5 percepatan (F5MBD). Perbedaan selanjutnya terdapa pada bagian interior. Pada bagian dashboard milik tipe Exceed telah memiliki 2 pilihan warna sedangkan tipe Sport, GLS dan GLX hanya terdiri dari warna black. Tipe Exceed kembali menang berkat seal materialnya yang telah berkualitas tinggi grade black iVory sedangkan ke tiga tipe lainnya masih menggunakan fabric black. Pada bagian setir kemudi, tipe Exceed memiliki steer berbahan 3 spoke leather, sedangkan tipe Sport, GLS dan GLX hanya menggunakan bahan 3 spoke urethane.

Sebagai tipe tertinggi, Mitsubishi Mirage Exceed memiliki fitur serta kelengkapan lebih banyak dari pada tipe lainnya. Fitur – fitur dan kelengkapan Mitsubishi Mirage Exceed yang tidak dimiliki tipe – tipe lainnya berupa Start stop Button, Daytime Running Light (DRL), Foglamp, Retractable Door Mirror with Turning lamp, Muffler Cutter, Rear Spoiler, Keyless Operating System, ABS + EBD, dan Immobilizer.

Dari penjelasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa tipe Exceed memiliki fitur serta kelengkapan yang labih baik. Untuk lebih jelasnya, dii bawah ini telah kami sediakan tabel perbedaan tipe – tipe Mitsubishi Mirage sebagai berikut :

Perbedaan Tipe – tipe Mitsubishi Mirage

Model

Exceed

Sport

GLS

GLX

Berat Kotor (kg)

865

830

Berat Bersih Kendaraan (kg)

1,310

1,280

Tipe Transmisi

Automatic (CVT)

Automatic (CVT)

Automatic (CVT)

Manual (5MT)

Sistem Transmisi

INVECS III CVT (F1CJB)

5MT (F5MBD)

Material

3-spoke leather

3-spoke urethane

Steer Material

Leather

Urethane

Foglamp

Ya

-

Muffler Cutter

Ya

-

Rear Spoler

Ya

-

Dashboard Instrument

2 Tone

Black

Seal Material

Higa Grade Black iVory

Fabric Black

Keyless Operating Sytem

Ya

-

ABS + EBD

Ya

-

Immobilizer

Ya

-

 

Spesifikasi Mitsubishi Mirage

Setelah kita mengetahui perbedaan dari setiap tipe – tipe Mitsubishi Mirage, kini kita akan melihat spesifikasi lengkap City Car ini. Di bawah ini telah kami sediakan tabel spesifikasi Mitsubishi Mirage, silahkan di simak.

Spesifikasi Mitsubishi Mirage

Model

Exceed

Sport

GLS

GLX

Dimensi

Panjnang (mm)

3,710

Lebar (mm)

1,665

Tinggi (mm)

1,510

Jarak Sumbu Roda (mm)

2,450

Jarak dengan Tanah (mm)

160

Berat Kotor (kg)

865

830

Berat Bersih Kendaraan (kg)

1,310

1,280

Kapasitas Penumpang

5

Mesin

Tipe Mesin

1.2 – liter 12-valve 3-cylinder DOHC MIVEC (3A92)

Kapasitas Isi Silinder (cc)

1,193

Tenaga Maksimal (PS) (kw)/rpm

77 (57) / 6000

Torsi Maksimal (Kgm) (nm)/rpm

10.2 (100 Nm) / 4000

Sistem Bahan Bakar

Sistem Suplai Bahan Bakar

ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection)

Kapasitas Tangki BBM (l)

35

Transmisi

Tipe Transmisi

Automatic (CVT)

Automatic (CVT)

Automatic (CVT)

Manual (5MT)

Sistem Transmisi

INVECS III CVT (F1CJB)

5MT (F5MBD)

Steering

Tipe Steering

Rack and pinion with electronic power assist (Tilt column steering wheel function)

Material

3-spoke leather

3-spoke urethane

Suspensi

Suspensi Depan

MacPherson strut suspension with Coil Spring

Supsensi Belakang

Torsion beam suspension with Coil Spring

Pengereman

Rem Depan

13″ ventilated disc

Rem Belakang

7″ leading and trailing drums

Kaki-kaki

Ukuran Ban dan Velg

175 / 55r15 tires + 15″ Alloy wheel

 

Teknologi Mesin Mitsubishi Mirage

Mobil di segmen City Car tergolong mobil yang memiliki desain kecil seperti mobil LCGC namun mampu menghadirkan performa jantung pacu yang lebih tangguh. Mitsubishi Mirage di bekali denga mesin berkapasitas 1.193 cc dengan teknologi DOHC MIVEC (3A92) yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 77 PS / 6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 100 Nm / 4.000 rpm. Selain itu, mesin ini juga telah mendukung teknologi Electronic Control Injection-Multi Point Injection (ECI-MPI) sehingga mampu menghemat konsumsi BBM serta meningkatkan memberikan akselarasi yang powerfull.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit mitsubishi mirage : 

Syarat Kredit Mitsubishi Mirage

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil mirage, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.