Kepopuleran City Car sepertinya tak membuat Suzuki gentar mengeluarkan produk terbarunya, terbukti dari keluaran city car terbarunya yaitu Suzuki Celerio. Suzuki secara resmi mengeluarkan produk terbarunya yang  diperkenalkan pada pertengahan tahun 2015, setelah perkenalan Suzuki Splash kepada Masyarakat dan sukses dengan Karimun Wagon R. Suzuki Celerio merupakan produk global yang sudah dipasarkan di Thailand, India dan Eropa, dan juga merupakan generasi terbaru dari Suzuki A-Star atau yang lebih dikenal dengan nama Suzuki Alto. Sepertinya Suzuki cukup serius menggarap produk dengan segmen mobil kelas menengah ke bawah namun dengan kualitas yang tetap mumpuni.

Desain yang mini memang sengaja di buat oleh Suzuki untuk memenuhi kebutuhan pasar, dan disamping itu juga untuk mendukung kebijakan pemerintah yang sedang menggalakan program hemat bahan bakar atau Low Cost Green Cost. Tentunya dengan merubah ukuran sebuah mobil dari besar menjadi kecil, memiliki efek yang cukup signifikan pada pemakaian bahan bakar. Dan dengan rilisnya Suzuki Celerio ini, kembali menunjukan eksistensi Suzuki dalam meramaikan produk – produk City Car di tanah air, Meski hanya sebagai city car berukuran kecil, namun Suzuki Celerio juga dibekali dengan fitur-fitur lengkap yang tak kalah dan cukup diperhitungkan dalam dunia otomotif Indonesia. Dengan desain dan harga jual yang disuguhkan dapat dipastikan bahwa Suzuki Celerio dapat mengancam city car berkonsep LCGC lainnya.   

Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas satu per satu mengenai city car ini, mulai dari desain interior, eksterior, dapur pacu, mesin dan performa, dan harga, hingga Anda dapat menentukan apakah Suzuki Celerio sesuai dengan kebutuhan Anda.

Desain Suzuki Celerio

Desain Suzuki Celerio

Kita awali dari pembahasan mengenai desain Suzuki Celerio. City car terbaru besutan Suzuki ini memiliki bentuk yang menjadi ciri khas mobil-mobil buatan Suzuki. Mulai dari bagian depan, tepat dimana head lamp berukuran besar yang telah didukung pencahayaan dari lampu halogen multireflektor bersudut tajam, kemudian Grill  melengkung di depan city car ini dibuat menyatu dengan dua headlamp-nya dengan dua bilah chrome dengan rumah lampu serta bingkai berwarna hitam.

Lubang udara dibawahnya juga mendapatkan polesan chrome. Suzuki Celerio di bekali dengan stiker berwarna hitam yang memanjang dari grill atas hingga bawahnya, Celerio yang dipajang ini juga sudah dilengkapi dengan seperangkat aero kita sehingga tampilannya lebih sporty dari pada Celerio tipe standar. Dari sisi wajah Cerelio termasuk mobil dengan style yang cukup modis dikelasnya

Beralih ke bagian samping, terdapat garis bahu yang terlihat lebar,kemudian di sematkan pula Grille berwarna hitam dengan aksen chrome, serta warna spion yang senada dengan warna body mobil, Dengan bodi mungilnya, Suzuki Celerio memiliki lekukan-lekukan tubuh yang elegan, jendela melengkung yang terlihat pas dengan bodi samping yang sedikit bergelombang.

Kemudian pada buritannya, Suzuki Cerelio tampil lebih stylish dengan sedikit menyadur konsep generasi pendahulunya yaitu Suzuki Swift. Ditambah adanya rear upper spoiler, rear bumper lip spoiler dan stiker hitam di bibir pintu bagasi mampu memberikan kesan sporty yang maksimal.  Secara keseluruhan mobil ini tergolong berdimensi mungil, berikut detail dimensi dari Suzuki Celerio

Spesifikasi Desain

Bodi

Berat bersih

1250 kg

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

3600 x 1600 x 1560 mm

Jarak sumbu roda

2425 mm

Jarak Pijak Depan :

1.435 mm

Jarak Pijak Belakang :

1.435 mm

Jarak Terendah :

 175 mm

Kaki-kaki

Velg dan ban

LXi-155/80R13 / VXi-165/70R14

Power steering

Electronic Power Steering

Suspensi / Kaki-Kaki

Suspensi Depan : MacPherson Strut & Coil Spring

Suspensi Belakang : Coupled Torsion Beam Axle with Coil Sprig

Rem Depan : Ventilated disc

Rem Belakang : Drums

 

Ground clearance Suzuki Celerio memiliki jarak 145 mm yang dapat membuat pengguna semakin nyaman. Tak hanya itu saja, di sektor kaki-kaki, Suzuki menambahkan MacPherson Strut coil spring pada suspensi depan, sedangkan belakang jenis Torsion beam with coil spring, dan velg menggunakan ring 14 dengan ukuran ban 165 / 65, yang menjamin pengguna tetap merasa nyaman bermanuver di jalanan kecil atau jalan raya. Didukung dengat beratnya yang ringan sekitar 1.260 kg, serta tercatat memiliki radius putar hingga 4,7m, membuat Suzuki Cerelio lebih enteng untuk dikendarai.

Interior Suzuki Celerio

Interior Suzuki Celerio

Setelah membahas soal eksterior, sekarang kita pindah ke sisi interior. Dengan dimensi ukuran yang di miliki Suzuki Celerio, menyisakan ruang kabin luas seta longgar, yang akan memberikan kenyaman ekstra terhadap si pengguna itu sendiri dan penumpang yang ada didalamnya.vBegitu juga pada tempat bagasi, Suzuki Celerio dapat menampung barang sebanyak kurang lebih 254 liter.

Interior Suzuki Celerio didominasi warna hitam yang lebih lembut. Celerio menambahkan aksen silver di center cluster dan ventilasi Ac nya. Ganggang kemudi Suzuki Celerio mirip milik Swift dan Ertiga, dan dilengkapi dual airbag yang sudah menjadi standar meski belum dilengkapi dengan steering switch control. Material dashboard Celerio menggunakan plastik tetapi dengan kualitas fit dan finishing yang rapi. Pada bagian kursi Suzuki Celerio telah menggunakan jok berkualitas demi memberikan kenyamanan premium pada penggunanya dan Jok nya pun yang cukup empuk dan nyaman, tetap karena modelnya yang semi bucket seat seperti ini membuat headrestnya tidak bisa diatur.

Mobil ini telah dilengkapi fitur AC sudah jauh lebih lengkap dibandingkan saudaranya Karimun Wagon R, Control AC Celerio lebih komplit dilengkapi dengan pengatur sirkulasi udara, pengatur tingkat kecepatan hembusan AC, pengatur suhu dan pengatur arah hembusan dan defogger kaca depan. Soal audio, Suzuki Celerio dibekali head unit aftermarket seperti Ertiga dan Swift yang mampu untuk memutar CD dan MP3. Di panel instrumen, terdapat sebuah layar MID yang bisa diatur dengan menekan sebuah tombol.

Warna Suzuki Celerio

Warna Suzuki Celeri

Berikut pilihan warna yang dikeluarkan Suzuki Celerio yang terdiri dari 3 warna unggulannya yaitu :

  • Snow White Pearl
  • Star Silver Metallic
  • Super Black Pearl

Fitur Suzuki Celerio

Fitur Suzuki Celerio

Soal keselamatan dan teknologi mobil 5 pintu ini dibekali dengan fitur-fitur keamanan standar. Spesifikasi Suzuki Celerio tipe standar juga telah dilengkapi dengan fitur Immobilizer, Child-Proof Rear Door Lock, serta Rear Center Seat Belt dan tentunya fitur Air Bags yang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pada penumpangnya.

Kemudian beralih ke teknhologi hiburan, Suzuki Celerio dengan sistem audio 4 speaker, radio, compact disc player, slot USB, koneksi Bluetooth, panel MID atau Multi Information Display pada dashboard-nya yang akan membantu pengemudi mengontrol kondisi mobil juga dihadirkan oleh Suzuki Celerio. Berikut secara ringkas ditampilakan pada tabel dibawah ini.

Spesifikasi Suzuki Celerio

Fitur Keselamatan

3-point ELR seatbelts in front

3-point ELR seatbelts x 2

2-point seatbelt for centre seat

Dual SRS Airbag

TECT (Total Effective Control Technology)

Fitur Keamanan

Child Proof Rear Door Locks

Keyless Entry

Security Alarm

Immobilize

Spesifikasi Suzuki Celerio

Saat nya membahas bagian terpenting dari sebuah mobil, Suzuki Celerio dibekali dengan mesin yang hampir sama dengan mesin yang ditanamkan dengan mobil LCGC Suzuki, yaitu Suzuki Karimun Wagon R berkapasitas 1.000 cc 3 silinder berkode K10B. Mesin 3 silinder tersebu mampu menghasilkan tenaga 68 PS pada 6000 rpm dan torsi 90 Nm pada 3500 rpm.

Fitur Suzuki Celerio

Soal pembakaran, Suzuki Celerio terbilang irit dan ramah lingkungan. Meski tak terlalu bertenaga, namun mesin Suzuki Celerio ini cukup tangguh untuk melibas jalanan perkotaan. Transmisi Suzuki Celerio terdiri dari 5 percepatan manual. Selengkapnya akan disajikan pada tabel dibawah ini.

Spesifikasi Suzuki Celerio

Mesin

Tipe

K10B

Kapasitas

998cc

Silinder

3

Daya maksimum

68 PS/600 rpm

Torsi maksimum

90 Nm/3500 rpm

Tipe emisi

BS4+0BD II

Akselerator

Elektrik

Transmisi

Tipe

5 Gear Manual / Auto Gear Shift available

Berdasarkan ulasan lengkap diatas, dapat dikatakan bahwa Suzuki Celerio mampu bersaing dan diperhitungkan sebagai city car yang mumpuni untuk kebutuhan Anda. Dikaterogikan sebagai mobil LCGC dan tidak mengalami penurunan speksifikasi sedikitpun, nampaknya Celerio akan membuat standar mobil LCGC menjadi naik karena kualitas yang dimilikinya. Dengan mesin berkapasitas 1.000 cc 3 silinder berkode K10B. Mesin 3 silinder tersebu mampu menghasilkan tenaga 68 PS pada 6000 rpm dan torsi 90 Nm pada 3500 rpm. Dan desain yang tak kalah stylishnya, menjadikan Suzuki Celerio pantas disandingkan dengan city Car keluaran Honda dan Toyota yang merupakan penguasa segmen LCGC, bahkan untuk varian tertinggi Suzuki Celerio, kualitas yang ditawarkan lebih baik dari pada mobil LCGC keluaran Toyota yang sangat menjamur di jalanan Indonesia.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit suzuki celerio : 

Syarat Kredit Suzuki Celerio

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil Suzuki Celerio, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.