12 Kuliner Jogja Terlezat dan Wajib Dicoba

Menikmati kuliner Jogja tentu menjadi poin wajib ketika berkunjung ke Kota Pelajar tersebut. Bukan hanya destinasi wisatanya saja yang menarik, Jogja juga dikenal sebagai salah satu kota dengan beragam kuliner yang khas dan bahkan tidak bisa ditemui di kota lainnya. 

Selain angkringan dan beragam kuliner malam Jogja, kota ini juga menawarkan beragam kuliner yang bisa dinikmati pagi dan siang. Luangkan sedikit waktu untuk mencari dan menikmati kuliner enak di Jogja, agar liburan menjadi lebih lengkap dan berkesan. 

Manjakan Lidah dengan Aneka Kuliner Jogja yang Khas 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kuliner khas Jogja yang wajib untuk dicoba: 

1. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan


Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan via visitjogja.com

Saat menikmati pagi di kawasan Malioboro, maka sarapan gudeg yang satu ini akan menjadi pilihan terbaik. Dibuat dengan pengalaman yang sangat panjang, gudeg yang dulunya diracik langsung oleh Mbah Lindu ini sudah buka sejak puluhan tahun lalu. Cita rasanya yang khas dan sederhana tentu akan memberi pengalaman baru saat berwisata kuliner di Jogja. 

Alamat: Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

Jam buka: Minggu - Kamis, Pukul: 06.00 – 11.00 , Jumat – Sabtu, Pukul: 06.00 – 09.00

Harga: mulai dari Rp 15 ribuan. 

2. Mie Ayam Bu Tumini


Mie Ayam Bu Tumini via travelingyuk.com

Para pecinta mie wajib mencoba kuliner Jogja yang satu ini. Mie Ayam Bu Tumini memiliki racikan yang pas dan terasa lezat di mulut. Kuahnya yang kental kecoklatan dengan topping ayam maupun ceker akan melengkapi mienya yang kenyal dan lezat. Siap-siap antri jika ingin menikmati makanan ini, sebab warungnya tidak pernah sepi pembeli.

Alamat: Jl. Imogiri Timur Nomor 187, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Jam buka: Senin – Minggu, Pukul: 10.00 – 17.00

Harga: Mulai dari Rp 11 ribuan. 

3. Sate Klatak Pak Bari


Sate Klatak Pak Bari wonokromo.bantulkab.go.id

Kuliner khas Jogja yang satu ini sempat muncul dalam film AADC 2 beberapa waktu lalu. Rasa daging kambing mudanya yang empuk dan lezat membuat warung sate ini tak pernah sepi pembeli. Bukan dengan bambu, sate klathak ditusuk dengan menggunakan jeruji sepeda. Selain sate, warung ini juga menyediakan gule kambing yang tak kalah sedapnya. 

Alamat: Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Bantul.

Jam buka: Setiap hari, Pukul 18.30 – 00.00.

Harga: mulai dari Rp 20 ribuan.

4. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon via jogjakita.co.id

Gudeg Pawon merupakan salah satu kuliner malam Jogja yang paling populer. Gudeg yang sudah buka lebih dari 50 tahun ini bisa dinikmati langsung di pawon/ dapurnya. Selain antri, kuliner Jogja malam hari ini hanya buka sekitar 3 jam an saja. 

Alamat: Jl. Prof. DR. Soepomo Sh UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Jam buka: Setiap hari, Pukul : 17.30 – 20.30.

Harga: mulai dari Rp 15 ribuan. 

5. Oseng Mercon Bu Narti


Oseng Mercon Bu Narti via jogjakita.co.id

Makanan yang satu ini cocok bagi pecinta pedas yang ingin menikmati kuliner Jogja malam hari. Oseng mercon sendiri dibuat dari kikil dan gajih sapi yang diolah dengan paduan rempah serta cabe rawit merah yang banyak. Rasanya yang khas dan pedas membuat kuliner enak di Jogja ini selalu rame sepanjang malam. 

Alamat: Jalan KH. Ahmad Dahlan No.107, Ngampilan, Kota Yogyakarta.

Jam buka: Setiap hari, Pukul: 16.00 – 23.00

Harga: mulai dari Rp 25 ribuan.

6. Mangut Lele Mbah Marto


Mangut Lele Mbah Marto via idntimes.com

Warung makan yang sudah buka dari tahun 1960 –an ini merupakan salah satu kuliner Jogja yang legendaris. kuliner khas Jogja ini adalah olahan ikan lele asap yang dimasak kembali dengan rempah dan kuah santan. Saat datang ke warung ini, pembeli akan disuguhi dengan nuansa desa dan keramahan khas dari Mbah Marto sendiri. 

Alamat: Jl. Sewon Indah RT.04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Jam Buka: setiap hari, Pukul: 10.00 – 20.00.

Harga: Mulai dari Rp 25 ribuan. 

7. Rujak Es Krim Pak Nardi


Rujak Es Krim Pak Nardi via yanutour.com

Kuliner enak di Jogja ini bisa dinikmati sambil bersantai di kawasan Pakualaman. Rujak yang dipadukan dengan es krim ini memiliki sensasi rasa yang khas, sehingga sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Jogja. Rujak yang satu ini jadi kuliner di Jogja yang paling dicari saat siang hari, apalagi jika hari sedang panas. 

Alamat: Jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta.

Jam buka: setiap hari, Pukul: 09.00 – 16.00

Harga: Rp 8000,- / mangkuk. 

8. Lesehan Terang Bulan (SBTB)


Lesehan Terang Bulan via travelingyuk.com

Kuliner malam Jogja yang buka hingga tengah malam ini menyajikan burung dara goreng sebagai menu utamanya. Beragam lauk tambahan lainnya juga bisa ditemukan di lesehan yang menjadi salah satu kuliner Jogja malam yang paling rame ini. Lokasinya yang mudah ditemukan juga tentu jadi pertimbangan untuk mampir saat berwisata ke Jogja nanti. 

Alamat: Jl. Mataram, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. 

Jam buka: Setiap hari, Pukul 17.00 – 02.00.

Harga: mulai dari Rp 20 ribuan.

9. Angkringan Kopi Jos Lik Man


Angkringan Kopi Jos Lik Man via qraved.com

Kuliner Jogja yang satu ini dikenal sebagai pioner angkringan di Jogjakarta. Angkringan Lik Man merupakan kuliner malam Jogja yang selalu ramai pengunjung setiap harinya. Selain kopi josnya yang menjadi kuliner khas Jogja, beragam makanan lainnya bisa ditemukan di lesehan legendaris ini, mulai dari nasi kucing hingga aneka lauknya yang khas. 

Alamat: Pasar Kranggan, Jl. Poncowinatan No.7, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta.

Jam buka: Setiap hari, Pukul: 16.00 – 01.00.

Harga: Mulai dari Rp 2.000,- an

10. Nasi Teri Pojok Gejayan


Nasi Teri Pojok Gejayan via qraved.com

Jika ingin kuliner Jogja malam hari, maka Nasi Teri Pojok Gejayan ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kuliner enak di Jogja memang hanya buka di malam hari saja, jadi cocok untuk yang ingin begadang. Selain sayur dan ikan terinya yang pedas, tempat kuliner di Jogja ini juga menyediakan aneka lauk lainnya yang tak kalah sedap. 

Alamat: Jl. Affandi No.5, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Jam buka: Selasa – Minggu, Pukul: 17.00 – 03.30

Harga: mulai dari Rp 12 ribuan.

11. Lumpia Samijaya


Lumpia Samijaya via halallife.id

Ingin menikmati kuliner di Jogja saat berada di kawasan Malioboro, jangan lupakan lumpia yang satu ini. Lumpia Samijaya ini tersedia dalam berbagai isian, mulai dari telur puyuh hingga daging ayam. Soal rasa tak usah ditanya, lumpia ini sudah dijual selama lebih dari 4 dekade. 

Alamat: Jalan Malioboro Nomor 18, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta.

Jam buka: setiap hari, Pukul: 09.30 – 21.00

Harga: Mulai dari Rp 5 ribuan.

12. Lupis Mbah Satinem

Kuliner enak di Jogja ini selalu memiliki antrian yang panjang, meskipun sudah buka sejak Pukul 5 an. Penjualnya adalah Mbah Satinem yang sudah berusia sepuh dan puluhan tahun berjualan. Meski hanya berjualan di depan sebuah toko, kuliner khas Jogja ini memiliki rasa lezat dan original. Bukan hanya di kalangan warga lokal saja, lupis ini bahkan terkenal di kalangan pendatang. 

Alamat: Jl. Bumijo No.52-40, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Jam buka: setiap hari, pukul 05.00 – 09.00

Harga: Rp 10.000,- / porsi. 

Tips Kuliner Hemat di Jogja

Menikmati kuliner Jogja tentu akan menjadi bagian dari rencana liburan di Kota Gudeg ini.  Selain kuliner malam Jogja, berbagai panganan lainnya sepanjang hari juga akan menarik untuk dicoba. Penting untuk menyusun rencana untuk menikmati kuliner Jogja malam dan yang lainnya, agar liburan semakin maksimal.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menikmati kuliner di Jogja dengan cara hemat: 

1. Cek Review

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek review restoran atau tempat kuliner yang akan dikunjungi. Hal ini bisa dilakukan melalui layanan Google atau bahkan berbagai aplikasi seperti TripAdvisor. Pastikan untuk mengunjungi tempat kuliner yang memiliki rating bagus. 

2. Cek harga

Harga tentu menjadi salah satu pertimbangan penting yang tak bisa diabaikan, agar tidak sampai tertipu dan harus membayar mahal setelah selesai makan. Cek harga melalui layanan aplikasi pengantaran seperti GoFood dan yang lainnya. Setidaknya, harga yang ditawarkan langsung oleh restoran tidak akan selisih jauh dari yang tertera pada aplikasi tersebut. 

3. Bawa Air Minum 

Jika ingin menikmati wisata kuliner yang hemat, maka tidak ada salahnya membawa air minum sendiri. Gunakan botol minum yang bisa diisi ulang dan tidak meninggalkan sampah plastik. Ini akan sangat membantu, terutama saat menikmati kuliner “ringan” / jajanan yang biasanya tidak menyediakan air minum.

Nikmati Kuliner Jogja yang Khas dan Lezat 

Jogja selalu menjadi destinasi wisata pilihan untuk berlibur. Selain keindahan dan keramahannya, kota ini juga dikenal dengan beragam kulinernya yang lezat. Rencanakan liburan ke Jogja dan nikmati beragam kulinernya yang khas dan lezat, agar liburan menjadi lebih berkesan dan menyenangkan.