Pada tahun 2010 silam, Nissan mengeluarkan 1 produk baru yang di khususkan pada segmen mobil hatchback yaitu Nissan March. Mobil hatchback milik Nissan ini hadir dengan 2 pilihan mesin yang berbeda yatiu 1.2L dan 1.5L. Jika di lihat dari penampilannya, mobil hatchback ini benar – benar tampil sesuai dengan jargonnya yaitu “Fashionably Smart” sehingga sangat cocok bagi anak – anak muda Indonesia. Untuk selengkapnya mengenai mobil hatchback besutan Nissan ini, mari simak ulasan berikut.

Desain Nissan March

Desain Nissan March   Desain Nissan March

Dilihat dari desain eksteriornya, Nissan March generasi terbaru ini tampil lebih fresh dan benar – benar stylish. Hal ini dapat dilihat dari desain front grill yang lebih modern dengan pola V-Strut, headlamp berukuran besar dan di padukan dengan foglamp berukuran mungil sehingga terlihat saling melengkapi dan lebih trendy.

Desain Nissan March   Desain Nissan March

 

Sedangkan pada body bagian samping akan terlihat velg Alloy berukuran 15 inch serta terdapat pula side body molding yang membentang sepanjang body samping. Yang terakhir adalah pada bagian body belakang yang mana Nissan telah menyematkan rearlamp dengan desain baru yang telah mendukung teknologi LED dan berbagai aksesoris pelengkap lainnya.

Desain Nissan March  

Interior Nissan March

Interior Nissan March

Meskipun hadir sebagai mobil hatchback dengan harga yang terjangkau, Nissan mampu memberikan kesan elegan ketika memasuki ruang kabinnya. Hal ini dapat dirasakan dari material yang digunakan pada ruang kabin serta di kombinasikan denagn warna hitam dominan serta berbagai fitur canggih lainnya yang terdapat pada seluruh bagian ruang kabin, diantaranya adalah Multi Informastion Display, Back Cluster, kursi belakang 60:40, Steering Audio Control dan lain sebagainya.

Interior Nissan March

Warna Nissan March

Warna Nissan March

Untuk menyempurnakan kesan stylish yang ada pada mobil hatchback miliknya ini, Nissan mengeluarkan 5 pilihan warna yang terlihat lebih segar. Ke lima pilihan warna tersebut ialah :

  • Green Metallic
  • Pearl White
  • Pink Metallic
  • Red Metallic
  • Silver Metalllic

Fitur Nissan March

Fitur Nissan March   Fitur Nissan March

Bertengger di segmen mobil hatchback, Nissan menawarkan fitur – fitur yang cukup lengkap seperti fitur keamanan dan keselamatan berupa 3 soft belt, parking sensor to 3 meter, SRS AirBag, I-Key, Speed Sensoring Auto Lock, Vehicle Dynamic Control (VDC) dan lain sebagainya. Fitur – fitur ini telah terdapat pada tipe tertinggi dari Nissan March.

Fitur Nissan March   Fitur Nissan March

Tipe / Jenis Nissan March

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, Nissan menyediakan 5 tipe yang di kategorikan ke dalam 2 tipe mesin untuk hatchback miliknya ini. Perbedaan ke dua tipe mesin milik Nissan March ini terlihat pada kapasitasnya yaitu 1.2 L dan 1.5 L. Tipe mobil Nissan March yang menggunakan tipe mesin 1.2 L ada tiga yaitu March 1.2L M/T, March 1.2L A/T Middle , dan March 1.2L XS A/T High Grade Matic. Sedangkan untuk tipe Nissan March yang menggunakan mesin 1.5 ada 2 yaitu March 1.5L M/T dan March 1.5L A/T. Seperti mobil – mobil pabrikan lainnya, Nissan March juga menghadirkan tipe tertinggi dan tipe terendah pada mobil hatchback miliknya ini. untuk tipe tertinggi atau varian termahal dari Nissan March di duduki oleh March 1.5L A/T, sedangkan tipe terendah atau varian termurah Nissan March di duduki oleh March 1.2 M/T. Dilihat dari nama nya saja dapat kita lihat dengan jelas bahwa perbedaan utama setiap tipe Nissan March terdapat pada sektor jantung pacu yang mana terdiri dari mesin 1.2L dan 1.5L. Di samping itu masih banyak lagi perbedaan setiap tipe – tipe Nissan March baik dari sektor desain eksterior, interior, hingga fitur – fitur canggih serta kelengkapan lainnya.

Pertama – tama kita lihat fitur dan kelengkapan Nissan March tipe 1.2L M/T. Sebagai tipe terendah dari Nissan March, 1.2L M/T menggunakan mesin bertransmisi 5 percepatan manual dengan tipe mesin HR12DE, Diplacement 1.198 cc, Bore x Stroke 78.0 x 83.6 mm, dengan tenaga maksimum mencapai 76 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 10.6 Kg-m pada putaran mesin 4.000 rpm. Sedangkan untuk ukuran dimensi, 1.2L M/T memiliki ukuran yang berbeda yaitu L x W x H = 3,780 mm x 1,665 mm x 1,525 mm dengan bobot mencapai 925 kg dan jarak terendah ke tanah 141 mm.

Untuk desain eksterior, Nissan menggunakan velg Alloy Wheels 175/60 R15, Chrome Plating Grille, Lower Bumper Decoration with black colour, Door Mirror electric yang sesuai dengan warna body. Sektor eksterior tipe 1.2L M/T belum memiliki foglamp, back door garnish, exhaust finisher dan side body molding. Sementara itu, spesifikasi March 1.2L M/T pada sektor fitur dan kelengkapan di nilai cukup pas sebagai mobil hatchback varian terendah. Beberapa fitur dan kelengkapan milik March 1.2L M/T adalah Security Alarm with Shock Sensor, SRS Airbag Driver, SRS AirBag Passenger, Seat Belt Front, Seat Belt Rear 3 point ELR (x2) dan 2 poiny (center), dan Remote Key.

Sekarang kita lihat fitur dan kelengkapan milik Nissan March 1.2L A/T. Di sektor mesin, Nissan March 1.2L A/T menggunakan mesin yang sama dengan tipe 1.2 M/T yaitu tipe HR12DE berkapasitas 1.198 cc dengan bore x stroke 78.0 x 83.6 mm dan tenaga maksimum mencapai 76 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 10.6 Kg-m pada putaran mesin 4.000 rpm. Hanya saja perbedaan yang dapat kita temukan antara ke dua tipe ini adalah pada tipe transmisi yang mana Nissan March 1.2L A/T menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan. Sedangkan di sektor dimensi Nissan March 1.2L A/T memiliki ukuran dimensi yang sama saja dengan tipe 1.2L M/T. Perbedaan hanya terasa pada bobot nya saja yang mana tipe 1.2L A/T lebih berat 10 kg yaitu mencapai 935 kg. Selain yang telah di sebutkan, spesifikasi, fitur dan kelengkapan Nissan March 1.2L A/T sama saja dengan tipe 1.2L M/T.

Sekarang kita lihat tipe ke tiga yaitu March 1.2L XS A/T. Tipe ini merupakan tipe tertinggi dari varian yang menggunakan mesin 1.2L. Namun, jika di lihat dari keseluruhan tipe Nissan March, tipe 1.2L XS A/T menduduki peringkat ke tiga. Sebagai tipe menengah, March 1.2L XS A/T memiliki fitur dan kelengkapan yang lebih baik dari pada ke dua tipe di atas. Jika kita lihat dari segi jantung pacu tipe XS A/T menggunakan mesin yang sama dengan tipe 1.2L M/T dan A/T. Sementara itu pada sektor dimensi, tipe ini memiliki kesamaan dengan tipe March 1.2L A/T dengan bobot yang lebih berat 10 kg dari tipe 1.2L M/T.

Sedangkan perbedaan yang cukup signifikan akan kita temui pada sektor eksterior yang mana tipe 1.2 XS A/T memiliki Lower Bumper Decoration with 2 tone colour (Black & Chrome). Selain itu, Nissan juga telah menyematkan foglamp with chrome finisher, Back Door Garnish, Muffler Tip, dan Exhaust Finisher pada tipe ini. Selain itu, Nissan juga telah menyematkan berbagai fitur baru pada tipe ini sebagai pembeda dari tipe 1.2L (M/T dan A/T) dan tipe 1.5 sekalipun. Fitur tersebut ialah Keyless Entry, ABS, EBD dan BA sebagai jaminan keselamatan dan keamanan dari Nissan. Sedangkan untuk fitur dan kelengkapan lainnya sama saja dengan tipe 1.2L A/T.

Pembeda tipe 1.5 M/T dengan tipe yang telah di sebutkan di atas dapat kita lihat pada tipe mesin yang di gunakan. Nissan March 1.5 M/T menggunakan tipe mesin HR15DE dengan kapasitas mencapai 1.498 cc, bore x stroke 78 mm x 83.6 mm. Mesin HR15DE ini mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 102 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 10.8 Kg-m pada putaran mesin 4.400. terlepas dari itu, spesifikasi Nissan March 1.5L M/T pada bagian mesin sama saja dengan tipe 1.2L XS A/T. Sedangkan pada sektor dimensi tipe 1.5L M/T tampil lebih lebar 2 mm yaitu 1.667 mm serta lebih berat 65 kg dari tipe 1.2L XS A/T yaitu mencapai 1.000 kg. Perbedaan selanjutnya juga terlihat pada jarak terendah ketanah yang mana tipe ini lebih tinggi 5 mm dari tipe sebelumnya yaitu pada angka 147 mm.

Disisi eksterior juga tampak banyak perbedaan tipe ini dengan tipe 1.2L XS A/T seperti pada door mirror yang telah menggunakan teknologi electric sesuai dengan warna body serta automatic foldable serta telah memiliki Side Body Molding. Terlepas dari itu semua, tidak ada lagi perbedaan tipe 1.5L M/T dengan tipe 1.2L XS A/T. Kemudia perbedaan selanjutnya terdapat dapat pada fitur dan kelengkapan yang mana tipe ini  telah memiliki semua fitur – fitur pada tipe sebelumnya dengan ditambahkan beberapa fitur canggih lainnya seperti Immobilizer, Seat Belt Rear (3 point ELR (x3)), Vehicle Dynamic Control (VDC), iSOFIX + Tether, I-Key, Parking Sensor with 4 sensor, dan Speed Sensoring Auto Lock.

Tipe yang terakhir adalah March 1.5L A/T. Sebagai tipe tertinggi dari Nissan March, tipe ini memiliki fitur dan kelengkapan yang lebih baik. Secara keseluruhan, tipe 1.5L A/T tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan tipe 1.5L M/T. Perbedaan hanya terdapat pada beberapa point kecil saja seperti bobot yang lebih berat 12 kg yaitu 1012 kg, serta pada bagian mesin yang mana tipe 1.5L A/T menggunakan tipe transmisi 4 percepatan automatic yang mampu menghasilkan torsi lebih kecil daripada tipe 1.5L M/T yaitu mencapai 10.6 Kg-m pada putaran mesin 4.400 rpm.

Mungkin agak sulit melihat dan mengingat perbedaan semua tipe – tipe Nissan March pada ulasan tersebut. Oleh karena itu, kami telah merangkum semua perbedaan dari mobil hatchback Nissan pada table perbedaan di bawah ini :

Perbedaan Tipe – tipe Nissan March

Pembeda

Tipe

1.2L M/T

1.2L A/T

1.2L XS A/T

1.5L M/T

1.5L A/T

Engine Code

HR12DE

HR15DE

Displacement

1,198 cc

1,498 cc

Bore x Stroke

78 x 83.6 mm

78 x 78.4 mm

Max. Output

76Ps/6,000rpm

102Ps/6,000rpm

Max. Toque

10.6Kg-m/4,000rpm

10.8Kg-m/4,400rpm

10.6Kg-m/4,000rpm

L x W x H

3,780 x 1,665 x 1,525 mm

3,780 x 1,667 x 2,435 mm

Curb Wight

925 kg

935 kg

1,000 kg

1,012 kg

Ground Clearance

141 mm

147 mm

Lower Bumper Decoration

Black

Black & Chrome

Door Mirror

Electric, Body Color

Electric, Body Color, Automatic Foldable

Foglamp

-

Ya, (Chrome Finisher)

Back Door Garnish

-

Ya

Exhaust Finisher

-

Ya

Side Body Molding

-

Ya

Immobilizer

-

Ya

Seat Belt Rear

3 Point ELR (x2) + 2 Point (center)

3 Point ELR (x3)

Vehicle Dynamic Control (VDC)

-

Ya

Isofix + Tether

-

Ya

Remote Key

Ya

-

Keyless Entry

-

Ya

-

I-Key

-

Ya

Parking Sensor

-

Ya

Speed Sensoring Auto Lock

-

Ya, with 4 sensor

ABS + EBD + BA

-

Ya

 

Spesifikasi Nissan March

Setelah kita mengetahui perbedaan dari tipe – tipe Nissan March, ada baiknya kita mengetahui spesifikasi yang lebih mendalam pada mobil hatchback besutan Nissan ini. Untuk lebih jelasnya mari simak tabel spesifikasi di bawah ini :

Spesifikasi Nissan March

Mesin

 

  • Kode : New HR15DE
  • Tipe : 4 Cylinder Inline, 16 valve, DOHC and Twin VTC
  • Isi silinder : 1.498cc
  • Bore x Stroke : 78.0 x 78.4 mm
  • Daya Maksimum : 102 PS / 6.000 rpm
  • Torsi Maksimum : 10.8 kgm / 4400 rpm
  • Fuel System : ECCS (Electronic Concentrated-engine Control System)
  • Kapasitas Tangki : 41 L

 

Dimensi

 

  • Jenis Rangka : Monocoque
  • P X L X T : 3780 x 1667 x 1525 mm
  • Whellbase : 2435 mm
  • Jarak Poros Roda : 2600 mm
  • Berat : 1685 kg
  • Jarak Terendah : 147 mm
  • Radius Putar Minimum : 4.5 m
  • ·Transmisi : AT / 5 MT

 

Suspensi / Kaki-Kaki

 

  • Sistem Kemudi : Rack & pinion with electric power steering
  • Suspensi Depan : MacPherson strut with stabilizer
  • Suspensi Belakang : Torsion Beam with stabilizer
  • Rem Depan : Ventilated disc
  • Rem Belakang : Drum
  • Ukuran Ban : 175/60 R15

 

Eksterior

 

  • Grille : Chrome Planting
  • Mud Guard : ALL
  • Rear Window : ALL
  • Fog lamp :  All
  • Roof Spoiler With Hight Mount Stop Lamp : All
  • Back Door Garnish : All
  • Exchaust finisher : All
  • Side Body Molding : All

 

Interior

  • Head lamp Warning : All
  • Sun Visor : All
  • Uper Glove Box : All
  • Air Conditioner : All
  • Speaker :4
  • New Multi Switch Audio Control : All
  • New Stearing Information Display : All

Fitur Keselamatan

  • Power Door Lock with (Speed Sensor)
  • Seat Belt 1st Row 3-Point ELR (x2) with Pre-tensioner
  • Seat Belt 2nd Row 3-Point ELR (x2) + 2-point ELR (x1)
  • Seat Belt 3rd Row 3-Point ELR (x2)
  • Airbag Driver
  • Airbag Front Passenger
  • Zone Body Concept
  • Side Impact Beam
  • Collapsible Steering Column
  • Keyless Entry with Alarm
  • Shock Sensor
  • I key : all
  • Remote Key : All

 

Teknologi Mesin Nissan March

Bicara soal teknologi mesin, Nissan telah memodali mobil hatchback miliknya ini dengan 2 tipe mesin yaitu tipe HR12DE yang berkapasitas 1.198 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 76 Ps/6.000 rpm dengan torsi mampu mencapai 10.6 Kg-m/4.000 rpm. Sedangkan mesin yang kedua dengan tipe HR15DE berkapasitas 1.498 cc mampu menghasilkan Maximal Output mencapai 102 Ps/6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 10.6 Kg-m/4.400 rpm. Selain itu, mesin pada semua tipe Nissan March telah mendukung teknologi Continously Variable Valve Timming Control (CVTV) sehingga mobil ini mampu menghasilkan performa yang sangat powerfull dengan konsumsi bahan bakar yang sangat efisien.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit nissan march : 

Syarat Kredit Nissan March

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil march, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.