Motor bebek bisa dibilang menjadi salah satu jenis motor favorit yang banyak digunakan oleh masyarakat. Selain karena bobotnya yang ringan, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dan menawarkan performa yang cukup handal ketika dibawa berkendara. Bicara soal motor bebek di Indonesia, tidak bisa dipungkiri bahwa setiap tahun pasti akan muncul berbagai motor baru yang berasal dari brand-brand asal Jepang. Di Indonesia sendiri motor bebek memang didominasi oleh motor-motor pabrikan Jepang yang terus bersaing setiap tahun untuk mengambil hati masyarakat. Salah satu brand yang sudah tidak asing lagi adalah Suzuki.

Nama Suzuki memang sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta motor bebek di Indonesia. Setiap tahun, Suzuki selalu membawa jajaran produk sepeda motor terbaik dan memberikan inovasi terbaru untuk masyarakat Indonesia di setiap lini produk baru yang mereka luncurkan. Salah satunya adalah motor bebek keluaran terbaru mereka yaitu Suzuki Smash FI.

Suzuki Smash FI hadir di tengah para pecinta motor bebek di Indonesia dengan desain yang ramping dan sporty. Tampilan pada motor ini memang terlihat khas motor bebek Suzuki dengan rangka yang tipis dan bodi motor yang tidak terlalu besar. Suzuki Smash FI  hadir sebagai motor “pekerja keras” yang diperuntukkan untuk konsumen yang memiliki mobilitas tinggi di jalanan setiap hari. Seperti para pendahulunya, Suzuki Smash FI hadir dengan performa gesit, kencang, tangguh, serta irit bahan bakar. Tidak hanya menjual performa motor yang handal, Suzuki Smash FI juga hadir dengan harga yang terjangkau untuk kelas motor bebek yaitu Rp13 juta rupiah untuk tipe standar dan Rp14 jutaan untuk versi velg racing.

Desain Suzuki Smash FI SW

Suzuki Smash FI hadir dengan desain sporty dan ramping khas motor bebek. Secara sekilas, tampilan motor ini memang tidak banyak berubah dibandingkan dengan versi terdahulunya. Namun kali ini Suzuki mengubah desain motor ini dengan desain bagian depan yang terlihat lebih tajam dan stylish. Di bagian depan terdapat sebuah headlamp dengan desain yang minimalis dan lampu sein yang sporty. Headlamp pada motor ini walaupun masih berjenis halogen masih mampu memberikan penerangan yang cukup di siang ataupun malam hari.

Jok pada motor bebek ini memiliki ukuran yang standar tapi masih nyaman untuk digunakan. Ukurannya cukup kecil namun masih bisa diandalkan bila Anda ingin bepergian dalam waktu yang lama. Di dalam jok motor terdapat bagasi dengan ukuran yang cukup besar (8 liter) yang bisa Anda gunakan untuk menampung barang-barang bawaan Anda ketika bepergian. Untuk knalpot yang terdapat pada motor ini juga dilengkapi dengan muffler cover untuk melindungi pengendara dari panas knalpot ketika motor digunakan.

Speedometer yang terdapat pada motor ini masih menggunakan model analog. Walaupun belum full digital, speedometer analog pada motor ini masih bisa diandalkan untuk memberikan informasi yang akurat kepada pengendaranya. Berbagai informasi seperti posisi gigi, transmisi, kecepatan motor, odometer, kapasitas bahan bakar, indikator lampu (sein dan lampu jauh) bisa ditampilkan dengan cukup baik dan jelas. Desain speedometer dan panel indikatornya walaupun sederhana tapi tidak mengurangi daya tarik Suzuki Smash FI.

Di bagian belakang motor, tidak lupa juga disematkan sebuah lampu belakang dengan desain yang minimalis dan sporty khas motor bebek dari Suzuki. Lampu belakangnya walaupun kecil masih bisa memberikan penerangan yang cukup baik itu siang atau malam hari.

Bicara soal rangka dan dimensi motor, Suzuki Smash FI adalah motor bebek dengan bodi yang ramping dan memiliki dimensi serta bobot yang ringan. Motor bebek ini memiliki panjang 1.910 mm, lebar 690mm, serta tinggi 1.085. Dengan dimensi tersebut Suzuki Smash FI tergolong sebagai motor yang kecil dan ringan di kelasnya. Bobot motor ini juga cukup ringan, yaitu hanya 94 kg saja (berat kosong) dan memiliki ground clearance sebesar 145 mm. Dengan bobot ringan dan bodi ramping, motor bebek ini sangat nyaman digunakan untuk bermanuver di jalanan ibukota namun tetap bisa diandalkan ketika melewati jalanan yang bergelombang.

Untuk rem yang digunakan, Suzuki Smash FI sudah menggunakan rem cakram untuk roda bagian depan, dan rem tromol di bagian belakang. Walaupun belum memiliki teknologi ABS, penggunaan kedua rem tersebut sudah memberikan keamanan berkendara yang cukup ketika digunakan.

Untuk velg yang digunakan, Suzuki Smash FI memiliki 2 jenis yaitu velg spoke wheel (jari-jari) dan velg cast wheel (racing). Kedua jenis velg ini membuat harga motor bebek ini sedikit berbeda. Dimana varian dengan cast wheel dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal namun memberikan desain yang lebih sporty dan memiliki perawatan yang lebih mudah. Ban yang digunakan pada motor bebek ini berukuran 70/90-17 untuk ban depan dan 80/90-17 untuk bagian ban belakang.

Fitur Suzuki Smash FI SW

Suzuki Smash memiliki beberapa fitur menarik seperti:

  • Mesin Teknologi Fuel Injection: Teknologi mesin injeksi untuk memberikan performa mesin yang handal dan irit bahan bakar ketika digunakan setiap saat.
  • Bagasi Luas: Bagasi motor berukuran 8 liter yang luas untuk menampung barang-barang bawaan Anda selama berkendara.
  • Modern Speedometer: Desain speedometer modern untuk memberikan kesan stylish dan informasi yang akurat kepada pengendara.
  • LEAP Technology: Teknologi mesin terbaru dari Suzuki untuk mengurangi gesekan saat berkendara sehingga tidak bising ketika digunakan.
  • Pengaman Magnet: Kunci kontak dengan pengaman magnet untuk melindungi motor Anda dari risiko pencurian.
Kelengkapan Suzuki Smash FI SW
Head Lamp Halogen
Outlet Aksesoris Tidak
Lampu Belakang Bulb
Indikator Lampu Ya
Adjustable Headlights Ya
ABS Tidak
Dimmer Switch Ya
Immobilizer Tidak
Mode Berkendara Street
Wheel Lock Depan/Belakang Tidak
Sandaran Kursi Tidak
Traction Control Tidak
Launch Control Tidak
Leg Guards Tidak
Penutup Lubang Kunci Ya
Central Locking Tidak
Panel Instrumen Analog
Indikator BBM Analog
Tachometer Tidak
Navigator Tidak
Speedometer Analog
Indikator Penggantian Oli Tidak
Layar Display Tidak
Electronic Suspension Adjustment Tidak
Garnish Krom Tidak
Tipe Jok Dual Straight
Material Rangka Steel
Side Wings Ya
Tipe Rangka Backbone
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum

Mesin Suzuki Smash FI SW

Suzuki Smash FI dibekali dengan mesin berkapasitas 113 cc dengan teknologi injeksi dan LEaP (Light, Efficient and Powerful). Mesin ini diklaim mampu memberikan performa yang tangguh ketiak digunakan. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi fuel injection sehingga irit bahan bakar. Motor bebek ini juga sudah memiliki mesin berjenis SOHC dengan pendingin udara dengan torsi puncak 9,1 Nm pada kecepatan 6.000 rpm dan mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 9.3 PS pada kecepatan 8.000 rpm. Transmisi yang digunakan pada motor ini adalah manual dengan 4 percepatan.

Performa mesin pada motor ini bisa terbilang cukup baik di kelasnya. Secara umum mampu menyaingi para kompetitor di kelas yang sama. Namun tangki bahan bakar yang dimiliki motor bebek ini memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu hanya 3,7 liter saja. Sehingga Anda harus sering mengisi bahan bakar apabila sering berkendara dengan motor ini.

Spesifikasi Suzuki Smash FI SW

Mesin Suzuki Smash FI SW
Kapasitas 113 cc
Tenaga Maksimal 9.25 bhp
Jumlah silinder 1
Rasio Kompresi 9.4:1
Jumlah Langkah 4-Stroke
Katup per Silinder 2
Torsi Maksimal 9.1 Nm
Konfigurasi Katup SOHC
Jenis Mesin 4-Stroke, Air Cooled, SOHC
Kecepatan Maksimum 100 kmph
Pipa Knalpot Single Exhaust
Jenis Penggerak Chain Drive
Sistem Pendinginan Air Cooled
Opsi Start Kick dan Electric
Jenis Bahan Bakar Petrol
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Jenis Transmisi Manual
Gear Box 4-Speed

 

Dimensi Suzuki Smash FI SW
Kategori Scooter
Kapasitas Tempat Duduk 2 Kursi
Lebar 690 mm
Wheelbase 1220 mm
Panjang 1910 mm
Berat Kosong 94 kg
Tinggi 1085 mm
Ground Clearance 145 mm
Suspensi Belakang Swing Arm
Suspensi Depan Telescopic Fork
Ukuran Velg Depan R17
Jenis Ban Radial
Ukuran Velg Belakang R17
Ban Depan 70/90 R17
Ban Belakang 80/90 R17

Warna Suzuki Smash FI SW

Suzuki Smash FI SW memiliki 3 pilihan warna yang cantik dan sport yaitu Summer Red, Titan Black, dan Met. Medium Blue.

Warna Suzuki Smash FI SW

 

Syarat Kredit Motor Suzuki Smash FI SW

Ada beberapa syarat dokumen yang harus dipenuhi sebelum mengajukan kredit motor Suzuki Smash FI SW

Kredit Perorangan

  • Fotocopy KTP pemohon & suami / istri / penjamin.
  • Fotocopy kartu keluarga (bisa digantikan dengan surat nikah atau akte kelahiran).
  • Data lain (hanya jika diperlukan).

Kredit Perusahaan

  • Fotocopy akte pendirian & perubahannya.
  • Fotocopy pengesahan kehakiman.
  • Fotocopy SIUP, NPWP, SITU / Domisili, TDP.
  • Fotocopy Rek. Koran 3 bulan terakhir.
  • Fotocopy KTP direksi & komisaris.